Problematika Spam Score pada Domain Blog atau Website terhadap SERP

RahmanCyber.NET} Blogger SEO - Bagi banyak Blogger yang memang konsen untuk membuat konten di Blog tercintanya, tentu menjadi momok yang sangat memiliukan ketika SS naik, Ya! SS itu adalah SPAM SCORE.

 

{getToc} $title={Table of Contents}

 

Disclaimer ! Pembahasan ini tidak bermaksud menggurui... hanya berbagi pengalaman dan pengetahuan saja.. dari hasil pengamatan dan praktek uji coba selama ini..

 

 

Spam Score bisa sobat cek memakai Tool untuk cek Domain Authority ( DA ) maupun Page Authority ( PA ) yang Pernah saya singgung sebelumnya tentang tool untuk cek DA / PA website, Sobat bisa cek di artikel ini



moz spam score





Matrik Spam Score ini biasa kita temukan ketika kita mengacu pada penghitungan kualitas Domain dari MOZ.


Apa sih Sebenarnya itu Spam Score? dari berbagai pengamatan yang saya dalami perihal Search Engine Optimization / SEO, ini merupakan hal yang penting juga dalam Ilmu SEO. Karena pada kenyataannya dengan analisa dari MOZ saja perihal SS / Spam Score ini, bisa menentukan seberapa besarnya dampak terhadap posisi artikel kita di SERP.


Gak percaya? coba anda lihat dan cek sendiri posisi SERP pada pencarian tertentu... adakah yang memiliki SS merah ( diatas 30, karena diatas 30 itu spam score masuk ke kategori sedang..., kalo masih dibawah itu, masih aman ) ? mungkin pada pencarian yang tidak terlalu ramai atau lebih spesifik, ada beberapa situs yang memang memiliki SS tinggi tetapi masuk SERP... 



Tapi, coba lihat posisinya.. apakah di posisi 1 - 10?

 

Kita tau bahwa Spam sendiri merupakan kegiatan yang Nyampah alias memasukkan hal yang sama bolak balik, ini sama seperti pembuangan limbah plastik... manusia belum bisa terbebas kan dari limbah plastik? hehe, Makanan Ringan juga masih membutuhkan plastik, dan Mie kesayangan kita pun juga masih di Bungkus Plastik... 

 

Di dalam dunia SEO yang saya pelajari dari praktek langsung dan belajar dari GURU GURU SEO, menghasilkan beberapa kesimpulan dari pandangan pribadi, dimana saya coba membaginya menjadi 3 tipe SPAM SCORE

 

 


 

1. Spam Score karena Ulah Sendiri

 

Ini merupakan spam score yang harusnya sih gak usah ditanyakan lagi kenapa spam score saya tinggi.. jika si pembuat blog memang melakukan kegiatan Copy Paste atau Main sedot FEED.

 

Bisa juga ketika mempublikasikan ulang Jurnal, atau materi perkuliahan misalnya, atau materi sekolah, wkwkwk

 

Kecuali materi tersebut belum pernah di publikasikan...

 

Berhati hati juga jika kamu melakukan GUEST POST ke situs Orang lain, yang memiliki Domain Authority lebih tinggi dari situs mu, dengan tujuan untuk menaikkan keterlihatan website / blogmu karena diakui oleh orang lain, walaupun yang nulis itu kamu sendiri.. hehe.. lalu kamu mempostingnya di Blogmu dengan artikel yang sama

*Usahakan Artikelmu beda...

Penyedia Guest Post juga bakalan nge cek artikel kamu udah pernah di publish belum... kalo udah, biasanya bakalan tidak di approve..

Karena.. itu bakalan berdampak buruk pada situsnya.. 

begitupun juga kamu, walau kamu yang buat.. kalo kamu udah posting artikel di GUEST POST, maka jangan post ulang di blog kamu, karena akan jadi Duplikat konten yang berdampak naiknya spam score mu...

 

Apakah berdampak pada penyedia GUEST POST? tentu tidak.. karena yang ke index duluan adalah postingan artikelmu di GUEST POST.

 

Usahakan beda.

 

Ini berkaitan dengan Konten ya... Jadi konten yang kamu Posting di Website /blogmu..

Selagi konten kamu original buatanmu... saya Rasa itu akan aman dari penambahan nilai SPAM SCORE


Ingat Spam Score itu, bisa aja berarti Domain kamu di DE-INDEX dari Google Search... 

 

De-index itu artinya, tadinya Blog kamu di Index dan masuk dalam SERP, tentu trafficnya tinggi bukan.. tapi tiba tiba.. jadi Ilang indexnya / de-index tersebut.. artinya disingkirkan dari perangkingan, sehingga berdampak pada menurunnya traffic.


Jadi kuncinya...

Ketika kamu main aman.. InsyaAllah juga terbebas dari Spam Score karena Ulah Sendiri

 


 


 


2. SS karena salah sumber BACKLINK memiliki SS merah tinggi



Itulah BACKLINK, siapa sih orang yang tau.. karena Linknya tuh di belakang... ^_^

Diluaran sana banyak Blog baru, eh tiba tiba udah naik aja DA/PAnya..

 

Tau kenapa?

Pake Jasa Backlink Berkualitas lah... ya.. BACKLINK menjadi ajang JUAL BELI..

 

Itulah REALITAnya.. dari sekian lama ngeblog.. sampai hafal hal semacam itu..

 

Sehingga dampaknya bagi blog apa? jelas meningkat... karena Mesin taunya, situs baru tersebut telah diakui...

 

Nah, tunggu...!

Untuk mendapat Baclink berkualitas enggak murah bro...

