Cek Sejarah Blog, Ada Arsipnya di Wayback Machine!

RahmanCyber.NET | Tekno - Pernah denger yang namanya Museum? Museum tempat apaan? Tau kan? Ya... Museum merupakan tempat menyimpan benda benda bersejarah yang dapat diperlihatkan oleh orang jaman sekarang. Tapi jika Museum itu berada di ranah Dunia Internet... atau Internet Sekai! Waaaaaaa...

 

{getToc} $title={Table of Contents}

 

Apakah ada Musium Internet?

 

Apakah kamu berpikir, apa yang kamu hapus itu akan benar benar terhapus? Apa yang kamu ganti itu ya sudah tergantikan?

Ternyata Salah!

Selama ini ada sebuah museum digital yang berada di Dunia Internet..

Tempat bersejarah yang kamu dapat melihat perjalanan masa lampau...

Tentu bukan sebuah wujud nyata ya.. karena ini di dunia internet..


Bagi website.. setiap website ada dokumentasinya, semejak ia diterbitkan atau go publik... menjadi catatan yang real dari tahun ke tahun..

Perkembangannya dan apa yang didalamnya... tercatan.. tersimpan dalam sebuah Perpustakaan Sejarah Dunia Internet..

Ya..

 

Namanya adalah Wayback Machine!

 

 

cek sejarah domain

 

Ini cerita tentang Internet Archive ( kalian bisa kunjungi https://archive.org/ untuk info lebih lanjut langsung, tapi dalam bahasa inggris ), sebuah organisasi nirlaba 501 (c) (3), yang sedang membangun perpustakaan digital dari situs Internet dan artefak budaya lainnya dalam bentuk digital. Seperti perpustakaan kertas, memberikan akses gratis kepada peneliti, sejarawan, cendekiawan, penyandang cacat cetak, dan masyarakat umum.

Internet Archive dimulai pada tahun 1996 dengan mengarsipkan Internet itu sendiri, sebuah media yang baru saja mulai digunakan. Seperti surat kabar, konten yang diterbitkan di web bersifat sementara - tetapi tidak seperti surat kabar, tidak ada yang menyimpannya. Saat ini Internet Archieve memiliki 20+ tahun riwayat web yang dapat diakses melalui Mesin Wayback atau Wayback Machine dan Organisasi Internet Archieve itu bekerja dengan 625+ perpustakaan dan mitra lainnya melalui program Archive-It untuk mengidentifikasi halaman web penting. - Sumber : archieve.org

 

Salah satunya adalah RahmanCyber.NET

 

Mungkin ini adalah satu dari ribuan bahkan miliaran situs web yang dikoleksinya.. tetapi.. dengan adanya Wayback Machine..

 

Sayapun bisa bernostalgic lagi dengan tampilan RahmanCyber.NET dari Masa kemasa.. tinggal di pilih tanggal berapa tahun berapa.


snap arsip wayback machine


Taraaaaaaaanggg... 

Tampilan Homepage jaman dahulu kalapun bakalan ditampilkan...

homepage arsip

Dulu pas lagi senang senangnya mainan game... ya sempat juga sih nyicipi dota 2.. walau udah males maen sekarang.. beneran.. semua ada masanya kok..


Tetapi ternyata itu bukan screenshot.. melainkan seperti arsip web asli..

dimana kita bisa lihat lebih dalem lagi.. Coba klik Postingannya.. bakalan nampil!

Wow...


web arsip

Jujur.. pengen nangis saya, mengembangkan sebuah website sendirian.. nulis, ngedit template... dulu masih suka ngutak ati blog.. sampai kadang bisa lama lama..




Arsip Sejarah Internet


Seiring perkembangan arsip web Internet Archieve, yang komitmen untuk menyediakan versi digital dari karya terbitan lainnya. Sampai saat info ini saya dapatkan sudah memiliki beberapa arsip sbb:

475 miliar halaman web
28 juta buku dan teks
14 juta rekaman audio (termasuk 220.000 konser live)
6 juta video (termasuk 2 juta program Berita Televisi)
3,5 juta gambar
580.000 program perangkat lunak



Kesimpulan


Ternyata tidak hanya Homepage saja yang diarsipkan, melainkan juga isinya.. jadi Berbagilah hal yang bermanfaat.... Jika ada catatan yang kurang bermanfaat.. "setiap orang memiliki prosesnya masing masing.."




Oke sekian pembahasannya...

Moga ada manfaatnya..

 

 

 

 F.N.A - RED






Posting Komentar

Untuk posting kode, bisa di parse dulu gan, pake tool parse yang udah disediakan di website ini https://www.rahmancyber.net/p/parse-code.html

agar kodenya tidak hilang... ^_^

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال