5/24/2021

Link Building Outbound dan Inbound, Masih Pentingkah 2021?

Sebagai seseorang yang belum terkenal, memang sudah selayaknya mencoba atau berusaha untuk kenalan. Kalau tidak berusaha untuk kenalan dan memperkenalkan diri, ya siapa yang kenal. Mungkin itulah sebenarnya link building itu... pertama... agar mudah dikenal oleh search engine...


Dengan itu... maka kita berpeluang untuk dikenal orang...


Karena ranah ini menyangkut Search Engine ya.. ( sebagaian besar orang mengakses search engine untuk menemukan jawaban apa yang mereka cari ) walau sebagian lain, bisa langsung menuju halaman website kita... ketika kita juga sudah membangun NETWORKING dalam lingkup jaringan bisnis, pertemanan di dunia nyata.



Link Building



Lalu agar mendapatkan validasi dikenal exist, tentu perlu ada respon balik, setidaknya orang yang di ajak kenalan, menganggap anda adalah kenalannya atau bahkan temannya, kalo tidak ya.. hanya numpang lewat aja. 

 

 

Tidak menambah jumlah jaringan pendukung eksistensi anda.



Ketika anda mendapat respon balik dan anda dilabeli sebagai kenalannya, ketika ada orang bertanya tentang anda...




Oy Bang.. tau gak sih si "No Name"

 

 

Oh... si No Name, tau dong.. dia kenalan gw kemaren.. ( Itu baru kemaren ya... alias berarti kekuatannya masih dikit..beda kalo, "Wah, si No Name ya, gw udah kenal ama dia dari dulu, lama banget pokoknya, Orangnya Ramah dan tidak sombong.. padahal kaya" Nah lo.. di tambahi     Review sekalian ) itu contoh, bahkan ada review yang meyakinkan si penanya tentang seseorang bernama "NO Name"

 

 

Bisa di bilang "Udah Kenal Lama" berarti relasinya udah begitu kuat.. beda dengan "Kemaren", semakin banyak orang yang diyakinkan, maka akan semakin tinggi pula validasi bahwa si No Name itu Exist.



Mungkin itulah konsep BACKLINK. 

 

 

 

Sial memang! Ternyata Konsep Internet itu menduplikasi Kehidupan Manusia Sehari hari.



Sepertinya saya tidak perlu menjelaskannya lagi tentang Pengertian Backlink, karena saya udah lama membahasnya di Link tersebut beserta bonus Backlink berkualitas yang pernah saya susun dari berbagai trial n error, liat aja di halaman tersebut.



Lanjut. 



Backlink atau Pranala Balik ini ada kaitannya dengan DA, PA, DR, UR yang sempat kita bahas beberapa halaman postingan yang lalu. Kalo belum nemu, ini saya tunjukkan Pengertian Domain Authority, Domain Rating, Page Authority, Url Rating 

 

 

langsung aja menuju ke pembahasannya, tetapi di new tab aja, Di situ saya juga berbagi beberapa tool gratis yang biasa saya gunakan untuk RISET.



Maklum, saya adalah pengguna gratisan, dan belum minat untuk PREMIUM. 



Korelasinya dengan Link Building Apa Bang?




Backlink itu bagian dari Link Building, 




External Link ( Pemberi Backlink ) dan Inbound Link ( Penerima Backlink ), jadi ketika anda meletakkan link website diluar domain anda, maka anda bisa dibilang sebagai pemberi backlink. 



Contoh : Anda memiliki website https://rahmancyber.net , lalu anda beli lagi domain baru https://myshorttips.com, lalu anda meletakkan link menuju ke https://myshorttips.com di website anda https://rahmancyber.net



Nah, berarti disitu anda memberikan backlink domain baru anda https://myshorttips.com



dan ini memberikan validasi khusus, bahwa domain tersebut merupakan domain yang mempunyai relasi kuat dengan domain anda jika diletakkan di Header / Sidebar / Footer.

 



Hal ini biasa di praktekkan web besar yang memiliki authority tinggi untuk menunjukkan bahwa domain tersebut merupakan network atau bagian dari media utama anda, karena sebagian besar halaman anda memberikan link ke domain baru tersebut.



Biasanya selang beberapa hari, Page Rating domain baru tersebut akan mendadak naik, menyesuaikan seberapa kuat domain utama anda.

 

 

 

Saya sudah mengujinya di MyShortTips

 

 

 

url rating test backlink

 

Padahal, domain tersebut setahun pun belum ada, baru 2 bulan sudah ada kenaikan yang sangat signifikan. 

 

Coba kalo kalian lihat Domain Authoritynya, itu beda lagi... ada 2 kesimpulan dari Praktek yang saya lakukan :

 

 

1. Url Rating itu bisa di dapatkan dari seberapa banyak Halaman yang Mengarah ke Halaman yang dituju, kalo disitu saya menautkan untuk Halaman utama MyShorTTips, itu berarti untuk halaman lainnya akan beda dong...

 


Coba kita lihat.

 

url rating lainnya myshorttips

 

Yups! benar! yang ngefek hanya halaman Utama Doang... seperti dugaan saya, yang namanya URL RATING itu lebih ke satu halaman, jika anda tujukan ke Halaman Utama, ya... yang kuat hanyalah halaman utama aja, sedangkan yang lain... belum...

 


Coba kita Cek Media Online yang sudah besar.


cek url rating media besar

Itu media besar ya, kalian bisa lihat Domain Ratingnya juga besar, tetapi cobalah lihat URL Ratingnya... Beda khan... :) pada halaman tersebut adalah 12 untuk URL Ratingnya, padahal enggak ada backlink kalo saya liat diatas...

 


halaman utama media besar cek backlink

Nah kalo dibandingin dengan halaman utama...

 


2. Kalo Domain Rating itu, seberapa Banyakkah Domain tersebut di tautkan oleh Domain lainnya, disitu kita bisa lihat ada 10ribu lebih. Wah, kalo 10ribu itu Domain yang refering kualitasnya GRADE A, bisa sangat kuat. 

 

Tetapi nyatanya untuk Referring tersebut tidak dihitung kuat dan lemahnya backlink, yang terpenting adalah beda Domain, itu aja...

 

Berbagai faktor lainnya juga berpengaruh dalam mengukur tingkat kredibilitas website dari segi backlink, seperti Umur dari Website yang memberi Backlink, seberapa kuatkan Domain Ratingnya, Nofollow / Dofollow? dari pengamatan dan penerawangan saya walaupun NoFollow, disitu tetap terhitung Reffering domain. Tetapi, tetap yang paling berkualitas adalah domain Do-Follow. Maka dari itu, kadang pada situs tertentu memasang Rel = Nofollow Norefferer bahkan Noopener. Dimana itu tidak berdampak apa apa, kecuali terhadap pengunjung yang melihat alamat web kita.

 

 

Pingin rasanya punya status dengan DA / PA / DR / UR yang tinggi macam itu...



Itu kesimpulan dari analisa saya.

 


Kembali lagi ke MyShortTips.



Memang si URL domain utama Ratingnya naik secara drastis, tetapi...



Tetapi, kelemahannya adalah.. ketika dalam suatu postingan ada keyword yang match, maka domain url utama maupun yang anda beri backlink tersebut akan saling kejar kejaran di SERP.

 



Hal inilah yang menyebabkan kadang media besar saling menguasai halaman pertama urutan 1,2,3,4 tergantu seberapa kuat dan duluan artikel dimuat... eh di index google.




Lalu, ketika orang lain atau domain anda yang lain memberikan link ke domain utama anda, maka itu bisa dibilang Inbound Link, atau anda menerima backlink.

 



Contoh : Si Tono Memiliki Media Besar, misal Namanya MyShorTTips.com, nah karena anda adalah kenalan si Tono dan kebetulan postingan anda relevan untuk dijadikan rujukan, maka si Tono mengutip artikel anda untuk dijadikan referensi, lalu si Tono memberikan tautan balik yang menyatakan bahwa domain anda https://rahmancyber.net merupakan sumber referensi, maka Anda menerima Inbound Link. 

 

 

( Apakah berarti nanti dengan adanya kegiatan semacam itu, akan menurunkan SERP? karena secara otomatis, kita mengakui bahwa domain yang kita beri backlink tersebut adalah referensi kita? ne? Nggak Tau Juga sih... Misteri, tapi kenyataannya Media Besar Aman aman aja sih... )

 

 

Kalau dari pengamatan saya pribadi sih "Intinya ketika anda memasukkan link situs lain di postingan anda, maka itu dianggap... anda mereferensi / merujuk pada artike situs tersebut yang anda tanamkan di halaman postingan anda tersebut"

 

Lah, lalu yang abang lakukan itu, dengan menautkan url domain web abang yang lain, apakah tidak berbahaya?

 

 

Sampai saat ini masih aman... saya tidak tau juga kedepannya.. yang jelas ini menjadi salah satu eksperimen.. toh juga itu masih bagian dari website utama saya, walau berbeda domain... karena saya memang pengen nuansa baru... hehe, kalau anda mengikuti cara saya... anda tanggung sendiri ya akibatnya.. hehe... saya hanya menunjukkan hasil eksperimen saya diatas.. hitung hitung berbagi pengalaman... 

 

 

 

 

Sampai disini saya masih menganggap bahwa Link Building itu Masih Penting...

 

 

 

Karena, seperti yang saya sebutkan diatas... ini seperti halnya menduplikasi kehidupan masyarakat sehari hari..

 

Bukankah artificial intelligent dan pengembangan robot juga sama? meniru "Sistem Kehidupan Manusia" - Coba disini kita merenung.. betapa hebatnya penciptaan Alam Semesta dan Isinya... beberapa ilmu yang kita anggap.. canggih dan luarbiasa itu hanyalalah duplikat penciptaan alam semesta dan kehidupan didalamnya... Apakah kita tidak bersyukur dan merenung.. betapa kecilnya diri kita.. betapa tidak ada yang dapat kita sombongkan sejengkal pun...


 

 


Sekarang kita Bahas Inbound Link ^_^




Saya kurang lebih sudah menggeluti dunia blogging ini cukup lama.. tetapi sepertinya skill masih biasa biasa aja.. hehe... entah karena usaha yang saya lakukan itu belum maksimal atau setengah setengah, yang jelas di sela aktivitas blogging saya selama ini, beberapa hasil pengamatan saya dapatkan.. [ Tentang Link Building yah..untuk artikel ini ] ^_^, entah itu strategi SEO, Black Hat, White Hat atau Grey Hat.. ata apalah itu namanya...

 


Pada kenyataannya Inbound link tersebut ada 2 kemungkinan ( Natural dan Bayaran ) natural adalah ketika si tono memang menjadikan postingan anda sebagai referensi, sedangkan bayaran adalah, ketika si Tonmo anda bayar untuk menulis sesuatu yang berkaitan dengan postingan anda ( misal postingan anda tentang teknologi ) lalu di tanamlah link anda dalam bentuk advertorial atau iklan.

 

 

Tetapi tetap aja, itu dihitung natural oleh mesin pencari ya... Ini yang perlu digaris bawahi... 

 

Karena pada kenyataannya susah juga mendapatkan Backlink Berkualitas, yup! saya garis bawahi berkualitas, karena sekarang ini dijadikan sebuah bahasan bahasan entah itu di blog atau forum, bahwa ini menjadi faktor penrangkingan...


Jadi logikanya gini..

 

 

Backlink berkualitas itu jika sebuah website dengan Authority ( DA / PA / DR / UR - saya pernah bahas di optimasi SEO ) lebih tinggi dari kita... setidaknya "Minimal spam scorenya rendah atau masih - hijau ketika di cek di MOZ"



Hal ini seperti tiba tiba mengangkat derajat blog anda... langsung naik..

 

 

 

Gambarannya gini deh.. tiba tiba ada selebritis, dia bicara bahwa anda adalah pedagang yang bisa dipercaya dan selebritis itu mereferensikan anda... apa yang terjadi, tiba tiba anda mendapat semacam "Trust" atau kepercayaan.



Tetapi apakah, backlink dari Website yang memiliki authority lebih rendah dari kita , itu tidak berguna? kalo dari pendapat saya pribadi sih.. tidak demikian, ini sama halnya anda jualan di pasar misalnya, lalu ada seseorang yang beli dagangan anda.. dia bukan siapa siapa, tetapi dengan dia percaya terhadap anda.. dia bisa saja promosi dari mulut ke mulut, mungkin ke jaringan pertemanannya...



Ya..walau dampaknya tidak langsung naik... tetapi kemungkinan ini tetap memberi dampak terhadap anda... jadi jawaban saya, tetap berguna.. 

 

 

Lalu bagaimana jika kita dapat backlink dari situs yang sangat merah atau 99% spam? sebenarnya ada pilihan.. kalo di contohkan dalam kehidupan sehari hari gini.. jadi ada orang yang dia sudah dianggap penipu oleh orang banyak, lalu dia mereferensikan anda... apa yang terjadi? kalo di logika sih, sebenarnya hal ini bukan urusan anda..

 

 

Tetapi di sistem sebuah website analisa seperti Moz, menganggap hal itu seperti penyakit menular, artinya.. Spam Score anda juga bisa ikut ketularan naik... ( walau ini juga tergantung dengan seberapa banyak jumlah artikel anda ) - karena banyaknya jumlah artikel yang terindex itu dapat menurunkan spam score dari pengamatan saya, makannya kadang website berita yang sudah memiliki artikel ratusan ribu, tidak mempan jika diberi tautan spam score website spam ( saya udah cek backlink spam yang mengarah ke situs mereka, lumayan banyak.. tetapi nyatanya ketika saya cek spam score situs besar tersebut malah masih 1% alias aman pake banget... )... Sample gambarnya? Kalian bisa cek sendiri... ntar kalo saya upload, kebanyakan sensor.. hehe


Cara ceknya, kalian langsung ke Moz.com -> Sign Up -> Isi Data -> Verifikasi Email -> Sign In -> Link Exploler -> Spam Score



Masukkanlah situs yang pengen anda cek, kalo gratisn hanya terbatas Kuerinya.. kalo mau langganan bulanan, lumayan juga buat monitoring, termasuk backlink....



Jadi.. itulah Inbound link ya...


 



Sebenarnya yang di rekomendasikan adalah yang natural, karena hal ini nantinya memiliki model yang sama dengan Journal Penelitian di Universitas, yang memberikan Daftar Pustaka dari referensi yang diambil yang menjadikan orang atau peneliti pertama yang dijadikan referensi memiliki kredibilitas yang semakin tinggi ( semakin banyak dijadikan referensi, maka semakin tinggi value nya / semakin dipercaya.. )




Tetapi kenyataannya enggak demikian :)

 

Bahkan anda bisa membuat kolam link building milik anda sendiri, dengan melakukan Pointing ke Domain utama anda...





Tidak tau juga jika nanti algoritma Google bakalan berubah menyerupai Penelitian di Dunia Institusi Akademisi :) berat amat.

 

 

 

 

Lalu, bagaimana dengan Outbond link... 

 

 

 

berarti dalam hal ini, jika anda jualan backlink.. berarti anda memberi link atau pengakuan terhadap website yang anda tautkan... 


Pada prakteknya sih sebenarnya backlink ke profil / domain utama ( Do Follow ) ini akan menambah ref Domain.../ referal domain jika di Pergitungan Domain Rating di Ahrefs yang juga Situs Analisa Web,


Semakin banyak ref domain, maka akan meningkatkan Domain Rating ( Domain Rating itu seperti peringkat ya sob, artinya kayak kalo kalian main Moba / Game Moba kan ada Tier, biasanyanya Tier Gold menunjukkan posisi anda dibanding seluruh player " misal anda lebih hebat dari 50% pemain", Tier Diamond menunjukkan posii anda dibanding seluruh player "misal anda lebih hebat dari 70%pemain", sampai Tier dengan bintang maksimal, "Anda lebih hebat dari 99,99% pemain" hehe



Jadi ini memang bisa naik dan bisa turun... saya pernah berada di posisi 10, tapi tiba tiba turun 6, besoknya naik lagi 7, turun lagi 6, lalu naik ke 11...


Yap.. bisa naik turun, itu intinya...


Jadi misal anda mau menaikkan profil domain, anda hanya perlu 1 backlink di domain yang sama...


Berbeda kalau untuk menaikkan Posisi Keyword Artikel di Google Search.. anda bisa optimasi Anchor Text / Teks jangkar nya..


<a href="https://rahmancyber.net/trik seo paling wusssss">Trik SEO Wuss</a>


Yang saya Bold itu adalah anchor text.


Seperti halnya konsep link building diatas, jika ingin mengoptimasi anchor text untuk keyword tertentu, maka caranya mirip ketika anda membangun backlink profil, cuman kalo ketika anda membangun backlink profil anda buat anchor text nya adalah brand anda.. "misalnya kalo saya adalah - rahmancyber: maka kalo untuk optimasi backlink keyword tertentu itu beda, jadi anchor text nya langsung mengarah ke backlink beserta halaman yang di optimasi ( dibanding anda tetap memakai url utama sih, saya lebih cocok mengarah ke halaman atau kategori khusus ) istilahnya landing page...

Karena terlihat lebih natural, kecuali jika memang domain anda itu khusus / landing page.



Sampai disini yang kita bahas masih berkaitan dengan "Link Building"





Jadi... Apakah Link Building Outbound dan Inbound ini masih penting? 

 

 

 

iya dong, kita tidak bisa lepas dari ini... karena dengan inilah mempermudah jalan si laba laba melakukan pemetaan, seperti menjembatani gitu deh.. hehe




Lalu, apa sih untungnya Outbound Link bagi website kita?

 

 

1. Kita dapat bayaran

Sebenarnya, kita bisa mengatur... "Untuk memberi Backlink Selamanya - Selama Domain dan Website masih aktif" atau berbayar tiap bulan atau tiap tahun untuk perpanjangan... hehe

 

Apalagi jika Authority website kamu sangatlah tinggi.. 

 

 

Lumayan lah bisa buat bayar biaya perpanjang domain dan hosting website

 

Asalkan website yang kita referensikan itu tidak mengarah ke website Spam, maka itu akan aman ( Maka dari itu ini merupakan salah satu Resiko ) mungkin anda perlu menambahkan peraturan khusus, jika website spam, maka backlink di cabut.

 

Lalu, apakah ini natural...?

 

Hehe, kalo dari kacamata seach engine otomatis sih... natural natural aja, tapi kalo dari pemahama secara manual... ya, bukan lah yaw...

 

Maka dari itu, kita perlu selektif untuk memberi backlink... kaya semacam seleksi gitu deh..., kira kira layak enggak ya buat direferensikan...

 

Hal ini juga untuk mengantisipasi permasalahan website spam diatas...atau malah website yang mengkampanyekan keburukan... kan ngeri juga...

 

makannya Uang itu bukan segala galanya gan, kan pengen White Hat? jadi kita juga menjadi auditor...

 

Membantu mereferensikan Website yang sudah kita screening, misal advertorial, ya kita liat dulu deh produknya apa, jadi tidak sembarangan memasukkan asal ada cuan.. hehe

 

karena beban moril juga khan...

 

 

2. Menambah kepercayaan

 

 

Jika kita menambahkan Outbound link ke sumber terpercaya, misalnya Wikipedia, artinya kita ada beberapa penjelasan yang merujuk ke wikipedia ( ini contoh aja ya ) sedangkan logikanya, wikipedia itu dia memiliki authority yang diakui, maka bisa jadi ini menambah trust terhadap artikel yang kita buat, tidak hanya di mesin pencari yang notabene dilakukan secara otomatis by laba laba...

 

 

Tetapi juga reader / pembaca dapat menganggap artikel ini berbobot...

 

 

Itu dari pengamatan saya ya sob, jadi... jangan ragu mereferensi ke website yang memang kita rujuk dalam membuat artikel, karena ini juga bisa jadi mempercepat index artikel kita di search engine.

 

 

 

 

Bang... apa sih bedanya Inbound, Outbound sama Internal Link, Eksternal Link.?

 

 

 

Kalau Inbound dan Outbound lebih kearah antar Domain beda pemilik... ( Lebih ke Pembahasan SEO )

Sedangkan Internal Link dan Eksternal Link lebih ke Url Domain bisa dengan Pemilik Sama maupun beda...( Lebih ke Pembahasan Website )


Ini dari pemahaman saya ya...



Begini...

 


Internal Link apakah sama dengan Inbound Link? 

 

beda kawan...


Jadi kalau internal link itu adalah kita menanam link untuk dihubungkan ke halaman lain yang masih dalam satu domain... kalau dalam SEO, ini disebut juga Teknik SEO ONPAGE...

 

Misal sobat liat artikel di wikipedia...

 

Coba deh lihat link pada anchor text tertentu, misalnya ada anchor text komputer, dan disitu terdapat hyperlink yang menuju ke halaman yang membahas tentang komputer...

 

Itulah Internal Link...

 

 

Sedangkan Inbound Link, erat kaitannya dengan beda domain... jadi ada domain yang memberikan kita backlink / tautan balik..., bisa dibilang ini tautan masuk, artina masuk ke domain kita.




Kalo Eksternal Link dengan Outbound Link?

 

 

 ini bisa dibilang mirip... tetapi beda..



Kalau Outbound, berarti semacam link keluar dari domain kita, artinya kita memberikan backlink terhadap website dengan domain lain..



Sedangkan Eksternal Link itu ada 2 hal yang perlu diperhatikan :

 

  1. Jika website domain anda memberi tautan website domain lain - ini dinamakan eksternal link
  2. Begitupun juga ketika website domain lain memberi tautan ke website domain anda - ini juga disebut eksternal link... | Ini juga masuk ke Strategi SEO OFF PAGE


Apakah anda sudah bisa bisa mendapatkan gambaran dari apa yang saya sampaikan?



Seperti itulah perbedaannya...

 

 

Banyak sekali memang simpar siur dalam memahami hal ini, karena saya sendiri tidak / belum menemukan, siapa sih pembuat istilah SEO ini??? 

https://backstageincome.com/blog/inbound-vs-outbound-links-seo/

https://www.seoptimer.com/blog/inbound-links/#Outbound-links

 

 

Beberapa referensi yang saya juga baca...

 

Anda juga bisa membacanya...

 

 

Link keluar akan berdampak buruk di search engine jika terlalu banyak terhadap website domain kita. Biasakan jika ingin menyarankan membuka link website lain ( misalnya referensi ), gunakan atribut (rel=”nofollow”). Namun, untuk internal link (jangan di nofollow.. biarkan saja, karena secara defaultnya sih "dofollow").

 

Ini dia contoh rel "nofollow" saya temukan dari inspect element wikipedia di salah satu tautan referensi

 

nofollow rel wikipedia

 

Nofollow dan DoFollow, pernah saya bahas sebelumnya, lihatlah pembahasan tentang nofollow dan dofollow

 




Sepertinya pembahasan kali ini cukup panjang ya...

 

 

Tetapi setidaknya beberapa istilah SEO LINK BUILDING / membangun tautan, dapat kita bahas secara langsung... ada Internal dan Eksternal Link, Backlink, SEO ONPAGE, SEO OFFPAGE, Nofollow dan Dofollow... hehe




Semoga bermanfaat...



Berhati - hatilah dalam melakukan link building / membangun tautan... karena jika salah, dampaknya lumayan ga.. hehe, bayangkan anda membangun website dari jaman dahulu kala, udah banyak postingan ke index google dan mendapati rank yang bagus, tiba tiba merosot dan bahkan menjadi 0, akibat cara link building yang kedeteksi spam...



Kalo ingin mencoba coba sih, saya sarankan tidak memakai website utama,



Lah, kenapa abang pake website utama?

 

Karena saya ada keyakinan bahwa yang saya lakukan ini, tidak menyalahi aturan... walau saya tidak bisa memastikan...


Yang jelas, itu semacam memberi pengakuan bahwa domain yang saya tautkan itu berkaitan dengan domain utama.. dan yang mengelola pun saya... dan saya tidak melakukan spamming...

 

Saya juga berhati hati dalam membangun link building pada masing masing website...

 

Tidak asal menaruh link pada website dengan indikasi spam...

 

Kecuali jika ada yang menjahili dengan memasukkan domain saya ke website spam, Hal itu tak dapat dihindari gan, yang jelas disini kita pasrah akan hukum alam...

 

Jika orang itu niatnya sengaja menjatuhkan kita, ya semoga Allah menyadarkan dia, bahwa apa yang ia lakukan itu salah, dengan mengambil hak dan rejeki orang lain.. dan ia dituntun di jalan yang benar...


Bagi pembaca, saya menganjurkan sobat semuanya untuk bersaing secara sportif... karena persaingan itu sebenarnya mengasyikkan kok...


Tapi seperti permainan game ponsel bukan, jika pertandingan secara normal, akan mengasyikkan... tetapi akan berubah jadi menyebalkan jika ada yang ngeCheat...


ne?



Hal yang paling menentramkan hati adalah dengan mengabaikannya, kita fokus ke diri kita, jika terkena... dan cukup keterlaluan... kita bisa Disavow...Saya pernah bahas tentang Disavow di artikel SEO yang berkaitan dengan Spam Score.

 

 

 

Ok frien.. sekian ya...

Moga ada Manfaatnya....






Advertisement
Sobat, ditempat ini kita belajar bareng ya, saling berbagi ilmu di https://www.rahmancyber.net Apabila ada yang perlu di tambahkan atau ada kesalahan mohon di koreksi
Bagi yang menginginkan konten berupa video, bisa langsung kunjungi link https://www.youtube.com/rahmancyber
Matur Nuwun...

Sponsor Rahmancyber Network



Baca Juga

Posting Komentar

Follow by Email



Semenjak saya F.N.A-RED mendirikan RahmanCyber ini tahun 2008, saya mendedikasikan situs ini untuk memberikan edukasi dan artikel pengetahuan secara GRATIS, sobat tidak dibebankan Biaya langganan maupun Pembelian Hak Akses untuk dapat menikmati Artikel yang kami sediakan di RahmanCyber. Saya juga tidak berniat menjadikan RahmanCyber untuk model langganan dengan membayar Hak Akses. Semua Pemasukan untuk Mendukung Pemeliharaan Situs dari Iklan dan link affiliasi yang kami tanam di beberapa artikel ( Kami tidak menutupi hal ini, agar semua jelas tidak ada yang disembunyikan dan tidak manipulatif )
Ya, kita punya channel Youtube, tetapi fungsinya memang untuk mendukung penyampaian materi di Blog, sehingga memang untuk kontennya Campuran dan tidak berdasarkan Nice. Tekan aja gambar dibawah ini untuk melakukan subscribe ke channel kita
Image
Jika kalian tertarik untuk bergabung dalam jurnal perjalanan kita, silahkan...
Ada 2 tipe website yang ber ekstensi RahmanCyber.NET,

1. Website Bagian yang merupakan layanan kita untuk fokus materi tertentu maupun berupa produk terpisah yang berbeda untuk konsep dari Website Induk RahmanCyber.NET, tetapi selama ber ekstensi .rahmancyber.net, itu adalah Website Resmi dari kita. Informasi ini juga tercantum dalam Fanpage RAHMANCYBER di Facebook yang linknya tertaut di website utama ini, sehingga hal ini untuk meminimalisir adanya penipuan dari pihak yang tidak bertanggung jawab
2. Website Rekanan yang dikelola oleh Kontributor, sehingga kadang memiliki nama personal, yang bertujuan untuk menampilkan Iklan di web, sehingga dengan menggunakan ekstensi .rahmancyber.net, bisa ikut menampilkan iklan sebagai monetisasi untuk websitenya ( Bagaimana cara bergabung agar website saya bisa menampilkan iklan dan mendapat penghasilan? maaf, ini terbatas dan saya tidak membukanya untuk umum )

Disini kita berusaha untuk memberikan konten yang kredibel dan tidak semata mata untuk mengejar traffic dan penghasilan, ( RahmanCyber lebih condong ke "Pengetahuan" )

Whatsapp Button works on Mobile Device only