Yang paling berkualitas yang saya tau adalah Backlink dari domain .AC.ID, atau .EDU , ya intinya Domain Akademis lah.. tau sendiri kan persyaratan untuk buat Domain Akademis itu anda memang harus berada di Institusi tersebut / mendirikan SEKOLAHAN.... hehe

 

Lihat Persyaratan Pendaftaran Domain ID Lengkap

 

Disitu ane udah paparkan beberapa persyaratan, salah satunya persyaratan mendapat domain AC.ID, liat aja list nya...

 

Backlink yang paling Yahud adalah Backlink dari .GO.ID, atau .GOV itu domain khusus pemerintahan.

tapi Memilukan juga jika sampai Domain khusus Pemerintahan di buat ladang Backlink...

 

:)

 

Jika kau berpikiran demikian.. kau salah besar.. tidak semua Backlink dari domain .AC.ID, .EDU atau .GOV, .GO.ID itu memiliki kualitas yang baik... :)

 


 

Kita perlu cek DA / PA nya ( Cara Cek DA / PA dengan Tool Gratis ), karena saya pernah menemukan ada yang SS nya tinggi juga..  kenapa SS bisa tinggi? saya rasa kalo domain .go.id itu bukanlah domain yang kontennya COPAS...


melainkan ada CELAH disitu, misalnya saja dibagian KOMENTAR.. :)


Pernah liat cara Site:.go.id “Masukkan 6 kode diatas” [isi keyword]

 

itu cara menemukan website .go.id yang memiliki celah komentar Auto Approve, itu ditandai dengan "Masukkan 6 kode diatas" yang merupakan petunjuk memasukkan kode Chapta / kode pengaman :) .

 

Btw, ini tidak hanya untuk .go.id aja ya, kalo ac.id bisa ganti dengan ac.id

begitu juga .edu atau .gov lainnya...


 

hal ini berdampak juga sebenarnya bagi website pemerintahan... karena bisa jadi ladang menanam link.. :) dan hal inilah yang bisa jadi menaikkan SS, karena kemungkinan bagian komentar dibuat DOFOLLOW, dan si penanam memposting hal serupa di website lain, sehingga terdeteksi meningkatkan SPAM SCORE..  Harusnya memang untuk komentar dibuat NoFollow..


Tetapi, apa sih ruginya? SS tinggi kan juga gak masalah.. ke index atau tidak sama google kan gak pengaruh... :) "kurang enak dilihat aja" 


Dampaknya bagi Blog kita apa? bisa jadi Spam Score dari tempat kita nanam backlink, juga ikut ngalir... dan ini bisa menambah nilai spam score di domain kita.


Kalaupun itu halaman memiliki dampak BACKLINK untuk website kita, tetapi dengan banyaknya link yang ditanam disitu, juga menyebabkan kekuatan backlink menjadi terbagi bagi juga... sehingga itu bisa jadi LOW QUALITY Backlink karena banyaknya LINK keluar...


Intinya halaman dengan Low Outbound Links, Itu lebih bagus dampaknya untuk web kamu. Apa itu Low Outbound Links? ITU BERARTI lINK KELUARNYA DIKIT, ATAU HANYA link DOMAIN KAMU...

 

Bagaimana cara ceknya...? gunakan Tool yang saya sebutkan diatas linknya..

 

 

3. Spam Score karna Domain lain menautkan Situs anda, sedang Domain mereka memiliki SS tinggi

 

Hal ini sebenarnya ada 2 klasifikasi... yaitu disengaja / tak disengaja. Mari kita bahas!

 

Tautan yang Tak Disengaja

Ini bukan berarti link kamu nancep di website dengan SS tinggi.. enggak, melainkan maksudnya ada situs yang memakai gambar di websitemu, dia mencantumkan sumber.. eh ternyata, SS situs tersebut merah dan tinggi.. 


atau dia menjadikan artikelmu sebagai sumber, dan tautan situsmu di letakkan sebagai link sumber ( menghargai penulis ) tetapi ia tidak tau bahwa situsnya memiliki SS yang tinggi.



Tautan disengaja

Ini cerita tentang kompetitor yang udah kehabisan akal mengalahkan websitemu di SERP, dia main curang dengan menautkan websitemu ke domain dengan SS Tinggi koleksinya atau yang dia ketahui untuk membuat Website kamu memiliki SS Tinggi, yang dapat menurunkan posisimu di SERP.


Jelas ini cara UNFAIR...


Kenapa enggak dengan bermain secara sportif lah... sukanya main yang INSTAN INSTAN aja..



Untungnya Google peduli akan hal ini, dan menyediakan cara untuk mengatasi hal itu.. tetapi kalian perlu cek dulu domain yang menjadi penyebab SS kita naik.. siapa tahu ternyata KONTEN kita yang KOPAS atau Spam Score karena Ulah Sendiri... hehe


Cara ceknya, kamu bisa pakai TOOL Gratis yang saya sebutkan diatas.. kalo pengen liat full ya pakai TOOL Premium untuk cek Spam Score.




Cara Mengatasi Spam Score Tinggi



1. Menggunakan Fitur Disavow pada GSC ( Google Search Console )


Cara pertama untuk mengatasi SPAM SCORE akibat tautan situs adalah dengan melakukan Penolakan / Disavow di Google Search Console / Google Webmaster Tool.


Link Disavow di Google Search Console


Tapi perlu hati hati menggunakan tool disavow ini, karena ada peringatan..


