4/18/2021

Problematika Spam Score pada Domain Blog atau Website terhadap SERP

RahmanCyber.NET } Blogger SEO - Bagi banyak Blogger yang memang konsen untuk membuat konten di Blog tercintanya, tentu menjadi momok yang sangat memiliukan ketika SS naik, Ya! SS itu adalah SPAM SCORE.

 

Matrik Spam Score ini biasa kita temukan ketika kita mengacu pada penghitungan kualitas Domain dari MOZ.


Apa sih Sebenarnya itu Spam Score? dari berbagai pengamatan yang saya dalami perihal Search Engine Optimization / SEO, ini merupakan hal yang penting juga dalam Ilmu SEO. Karena pada kenyataannya dengan analisa dari MOZ saja perihal SS / Spam Score ini, bisa menentukan seberapa besarnya dampak terhadap posisi artikel kita di SERP.


Gak percaya? coba anda lihat dan cek sendiri posisi SERP pada pencarian tertentu... adakah yang memiliki SS merah ( diatas 10 ) ? mungkin pada pencarian yang tidak terlalu ramai atau lebih spesifik, ada beberapa situs yang memang memiliki SS tinggi tetapi masuk SERP...


Tapi, coba lihat posisinya.. apakah di posisi 1 - 10?

 

Kita tau bahwa Spam sendiri merupakan kegiatan yang Nyampah alias memasukkan hal yang sama bolak balik, ini sama seperti pembuangan limbah plastik... manusia belum bisa terbebas kan dari limbah plastik? hehe, Makanan Ringan juga masih membutuhkan plastik, dan Mie kesayangan kita pun juga masih di Bungkus Plastik... 

 

Di dalam dunia SEO yang saya pelajari dari praktek langsung dan belajar dari GURU GURU SEO, ada 3 tipe SPAM SCORE

 

1. Spam Score karena Ulah Sendiri

 

Ini merupakan spam score yang harusnya sih gak usah ditanyakan lagi kenapa spam score saya tinggi.. jika si pembuat blog memang melakukan kegiatan Copy Paste atau Main sedot FEED.

 

Bisa juga ketika mempublikasikan ulang Jurnal, atau materi perkuliahan misalnya, atau materi sekolah, wkwkwk

 

Kecuali materi tersebut belum pernah di publikasikan...

 

Berhati hati juga jika kamu melakukan GUEST POST ke situs Orang lain, yang memiliki Domain Authority lebih tinggi dari situs mu, dengan tujuan untuk menaikkan keterlihatan website / blogmu karena diakui oleh orang lain, walaupun yang nulis itu kamu sendiri.. hehe.. lalu kamu mempostingnya di Blogmu dengan artikel yang sama

*Usahakan Artikelmu beda...

Penyedia Guest Post juga bakalan nge cek artikel kamu udah pernah di publish belum... kalo udah, biasanya bakalan tidak di approve..

Karena.. itu bakalan berdampak buruk pada situsnya.. 

begitupun juga kamu, walau kamu yang buat.. kalo kamu udah posting artikel di GUEST POST, maka jangan post ulang di blog kamu, karena akan jadi Duplikat konten yang berdampak naiknya spam score mu...

 

Apakah berdampak pada penyedia GUEST POST? tentu tidak.. karena yang ke index duluan adalah postingan artikelmu di GUEST POST.

 

Usahakan beda.

 

Ini berkaitan dengan Konten ya... Jadi konten yang kamu Posting di Website /blogmu..

Selagi konten kamu original buatanmu... saya Rasa itu akan aman dari penambahan nilai SPAM SCORE


Ingat Spam Score itu, bisa aja berarti Domain kamu di DE-INDEX dari Google Search... 

 

De-index itu artinya, tadinya Blog kamu di Index dan masuk dalam SERP, tentu trafficnya tinggi bukan.. tapi tiba tiba.. jadi Ilang indexnya / de-index tersebut.. artinya disingkirkan dari perangkingan, sehingga berdampak pada menurunnya traffic.


Jadi kuncinya...

Ketika kamu main aman.. InsyaAllah juga terbebas dari Spam Score karena Ulah Sendiri

 


2. SS karena salah sumber BACKLINK memiliki SS merah tinggi



Itulah BACKLINK, siapa sih orang yang tau.. karena Linknya tuh di belakang... ^_^

Diluaran sana banyak Blog baru, eh tiba tiba udah naik aja DA/PAnya..

 

Tau kenapa?

Pake Jasa Backlink Berkualitas lah... ya.. BACKLINK menjadi ajang JUAL BELI..

 

Itulah REALITAnya.. dari sekian lama ngeblog.. sampai hafal hal semacam itu..

 

Sehingga dampaknya bagi blog apa? jelas meningkat... karena Mesin taunya, situs baru tersebut telah diakui...

 

Nah, tunggu...!

Untuk mendapat Baclink berkualitas enggak murah bro...

Yang paling berkualitas yang saya tau adalah Backlink dari domain .AC.ID, atau .EDU , ya intinya Domain Akademis lah.. tau sendiri kan persyaratan untuk buat Domain Akademis itu anda memang harus berada di Institusi tersebut / mendirikan SEKOLAHAN.... hehe

 

Lihat Persyaratan Pendaftaran Domain ID Lengkap

 

Disitu ane udah paparkan beberapa persyaratan, salah satunya persyaratan mendapat domain AC.ID, liat aja list nya...

 

Backlink yang paling Yahud adalah Backlink dari .GO.ID, atau .GOV itu domain khusus pemerintahan.

tapi Memilukan juga jika sampai Domain khusus Pemerintahan di buat ladang Backlink...

 

:)

 

Jika kau berpikiran demikian.. kau salah besar.. tidak semua Backlink dari domain .AC.ID, .EDU atau .GOV, .GO.ID itu memiliki kualitas yang baik... :)

 


 

Kita perlu cek DA / PA nya ( Cara Cek DA / PA dengan Tool Gratis ), karena saya pernah menemukan ada yang SS nya tinggi juga..  kenapa SS bisa tinggi? saya rasa kalo domain .go.id itu bukanlah domain yang kontennya COPAS...


melainkan ada CELAH disitu, misalnya saja dibagian KOMENTAR.. :)


Pernah liat cara Site:.go.id “Masukkan 6 kode diatas” [isi keyword]

 

itu cara menemukan website .go.id yang memiliki celah komentar Auto Approve, itu ditandai dengan "Masukkan 6 kode diatas" yang merupakan petunjuk memasukkan kode Chapta / kode pengaman :) .

 

Btw, ini tidak hanya untuk .go.id aja ya, kalo ac.id bisa ganti dengan ac.id

begitu juga .edu atau .gov lainnya...


 

hal ini berdampak juga sebenarnya bagi website pemerintahan... karena bisa jadi ladang menanam link.. :) dan hal inilah yang bisa jadi menaikkan SS, karena kemungkinan bagian komentar dibuat DOFOLLOW, dan si penanam memposting hal serupa di website lain, sehingga terdeteksi meningkatkan SPAM SCORE..  Harusnya memang untuk komentar dibuat NoFollow..


Tetapi, apa sih ruginya? SS tinggi kan juga gak masalah.. ke index atau tidak sama google kan gak pengaruh... :) "kurang enak dilihat aja" 


Dampaknya bagi Blog kita apa? bisa jadi Spam Score dari tempat kita nanam backlink, juga ikut ngalir... dan ini bisa menambah nilai spam score di domain kita.


Kalaupun itu halaman memiliki dampak BACKLINK untuk website kita, tetapi dengan banyaknya link yang ditanam disitu, juga menyebabkan kekuatan backlink menjadi terbagi bagi juga... sehingga itu bisa jadi LOW QUALITY Backlink karena banyaknya LINK keluar...


Intinya halaman dengan Low Outbound Links, Itu lebih bagus dampaknya untuk web kamu. Apa itu Low Outbound Links? ITU BERARTI lINK KELUARNYA DIKIT, ATAU HANYA link DOMAIN KAMU...

 

Bagaimana cara ceknya...? gunakan Tool yang saya sebutkan diatas linknya..

 

 

3. Spam Score karna Domain lain menautkan Situs anda, sedang Domain mereka memiliki SS tinggi

 

Hal ini sebenarnya ada 2 klasifikasi... yaitu disengaja / tak disengaja. Mari kita bahas!

 

Tautan yang Tak Disengaja

Ini bukan berarti link kamu nancep di website dengan SS tinggi.. enggak, melainkan maksudnya ada situs yang memakai gambar di websitemu, dia mencantumkan sumber.. eh ternyata, SS situs tersebut merah dan tinggi.. 


atau dia menjadikan artikelmu sebagai sumber, dan tautan situsmu di letakkan sebagai link sumber ( menghargai penulis ) tetapi ia tidak tau bahwa situsnya memiliki SS yang tinggi.



Tautan disengaja

Ini cerita tentang kompetitor yang udah kehabisan akal mengalahkan websitemu di SERP, dia main curang dengan menautkan websitemu ke domain dengan SS Tinggi koleksinya atau yang dia ketahui untuk membuat Website kamu memiliki SS Tinggi, yang dapat menurunkan posisimu di SERP.


Jelas ini cara UNFAIR...


Kenapa enggak dengan bermain secara sportif lah... sukanya main yang INSTAN INSTAN aja..



Untungnya Google peduli akan hal ini, dan menyediakan cara untuk mengatasi hal itu.. tetapi kalian perlu cek dulu domain yang menjadi penyebab SS kita naik.. siapa tahu ternyata KONTEN kita yang KOPAS atau Spam Score karena Ulah Sendiri... hehe


Cara ceknya, kamu bisa pakai TOOL Gratis yang saya sebutkan diatas.. kalo pengen liat full ya pakai TOOL Premium untuk cek Spam Score.




Cara Mengatasi Spam Score Tinggi



1. Menggunakan Fitur Disavow pada GSC ( Google Search Console )


Cara pertama untuk mengatasi SPAM SCORE akibat tautan situs adalah dengan melakukan Penolakan / Disavow di Google Search Console / Google Webmaster Tool.


Link Disavow di Google Search Console


Tapi perlu hati hati menggunakan tool disavow ini, karena ada peringatan..


Jika digunakan secara tidak benar, fitur ini berpotensi merusak kinerja situs Anda di hasil penelusuran Google. Kami menyarankan Anda untuk hanya menolak tautan balik jika Anda yakin bahwa ada banyak tautan berisi spam, palsu, atau berkualitas rendah yang mengarah ke situs Anda, dan jika Anda yakin bahwa tautan tersebut menyebabkan masalah bagi Anda.

Makannya, di cek dulu.. 

Siapa tau DA / PAnya tinggi.. kan sayang juga..


Cek Dulu ya GAN... dengan Tool Cek Kualitas Website yang telah saya sebutkan linknya diatas... :)


Ciri ciri SPAM Situs, DA / PAnya RENDAH, tetapi SSnya TINGGI.

Contoh : DA 1/PA 1 , Spam Score 70%



Cara Disavow :

 

1. Putuskan apakah ini perlu


Dalam kebanyakan kasus, Google dapat menilai tautan mana yang harus dipercaya tanpa panduan tambahan, sehingga sebagian besar situs tidak perlu menggunakan alat ini.

Anda harus menolak tautan balik hanya jika:

Situs tersebut memiliki cukup banyak tautan berisi spam, palsu, atau berkualitas rendah yang mengarah ke situs Anda, DAN Tautan berupa tindakan manual, atau kemungkinan besar akan menyebabkan tindakan manual, di situs Anda.


Google bekerja sangat keras untuk memastikan bahwa tindakan di situs pihak ketiga tidak berdampak negatif pada situs web. Dalam beberapa situasi, link masuk dapat memengaruhi opini Google tentang suatu halaman atau situs. Misalnya, Anda atau SEO yang Anda sewa mungkin telah membuat tautan buruk ke situs Anda melalui tautan berbayar atau skema tautan lain yang melanggar pedoman kualitas kami. Pertama dan terpenting, kami menyarankan Anda menghapus sebanyak mungkin tautan berisi spam atau berkualitas rendah dari web.


2. Buat daftar tautan yang akan ditolak


Kumpulkan daftar halaman atau domain Anda untuk ditolak/disavow dalam file teks / .txt notepad yang akan Anda upload ke Google.

Format file tautan:

Tentukan satu URL atau domain untuk ditolak per baris. Anda tidak dapat menolak seluruh subpath, seperti example.com/en/
 

Untuk menolak awalan domain (atau subdomain) dengan "domain:", misalnya: domain: example.com
 

  • File tersebut harus berupa file teks yang dienkode dalam UTF-8 atau 7-bit ASCII
  • Nama file harus diakhiri dengan .txt
  • Panjang URL maksimum adalah 2.048 karakter
  • Ukuran file maksimum adalah 100.000 baris (termasuk baris kosong dan baris komentar) dan 2MB.
  • Anda dapat memasukkan komentar jika Anda suka dengan memulai baris dengan tanda #. Setiap baris yang dimulai dengan # akan diabaikan oleh Google.

 

 

Contoh:

# Dua halaman untuk ditolak
http://spam.example.com/stuff/comments.html
http://spam.example.com/stuff/paid-links.html

# Satu domain untuk ditolak

domain: linkjeleekk.com
 

 

yang ada tanda pagar itu hanya keterangan.. enggak usah ditulis di notepad.

cukup  domain: linkjeleekk.com

 

Jika Anda menemukan URL atau situs untuk ditolak dalam laporan (kalau menggunakan tool premium biasanya bisa ekspor laporan) tautan untuk situs Anda, Anda dapat mengunduh data dari laporan Tautan dengan mengeklik tombol ekspor. Pastikan untuk menghapus URL apa pun dari file yang diunduh yang tidak ingin Anda sangkal.

 

 

 


3. Unggah daftar Anda


  • Anda dapat memposting satu daftar penolakan untuk setiap properti yang Anda miliki.
  • Mengupload daftar baru untuk properti akan menggantikan daftar yang ada untuk properti itu.
  • Anda harus menjadi pemilik properti untuk mengupload daftar penolakan.
  • Tautan yang ditolak akan terus ditampilkan di laporan Tautan.


Untuk mengupload daftar halaman atau domain yang akan ditolak:

1. Buka halaman alat tolak tautan.
2. Pilih properti dari daftar properti.

 

disavow

 

Daftar tersebut hanya akan berlaku untuk properti ini. Jika daftar untuk properti ini sudah ada, Anda akan melihat ringkasan halaman dan domain yang ditolak. Mengupload daftar lain ke properti ini akan menggantikan daftar yang ada untuk properti ini.
 

3. Klik tombol untuk mengupload daftar Anda.
4. Pilih file penolakan dari komputer lokal Anda (.txt yang telah kamu buat tadi ).
Jika file mengalami kesalahan, Anda akan segera melihat daftar kesalahan. Daftar lama Anda tidak akan diganti. Anda dapat memperbaiki daftar baru Anda dan mencoba menguploadnya lagi.
Jika unggahan berhasil, perlu beberapa minggu bagi Google untuk memasukkan daftar Anda ke dalam indeks saat Google merayapi ulang web dan memproses ulang laman yang kami lihat.
 

 

Hapus semua penolakan untuk suatu properti


Jika Anda ingin menghapus semua penolakan untuk properti tertentu, ikuti langkah-langkah berikut. Jika Anda ingin mengganti daftar lama dengan yang baru, Anda tidak perlu melakukan ini; cukup unggah daftar baru.

1. Buka halaman alat tolak tautan.
2. Pilih properti dari daftar properti.
3. Klik Cancel DisavowalsBatalkan Penolakan. Daftar penolakan untuk properti yang dipilih akan dihapus. Google memerlukan waktu beberapa minggu untuk memasukkan daftar Anda ke dalam indeks kami saat kami merayapi ulang web dan memproses ulang laman yang kami lihat.


 

 

Setelah disavow, kamu bisa ngecek seminggu setelahnya.. apakah udah ada perubahan? biasanya sih bakalan menurun dalam 1 minggunan...




2. Perbanyaklah Backlink dengan SPAM SCORE SEHAT


Saya pernah nemuin SITUS BESAR, saya cek tuh di MOZ untuk SPAM SCORE, wah betapa mengerikannya, karena banyak sekali situs dengan SPAM SCORE diatas 50%, saya tidak SS ya.. coba aja kalian cek situs besar..


Kenapa bisa begitu, dan si situs besar pun masih tetap bertengger di SERP, bahkan posisi pertama..?

 

Dari pengamatan yang saya lakukan, backlink situs besar itu udah banyak banget.. jadi kalo hanya beberapa situs yang menulari SS, kita liat diatas 50%... terlihat gak ada efeknya, karena pas di cek, ternyata situs besar itu tetap memiliki Hitungan SPAM SCORE yang SEHAT.

 

Yang Rawan?

Yang masih bisa ke kejar backlinknya...

 

 

3. Buat artikel se Original Mungkin

 

Disini saya udah paparkan diatas, ada beberapa klasifikasi penyebab SS tinggi, salah satunya yang paling bahaya adalah karena perbuatanmu sendiri yang menduplikasi artikel orang lain.

Jika sadar bahwa artikel menduplikasi milik orang, ya JANGAN NGELUH...

^_^


Kadang saya suka ngakak sendiri, kalo ada yang misuh misuh karena tiba tiba traffic turun, kena de-index eh ternyata blognya menduplikasi artikel orang...


Jadi mawas diri ya..  



4. Lain kali, berhati hatilah Blogwalking... pastikan situsnya aman dari SPAM link di komen...


Yup! blogwalking itu bagus juga untuk menaikkan domain authority ketika kamu berada di situs yang tepat... artinya biasanya NO FOLLOW dan bersih dari spam link.

Itu menandakan jika blognya terurus dengan baik, karena spammer enggak berani ninggalin jejak berupa link, karena tau gak bakalan di approve atau akan nyangkut ke tempat sampah SPAM..


Ninggalin jejak gapapa, karena itu akan berpengaruh untuk mengangkat eksistensi blog kamu, tidak harus disematkan ke profil blogger, agar enggak ketularan SPAM SCORE.. yang penting, lihatlah blognya... apakah masih diurus dengan baik.. 

 

Cek juga Spam Scorenya...


( Kita gak bisa prediksi, blog itu bakalan SEHAT terus atau kagak SPAM SCOREnya,,, yang penting, perlu diingat... SPAM SCORE berupa link itu bisa di tolak.. tetapi SPAM SCORE akibat konten duplikasi yang agak susah ) 


Untuk ciri ciri website spam lainnya.. saya rasa kamu sudah paham.. ^_^

Oh iya.. btw profil blogger yang nilainya baik itu dia akan berpengaruh positif untuk menaikkan DA Moz maupun DR Ahrefs.. lumayan pokoknya... dihitungnya "KONTEN" bukan "NOFOLLOW":) ... jadi jaga baik baik ea Profil Blog kamu... wkwkwk, ini seperti pengganti GOOGLE + yang udah discontinyu untuk consumer umum...





Kesimpulan


Problematika memang selalu ada gan.. tinggal bagaimana kita menyikapinya.. dari situ kita juga belajar sesuatu.. yang jelas, beberapa pengalaman dan cerita dari orang orang yang pernah mengalami itu sangat berharga gan.. agar kita tidak mengalami hal yang sama..

 

Dari beberapa hal diatas, kita bisa ngeliat bahwa SS sebenarnya tidak semua SS tinggi itu berdampak pada SERP.

Terutama yang berkaitan dengan suatu website yang menaut situs kita...

yang benar benar berdampak itu, jika ternyata itu ulah kita sendiri.. Ya udah gak usah protes.. hehe

Kena de index mungkin... mau buat domain baru lagi? yah butuh index lagi.. dan perlu waktu tunggu juga loh :)

 

Karena... NYATANYA INDEX GOOGLE itu enggak cepet kayak dulu gan..

 

kadang butuh bulanan baru ke index..


Sama halnya dengan Problem Solving dari Problematika Spam Score ini... hasilnya tidak bisa di lihat secara instan.. masih nunggu lagi.


Hampir 11/12 sama nunggu index google untuk artikel yang baru kita buat... 


Backlink pun juga demikian... efeknya gak bisa langsung terlihat saat itu juga... karena ini nunggu si GOOGLE merayapi link link tersebut... untuk ditambahkan dalam parameter penghitungan nantinya..


ibaratkan kriteria penilaian... itu menjadi tambahan dalam 1 kriteria saja.. karena pada ALGORITMA Google itu ada banyak kriteria penentuan RAnking... dan itu hanya pihak mereka yang tau secara pasti, bagaimana Sistem Algoritma itu bekerja.


Bahkan MOZ dan AHREFS yang terlihat powerful juga menganggap sistem yang dibuatnya itu hanya sebagai Prediksi, alias tidak pasti...



Jadi itulah gan.. "persaingan" dalam perlombaan mendapatkan Ranking... KRITERIAnya disembunyikan itu lebih menantang bukan.. :) Selamat Berkometisi! Jangan lupa Makan :)



Sekian Bahasan kita tentang Spam Score... moga bermanfaat...








F.N.A-RED




 

 

 

 

 

Posting Komentar

Follow by Email



Semenjak saya F.N.A-RED mendirikan RahmanCyber ini tahun 2008, saya mendedikasikan situs ini untuk memberikan edukasi dan artikel pengetahuan secara GRATIS, sobat tidak dibebankan Biaya langganan maupun Pembelian Hak Akses untuk dapat menikmati Artikel yang kami sediakan di RahmanCyber. Saya juga tidak berniat menjadikan RahmanCyber untuk model langganan dengan membayar Hak Akses. Semua Pemasukan untuk Mendukung Pemeliharaan Situs dari Iklan dan link affiliasi yang kami tanam di beberapa artikel ( Kami tidak menutupi hal ini, agar semua jelas tidak ada yang disembunyikan dan tidak manipulatif )
Ya, kita punya channel Youtube, tetapi fungsinya memang untuk mendukung penyampaian materi di Blog, sehingga memang untuk kontennya Campuran dan tidak berdasarkan Nice. Tekan aja gambar dibawah ini untuk melakukan subscribe ke channel kita
Image
Jika kalian tertarik untuk bergabung dalam jurnal perjalanan kita, silahkan...
Ada 2 tipe website yang ber ekstensi RahmanCyber.NET,

1. Website Bagian yang merupakan layanan kita untuk fokus materi tertentu maupun berupa produk terpisah yang berbeda untuk konsep dari Website Induk RahmanCyber.NET, tetapi selama ber ekstensi .rahmancyber.net, itu adalah Website Resmi dari kita. Informasi ini juga tercantum dalam Fanpage RAHMANCYBER di Facebook yang linknya tertaut di website utama ini, sehingga hal ini untuk meminimalisir adanya penipuan dari pihak yang tidak bertanggung jawab
2. Website Rekanan yang dikelola oleh Kontributor, sehingga kadang memiliki nama personal, yang bertujuan untuk menampilkan Iklan di web, sehingga dengan menggunakan ekstensi .rahmancyber.net, bisa ikut menampilkan iklan sebagai monetisasi untuk websitenya ( Bagaimana cara bergabung agar website saya bisa menampilkan iklan dan mendapat penghasilan? maaf, ini terbatas dan saya tidak membukanya untuk umum )

Disini kita berusaha untuk memberikan konten yang kredibel dan tidak semata mata untuk mengejar traffic dan penghasilan, ( RahmanCyber lebih condong ke "Pengetahuan" )

Whatsapp Button works on Mobile Device only