3/14/2021

Cara Cek Kualitas Website Blogger dengan Tool Gratis!

RahmanCyber.NET | Blogger - Dunia blogger memang sangat dinamis, eh salah... maksud saya dunia internet.. karena banyak hal ternyata yang dapat dikumpulkan dari berbagai macam pemikiran yang tersebar di jagad internet ini.

 

Jika anda, eh kamu, eh kalian adalah blogger maupun artikel publisher di platform apa aja bisa kompasiana, wordpress, tumblr, medium... atau bangun website self hosting atau website dengan hosting web sendiri menggunakan CMS semacam website, drupal, moodle, joomla.. atau membangun website dengan framework seperti laravel, codeigniter, yii, cake php, atau framework lainya.. atau malah murni buat sendiri..

 

Tentu untuk pada pengoperasionalannya, kalian bakal bertanya tanya, seberapa berkualitasnya website yang kita kembangkan dibandingkan dengan kompetitor lainnya.


Apakah konten yang selama ini kita tulis itu mendapatkan sebaran yang bagus, atau malah ternyata sepi peminat.. kenapa? apa sih penyebabnya..? tak bisa dipungkiri lagi.. tujuan orang membuat website agar tulisannya dapat di baca orang banyak kan? beberapa lainnya mungkin traffic paling utama, misalnya di website menampilkan iklan Google Adsense, Propeller.


Bayangkan jika traffic website kita stuck! apa yang salah..

 

Bagi website administrator yang mengandalkan tool gratisan seperti saya ini untuk menekan biaya / pengeluaran bulanan, mengingat kita kan juga sudah ada tagihan tahunan bagi yang membeli domain murah maupun domain kelas atas yang mahal.

 

Mungkin dari anda ( gayane... nyebut anda.. tapi biar kesannya professional gitu ya.. ahaha ) ada yang udah pakai SELF HOSTING, hato hosting sendiri, pasti udah ada tagihan bulanan gitu ya... disamping tanggungan Domain..


Tetapi memang jika pengen lebih berkembang, perlu Tool yang dapat menunjang hal itu, tapi bukan tool yang menyalin konten orang lain ya... tapi tool untuk meningkatkan keterlihatan konten, misal riset keyword, maupun cek broken link, ngliat DA, PA, maupun koleksi Backlink..

 

 

Hal ini bisa dengan mudah menggunakan Tool Premium untuk SEO.


Lah kenapa kok kamu enggak pake Tool Premium? Kan saya sedang belajar sesuatu... | RahmanCyber NET



Lalu bagaimana sih caranya untuk Cek Kualitas Website dengan Gratis?

 

Yuhuuu! ini hasil riset saya!

 

 

 

Cek Kualitas Kecepatan Website

 

 

1. Google Pagespeed Insight

 

google pagespeed

 

Ini merupakan tool untuk melakukan pengecekan terhadap performa website atau blog kita, tapi.. hey! tunggu dulu! bukan berarti kita menjadikan ini sebagai acuan utama ya, artinya harus benar benar sesuai atau bisa dapat skor 100%, ada beberapa cara memang untuk mendapatkan skor 100%, tetapi saya rasa beberapa cara tersebut hanyalah menipu ya tidak 100% sih, karena nyatanya hal itu juga ada yang membuat tampilan website ke pengguna menjadi lebih efisien... tapi tetap saja jika dihitungnya adalah keseluruhan halaman... maka itu semacam trik untuk ngakalin perhitungan algoritma google page speed.

Beberapa diantaranya adalah

- Lazy Load Image, ini banyak digunakan oleh pengembang web, termasuk juga di web ini, walaupun kesannya menipu... karena pada kenyataannya ketika kita membaca keseluruhan halaman, maka biaya data yang digunakan akan sama saja. Tetapi hal ini dapat menghemat biaya data jika pengguna tidak melakukan scroll ke halaman paling bawah.

Bahkan di Google Pagespeed juga menganjurkan pemakaian hal ini yang biasanya disarankan untuk melakukan defer / menunda...

"Padahal kebiasaan menunda nunda itu kurang baik loh... " ehehe

Tapi kadang bisa juga menimbulkan permasalahan baru.. hehe, dimana gambar bisa saja tidak termuat di bagian tertentu.


- Lazy Load Adsense, ini juga sama.. yang namanya Lazy itu kan pemalah ya.. jadi sama, menunda... walau demikian, hal ini dianjurkan juga untuk membuat load adsense menjadi tidak terlalu mempengaruhi muatan blog.

Wew..


- Minifier, ya.. kalo ini tidak menipu ya teman teman, konsep kode minifier ini adalah untuk meminimalkan jumlah karakter kode, karena pada kenyataannya spasi juga ikut dihitung sebagai karakter ketika perenderan script. Entah itu CSS juga ada Minifier CSS, Javascript, juga ada Minifier Javascript.

Biasanya komentar pada kode pun juga di sirnakan atau di hapus!, sehingga hal ini seperti kumpulan kode yang rumit jika mau di edit.

Solusi? ya buat backup an templatenya bung.. jadi kalo ngedit, ya di template backupannya.. usahakan tiap versi updatetan kita ada masternya, supaya kalo ada error, bisa langsung dikembalikan seperti sediakala.

Tapi memang kesannya ribet ya? ya emang... biasanya kalo mau ngedit, langsung ke edit html kan.. hehe, tapi sebenarnya kalo kamu terbiasa dengan edit mengedit.. hal tersebut tidak menjadi kendala kok.. karena memang minifier itu hanya menghapus spasi, komentar dan tidak mengubah menjadi sebuah kode yang baru.. seperti "ENCRIPT"


Untuk Google Pagespeed Insight, kalian bisa kunjungi https://developers.google.com/speed/pagespeed/insights/



2. GT Metrik

 

gtmetrix

 

Ini fungsinya juga sama, untuk mengukur kecepatan Website. Penjelasannya mungkin juga sama yuaaa... jadi enggak usah dijelasin lagi.. kalian bisa kunjungi https://gtmetrix.com/



3. Web Dev

 

webdev

 

Nah, ini juga sama kawan kawan ku...untuk test website, lebih ke user experience ya, alias UX, karena kecepatan juga termasuk dalam UX, kalian biasa akses di https://web.dev/





Itu beberapa tool gratis yang bisa digunakan untuk Cek Kualitas Website dalam kategori "Kecepatan"

Yuk lanjut ke Cek Kualitas Selanjutnya..



Cek Kualitas SEO Website


Sebelum saya menjelaskan toolnya, terlebih dahulu saya akan memberitahukan Apa itu DA, PA, DR, UR. Karena ini akan relevan untuk pembahasan selanjutnya.

 



Itu penjelasan tentang DA, PA, DR, UR dalam bentuk video...  



DA PA Checker ( Website SEO Checker )

 

 

Bulk Da Pa Check Gratis

 

Ini merupakan tool yang biasa saya gunakan untuk cek DA / PA secara bulk / kumpulan.. tetapi maksimal 3 situs, ini ditujukan untuk mengetahui seberapa kuat domain authority situs saya, dan seberapa kuat page authority situs saya.

Kenapa perlu? karena ini saya gunakan untuk menentukan langkah kedepan, kira kira apa yang akan saya lakukan untuk meningkatkannya..

selain itu ini juga bisa saya gunakan untuk riset backlink berkualitas..


Langsung aja ke TKP -> https://websiteseochecker.com/bulk-check-page-authority/



MOZ


moz


Untuk Moz ini merupakan sumber perhitungan DA dan PA, sebenarnya layanannya berbayar, ini seperti SEO Tool yang tujuannya untuk menganalisa kualitas SEO Website kita, dan beberapa juga mengukur SPAM Score yang ada.

Tetapi memang tool pro nya berbayar, sedangkan untuk versi gratisnya, kita bisa melakukan pengecekan Backlink, Spam Score, DA / PA, Inbound Link, Anchor Text, dan beberapa fungsi lainnya..

 

Oh iya, dengan tool ini kita juga bisa ngliat Domain mana yang memiliki Spam Score yang menautkan ke web kita, sehingga kita bisa melakukan Disavow link tersebut, supaya tidak mempengaruhi SS Web kita.

Tetapi memang untuk versi free itu berbatas ya.. bisa diakses di Moz.com



Ahrefs 


ahrefs backlink check

ahrefs


Untuk Ahrefs sendiri merupakan sumber dari metric penghitungan DR dan UR, sama seperti MOZ.. jadi untuk Ahrefs ini berbayar untuk versi Pro nya... tetapi kita bisa memanfaatkan untuk layanan versi gratisnya..

 

ahref backlink

 

 

Biasanya saya gunakan unutk mengetahui top backlink suatu website...

Ahrefs Backlink Checker, digunakan untuk cek backlink Root maupun Sub Domain

Ahrefs Website Authority Checker, digunakan untuk cek domain rating sebuah website

tool itu sih yang biasa saya pakai, untuk keyword tool, broken link check karena terbatas, saya biasanya pakai tool lain untuk cek broken link.

 

Bisa diakses ke Ahrefs.com

 

 

Alexa

 

alexa

alexa

 

Nah, kalo untuk ini biasanya saya lebih mengecek posisi rank website kita untuk versi gratis ya ( lebih ke traffic ) dan keyword yang paling top di domain saya. 

Saya menggunakan Alexa Site Info untuk memonitoring ranking traffic website saya dan website lainnya, juga mengecek keyword yang paling ramai di web saya.

 

Kalo dulu kita bisa menanam widget untuk rank website kita di alexa, tetapi widget tersebut udah dihentikan.

Langsung aja pergi ke Alexa Site Info https://www.alexa.com/siteinfo



Cek Broken Link ( BrokenLinkCheck.COM )

 

 

brokenlink check

 

Ini yang biasa saya gunakan untuk cek broken link di website saya secara gratis, kenapa kok saya gunakan tool ini? karena memang sangat mudah untuk digunakan, dan kita bisa langsung di tunjukkan kemana arah dan tujuan halaman yang ada broken linknya, sehingga bagi blogger yang memiliki artikel ribuan, enggak mumet metani satu persatu.

Langsung aja cek https://www.brokenlinkcheck.com/broken-links.php

 

 


Google Webmaster Tool


google webmaster tool



Ups, saya sampai lupa, padahal ini merupakan Tool Utama dan Gratis dari Google untuk memonitor Kesehatan Traffic Organik website kita secara full gratis!

Langsung aja ke TKP -> https://search.google.com/search-console



Google Analytic



google analytic



Sebelumnya saya sudah bahas panjang lebar tentang google analytic, bagaimana cara memasang google analytic di blogger, yang sangat berguna memantau keadaan traffic website kita secara detail, bahkan sampai demografi pengunjungpun juga dilacak.





Langsung aja gan ke TKP -> https://analytics.google.com/analytics/web/






 

Oke bro, itulah beberapa Tool Gratis yang saya gunakan untuk melakukan pengecekan performa website kita.

Ya, walaupun gratis.. tetapi sangat berguna bung..

 

Bagi yang ingin lebih jauh dengerin penjelasan saya tentang artikel ini, silahkan cek di Youtube ya, di Sesi Video Blogger eps 11 kalo gak salah.

 


 

 

 

Tool tool diatas memang penting untuk memberikan kita analisa yang kita butuhkan untuk memperhitungkan langkah kedepan.. tetapi memang itu tool merupakan tambahan.

Karena yang paling utama adalah ARTIKEL, Niche Specific atau General, Optimasi SEO Gambar, karena hal inilah yang dapat mempermudah sebaran website kita.


Sama pokoknya disini saya juga sedang berusaha membuild artikel yang baik.. jadi jika kalian ada tambahan, bisa tambahkan.. supaya bisa menambah wawasan baru...






Harap bagi yang mereferensi artikel entah kamu web besar maupun menengah atau kecil... untuk mencantumkan sumber, karena disini saya menulis dan riset butuh banyak waktu dan pengalaman...


Sekian, Moga bermanfaat



F.N.A-RED




Referensi : 

https://en.wikipedia.org/wiki/Domain_authority

https://moz.com/learn/seo/domain-authority

https://ahrefs.com/blog/domain-rating/




 

Posting Komentar

Follow by Email



Semenjak saya F.N.A-RED mendirikan RahmanCyber ini tahun 2008, saya mendedikasikan situs ini untuk memberikan edukasi dan artikel pengetahuan secara GRATIS, sobat tidak dibebankan Biaya langganan maupun Pembelian Hak Akses untuk dapat menikmati Artikel yang kami sediakan di RahmanCyber. Saya juga tidak berniat menjadikan RahmanCyber untuk model langganan dengan membayar Hak Akses. Semua Pemasukan untuk Mendukung Pemeliharaan Situs dari Iklan dan link affiliasi yang kami tanam di beberapa artikel ( Kami tidak menutupi hal ini, agar semua jelas tidak ada yang disembunyikan dan tidak manipulatif )
Ya, kita punya channel Youtube, tetapi fungsinya memang untuk mendukung penyampaian materi di Blog, sehingga memang untuk kontennya Campuran dan tidak berdasarkan Nice. Tekan aja gambar dibawah ini untuk melakukan subscribe ke channel kita
Image
Jika kalian tertarik untuk bergabung dalam jurnal perjalanan kita, silahkan...
Ada 2 tipe website yang ber ekstensi RahmanCyber.NET,

1. Website Bagian yang merupakan layanan kita untuk fokus materi tertentu maupun berupa produk terpisah yang berbeda untuk konsep dari Website Induk RahmanCyber.NET, tetapi selama ber ekstensi .rahmancyber.net, itu adalah Website Resmi dari kita. Informasi ini juga tercantum dalam Fanpage RAHMANCYBER di Facebook yang linknya tertaut di website utama ini, sehingga hal ini untuk meminimalisir adanya penipuan dari pihak yang tidak bertanggung jawab
2. Website Rekanan yang dikelola oleh Kontributor, sehingga kadang memiliki nama personal, yang bertujuan untuk menampilkan Iklan di web, sehingga dengan menggunakan ekstensi .rahmancyber.net, bisa ikut menampilkan iklan sebagai monetisasi untuk websitenya ( Bagaimana cara bergabung agar website saya bisa menampilkan iklan dan mendapat penghasilan? maaf, ini terbatas dan saya tidak membukanya untuk umum )

Disini kita berusaha untuk memberikan konten yang kredibel dan tidak semata mata untuk mengejar traffic dan penghasilan, ( RahmanCyber lebih condong ke "Pengetahuan" )

Whatsapp Button works on Mobile Device only