Jika digunakan secara tidak benar, fitur ini berpotensi merusak kinerja situs Anda di hasil penelusuran Google. Kami menyarankan Anda untuk hanya menolak tautan balik jika Anda yakin bahwa ada banyak tautan berisi spam, palsu, atau berkualitas rendah yang mengarah ke situs Anda, dan jika Anda yakin bahwa tautan tersebut menyebabkan masalah bagi Anda.

Makannya, di cek dulu.. 

Siapa tau DA / PAnya tinggi.. kan sayang juga..


Cek Dulu ya GAN... dengan Tool Cek Kualitas Website yang telah saya sebutkan linknya diatas... :)


Ciri ciri SPAM Situs, DA / PAnya RENDAH, tetapi SSnya TINGGI.

Contoh : DA 1/PA 1 , Spam Score 70%



Cara Disavow :

 

1. Putuskan apakah ini perlu


Dalam kebanyakan kasus, Google dapat menilai tautan mana yang harus dipercaya tanpa panduan tambahan, sehingga sebagian besar situs tidak perlu menggunakan alat ini.

Anda harus menolak tautan balik hanya jika:

Situs tersebut memiliki cukup banyak tautan berisi spam, palsu, atau berkualitas rendah yang mengarah ke situs Anda, DAN Tautan berupa tindakan manual, atau kemungkinan besar akan menyebabkan tindakan manual, di situs Anda.


Google bekerja sangat keras untuk memastikan bahwa tindakan di situs pihak ketiga tidak berdampak negatif pada situs web. Dalam beberapa situasi, link masuk dapat memengaruhi opini Google tentang suatu halaman atau situs. Misalnya, Anda atau SEO yang Anda sewa mungkin telah membuat tautan buruk ke situs Anda melalui tautan berbayar atau skema tautan lain yang melanggar pedoman kualitas kami. Pertama dan terpenting, kami menyarankan Anda menghapus sebanyak mungkin tautan berisi spam atau berkualitas rendah dari web.


2. Buat daftar tautan yang akan ditolak


Kumpulkan daftar halaman atau domain Anda untuk ditolak/disavow dalam file teks / .txt notepad yang akan Anda upload ke Google.

Format file tautan:

Tentukan satu URL atau domain untuk ditolak per baris. Anda tidak dapat menolak seluruh subpath, seperti example.com/en/
 

Untuk menolak awalan domain (atau subdomain) dengan "domain:", misalnya: domain: example.com
 

  • File tersebut harus berupa file teks yang dienkode dalam UTF-8 atau 7-bit ASCII
  • Nama file harus diakhiri dengan .txt
  • Panjang URL maksimum adalah 2.048 karakter
  • Ukuran file maksimum adalah 100.000 baris (termasuk baris kosong dan baris komentar) dan 2MB.
  • Anda dapat memasukkan komentar jika Anda suka dengan memulai baris dengan tanda #. Setiap baris yang dimulai dengan # akan diabaikan oleh Google.

 

 

Contoh:

# Dua halaman untuk ditolak
http://spam.example.com/stuff/comments.html
http://spam.example.com/stuff/paid-links.html

# Satu domain untuk ditolak

domain: linkjeleekk.com
 

 

yang ada tanda pagar itu hanya keterangan.. enggak usah ditulis di notepad.

cukup  domain: linkjeleekk.com

 

Jika Anda menemukan URL atau situs untuk ditolak dalam laporan (kalau menggunakan tool premium biasanya bisa ekspor laporan) tautan untuk situs Anda, Anda dapat mengunduh data dari laporan Tautan dengan mengeklik tombol ekspor. Pastikan untuk menghapus URL apa pun dari file yang diunduh yang tidak ingin Anda sangkal.

 

 

 


3. Unggah daftar Anda


  • Anda dapat memposting satu daftar penolakan untuk setiap properti yang Anda miliki.
  • Mengupload daftar baru untuk properti akan menggantikan daftar yang ada untuk properti itu.
  • Anda harus menjadi pemilik properti untuk mengupload daftar penolakan.
  • Tautan yang ditolak akan terus ditampilkan di laporan Tautan.


Untuk mengupload daftar halaman atau domain yang akan ditolak:

1. Buka halaman alat tolak tautan.
2. Pilih properti dari daftar properti.

 

disavow

 

Daftar tersebut hanya akan berlaku untuk properti ini. Jika daftar untuk properti ini sudah ada, Anda akan melihat ringkasan halaman dan domain yang ditolak. Mengupload daftar lain ke properti ini akan menggantikan daftar yang ada untuk properti ini.
 

3. Klik tombol untuk mengupload daftar Anda.
4. Pilih file penolakan dari komputer lokal Anda (.txt yang telah kamu buat tadi ).
Jika file mengalami kesalahan, Anda akan segera melihat daftar kesalahan. Daftar lama Anda tidak akan diganti. Anda dapat memperbaiki daftar baru Anda dan mencoba menguploadnya lagi.
Jika unggahan berhasil, perlu beberapa minggu bagi Google untuk memasukkan daftar Anda ke dalam indeks saat Google merayapi ulang web dan memproses ulang laman yang kami lihat.
 

 

Hapus semua penolakan untuk suatu properti


Jika Anda ingin menghapus semua penolakan untuk properti tertentu, ikuti langkah-langkah berikut. Jika Anda ingin mengganti daftar lama dengan yang baru, Anda tidak perlu melakukan ini; cukup unggah daftar baru.

1. Buka halaman alat tolak tautan.
2. Pilih properti dari daftar properti.
3. Klik Cancel DisavowalsBatalkan Penolakan. Daftar penolakan untuk properti yang dipilih akan dihapus. Google memerlukan waktu beberapa minggu untuk memasukkan daftar Anda ke dalam indeks kami saat kami merayapi ulang web dan memproses ulang laman yang kami lihat.


