Cara Mengklaim Official Artist Channel ( OAC ) untuk Channel Musik

RahmanCyber.NET | Musik - Diluaran sana ternyata banyak sekali youtube dengan subscriber dibawah 1000 yang berhasil mengklaim OAC yang merupakan simbol not balok yang biasanya ada di sebelah kanan Nama Channel.

 

{getToc} $title={Table of Contents}

 

Karena penasaran, saya A.Kas pun melakukan riset. 



Apa sih itu OAC / Channel Artis Resmi

 

Kalau dari Pihak Google sendiri, OAC merupakan sebuah tanda ber-icon ♪ (music note atau simbol nada) yang menyatakan bahwa itu merupakan channel artis resmi, artinya orang yang memiliki sebuah karya artistik, misal dalam hal ini kita bahas dalam lingkup "Music" berarti karya musik.

 

Contohnya seperti ini..

 

contoh badge note youtube

 

Karena punya saya belum eligble, maka saya pake contoh punya Youtuber Musik Favorit saya.

 

"Badge Note beda dengan Badge Verified, kalo note itu untuk Channel Musik, sedangkan Verified adalah Youtuber umum yang sudah menjadi artis youtube, artinya udah mencapai lebih dari 100.000 Subscriber"

 

 

Penjelasan secara resminya sebagai pengantar Channel Artis Resmi adalah Jika kamu seorang artis di YouTube, Channel Artis Resmi (OAC) dapat berfungsi sebagai satu tempat terpusat untuk semua konten dari berbagai channel YouTube yang kamu miliki. Channel ini akan memprogram katalog musik kamu secara otomatis di dua galeri baru, termasuk video musik, lagu, dan albummu. - Google Support

 

Kalian bisa melihat paparan video yang dibuat pihak google dengan spesifiknya adalah youtube yang merupakan tempat penampungan karya tersebut.

 


 

Jadi logika yang saya dapatkan dari mempelajari hal tersebut adalah, jika kamu seorang artis yang memiliki karya tersebar dimana mana, kamu bisa menjadikan channelmu sebagai pusat dari seluruh karya yang tersebar di channel resmi lain.

 

Hal ini akan sangat mudah jika kalian memiliki Label. Kalau di dunia perfileman, label itu seperti halnya Produser, ia mengakomodasi seluruh kegiatan pengorbitan kamu. Tetapi untuk mendapatkan label bukanlah hal yang mudah, kamu harus memiliki karya yang layak mereka lirik, karena tiap label memiliki standar yang berbeda beda, kecuali kamu merupakan seorang influencer dibidang musisi dan membuat label sendiri, maka kamu akan dengan mudah mengorbitkan orang, karena kamu sudah memiliki pengakuan dari banyak pihak.

 

Tapi jika independen, kalian bisa kok menggunakan Distributor musi, ya kalo ini modal sendiri ya...


diatas itu merupakan logika dari simpulan yang saya pahami, jika kamu adalah seorang musisi yang lebih senior dan paham lebih detail perihal ini, silahkan membantu menambahkan ilmu pengetahuan ke kotak komentar, supaya ilmu tersebut bisa spread atau berkembang dan dapat bermanfaat terutama untuk teman teman yang baru masuk ke dunia kreatif.


Oke, kita akan bahas lebih lanjut...

 

 


Apa sajakah keuntungan yang ditawarkan ketika Channel kamu memiliki Badge OAC ( Official Artist Channel ) Channel Artis Resmi ?


 

OAC

Keuntungan pertama yang ditawarkan adalah Konten Kamu bakal diatur : Tata letak Channel Artis Resmi akan otomatis mengatur diskografi kamu ke bagian album, dan Video Musik Resmi ke dalam playlist baru. Kamu memiliki opsi untuk memindahkan, menghapus, dan menambahkan kembali salah satu bagian musik yang dibuat secara otomatis ini dari channelmu.

 

Keuntungan kedua perihal Konten promosi : Artinya kamu bisa Pilih konten yang ingin disorot di slot video unggulan.

 

Keuntungan selanjutnya adalah tentang Interaksi dengan penggemar : Satu channel resmi dan terverifikasi, tempat kamu dapat langsung menjangkau dan berinteraksi dengan penggemar di YouTube.

 

 

Menarik bukan?

 


Setelah Channel Artis Resmi milikmu disetujui, Dari pengalaman beberapa orang yang sudah terverivikasi akan memiliki akses ke beberapa fitur baru yang menarik di YouTube, termasuk:



  • Peningkatan visibilitas melalui pencarian YouTube
  • Akses ke alat dan analitik khusus artis di YouTube Studio
  • Kemampuan untuk mengupdate foto & bio YouTube Music mu
  • Akses eksklusif ke data dan analitik melalui YouTube Analytics untuk Artis
  • Catatan musik terverifikasi di samping nama saluran youtube mu

 

 

Wah keren...

 



Tetapi tunggu dulu...

 

 

Nyatanya memang dari pihak Youtube dalam Google Support sendiri memberitahukan, bahwa ada syarat syarat yang harus dipenuhi untuk mencapai jenjang tersebut.

 

Biasanya kalo bicara Syarat itu rasanya kayak.. ah sepertinya gak mungkin deh..

 

coba kita kupas apa aja syaratnya..

 



Agar kita dapat memenuhi syarat untuk Channel Artis Resmi, kita harus memenuhi beberapa persyaratan, antara lain:



    1. Memiliki dan mengoperasikan channel YouTube yang mewakili satu artis atau band
    2. Memiliki minimal 3 rilis resmi di YouTube yang dikirim dan didistribusikan oleh label atau distributor musik
    3. Tidak ada pelanggaran kebijakan di channel kita.

 

Dan salah satu dari beberapa hal berikut:



    1. Bekerja sama dengan Partner Manager YouTube
    2. Tergabung dalam Program Partner YouTube
    3. Channel Anda tergabung dalam jaringan label yang bekerja sama dengan Partner Manager
 

 

Sumber : https://support.google.com/youtube/answer/7336634?hl=id

 

 

Nah, hal inilah yang saya praktekkan, karena saya baru dan tidak memiliki label, maka cara yang paling mungkin adalah 3 Syarat diatas yaitu, Memiliki dan mengoperasikan channel YouTube yang mewakili satu artis atau band, Memiliki minimal 3 rilis resmi di YouTube yang dikirim dan didistribusikan oleh label atau distributor musik, Tidak ada pelanggaran kebijakan di channel.

 

 

Saya hanya berhasil sampai keterlihatan karya kita ketika orang mengetikkan nama kita di Google Search. Artinya karya saya sudah di index oleh google dan menganggap saya sebagai artis / orang yang memiliki karya artistik dalam hal ini adalah seni musik.

 

Coba kalian Search nama saya "Atkur Kastara" tanpa tanda petik.

 

tetapi hal itu belum cukup untuk saya bisa mengklaim OAC ( Official Artist Channel ).




Saran dari pihak dukungan Google untuk Mendapatkan Channel Artis Resmi


 

Hubungi label, distributor digital, atau Partner Manager YouTube Kita untuk mendapatkan Channel Artis Resmi.

 


Catatan: Jika Anda tergabung dalam Program Partner YouTube, Kita bisa mendapatkan akses ke tim Dukungan Kreator.


Yup, hal ini bakalan mudah kalo kamu punya Partner Manager, Distributor Digital atau Label jika kamu belum tergabung kedalam Program Partner Youtube.



Nah, tetapi jika kamu sudah tergabung ke Program Partner Youtube, hal ini akan lebih mudah.



Tetapi kita tahu untuk mencapai hal itu, kita perlu minimal 1000 Subscriber dan 4000 Jam Tayang dalam hitungan 1 Tahun.

 

Artinya campaign itu berlangsung selama 1 tahun, jika gagal... maka value atau nilai yang didapatkan bakalan direset.


Hal ini sama seperti channel youtube saya yang lain, karena kurang subscriber.. padahal sudah 4000 jam tayang lebih, jadi ke reset lagi. Begitupun juga sebaliknya, jika kekurangan jam tayang pun akan direset.. 

 

Lebih lanjut Syarat Youtube Partner Program



Artinya ngulang lagi di periode setelahnya seperti UJIAN SEKOLAH.


 

Memang saya akui untuk mendapatkan hal itu secara natural butuh perjuangan dan konten yang benar benar berkualitas dan dapat bersaing atau setidaknya memiliki kepadatan isi yang sudah menjadi standard orang orang youtuber jaman sekarang.


Karena sangat jelas perbedaan dulu dan sekarang.. sekarang seperti halnya stasiun televisi.. walaupun secara tidak langsung.. hehe


Kalo dulu hanya upload konten yang tidak terkonsep alias seadanya tetapi ada yang disampaikan aja sudah mempunyai ratensi yang tinggi.. tetapi sekarang, hal itu agak sulit... tetapi memang ya perubahan itu perlu, setidaknya menuju ke lebih baik..


coba bayangkan kalo sebagai konten kreator berada di posisi penonton..


Ya mungkin bisa di analogikan seperti itu ya sobat RahmanCyber..


Kita di pembahasan ini tidak membahas dalam tentang bagaimana menjadi konten kreator youtube yang handal dan menarik ya..  tetapi kita disini fokus lagi bahas Official Artist Channel ( OAC ) untuk Channel Musik




Lalu bagaimana jika tidak mencapai syarat YPP apakah bisa Mengklaim Official Artist Channel ( OAC ) ?

 

 

Informasi yang saya dapat dari beberapa channel yang saya sendiri kaget, dibawah 1000 Subscriber tapi sudah ada badge Note, artinya hal itu Possible.

 

Beberapa channel kalian bisa searching di Youtube sendiri, biasanya dengan kategori musik, dan perhatikan jika ada yang subscriber dibawah 1000 tetapi ia mendapatkan badge, berarti dia memakai cara ini.

 

Caranya yaitu Mengklaim melalui fitur yang disediakan oleh Distributor Musik.


Ada banyak sekali distributor musik ternyata, tetapi tidak semua menyediakan info untuk klaim channel artis resmi youtube.

 



Distributor Musik DistroKID

 

 

Salah satu distributor yang saya mendapati informasinya adalah DistroKID.


logo dk


DistroKID merupakan Distributor Musik yang banyak digunakan pembuat musik pemula untuk mendistribusikan musiknya ke beberapa MAJOR platform seperti Spotify, Deezer, Youtube Music, Instagram, Facebook, Tiktok dan banyak lainnya...

DistroKid adalah layanan distribusi musik digital independen, didirikan pada 2013 oleh pengusaha Amerika Philip J. "Pud" Kaplan.

 

Disini menawarkan harga 19.99 Dollar atau dibulatkan aja deh.. haha, 20 Dollar selama setahun,

 

Kalau dirupiahkan tinggal kalikan aja kurs dollar sekarang dengan nominal tersebut diatas.. kalo dari perkiraan saya 300Rb pertahun, tetapi disini kita bisa mengupload musik tanpa batasan.. artinya kita bisa upload berapapun.

 

Tetapi DistroKID sendiri hanya menerima pembayaran melalui kartu Kredit ( VISA / MASTER CARD )



Ini merupakan informasi DistroKID tentang OAC ( Official Artist Channel ) https://distrokid.zendesk.com/hc/en-us/articles/360036924633-How-Do-I-Get-an-Official-Artist-Channel-on-YouTube-

 


Berikut poin poin yang saya ambil...

 


Cara mengklaim Channel Artis Resmi YouTube di DistroKID :


1. Pastikan Anda sudah memiliki saluran yang didedikasikan untuk konten Anda sebagai artis di YouTube. Jika tidak, buatlah satu, dan beri nama setelah nama artis Anda. *
 

2. Pastikan artis Anda memiliki setidaknya satu rilis yang telah memilih "Google Play / YouTube" sebagai toko.
 

3. Buka bagian Channel Artis Resmi YouTube di akun DistroKid Anda (Klik menu "Lainnya"> "Pernak-Pernik Layanan Streaming")
 

4. Pilih artis yang ingin Anda kaitkan dengan saluran YouTube Anda.
 

5. Mengautentikasi ke akun YouTube Anda
 

6. Klaim saluran Anda
 

7. Selesai!
 

 

* Catatan: Anda hanya dapat menautkan satu artis ke akun YouTube. Channel label tidak dapat diubah menjadi Official Artist Channel.


---


tetapi disini saya tidak bisa memastikan kebenarannya, artinya bisa jadi fitur itu sudah tidak berlaku.

Saya tidak bisa mencobanya secara langsung karena saya tidak memiliki Kartu Kredit.. punyanya Kartu Debit.

 

Oh iya, ini beberapa litelatur lain yang bisa mendukung pembahasan ini https://distrokid.zendesk.com/hc/en-us/articles/360013535254-Music-I-ve-Uploaded-for-YouTube-Music-Is-Appearing-in-a-YouTube-Channel-I-Don-t-Recognize  

 

https://distrokid.zendesk.com/hc/en-us/articles/360013534834-What-s-the-Difference-Between-Using-DistroKid-to-Upload-My-Music-to-YouTube-Versus-Uploading-It-to-YouTube-Directly-

 

untuk yang sumber kedua, saya sudah berhasil membuat Topik Auto Generate, tetapi menggunakan AMUSE

 

 

Distributor Musik Amuse IO

 

Amuse adalah layanan distribusi musik digital sekaligus label rekaman independen yang didirikan tahun 2015 di Stockholm, Swedia oleh pengusaha Diego Farias, Andreas Ahlenius, Christian Wilsson, Guy Parry dan Jimmy Brodd 

 

amuse

 


Dan disinilah saya upload Musik pertama saya secara Global secara Gratis, tetapi untuk perilisan tidak bisa langsung banyak, hanya satu tiap rilis.

Dan untuk perilisan sendiri memakan waktu sekitar 28 Hari.. berikut rinciannya saya ambil dari website amuse langsung



Akun yang Gratis / Free.

•  Release in 28 days
•  7-day guaranteed support
•  Royalty Splits with 15% fee
•  Release to all major music services
•  Release to social media (Tiktok, Facebook and Instagram)
•  Team accounts
•  Multi-User accounts
•  Custom release date
•  Custom label name

 

Tetapi walau demikian udah lumayan loh... saya butuh waktu 4 bulan untuk mendapatkan karya musik saya terpampang di Google Search ketika orang mencari nama saya.

 

Tetapi amuse juga menyediakan versi Pro... dengan harga awal sih sekitar 19.99 dollar, tetapi tahun selanjutnya 59.99 dollar pertahun.

 

musik store major

 

 

Sayapun juga baca dibagian syarat dan ketentuannya https://www.amuse.io/terms-of-use-pro

beberapa poin yang saya ambil adalah, jika kita daftar pro dan tidak bisa membayar lanjutannya, maka kita kehilangan akses fitur pro, tetapi musiknya tetap ada alias tidak didelete dari MAJOR Music Service dan beralih ke FREE, tetapi dihapus dari LAYANAN SERVICE yang Pro. Tentunya kita kehilangan akses Youtube Konten ID.

Lebih komplitnya bisa baca senciri dibagian terms.


Untuk pembayarannya selain kartu kredit, amuse ini juga mendukung Paypal.


Tetapi saya belum menemukan informasi tentang OAC disini, jadi kalo dari teman teman ada yang tau, silahkan kasih tau di kotak komentar.




Kesimpulan Pembahasan OAC


Jadi itu pembahasan singkat dari riset yang saya lakukan, kita tau ada banyak Distributor musi, tetapi yang saya punya akun ya di beberapa Distributor yang saya sebutkan diatas.

Proses verifikasi dilakukan dengan cara mengirim email ke Youtube Artist support team, berikut adalah contoh format email tersebut;

OAC Email

Saya coba iseng kirim email, dan ternyata setelah mengirim beberapa hari.. ditolak.. hehe


ISI EMAIL oac

Itu adalah isinya.. hehe


Tapi


Apakah sebenarnya BADGE NOTE itu perlu? ya enggak sih.. 

Jadi saran buat temen temen yang baru mulai berkarir di dunia musik Independent di Youtube, jangan terlalu mikirin dulu ke arah itu.. sekedar tau tidak masalah, tetapi fokus ke karya, sembari kalo kita mau distribusikan ke Spotify ya ngrogoh kocek, hehe

Siapa tau dapet listener dari sana..

Jika Pihak distributor kita ternyata support dan mendukung untuk OAC ya Syukur Alhamdullilah jadi Bonus, karena itu akan menambah rekomendasi youtube ke channel kita terutama musik.


Ada banyak hal yang bisa dipelajari dari 


Dan Perihal OAC ini hanya sebagian kecil ternyata, banyak hal lagi seperti Lisensi Musik, Bagaimana Memperluas Engagement, bagaimana mendapatkan Audience, Apa saja Store Major, Bagaimana kita bisa menjual karya musik kita.


Jadi......

 

Pembahasan OAC dan Risetnya cukup sampai disini ya...

 


Thanks udah baca sampai Bawah..


Ingat... 

Bagusan Mana antara Badge NOTE dengan VERIFIED? ya dua duanya bagus kok.. sesuai selera kalian.. haha..





Update Apakah OAC bisa untuk Channel yang tidak tergabung dalam Youtube Partner Program?


Beberapa bulan yang lalu, akhirnya saya dapat kesimpulan dari balasan email yang berasal dari Youtube, Bahwa OAC / Official Artist Channel, saat ini hanya support untuk YPP/ yang udah bergabung Youtube Partner Program.

 

Ini adalah keterangan pendukung...

 

Youtube Official Artist Channel

 

Jadi kesimpulannya, OAC hanya bisa untuk YPP ( Youtube Partner Program / yang udah melewati syarat 1000 subscriber dan 4000 jam tayang ). Sedangkan untuk channel artist yang belum bergabung di YPP, tidak didukung walaupun sudah ada auto generate song.








Jyaaa...

Sampai Jumpa..

Mohon Maaf jika ada Salah




A.Kas







 

 

 

 

 

Posting Komentar

Untuk posting kode, bisa di parse dulu gan, pake tool parse yang udah disediakan di website ini https://www.rahmancyber.net/p/parse-code.html

agar kodenya tidak hilang... ^_^

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال