3/01/2021

Cara Setting HTTP ke HTTPS Domain Custom Blogger

RahmanCyber.NET | Blogger - Ada banyak sekali kelebihan ketika kalian menggunakan HTTPS ketimbang http pada blog. Banyak banget. Blog kamu jadi terlihat lebih keren!




HTTP KE HTTPS CUSTOM DOMAIN BLOGGER

 

Sebelumnya, silahkan kamu pahami Bagaimana cara mengubah Domain Blogspot menjadi Domain Custom TLD, seperti .com/.net/.online/.xyz/.my.id


Jika kamu belum melakukan Custom Domain. 


Karena materi diatas penting agar nyambung ke pembahasan ini. Karena disini tidak hanya membahas ganti HTTP ke HTTPS untuk Domain Blogspot, melainkan Domain Custom yang dipasang di Blogspot.



Apa sih Kelebihan SSL Blogger?


Salah satunya adalah dapat meningkatkan Trust atau kepercayaan pengunjung.



Apakah Domain Blogspot bisa dipasang SSL / diubah HTTPS?


Sebenarnya untuk mengubah HTTP ke HTTPS sudah bisa digunakan ketika kalian belum mengganti domain custom blog sobat. Sehingga alamat blog kalian bakalan bisa diakses dengan koneksi HTTPS / SSL / Sambungan Aman.



Fungsi SSL (HTTPS)


SSL ini biasanya digunakan website website self hosting untuk memberikan keamanan bagi pengunjung dalam hal password dan pencurian data pribadi, membantu memastikan bahwa website yang dikunjungi aman dan tidak mengalihkan ke website lain yang berbahaya.


Selain itu dapat membantu mendeteksi penyerang yang mencoba mengubah data yang dikirimkan oleh blogger ke penguinjung.


Kenapa sih kok bisa aman? karena https ini merupakan sambungan yang sudah terenkripsi. JKadi ini seperti menambah layer / menyandikan data agar orang lain yang tidak berkepentingan itu tidak "NGUPING".



Kelebihan SSL di Blogger


Kelebihan SSL di Blogger adalah Gratis! kalo di Self hosting, biasanya untuk mendapat SSL, kalian perlu berlangganan, seperti berlangganan Domain, ternyata untuk SSL di Blogger itu tidak perlu. Jadi cukup setting saja, maka Website berbasis blogger kalian bakalan menjadi HTTPS.



Bagaimana Cara mengubah HTTP ke HTTPS Domain CUSTOM di Blogger


Untuk mengaktifkan HTTPS untuk blog domain kustom:


setelan https myshorttips



  1. Silahkan kamu Login ke Blogger.
  2. Masuk ke Dashboard Admin Blogger
  3. Silahkan menuju menu sebelah kiri, klik Setelan
  4. Setelah itu pada halaman sebelah kanan, tepatnya di bagian "HTTPS" dan "Ketersediaan HTTPS", pilih Ya / geser sampai berwarna hijau.


Untuk Pengalihannya, Cukup kalian geser tombol Pengalihan HTTPS yang letaknya dibawah Ketersediaan HTTPS, sampai berwarna hijau.


Jika masih kurang jelas...


Berikut ini saya membuat video tutorial yang saya susun sedemikian rupa untuk dapat dipahami segala kalangan.. 


HTTP KE HTTPS CUSTOM DOMAIN BLOGGER


Pembelajaran Setting HTTP ke HTTPS untuk Domain Custom Blogger https://youtu.be/fNfahF-SSLQ


Disitu kita bahas, kenapa sih HTTP ke HTTPS, bagaimana agar tidak error... dan lain sebagainya...




Fungsi Pengalihan HTTPS itu apa sih?


Jadi jika bagian pengalihan HTTPS diaktifkan, maka semua pengunjung bakalan dialihkan ke HTTPS. Pokoknya yang berkunjung ke Blog spobat, entah itu mengetikkannya HTTP, maka tetap semua dialihkan ke HTTPS.


Sekian, semoga dapat bermanfaat untuk menambah sedikit wawasan seputar Dunia Blogger, khususnya unutk Pemula Blogspot di Tahun 2021 ini.






Posting Komentar

Follow by Email

Whatsapp Button works on Mobile Device only