 

 

Setelah disavow, kamu bisa ngecek seminggu setelahnya.. apakah udah ada perubahan? biasanya sih bakalan menurun dalam 1 minggunan...




2. Perbanyaklah Backlink dengan SPAM SCORE SEHAT


Saya pernah nemuin SITUS BESAR, saya cek tuh di MOZ untuk SPAM SCORE, wah betapa mengerikannya, karena banyak sekali situs dengan SPAM SCORE diatas 50%, saya tidak SS ya.. coba aja kalian cek situs besar..


Kenapa bisa begitu, dan si situs besar pun masih tetap bertengger di SERP, bahkan posisi pertama..?

 

Dari pengamatan yang saya lakukan, backlink situs besar itu udah banyak banget.. jadi kalo hanya beberapa situs yang menulari SS, kita liat diatas 50%... terlihat gak ada efeknya, karena pas di cek, ternyata situs besar itu tetap memiliki Hitungan SPAM SCORE yang SEHAT.

 

Yang Rawan kena itungan SS Merah?

Yang masih bisa ke kejar backlinknya...

 

Cara ke dua ini malah lebih saya sarankan ketimbang cara pertama... karna.. ini hampir mirip dengan..

 

"Cahaya yang menyinari kegelapan... maka jadinya.. ? terang benderang dong" :))) - RahmanCyber.NET

 

Kita tau bahwa spam score sebenarnya perupakan sebuah prediksi yang dibuat oleh perusahaan analisa domain yaitu Moz, untuk mempermudah dalam SEO ( Search Engine Optimization )

 

Pihak Moz pun juga mengklaim bahwa Itu hanyalah prediksi, bukan angka pasti... artinya, ini bukanlah metrik yang digunakan google dalam menentukan peringkat SERP.. jadi sifatnya prediksi dengan membandingkan menggunakan beberapa faktor, dari domain domain yang ada di Internet.

 

 

Apa itu Otoritas Domain?

Domain Authority (DA) merupakan skor peringkat mesin pencari yang dikembangkan oleh Moz yang memprediksi seberapa besar kemungkinan peringkat situs web di halaman hasil mesin pencari (SERPs). Skor Otoritas Domain berkisar dari satu hingga 100, dengan skor yang lebih tinggi sesuai dengan kemampuan untuk menentukan peringkat yang lebih tinggi.

Otoritas Domain / DA dihitung dengan mengevaluasi beberapa faktor, termasuk menautkan domain akar / ROOT dan jumlah tautan total / backlink, ke dalam satu skor DA. Skor ini kemudian dapat digunakan saat membandingkan situs web atau melacak "kekuatan peringkat" situs web dari waktu ke waktu. "Otoritas Domain bukanlah metrik yang digunakan oleh Google dalam menentukan peringkat pencarian dan tidak berpengaruh pada SERP. "

 

dikutip dari halaman resmi MOZ  - https://moz.com/learn/seo/domain-authority


 

 

 

3. Buat artikel Se-Original Mungkin

 

Disini saya udah paparkan diatas, ada beberapa klasifikasi penyebab SS tinggi, salah satunya yang paling bahaya adalah karena perbuatanmu sendiri yang menduplikasi artikel orang lain.

Jika sadar bahwa artikel menduplikasi milik orang, ya JANGAN NGELUH...

^_^


Kadang saya suka ngakak sendiri, kalo ada yang misuh misuh karena tiba tiba traffic turun, kena de-index eh ternyata blognya menduplikasi artikel orang...


Jadi mawas diri ya..  :)

 


Saya sendiri sebenarnya cukup pusing sebenarnya dengan mengenal yang namanya Perangkingan, DA, PA dan berbagai metrik.. jadi malah mengalihkan fokus...

 

Tetapi nyatanya, beberapa hal tersebut juga penting dipelajari, agar.. artikel kita dapat bertahan lama, dan kita bisa setidaknya mengetahui performa dari domain kita, ketimbang hanya sekedar menulis..

 

Termasuk "menentukan keyword, long tail keyword, melihat trend, mempersiapkan ceruk / niche - ini saya anggap sebagai kategori".. karena saya pemain blog gado - gado.



Makannya ,sebenarnya banyak yang ngehire orang yang khusus menangani dan fokus di bidang ini, sedang ia bisa fokus untuk menulis..


SEO Spesialis gitu...


Karena pusing juga sob, kalau sendirian... tetapi tidak masalah.. dengan menjalani dulu dan memahami, siapa tau ketika nanti sudah siap untuk hire orang, kita pun sudah tau prosesnya..


Saya pernah buat jawaban di Quesearch tentang beberapa faktor / sinyal pembentuk perhitungan Spam Score


Sebenarnya artikel itu mereferensi dari Moz..






4. Lain kali, berhati hatilah Blogwalking... pastikan situsnya aman dari SPAM link di komen...


Yup! blogwalking itu bagus juga untuk menaikkan domain authority ketika kamu berada di situs yang tepat... artinya biasanya NO FOLLOW dan bersih dari spam link ( Tidak mengijinkan Tautan Link di Bagian Komen Websitenya ). Apakah berpengaruh ke SERP? hmmm, sayangnya ini hanya mempengaruhi Skor Perhitungan Ahref.. dari pengamatan saya.. koreksilah jika saya salah.. jika kamu pernah membaca referensi lain... :) sama seperti Moz, Ahrefs juga punya metrik sendiri... Disana Nofollow pun tetap masuk dalam hitungan backlink...



 

Itu menandakan jika blognya terurus dengan baik, karena spammer enggak berani ninggalin jejak berupa link, karena tau gak bakalan di approve atau akan nyangkut ke tempat sampah SPAM..


Ninggalin jejak gapapa, karena itu akan berpengaruh untuk mengangkat eksistensi blog kamu, tetapi... agar enggak ketularan SPAM SCORE.. yang penting, lihatlah blognya... apakah masih diurus dengan baik.. 

 

Lalu, kenapa banyak blog yang menghilangkan bagian komentar? kenapa? saya tidak tau pasti.. kalau dari pemikiran saya sih.. kemungkinan karena tidak sempet kalau balas komentar.. jadi fokus buat artikel saja..

 

Selagi di set NoFollow sih gak papa menurut saya, cuman bayangkanlah jika komentar lainnya isinya Link Spam 

 

Kalau gitu, kenapa perlu  Cek juga Spam Scorenya...? Kita tidak pernah tau ya sob, kalo sewaktu waktu... "Komentar dari NoFollow diubah jadi DoFollow... sedangkan kita terlanjur Ninggalin jejak disana.. " ih sereeeeemmmm...


( Kita gak bisa prediksi, blog itu bakalan SEHAT terus atau kagak SPAM SCOREnya,,, yang penting, perlu diingat... SPAM SCORE berupa link itu bisa di tolak.. tetapi SPAM SCORE akibat konten duplikasi yang agak susah - kalo udah masuk daftar de-index... Manual :)

 



Untuk ciri ciri website spam lainnya.. saya rasa kamu sudah paham.. ^_^


Oh iya.. btw profil blogger itu dia akan berpengaruh positif untuk menaikkan DA Moz maupun DR Ahrefs.. lumayan pokoknya... dihitungnya "KONTEN" bukan "NOFOLLOW":) ... jadi jaga baik baik ea Profil Blog kamu... wkwkwk, ini seperti pengganti GOOGLE + yang udah discontinyu untuk consumer umum...


Sereeemmm ya kalo berpikiran yang tidak tidak semacam itu diatas.. hehe


Mungkin jarang terjadi hal seperti itu ya.. itu hanya pikiran "Antisipasi" aja.. karena kadang padahal udah bertahun tahun komen, ketika kita ketik nama blog kita di google.. contoh "Akatsuki" atau "google.blogspot.com"


Jeng jeng... keluarlah crawl komentar kita di suatu blog.. hehe ( Pengalaman Pribadi )


Tetapi kalo cuman mau komentar sob, tidak masalah... itung itung nambah relasi..

Enggap perlu terlalu dipikir keras keras deh...  hehe, jadinya malah takut Blogwalking atau silaturahim dengan pengguna blog lainnya...


Pointing aja ke Profil Blogger jika pengen aman..  tetapi jika ingin mendapat efek Nofollow tapi dapat reffering di Ahrefs, ketika kamu "Cek Backlink website kamu di Ahrefs" maka silahkan tautkan ke domain kamu... dengan segala resikonya.. hehe, saya sudah sebutkan diatas ya, hal teburuknya...


Saya sendiri masih banyak hal yang belum saya tau juga... beberapa diatas adalah hasil pengamatan dan mencoba langsung...



BTW....


Pernahkah anda melihat, Penyedia Template Blog Gratis itu tidak memperbolehkan menghapus Credit yang biasanya terletak dibagian bawah dan langsung menuju ke situsnya?


Itulah rahasia mendapat banyak Backlink... "Apakah anda kepikiran sebelumnya?" bayangkan Link yang ada di Footer itu biasanya akan nampil di seluruh halaman... bayangkan jika blog memiliki 1000 Halaman, berarti si pembuat Template mendapatkan 1000 backlink Gratis... :) Makannya biasanya beliau beliau yang menyediakan template blog itu mempunyai DA/PA yang tinggi, begitu juga DR dan UR nya... kalo liat status Backlinknya... wowowowo.. banyak baget..


Contoh...

 


Contoh Backlink yang didapat pembuat template
Cek Backlink di Ahrefs



Lalu, kalo di logika, ada banyak pemakai template, tentu dengan konten beragam.... yang jadi pertanyaannya, kenapa kok Spam Scorenya tidak Tinggi ya? Hehehe....


spam score pembuat template
Cek DA / PA Moz dengan Website pihak ketiga


Sobat lihat tuh... itu dari situs pembuat template yang sama ya teman teman...


Oke deh biar lebih jelas, mumpung bulan ini saya masih ada 10 slot pengecekan domain gratis dari Moz, saya cek melalui Link Exploler si Moz..


link exploler Moz cek Spam Score web Pembuat template blog

itu masih situs yang sama ya, dan beliau memang membuat template blog... :) , sobat bisa lihat, itu banyak loh sumber yang menautkan link, bahkan yang memiliki SS tinggi..., tetapi kenapa, spam score masih aman.. , di cek melalui Moz langsung spam score bisa dilihat 2%, itu sangat baik...


