Apa itu Nama Domain? Kenapa Website Membutuhkannya?

RahmanCyber.NET | Internet -  Yang saya sebutkan di depan artikel itu adalah alamat Domain RahmanCyber. Kalian bisa melakukan akses ke Website kita secara mudah hanya dengan mengetikkan RahmanCyber.Net atau www.rahmancyber.net

 

{getToc} $title={Table of Contents} 



Nama Domain WWW
Illustrasi WWW | oleh R4CProject | RahmanCyber.NET



It's so very simple to remember!

Mudah di ingat bukan?

 


 

 


Kali ini kita akan mengupas tentang Domain!


Perhatian, artikel ini sangat Cocok untuk kalian yang "Tidak Bekerja di Bidang IT atau dibidang Web Developer, Web Desain atau Infrastruktur Internet" Kenapa? karena saya ada semacam keyakinan, kalo orang yang bekerja di bidang itu, pasti sudah lebih paham dan mengenal tentang domain dan seluk beluknya.



Nama Domain itu Apa Sih?

 

Nama Domain merupakan nama yang unik untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. 

 

Tujuan Adanya Nama Domain

 

Tujuan adanya Nama Domain untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit, Misalnya 192.168.8.1/ yang dikenal sebagai alamat IP. 

 

Apakah Nama Domain sama dengan URL

 

Nama domain kadang-kadang disebut pula dengan istilah URL, tetapi apakah sebenarnya URL dan Nama Domain memiliki artian yang sama? ternyata tidak.

 

URL atau Singkatan dari Uniform Resource Locator, merupakan rangkaian situs web / nama domain yang berisikan nama folder, protokol bahasa dan sebagainya, artinya ini lebih ke penunjuk LETAK dokumen / Resource, dalam hal ini adalah dokumen web. 

 

Misalnya  RahmanCyber.NET , itu merupakan URL utama, biasanya memuat dokumen INDEX.

Sedangkan https://www.rahmancyber.net/2021/01/mengatasi-reply-komentar-yang-tidak.html

Itu merupakan URL yang menunjukkan letak mengatasi-reply-komentar-yang-tidak.html

Yaitu di Folder 2021 dalam Sub Folder 01


Logikanya seperti itu kalo kamu tidak pakai Blogger alias Self Hosting dan Buat Website sendiri entah itu dari CMS, Framework atau Pure dari Nol Coding sendiri.



URL tidaklah sama dengan domain yang dimana Domain merupakan nama situs, sementara Setiap URL pasti berisi nama domain. Jadi walaupun tak sama tapi saling berkaitan dan tidak bisa dipisahkan...

 

So Sweeeettt...!

 

Domain, Nama Situs, URL dengan Situs apa Bedanya

 

Diatas itu Saya Menyebutkan Nama Situs atau bisa juga disebut Alamat Situs, dan itu berbeda dengan Situs, dimana Situs itu adalah Websitenya 

Intinya Domain itu adalah nama situs, URL merupakan cara menemukan situs, dan situs seperti yang saya bilang, dalam hal ini adalah website yaitu yang dilihat dan berinteraksi dengan orang saat mereka mengunjunginya, seperti Toko gitu lah...


Sumber Literasi : https://domains.google/intl/id_id/learn/web-terms-101/  




Mengenal Berbagai Jenis Nama Domain

 

Nama Domain ini masih ada pembagian jenisnya, terdiri atas dua jenis, yaitu Generic Domains (gTLDs) dan Country-Specific Domains (ccTLDs).


Mari kita ulas satu persatu..



1. Generic Domains / gTLDs , atau sebenarnya ini yang disebut TLD ( Top Level Domain )

 

Ada banyak sekali TLD yang merupakan Domain Tingkat Teratas, coba deh kita ulas satu per satu yang paling saya tau yaitu .Com, .Net, .Org, .Edu, ..Gov .

 

Jadi  jenis domain ini langsung dibawah root (titik dibelakang nama domain). Dan tidak menunjukkan domain berdasarkan negara, sehingga siapapun dapat mendaftar, tanpa harus memakai syarat khusus.



Contoh Generic Domains (gTLDs) yaitu:

  • .com : Nama Domain yang pada dasarnya digunakan untuk keperluan komensial.
  • .net : Nama Domain yang pada dasarnya digunakan untuk keperluan internet.
  • .org : Nama Domain yang pada dasarnya digunakan untuk keperluan organisasi.
  • .biz : Nama Domain yang pada dasarnya digunakan untuk keperluan bisnis.
  • .edu : Nama Domain yang pada dasarnya digunakan untuk keperluan pendidikan.
  • .info : Nama Domain yang pada dasarnya digunakan untuk keperluan informasi.
  • .name : Nama Domain yang pada dasarnya digunakan untuk keperluan web pribadi.
  • .pro : Nama Domain yang pada dasarnya digunakan untuk keperluan profesional.
  • .tv : Nama Domain yang pada dasarnya digunakan Untuk Pertelevisian, dan lain sebagainya.



2. Country Code Top Level Domain (ccTLD) - Domain Atas Berdasarkan Negara

 

ccTLD sebagai Top Level Domain ini merupakan  domain yang berakhiran dua huruf, contoh .id -> terdiri dari huruf i dan d yang merupakan inisial dari indonesia. 

 

Diragukan? Ini Referensi saya https://en.wikipedia.org/wiki/Country_code_top-level_domain

 

ccTLD pun juga sama seperti TLD / gTLD , yang mempunyai Second Level Domain

Country Code Specific Domains  ini dioperasikan dan didaftarkan dimasing-masing negara. Dan sering juga disebut Second Level Domain yang berada dibawah Top Level Domain yang dalam hal ini adalah ccTLD yang sebagai top domainnya. Contoh dari Secondary Level Domain antara lain .co.jp, .co.id, .co.uk, .com.gr ,dan lain sebagainya, pokoknya nama domain identitas negara yang lebih spesifik lagi...



Ini adalah contoh SLD Domain Indonesia ccLTDs (dikelola oleh PANDI) :

  • .ac.id : Nama Domain yang ditujukan bagi lingkungan akademik/perguruan tinggi di Indonesia
  • .co.id : Nama Domain yang ditujukan bagi organisasi komersial di Indonesia
  • .or.id : Nama Domain yang ditujukan bagi organisasi selain organisasi di Indonesia
  • .net.id : Nama Domain yang ditujukan bagi organisasi pemegang Izin Penyelenggara jasa telekomunikasi di Indonesia
  • .web.id : Nama Domain yang ditujukan bagi badan usaha, organisasi ataupun perseorangan yang melakukan kegiatannya di World Wide Web dengan domisili di Indonesia
  • .sch.id : Nama Domain yang ditujukan bagi sekolah dengan ketentuan dan kebijakan yang telah ditentukan di Indonesia
  • .go.id : Nama Domain yang ditujukan khusus bagi instansi pemerintah di Indonesia
  • .mil.id : Nama Domain yang ditujukan  bagi kalangan militer dengan ketentuan dan kebijakan yang telah ditentukan di Indonesia
  • .war.net.id : Nama Domain yang ditujukan bagi warung internet dengan ketentuan dan kebijakan yang telah ditentukan di Indonesia

 

Untuk domain ccTLD nya sudah tau sendiri ya, 2 digit, yaitu .id , biasanya tidak ada syarat khusus untuk daftar.





Note : Domain TLD ini merupakan Domain Berbayar, tidak ada yang Gratis.... Yang Gratis itu adalah Sub Domain... hehe, lah wong kamu yang bayar tagihan TOP Domainnya pertahun!

 



Lalu bagaimana dengan Sub Domain?


Saya beri contoh untuk sub domain...

Perlu diketahui bahwa RahmanCyber.NET saat ini menganut sistem Sub Domain untuk mengkhususkan beberapa bahasan tertentu.

Misalnya : InteenBisnis.RahmanCyber.NET

Yang saya cetak tebal itu merupakan Domain TLD, sedangkan Inteenbisnis merupakan turunannya, kalo digambarkan akan membentuk sebuah hirarki dimana memang Root Domain ( contoh .com ) berada di puncak teratas dalam hirarki.

Jadi Sub Domain merupakan bagian dari Domain Induk atau Root Domain.


Karena Sub Domain dianggap sebagai entitas yang terpisah, tapi masih dalam satu Domain.

Sehingga ini jika di hubungkan sebagai teknik SEO, hal ini seperti kamu mempraktekkan SEO Halaman, karena memang sub domain itu bagian dari domain utama. Sehingga tidak berdampak pada kenaikan SEO, Authority... karena itu bukan backlink luar nama domain.

 

Tetapi Sub Domain ini memiliki pengaruh untuk Visitor setia Domain Kamu, sehingga Rapi, dan lebih spesifik.... Terutama ini sebagai Solusi buat Blog Banyak Pembahasan seperti  Website sekelas WIKIHOW, WIKIPEDIA, QUORA itu bukankah juga Website Blog Banyak Pembahasan? ada banyak pembahasan disana soalnya.

 

Tetapi, untuk mensiasatinya memang memakai SUBDOMAIN / SUB Folder


Mengelola Blog Banyak Pembahasan itu enggak mudah... (bukan ngopi)..


Tak jarang memang kalo dalam pertempuran SEO, selalu kalah sama website yang benar benar fokus di bidang tertentu ( Ini sudah realita ) kenapa? karena link buildingnya kuat dan lebih berbobot kearah situ saja.


Tapi memang yang paling cocok untuk orang yang ngeblog secara mandiri jika ingin memenangkan SEO, untuk sekarang ini harus sesuai NICHE, khusus... karena?

Peluang untuk dijadikan Referensi lebih tinggi.. 






Untuk memudahkan mengingat :

 

TLD  = Top Level Domain ( Domain Paling Atas, biasanya dot yang paling belakang sebalum nama domain hanya ada satu, Misalnya RahmanCyber.NET, MyShorttips.COM )

SLD = Second Level Domain ( Domain Paling Atas, biasanya dot yang paling belakang sebalum nama domain hanya ada 2, Misalnya Kaskus.CO.ID , Google.CO.ID )

Sub Domain = Domain tambahan / turunan dari domain utama yang masih satu kepemilikan ( Contohnya InteenBisnis.RahmanCyber.NET , BagiDoang.RahmanCyber.NET ) Jadi ada Dot lagi di depan nama domain - ditujukan untuk bahasan yang spesifik, tetapi masih berada dalam satu domain.

 


Bagaimana Menentukan Nama Domain yang Baik



Disini dari hasil pengalaman  dan pengamatan pribadi saya, menentukan nama yang baik itu di bagi menjadi dua tujuan,

 

 

1. Ketika kamu menentukan nama domain untuk Branding Website

 

Pada bagian ini, kamu harus memilih nama domain yang benar benar unik agar kamu menjadi yang pertama. Ketika kamu asal memakai nama domain yang sudah di branding oleh orang lain, kenapa? karena hal ini bakalan memudahkan kamu untuk membranding di segala social media utama lainnya, karena namanya unik.

Maka ketika membuka Jasa Branding Nama Usaha, hal ini jadi pertimbangan yang besar.

Memang pada awalnya orang tidak tahu siapa kita, karena nama itu asing, tetapi seiring berjalannya waktu, ketika kita speakup! terus menerus dalam tulisan.. maka orang akan paham.. apa sih yang sedang kita lakukan dan kita tawarkan... Makannya inilah Branding..  khususnya untuk "nama"

Makannya memang tidak mudah membuka jasa Branding nama usaha.. karena tidak hanya menebak nebak saja, melainkan memastikan bahwa Nama itu memang UNIQUE! sehingga kalo kalian cari di situs situs penjualan di luar negeri, untuk Jasa Branding Nama, bahkan spesialis "Nama Situs" pun harganya Mahal banget!


Semakin Unique semakin bagus, tapi bukan dengan akhiran 1, 2 dan 3 seterusnya... bukan...



2. Ketika kamu menentukan nama domain untuk produk

 

Ya, sebenarnya memang yang paling bagus menurut saya untuk Branding ke Manusia adalah yang pertama, karena memang ada usaha yang khusus menjual barang yang khusus, misalnya Merk Sepatu.

Jadi agar branding itu juga berjalan..

Coba lihat merek merek terkenal, misal sepatu Adidas, Nike dll.. Branding Namanya sudah kuat

Sedangkan jika target kamu adalah Produk dibawah Nama Usaha kamu, serta marketnya adalah penelusuran organik google, kamu bisa langsung point ke Keyword, itu jauh lebih diperhitungkan.

Misalnya KursusBahasaInggrisSemarang.com 

Misal seperti itu...

Karena didalam namanya udah ada Keywordnya, jadi lebih mudah naik dalam pencarian, karena bot sudah tau dan kenal, maka orang yang datang pun juga yang berkepentingan, tetapi bukan berarti ini menjadi merek, karena namanya adalah nama umum "Kursus", "BahasaInggris", "Semarang" ini bukanlah merek.

Jika nama itu masih unik, berarti lebih bagus.





Apa Sih Pentingnya?



Pentingnya Nama Domain #1, 

 

Nama domain menjadi Citra Sebuah Branding di Jagat Internet (Ini juga berkaitan dengan apa yang ditawarkan.. produk apa), Jika mempresentasikan Branding Usaha kita, maka Nama Domain ini akan naik, mendongkrak nama branding kita ( memperluas jangkauan di jagat internet / online... tidak hanya offline ) dan menjadi kuat.. contoh : Google.Com | GOOGLE

Seiring dengan Nama Brand / Merek.


Pentingnya Nama Domain #2, 

 

Pengunjung tidak dipaksa mengingat dan mengunjungi Url dengan IP Address 192.0.0.0

Nama Domain itu ada untuk mengatasi permasalahan itu, jadi kita tidak perlu menghafal nomor nomor IP yang lebih mudah nama hufu ketimbang angka khan? Coba bayangkan jika tidak ada DNS ( Domain Name System ) Server, yang dapat mengubah URL Website ke bentuk IP Address atau nomor diatas.. 

Nama Domain / URL Situs -> DNS SERVER -> IP Address

Kira kira urutannya seperti itu  CMIIW

 

 

Pentingnya Nama Domain #3, 

 

Jangan Asal Pilih nama, karena ini merupakan cikal bakal, jangan sampai nanti berujung pada ganti nama.. karena kamu harus memulai itu dari NOL



Pentingnya Nama Domain #4, 

 

Terlihat lebih Percaya diri.. Karena Kamu Layaknya Punya Toko sendiri atau kantor sendiri tapi di dunia maya



Pentingnya Nama Domain #5,

 

Memilih nama / branding dengan baik itu tidak mudah, memang haruis benar benar memperhatikan, apakah sudah ada konten kreator yang menggunakan atau belum.. Jika ternyata Semua Medsos dan sudah ada yang memiliki, Ganti dari Sekarang, sebelum nanti udah jalan baru ketahuan lalu ganti lagi.. mulai dari nol. Transparansikan dari awal pokoknya.. tidak masalah kok namanya aneh..  (Ini perspektif saya sendiri) daripada njiplak.





Penutup Pembahasan Tentang Seluk Beluk Nama Domain


Apakah penjelasan saya sudah dapat memberikan gambaran ke kamu? beberapa diatas merupakan pengalaman dan pengamatan pribadi selama menekuni di bidang Web Internet dan sebagainya selama ini.


Jika ada yang perlu ditambahkan, silahkan berkontribusi di kotak komentar, karena kita pakai kotak komentar bawaan Bl;OG dan Bukan Pihak ketiga seperti Facebook atau Disquss.

Silahkan...




Sekian, Moga pembahasan kali ini bermanfaat.. oh iya, jika kalian melihat postingan postingan saya di masa lampau yang masih berantakan, saya mohon maaf ya, jadi kalo yang sudah saya update dan perbaiki, biasanya saya sematkan tulisan Update, untuk menjaga kenang kenangan masa lampau..


Tidak semua yang berantakan itu buruk, untuk blog ini.. saya ingin dikenal apa adanya.. dan semua orang ada prosesnya.. dan ini adalah proses yang saya lakukan..



Kalo mau berteman, bisa langsung ikuti aja, entar kalo ada waktu luang.. bisa saya follback ^_^





Semoga dapat Bermanfaat.




========================================

Jika Mereferensi, silahkan Cantumkan Sumber. 

"Hargailah orang lain, jika kamu ingin dihargai."

Waktu Riset dan Pembuatan Artikel : 5 Hari.




Penulis : 

F.N.A - RED




Posting Komentar

Untuk posting kode, bisa di parse dulu gan, pake tool parse yang udah disediakan di website ini https://www.rahmancyber.net/p/parse-code.html

agar kodenya tidak hilang... ^_^

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال