3/07/2021

Cara Mendaftar Domain ccTLD .ID Negara Indonesia dan Secondary Level

RahmanCyber.NET | Blogger - Domain merupakan hal penting, karena Domain itu seperti halnya sebuah Rumah / RUKO. Orang yang berkunjung pun perlu menghafal namanya kan agar tidak salah alamat.

 

Ibarat kata nih, kamu punya ruko, pasti ada alamatnya, supaya orang yang ingin berkunjung tidak nyasar.

 

Apalagi kalo alamat kamu sudah di pin di maps, misalnya.. pengunjung tidak ragu lagi... dan peluang kesasar makin mendekati 0%

 

syarat pendaftaran domain.id

 

Domain = Investasi RUKO

 

Ini sama halnya ketika kita nge pin alamat website kita di berbagai sosial media, konsepnya sama... supaya pengunjung yang pengen berkunjung di tempat kamu, dia akan yakin tidak kesasar.. kita tau bahwa salah sedikit saja dalam pengetikan nama domain, maka pengunjung tidak bakalan menemukan website kamu ( kecuali kalo di google search biasanya ada semacam rekomendasi ke domain yang paling kuat ) 

 

misalnya nih, kamu cari Google.com sebenarnya.. tapi kamu salah ngetik yang sebenarnya Google, malah Goohle.. maka jika kamu menjari nama itu di google search, kamu akan di tanya atau diarahkan langsung ke domain yang lebih kuat...

 

Makannya, setiap kesempatan... saya menyarankan jika kamu memilih nama domain, usahakan yang unik.. agar, kamu mudah dalam membranding dan tidak ada bayang bayang.. karena kamu memiliki niatan untuk mengganggu branding orang lain, misalnya...



Branding Nama UNIK 


Saya rasa nama unik itu jauh lebih dihargai kok.. ( Hal ini bisa dilihat, siapa yang lebih dulu memakai nama tersebut, kalau domain, ada riwayatnya di Perpustakaan Sejarah Internet - jadi hohoho... gak bisa tipu tipu yah.. :D )

 

Mau konsultasi Branding Nama, bisa DM kita... ^_^ , Dalam mebuat sebuah nama Branding, kita tidak asal buat, banyak faktor yang diperhitungkan, supaya apa? supaya kamu dalam membranding nantinta menjadi lebih mudah.. Jadi Ibarat Jalan.. Kerikilnya udah disingkirkan.. gitu deh.



Kenapa Perlu Alamat Domain?

 

Sebelumnya kita telah bahas panjang lebar tentang domain, kenapa sih website memerlukan nama domain?


Beberapa kesempatan lainnya, kita juga sudah menjelaskan bagaimana proses membuat Blog kita di Blogger memiliki alamat domain TLD / Top Level Domain, layaknya Website Self Hosting atau Hosting Sendiri.




Kenapa sih perlu hal demikian?



Saya udah katakan, bahwa nama domain website itu adalah seperti RUKO, bernilai... bahkan itu seperti investasi, kamu tidak bisa Sim salabim langsung melambung, Proses untuk membuat Nama Domain itu menjadi baik di Mata Search Engine, membutuhkan proses dan waktu.



Domain Investasi Jangka Panjang, Jika...


Jadi jika kalian sudah mengawali memiliki Nama Domain, Selamat! Kalian sudah memiliki Investasi Jangka Panjang..


Jika, kalian sering merumat Ruko itu, memberdayakan, dan mengundang pengunjung..


Ketika sebuah Ruko Ramai dikunjungi, tentu akan banyak dikenal banyak Orang, dan secara otomatis... Posisi Ruko itu akan STRATEGIS UNTUK BISNIS, karena sudah banyak orang yang mengetahuinya.



Tetapi layaknya Ruko juga... Ruko itu bekas buat jualan apa? Bekas buat usaha apa? Domain pun juga ada riwayatnya..



Domain Expired Banyak diburu?


Maka ketika kalian hendak membeli Domain Expired / Domain yang Tidak Di Perpanjang / Lupa di Perpanjang ( Biasanya banyak nih temen temen blogger yang main ginian, mencari Domain Expired Luar Negeri dengan DA / Domain Authority yang tinggi, pastikan cek dulu Histori atau Riwayat Domain tersebut, Percuma kan Diketahui banyak Orang, Domain Authoritynya tinggi, kalau ternyata bekas tempat yang buruk? 

 

Sekarang tuh kita bisa Cek riwayat Domain, maka saya yakin akan jadi nilai tambah Penjualan, jika Domainnya selama ini dijalan yang Benar!

 

 

Cara Cek Riwayat Domain Expired


Cara Cek Riwayat Domain Website Expired pun sudah saya Share sebelumnya di Postingan Baru, oh iya untuk postingan postingan lama masih proses perbaikan artikel... 


Kamu bisa kunjungi link internal yang saya tautkan, atau bisa langsung mencari melalui fasilitas Search yang ada di Blog RahmanCyber NET


Search RahmanCyber

 

Fasilitas itu difungsikan untuk mempermudah pengunjung mencari artikel yang pengunjung inginkan di Blog RahmanCyber NET.



Karena Penting Banget Domain itu, maka Investasilah sekarang juga! karena waktu domain itu juga menjadi perhitungan Algoritma Google.



Domain .ID ( Domain Country Code Indonesia )


Domain ID yang merupakan Domain TLD indonesia, ini di kelola oleh PANDI, kalian bisa search sendiri, tetapi PANDI itu sebagai Registry, kamu jika pengen mendaftar Domain ID, seperti .id , .my.id, .web.id, .org.id, . sch.id ... yang memiliki ekstensi .id pokoknya...

 

Kamu bisa mencari Registrar, atau perusahaan komersial yang menjual Domain untuk Umum, biasanya disitu sudah bisa dipilih dari berbagai registry yang ada secara langsung, tinggal ngetikkan namanya aja.


Saya Juga sudah membahas lebih komplit tentang Regitrant, Registrar, dan Registry 


Domain ID merupakan Domain TLD untuk wilayah Indonesia / Country Domain , berbeda dengan .com / .net yang memiliki pasar lebih komersial mendunia.

 

Domain ID ini lebih spesifik, dan sangat bagus jika target kalian adalah LOKAL ataupun masih wilayah INDONESIA, KENAPA?

 

ya karena memang wilayahnya..

Jadi lebih dipercaya.. gitu dah..


Mungkin itu kalo di sistem, tapi kalo di realita, saya kurang tau juga ya..


Logikanya hampir sama ketika kamu "Beli Barang Dalam Negeri, atau Luar Negeri" coba deh... renungkan.. apa yang kamu pilih.. 


Tetapi kalo di sistemnya memang menang lokasi geografis, jadi jika bersaing di Search Engine pun bisa menambah Nilai kamu dalam perhitungan di Algoritma Mesin Pencari, karena Domain berdasar Wilayah dianggap kontennya memiliki relevansi terhadap wilayah geografis tersebut.


Masih bingung tentang .id?

 

.ID itu sama halnya domain berdasar negara lainnya, misalnya .JP untuk Jepang, .MY untuk malaysia, .CN untuk China


Intinya, biasanya domain negara akan lebih diutamakan kemunculannya di Search Engine Negara tersebut, misalnya Kamu di Indonesia, sedangkan kamu memakai Domain .id , maka keterlihatan website kamu akan meningkat.

 


Berikut ini beberapa Persyaratan untuk Pendaftaran Domain ID

 

Sebenarnya sob, ini adalah inti dari artikel ini, tetapi kalian tidak hanya belajar tentang persyaratan aja kan? ya, semoga bermanfaat lah pokoknya, yang jelas RAHMANCYBER.NET berusaha memberikan artikel semaksimal kemampuan kita, sebaik yang kita mampu, dan kita berusaha untuk senantiasa berbenah, masukan masukan kalian terhadap artike artikel kita, sangat berarti.. kita menerima pesan secara DM, langsung aja FACEBOOK atau INSTAGRAM. Kritik Saran  sangat bermanfaat untuk perkembangan kita yang benar benar merintis dari bawah.

 

Berikut ini beberapa persyaratan untuk pendaftaran Domain ID ( Top Level maupun Secondary Level )


Domain .ID

 

Domain .ID merupakan domain Top Level di kalangan Domain khusus untuk Wilayah Geografis Indonesia. 

Harga domainnya lumayan mahal sih, tapi ternyata banyak yang cari juga... dari data yang kita dapatkan pas artikel ini dibuat, harga per tahunnya sekitar Rp 200 ribuan keatas...

Untuk Persyaratan Pendaftarannya, tidak ada... Jadi bisa mendaftar seperti ketika daftar domain .com / .net / domain top level lainnya..


 

Domain .AC.ID

 

Domain .ac.id ini di khususkan untuk  akademik, universitas, perguruan tinggi dan sejenisnya... tentu tidak untuk umum ya, karena memang disitu ada kredibilitasnya, sehingga untuk domain .ac.id ini bukanlah domain yang sembarangan orang bisa pakai, Domain Authoritynya pun Cenderung Tinggi, karena termasuk kalangan pendidikan resmi. 

Untuk biaya pertahunnya kisaran Rp 50ribuan...

Persyaratan Pendaftarannya, KTP Republik Indonesia (WNI) atau Paspor (WNA), SK Depdiknas/SK Depag, Pendirian Lembaga Pendidikan Tinggi, Surat Kuasa Pimpinan Lembaga mengenai pendaftaran nama domain



Domain .CO.ID

 

Merupakan domain yang di tujukan untuk komersial, badan usaha dan sejenisnya, intinya adalah untuk perusahaan. Kisaran Harganya Rp 250ribuan keatas, Biasanya tiap Registrar beda beda untuk harga awal, tetapi cenderung mendekati sama di harga perpanjangan... cek aja sendiri.

Untuk Peryaratannya KTP Republik Indonesia (WNI) atau Paspor (WNA),  AKTA/SIUP/TDP/NPWP Perusahaan ( Pilih salah satu yang ada ), Sertifikat Merek (bila ada / optional)



Domain .NET.ID

 

Untuk domain Net.ID ini dikhususkan untuk penyedia jasa telekomunikasi yang berlisensi, tetapi saya agak jarang sih ngliat yang pake NET.ID, kalo .NET ya saya sendiri... hehe, RAHMANCYBER.NET .. hehe, tapi bebas kok kalo gTLD mah... kenapa pakai .NET? keren aja gitu... enggak, bercanda... alasannya adalah .NET bisa untuk kepanjangan NETWORK, SESUAI visi misi Perusahaan Media RAHMANCYBER NETWORK.

Harga Domainnya, lebih murah untuk NET.ID ini, hanya kisaran Rp 125ribuan... lebih kurang lah, kalo belum naik naik banget.

Syaratnya KTP Republik Indonesia (WNI) atau Paspor (WNA), Surat Izin Prinsip/ Penyelenggaraan Usaha Bidang Telekomunikasi yang diterbitkan oleh Kementerian yang membidangi komunikasi dan informatika

 



Domain .WEB.ID

 

Kalo yang ini dikhususkan untuk Probadi... sebenarnya 11 12 ama .my.id , tetapi ini tingkatanya mungkin lebih tinggi... intinya untuk pribadi atau komunitas ( yang enggak resmi resmi amat )


Untuk biaya maharnya Rp 55 ribuan kurang lebih.. kalo belum naik... ( hitungannya pertahun ya ) dan ini bukan teknik akumulasi, ( Murah di Awal, mahal di Perpanjangan, kalo saya sih lebih pilih yang Flat flat aja lah :) )


Untuk Persyaratan Pendaftaran Domain .Web.ID => KTP Republik Indonesia (WNI) atau Paspor (WNA) , Itu sih informasinya, kalo belum berubah tanpa syarat... ya minimal siapin itu dah.



Domain .SCH.ID


Untuk SCH.ID ini adalah domain yang dikhususkan untuk Penyelenggara pendidikan Dasar, ya anggap aja sekolah...sekolah, Karena SCH sendiri kepanjangannya SCHOOL , Tapi resmi ya, bukan abal abal, karena ada persyaratannya. Tergolong dalam Domain Pendidikan yang memiliki Authority tinggi.. :D , sayangnya tidak untuk umum ya..


Biaya pendaftaran dan perpanjangan kisaran Rp 55ribuan, bisa berubah sewaktu waktu ( Saya sarankan untuk langsung perpanjang 5 tahun )


Persyaratan Pendaftaran Domain .SCH.ID apa aja sih? KTP Republik Indonesia (WNI) atau Paspor (WNA), Surat kuasa, Surat Keterangan Kepala Sekolah atau Pimpinan Lembaga



 

Domain .OR.ID

 

Jika kamu memiliki organisasi resmi, kamu bisa mendaftar domain ini, karena memang peruntukannya untuk Organisasi yang berada di Geografis Indonesia.


Untuk biaya pendaftaran dan perpanjangannya kisaran Rp 55ribuan kurang lebih, bisa berubah juga.. saran saya langsung langganan untuk beberapa tahun, misal 5 Tahun.


Persyaratannya Apa Aja sih? KTP Republik Indonesia (WNI) atau Paspor (WNA), Akta Notaris atau Surat Keterangan dari organisasi yang bersangkutan

 



Domain .BIZ.ID

 
Domain .Biz.Id ini mirip dengan .co.id tetapi, ini untuk skala perusahaan mikro, kecil dan menengah, jadi cocok untuk UKM / UMKM

Untuk Biaya Pendaftaran dan Perpanjangannya sekitar Rp 55ribuan kurang lebih, kamu bisa cek sendiri link untuk harga pastinya di bawah nanti saya sertakan.

Persyaratan Pendaftarannya, hanya butuh KTP Republik Indonesia



Domain .MY.ID

 

Jika kamu blogger atau personal yang pengen eksis di internet dengan domain sendiri harga murah... ya ini pilihannya.. domain Secondary Level .MY.ID , kelebihannya sih memang murah itu.. tetapi hati hati jika digunakan untuk hal yang melanggar syarat dan ketentuan, bisa di Suspend sewaktu waktu.


Kalau saya liat untuk biaya pendaftaran dan perpanjangannya ada yang jual 55rb ada yang paling rendah Rp 11ribuan kurang lebih..

Jadi seperti yang saya sarankan diatas, belilah domain dan perpanjanglah langsung kontraknya, misal minimal 5 tahun, kenapa? agar terhindar dari naik turunnya harga.. tapi biasanya kalo udah naik, susah turunnya ik.. pengalaman saya pakai domain .NET, hehe, dari harga 99ribu, sekarang udah 160ribuan, belum ppn.. total bisa 180rb pertahun.. untuk satu domain .net.. Agak menyesal sih, kenapa enggak perpanjang 10 tahun sekalian! zzzzzzt..



Untuk Persyaratannya KTP Republik Indonesia (WNI) atau Paspor (WNA), kalo sekarang entahlah apakah masih perlu syarat ato tidak, pokoknya siapin aja itu.



Domain .PONPES.ID

 

Ternyata ada loh domain khusus untuk Pesantren / Pondok Pesantren, disingkat PONPES.
Biaya Pendaftaran dan Perpanjangan kisaran Rp 55 Ribu saja, cukup ekonomis saya rasa.

Persyaratan Pendaftaran? KTP Republik Indonesia (WNI) atau Paspor (WNA), Surat Keterangan Pimpinan Pondok Pesantren atau Pimpinan Lembaga.

 

 

 


Itulah beberapa hal yang perlu diketahui seputar persyaratan mendaftar domain ccTLD .ID Top Levelnya maupun Secondary Levelnya...


Moga bermanfaat, jika kalian membutuhkan informasi tambahan lain, seputar domain .id, saya referensinya PANDI sebagai Registry untuk Domain ccTLD negara Indonesia..



Oh iya.. untuk Domain .go.id kok gak ada?



Domain .ID Khusus Wilayah Pemerintahan


Hmmm, ini memang khusus lembaga dan lingkungan Pemerintahan, Kemaren saya update, jika kalian merupakan perangkat desa, Sekarang disampin .GO.ID , juga ada .DESA.ID 

Semuanya memiliki Syarat Khusus, berikut ini saya ambilkan cuplikan dari yang berwenang,



1 .go.id


Kartu Pegawai Negeri Sipil, Kartu Anggota TNI, Kartu Anggota Polri, atau Kartu Identitas Tetap (masih berlaku), Surat Permohonan Nama Domain Instansi dari Sekretaris Instansi ditujukan ke Menteri Komunikasi dan Informatika, Surat Kuasa Peraturan perundang-undangan yang menjadi dasar pembentukan instansi

2 .desa.id


SK Kepala Desa dan SK Perangkat Desa (masih berlaku)
Surat Permohonan dari Sekdes/Kades untuk Pemerintah Pusat yang di tembuskan ke Bupati atau Sekretariat Daerah (sesuai Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika yang berlaku)
Surat Kuasa dari Kades atau Sekdes ke Perangkat Desa sebagai pejabat pengelola domain desa

Contoh Template Surat Permohonan dan Surat Kuasa untuk Desa:
1. Surat Permohonan
2. Surat Kuasa

Bisa di Unduh langsung ke Website yang Berwenang, https://domain.go.id/index/persyaratan


Website itu merupakan resmi, karena ada akhiran .go.id, jadi saya buat DoFollow, merupakan Link yang dapat dipercaya.


Semoga bermanfaat, bagi kawan kawan yang berada di Instansi, misalnya kepala Desa.


Informasi lebih lanjut, langsung aja ke link domain.go.id diatas.



Domain Life Cycle ( Siklus Hidup Domain )



Domain Life Cycle - RahmanCyber.NET



Periode Auto Renewal / Otomatis Perpanjangan (maksimal 45 Hari) 

 

• Periode Auto Renewal / Otomatis Perpanjangan, di–setup 35 hari (atau sesuai dengan ketentuan Registrar) dari tanggal domain berakhir;
• Status domain: Periode Renewal / Perpanjangan
• Dalam periode ini domain masih bisa diperpanjang sampai dengan domain dihapus;

 

 

Redemption Period (30 Hari) 

 

• Redemption Period, di–setup 30 hari dari tanggal berakhir masa auto renewal
(tanggal berakhir domain + 35 hari auto renew period + 30 redemption period)
• Status domain: pending delete;
• Domain tidak dapat diakses dan telah di hapus oleh sistem. Dalam periode 30 hari ini domain hanya bisa diaktifkan/diperpanjang kembali melalui proses “restore” dengan biaya+denda = 400% dari biaya normal; caranya dengan mengajukan permintaan restore ke registrar.



Pending Delete (7 Hari) 

 

• Pending Delete, di-setup 7 hari dari tanggal berakhir masa redemption period. (tanggal berakhir domain + 35 hari auto renew period + 30 redemption period + 7 hari pending delete)
• Pada tahap ini, tidak ada kemungkinan bagi pemilik domain untuk melakukan perpanjangan (renew atau restore). Domain akan tersedia (available) bagi setiap pendaftar setelah masa 7 hari pending delete berakhir.



Sumber : https://pandi.id/domain-life/



Hati hati ya gan, domain kesayangan jangan sampai lepas... karena kalau DA nya tinggi, biasanya udah banyak yang siap menyantapnya.. hehe..




Cek Ketersediaan Domain

 

Untuk Cek ketersediaan domain dan Membeli Domain, saya biasa beli dan Berlangganan disini https://bit.ly/2KEgrAB


Beli Domain Murah dan Layanan Berkualitas 24 Jam

Nanti, kamu langsung input di form tersebut, untuk cek ketersediaan Domain, maka nanti bakalan muncul beragam pilihan disitu.







Salam


Sekian untuk pembahasan kita kali ini, Mohon Maaf jika ada Salah kata.

 

 

 

Penulis 

F.N.A-RED

 

 Riset dan Menulis artikel ini 5 Hari.


Advertisement
Sobat, ditempat ini kita belajar bareng ya, saling berbagi ilmu di https://www.rahmancyber.net Apabila ada yang perlu di tambahkan atau ada kesalahan mohon di koreksi
Bagi yang menginginkan konten berupa video, bisa langsung kunjungi link https://www.youtube.com/rahmancyber
Matur Nuwun...

Sponsor Rahmancyber Network



Baca Juga

Posting Komentar

Follow by Email

Whatsapp Button works on Mobile Device only