Padahal, saya cek melalui google search dengan menggunakan site:namadomain.com


dengan cek seperti itu, kita akan bisa melihat seberapa banyak jumlah postingan suatu website, saya pernah bahas juga di artikel, cara melihat banyaknya jumlah postingan suatu web


Tetapi dengan melakukan pengecekan menggunakan site:namadomain.com



Maka yang dicek adalah artikel yang sudah di Index google... atau yang diperbolehkan untuk di crawl.. sehingga jika suatu domain memiliki sub domain yang tidak mengijinkan di crawl google, itu tidak masuk dalam perhitungan... dari pemahaman saya ya sob... ( Anda bisa mengoreksi di kolom komentar )


cek jumlah artikel index google


Tuh, padahal jumlah artikel segitu, dan backlinknya banyak banget ya gan... hehe


Ada beberapa kemungkinan dari Penerawangan Saya :) 

  1. Artikel artikel blog tersebut bermanfaat, sehingga banyak orang menautkan / menjadikannya rujukan
  2. Melalui template ( Bisa template gratis, atau metode penjualan, atau sistem affiliasi )
  3. Sudah menjadi Selebritis di dunia blogging.. :) salah satunya ya dari pembuat template itu, banyak yang pakai, banyak yang kenal, ternyata sembari tau tingkat keilmuannya ternyata menguasai banget... ya jadilah selebritis blogger.. :)


Cuman itu sih yang bisa saya jabarkan... untuk lainnya, saya kurang tau.. itu hanya prediksi dan yang tau pasti hanyalah orangnya.. saya hanya menjabarkan secara umum saja.. :)



Ingat ya gan... di Internet itu ada yang namanya Jejak digital..

 

Beberapa orang yang expert pun bisa mengetahui, walau tidak di publikasikan... :) karena ada etika, bisa digunakan sebagai pendukung sebuah pembuktian, jika sobat melanggar.. dan memang diminta sebagai barang bukti.


Saya pernah bilang kan, ada Wayback Machine... di Postingan lama saya " Bagaimana Cek History Domain sebuah Website "


Atau kamu bisa cek aja di fasilitas Search yang ada di Web RahmanCyber ini...

Ketikkan "Wayback Machine"



Maka, "Bijaklah dalam memposting" Tulisan jelek, berantakan, bisa diperbaiki gan, tetapi kalau sobat posting fitnah atau hal hal yang menjelek jelekkan orang lain secara langsung, atau memberikan pengaruh buruk...  ya gitu deh, sama seperti ghibah, ini adalah hal yang sulit untuk dihapus, karena bisa jadi sudah ada yang nge save, lalu akan dinaikkan kembali ketika ISU ISU TERTENTU...

 

Menurut saya... viral itu tidak penting gan, sebagai generasi muda yang dihadapkan dengan berbagai macam informasi di era kemajuan teknologi ini, sobat pun perlu aware akan hal ini..

 

Karena, bisa jadi "Orang Lain" yang memanfaatkan situasi, Bahkan "Klarifikasi" pun bisa loh jadi konten yang mendatangkan pundi pundi adsense...

 

 

Maka dari itu, kita harus Smart, sebagai generasi muda, tidak asal ikut ikutan doang.. hanya karena di iming imingi penghasilan yang menggiurkan, apalagi menyangkut identitas sobat...

 

Jejak itu bisa bertahan lama loh, mungkin dari generasi ke generasi...

 

"Saya hanya menyarankan, berhati hatilah sebelum bertindak, kontrol emosi kalian.., kontrol emosi kalian, karena jejak digital itu mengerikan..." dan ini juga menjadi pelajaran buat saya sendiri, sebagai pengingat... agar tidak mudah terombang ambing sob...


Kita harus punya pendirian...


Semoga anda dan saya bisa terhindar dari hal demikian, kenapa... agar terhindar dari sifat fitnah... 


 

 

 






Kesimpulan


Problematika memang selalu ada gan.. tinggal bagaimana kita menyikapinya.. dari situ kita juga belajar sesuatu.. yang jelas, beberapa pengalaman dan cerita dari orang orang yang pernah mengalami itu sangat berharga gan.. agar kita tidak mengalami hal yang sama..

 

Dari beberapa hal diatas, kita bisa ngeliat bahwa, sebenarnya tidak semua SS tinggi yang link ke web kita itu berdampak pada SERP dengan catatan, jika referer domain yang memiliki SS rendah lebih banyak...sayangnya pada contoh diatas, hanya dibatasi beberapa list SS Paling tinggi dan hanya beberapa baris saja, karena saya menggunakan versi free...


Mungkin hal ini kamu bisa bernafas lega ya.. hehe, tapi yang keliatan adalah ketika backlink dengan ss baik domainmu itu masih sedikit.. maka biasanya akan terlihat ketularan...

 

 ( Dalam lingkup perhitungan moz / metrik dari moz ya, bukan google "Karena menurut saya sih yang paling pengaruh adalah keaslian konten, karena walau pembahasan sama, cara menulispun beda... coba aja main main di 1TEXT buat cek tulisan kamu - entahlah kok bisa gitu, berarti manusia itu memiliki keunikan dong, ketimbang robot...

Iyalah... manusia adalah ciptaan Allah SWT, sedangkan Bot yang nyiptain manusia kan atas petunjuk dari Sang Pencipta Alam Semesta dengan berbagai tanda yang semebar di Muka Bumi yang kadang bisa di amati oleh orang orang tertentu... coba deh liat secarah OPTIK KAMERA, dari mana ide itu berasal? :) dari hal sederhana, yaitu Cahaya yang masuk melewati Lubang tembok - silahkan baca Profil Abu Ali Al-Hasan Ibn al-Haytham atau dikenal dengan Alhazen" )



Contoh Konkrit diatas, tetapi saya punya hasil praktek lain, saya penasaran memang tentang hal ini... hasil ini saya pasang bulan lalu, berarti Februari / Maret 2021, sebelum puasa Ramadhan pokoknya saya mulai praktek coba coba... kalo tidak salah, saya mencoba menghubungkan link web web yang saya miliki... Hasilnya mengejutkan, Saya Posting di Pembahasan tentang Link Building untuk Keuntungannya...

 

Intinya saya mengamati web besar, selain itu sedikit menelusur lebih dalem dengan melakukan Inspect Element menggunakan Browser Firefox untuk mempelajari Struktur web tersebut, dan saya menemukan Halaman Domain A - Link ke Domain B dan Domain B link ke Domain A, setelah saya cek, itu seperti memberi backlink langsung..., saya pun berpikir, wah ini bisa jadi meningkatkan DA / PA Domain baru secara signifikan... dan memperbanyak URL RATING ataupun Domain Rating di Perhitungan Ahrefs....


 

Mirip mirip dengan Studi diatas ( Blog Template ), tetapi kalo ini dua arah.. artinya selama satu network, saling dihubungkan semua.. dan itu dofollow.. Cek aja untuk hasil praktek yang saya jadikan itu menjadi pengalaman untuk saya dan saya bagikan saja di Blog Ini, pada tautan artikel Link Building diatas...


Yang saya posting di Halaman ini, adalah kekurangannya...Sedang kekurangannya... kebetulan pas, di pembahasan Spam Score ini.. hehe


Maklum kedua domain itu masih memiliki konten yang sedikit... jadi pas, sedikit berkaitan dengan pembahasan...


Kita mulai dari Struktur Link yang saya buat...  Website A dan Website B... 


Sederhana dan saya tempatkan di sidebar, kenapa? karena sidebar itu linknya akan kebaca di setiap postingan.. karena struktur web saya demikian...


Jadi ini bakalan dapet semua halaman.... :)


Cara membuat link a href
Struktur Link Website A

Cara membuat link ahref di blog
Struktur Link Website B


Intinya keduanya akan saling terhubung, seperti konsep Tukeran Link...., lalu ini adalah hasil dari kode link diatas....


tampilan link ahref website a
Tampilan Link di Website A


tampilan link ahref website b
Tampilan Link di Website B


Seperti itulah tampilan link di sidebar ya gan... setelah itu, itu dibiarkan beberapa bulan... Pas Puasa kemarin baru ketahuan... ternyata ada dampak menarik dengan meningkatnya URL RATING pada masing masing web dibawah, akibat suntikan Backlink dari Web ini...


Menarik, tetapi ternyata hanya signifikan di URL RATING, sedangkan DOMAIN RATING-nya kagak ( Untuk Matrik AHREFS ), sedangkan untuk MOZ, bisa dilihat bahwa Myshorttips itu adalah domain yang baru seumur jagung... saya beli sekitar 3 Bulan lebih dikit yang lalu..., tetapi untuk Domain Authority dan Page Authority baru kelihatan naik setelah 2 bulan berjalan...


Saya buat saling link itu sebelum puasa ya, dan pas ramadhan saya cek, Domain Authoritynya naik... menjadi 6 dan Page Authority ( Hanya berlaku di URL ROOT ) 6, ini cukup mengejutkan... ternyata ada efeknya... Waktu itu saya belum menghubungkan antara Domain A dan B ya... pas Ramadhan, saya coba deh hubungkan antara Domain A dan B, sebelumnya, kedua domain sudah saya tautkan di domain utama ini... menunjukkan bahwa kedua domain itu resmi dari kita.


Statusnya, Domain A itu sudah memiliki Spam Score 11 yua gan, karena dulu saya salah optimasi, saya tautkan ke web blogger saya yang membahas tentang Game Flash, karena waktu itu Adobe Flash Media Player masih saya senangi.... jadi semacam repost Iframe Embed dari Penyedia Game Flash... ternyata ngeri, saya lupa Domain A saya taruh di Footer Copyright... "Web Dev by Domain A" gitu... selama bertahun tahun sejak 2013...


Hehe, dan padahal udah saya hapus tuh dari blog game flash milik saya, untuk link Footer Copyright... "Web Dev by Domain A", ternyata gak ilang ilang gan.... hehe, sepertinya ini akibat HISTORY deh / mungkin ada kaitannya dengan Wayback Machine? entah lah, apakah itu menjadi faktor pembentuk perhitungan Spam Score atau tidak...  


Kalau gitu memang cara terbaik untuk menurunkan SS, adalah dengan memperbanyak Backlink Baik... / yang memiliki Spam Score Rendah.. :), atau dengan memperbanyak artikel.


Spam Score dapat Nular
Hasil Cek Terkini, dengan Spam Score yang Nular



Bisa saja tidak? hmmm, saya pun memastikan dengan Sisa Query gratis bulanan Moz Link Exploler untuk memastikan, dari mana sumbernya...


Betapa kagetnya, ternyata benar... Spam Score tertinggi berasal dari Domain A...


Spam Score berasal dari Domain A
Hasil Cek Website B, darimana datangnya Penularan Spam Score


Itu dia... jadi ini menguatkan perkiraan saya, bahwa Domain A adalah penyebabnya... :)


Sebelumnya, tolong jangan repost ini ya, karena ini saya menunjukkan dengan data website saya... sehingga khusus untuk RahmanCyber.NET ini saja, tidak untuk di Reproduksi.


Kalau dijadikan link referensi, tidak masalah... jadi langsung diarahkan ke artikel ini... 


Oke, diatas sudah ketahuan ya... sebagai tambahan, ini dia status pengecekan website A...



SPAM SCORE MOZ WEBSITE A
Data Spam Score Website A



Padahal, kalau kalian lihat struktur link pada gambar diatas, saya juga menghubungkan web ini... di masing masing Website ( A dan B ), tetapi web ini, tidak terpengaruh... ( Saya berasumsi, karena Backlink Website ini lebih banyak dari Website A dan B ) sehingga tidak mudah terpengaruh.


( Sebenarnya saya agak was was dengan menunjukkan identitas diatas, apalagi membuat artikel yang membahas tentang blogger.... karena kadang yang tidak suka itu bisa berbuat macam macam... tapi mau gimana lagi, untuk edukasi, toh saya juga tidak menyinggung siapapun, dan saya tidak menyalahi siapapun... saya hanya berlindung pada Allah SWT, manusia hanya bisa pasrah... )


Langkah selanjutnya apa yang ingin dilakukan? saya coba menghapus linknya, sehingga kedua website tidak saling terhubung dulu... Jadi Misah....


Semoga efek selanjutnya, Spam Score turun :)


 

Jadi kesimpulan dari praktik adalah, Website dengan artikel yang Minim itu Rentan terhadap Penularan Spam Score - RahmanCyber.NET





Itu kaitannya dengan "Sebuah Metrik Perhitungan untuk Menentukan Spam Score suatu Website" dengan faktor dari Backlink Refferer...

Terutama yang berkaitan dengan suatu website yang menaut situs kita...

 

Karena menurut saya yang benar benar berdampak itu, jika ternyata itu ulah kita sendiri.. Ya udah gak usah protes.. hehe

 

Kenapa saya bisa bilang seperti ini, karena saya pernah praktik juga, memposting materi kuliah di website domain blogspot..

 

Disitu ketika saya cek menggunakan Moz, padahal tidak ada tautan luar yang memiliki Spam tinggi... tapi Nilai Spamnya 25%

 

Dan alamat blog tersebut sudah saya hapus..

 

Spam Score karena ulah sendiri
Bukti Spam Score Ulah Sendiri

 

Itu sebenarnya saya sedang coba coba gan... dan ternyata menghasilkan kesimpulan praktik yang berharga, dan saya bagikan disini... sebagai contoh SS karena Ulah Sendiri

 

Web itu saya buat tahun 2014 kalo gak salah... , dan udah banyak visitornya... tapi tiba tiba langsung jadi 0... sepi pengunjung sejak beberapa tahun... artinya itu bisa naik dalam setahun.. lalu, kena de index kemungkinan.... Total materi yang saya gunakan untuk uji coba ada 10 kalo gak salah... tapi selang beberapa bulan, langsung banyak pengunjungnya..


Itulah gan, hasil praktek saya, sebuah pengalaman yang saya bagikan khusus di web ini... harapan saya sih, semoga ini menjadi batu loncatan agan, setidaknya mengerti beberapa dampak dari pengalaman yang telah saya lalui, terutama untuk adek adek ya.. :)



 

 

Jadi... Kena de index mungkin... mau buat domain baru lagi? yah butuh index lagi.. dan perlu waktu tunggu juga loh :)

 

Karena... NYATANYA INDEX GOOGLE itu enggak cepet kayak dulu gan..

 

kadang butuh bulanan baru ke index..


Sama halnya dengan Problem Solving dari Problematika Spam Score ini... hasilnya tidak bisa di lihat secara instan.. masih nunggu lagi.


Hampir 11/12 sama nunggu index google untuk artikel yang baru kita buat... 


Backlink pun juga demikian... efeknya gak bisa langsung terlihat saat itu juga... karena ini nunggu si GOOGLE merayapi link link tersebut... untuk ditambahkan dalam parameter penghitungan nantinya..


ibaratkan kriteria penilaian... itu menjadi tambahan dalam 1 kriteria saja.. karena pada ALGORITMA Google itu ada banyak kriteria penentuan RAnking... dan itu hanya pihak mereka yang tau secara pasti, bagaimana Sistem Algoritma itu bekerja.


Bahkan MOZ dan AHREFS yang terlihat powerful juga menganggap sistem yang dibuatnya itu hanya sebagai Prediksi, alias tidak pasti...



Jadi itulah gan.. "persaingan" dalam perlombaan mendapatkan Ranking... KRITERIAnya disembunyikan itu lebih menantang bukan.. :) Selamat Berkometisi! Jangan lupa Makan :)



Ada pelajaran baru yang saya dapat... "Fokuslah Menulis dan Membagikan Ilmu, beberapa Matrik diatas dan berbagai Pembahasan SEO itu pendukung.... " coba bayangkan kalo tidak ada konten :)


Apa yang mau di Optimasi... wkwkwk


Tidak usah spaneng, ini saran juga untuk diri saya sendiri.. :)



Sebagai catatan dari sebuah penelitian akan Ilmu "SEO"... terkusus tentang SPAM SCORE...



Kenapa Perbanyak Konten Original bisa menurunkan Spam Score... ingat, tiap halaman mengandung Link / URL website kalian bukan? logikanya, misal anda memiliki 1000 halaman, berarti jika anda menautkan Copyright www.domainwebanda.net, misalnya


Berarti anda sudah mendapatkan 1000 backlink baik... / sehat


:) 



Ketika anda berusaha membangun backlink, Pihak Google Search Berusaha semakin ketat menyeleksi artikel agar mendapatkan informasi yang lebih baik dan berkualitas... begitupun juga Search Engine lainnya...


Berarti?

 

Content is Number One, 

 

Lainnya, silahkan tafsirkan sendiri.. hehe :)

 

oh Iya, saya juga pernah riset tentang Link Building - Inbound dan Outbound... Jika tertarik, silahkan baca gan.. :)





Sekian Bahasan kita tentang Spam Score... moga bermanfaat...








F.N.A-RED




 

 

 

 

 

1 Komentar

Untuk posting kode, bisa di parse dulu gan, pake tool parse yang udah disediakan di website ini https://www.rahmancyber.net/p/parse-code.html

agar kodenya tidak hilang... ^_^

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال