2/18/2020

Daftar Backlink Berkualitas untuk Meningkatkan SEO Blog

RahmanCyber - Apa sih pentingnya Backlink untuk website kita? Apa sih itu Backlink? Kemana saja kita bisa menaruh Backlink? Oke sabar kawan, disini kita akan membahas lebih lanjut tentang BACKLINK... tentunya sebelum kalian semua sampai ke tahap berbagai situs yang biasa saya jadikan referensi buat backlink yang berkualitas.



Karena memang materinya kali ini agak berbobot, sehingga kita perlu konsentrasi ya, hmm tapi kalo kalian memang sudah master... silahkan langsung di skip ke KOLEKSI BACKLINK Berkualitas yang biasa digunakan RahmanCyber NET untuk menyundul popularitas situs kita... hehe, Salam Mastah!

Nah mari kita mengenal backlink terlebih dahulu...

Apa sih Backlink itu?


Sederhananya sih Backlink merupakan Link dari situs lain yang mengarah ke blog yang kita miliki, entah itu dari Situs Berkualitas maupun yang tidak Berkualitas, yang jelas intinya sih itu...

Tetapi kalo mau dijabarkan lagi, Backlink itu merupakan Link / Tautan yang mengarah ke website kita dan bisa dimanfaatkan sebagai salah satu parameter bagi situs mesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo maupun search engine lainnya untuk mengurutkan hasil pencarian.

Ya! Backlink ini menjadi salah satu parameter dari sekian banyak parameter di algoritmanya, dan sampai sekarang, ini juga masih menjadi salah satu parameter.


Sehingga memang Backlink selalu saja digunakan sebagai iming iming untuk menjual produk yang bernama SEO ( Search Engine Optimized ) ya istilahnya JASA SEO gitu lah. Setiap website kan pemiliknya punya impian agar website itu banyak pengunjung ea kan... nah maka dari itulah Teknik BACKLINK ini masuk dalam kamus wajib SEO.


Backlink yang kita ketahui nih sob, ada 2 tipe, yaitu Do Follow dan No Follow... Nah apa sih itu do follow dan no follow. Kita Bahas di Section selanjutnya


Apa itu Do Follow dan No Follow?


Sobat RahmanCyber Network yang budiman dimanapun kalian berada, di belahan dunia manapun ( mungkin kalian mentranslate artikel ini ) sebelum kita jauh menyelam lebih dalem… kita bahas dulu Do Follow dan No Follow.

Apa itu Pengertian Link Do Follow? 


Sampai saat ini tolok ukur link berkualitas masih terpacu pada berapa banyak halaman lain mereferensi situs web kamu, dan itulah backlink.

Contohnya aja Cara kerja dari Mesin Pencari Google yang menginginkan hasil pencariannya itu berkualitas sesuai dengan kata kunci yang diketikkan oleh si pencari informasi.

Untuk menentukan hal itu kalo kita ibaratkan jualan barang, pasti untuk memberitahu calon pembeli bahwa produk itu berkualitas atau tidak kan dari jumlah orang yang review khan...? nah Google pun juga sama, untuk menentukan hasil tersebut, jumlah link masuk merupakan faktor yang penting, dan itu biasa disebut sebagai SEO OFF-Page!

Berbagai link yang masuk seakan bekerja layaknya sebuah VOTE atau dukungan ya. Semakin banyak link masuk yang mengarah ke situs kamu, berarti itu merupakan sebuah indikasi bahwa situs web kamu itu berkualitas, Bagi Google dan mungkin beberapa search engine lainnya, VOTE dianggap sebagai POIN.

Para Penjual Jasa SEO biasa menyebut POIN LINK tersebut sabagai LINK Juice.
Dan ini lah makna sebenarnya dari Link DO Follow, link yang secara langsung memberikan dampak untuk halaman lainnya pada sistem perankingan suatu halaman berdasarkan kata kunci di mesin pencari macam google.

Perlu diketahui ya sob, Semua Link didalam postingan entah itu website maupun blog itu secara default adalah do follow, makannya banyak kan kontes SEO yang memanfaatkan hal ini untuk mendongkrak popularitas halaman web yang baru dibangunnya.
Kecuali kalau kalian memodifikasi halaman tersebut menjadi no follow dengan menyertakan attribut rel no follow.

Cara membuat Link Do Follow


<a href="https://rahmancyber.net/" rel="do follow"><b> RahmanCyber Situs berbagi Ilmu
</b> </a> tapi ini useless dan buang buang waktu.. wkwkwk, karena secara default Link itu Do Follow!

Keunggulan Link DoFollow 


Kalau kita membicarakan keunggulan Link dofollow ini, sebenarnya paparan tulisan saya diatas sudah cukup menjelaskan, tetapi ini sebagai penjelas aja ya.... Intinya Link DoFollow berperan untuk membantu meningkatkan reputasi website kita dalam perankingan di mesin pencarian. Terutama jika situs website kalian dijadikan referensi oleh situs situs yang memiliki DA dan PA yang besar seperti Wikipedia misalnya, wah pastinya bakal langsung meroket dan menyingkirkan banyak pesain tuh.

Kekurangan Link DoFollow


Dimana ada kelebihan, disitu ada kekurangan... ea khan, nah beberapa paparan yang saya jelaskan diatas adalah kelebihan yak, dan disini gw juga mau jabarkan nih kekurangannya, yaitu.... Link DoFollow juga memiliki potensi untuk menurunkan Ranking website kita. Jadi bisa juga kita dianggep sebagai SPAMMMMMMER!Jika ada website situs SPAM yang menaruh link kita secara otomatis dihalamannya dalam jumlah yang banyak.
Duh... mengerikan juga yah...

Makannya kita perlu selektif juga, selain kita perlu berperilaku seperti manusia / bukan robot dalam menaruh backlink, misalnya di kotak komentar, artinya apa....? ada perbedaan mendasar antara robot dan manusia! :D wah malah jadi pembahasan tentang kehidupan nih.. "Robot itu dia melakukan hal yang sama, misalnya ini dalam konteks berkomentar, maka jadinya gini...  dia buat satu template... lalu tinggal di kopas ke banyak situs, biasanya isinya semacam ini - Postingannya keren... Mampir Dong ke website Aku http://www.www.www - haha. Lain halnya dengan manusia... yang punya perasaan.. pasti bakal nyambung dengan apa yang sedang dibahas, misalnya meletakkan link juga bukan template.. hehe, artinya beda antar dia berkunjung di situs satu dengan situs lainnya... hehe -"



Apa sih Pengertian Link No Follow?


Berbeda dengan Do Follow, link nofollow ini tidak memberikan impact poin apapun dari mesin pencari, artinya mesin pencari macam google mengabaikan Link No Follow, ya jelas ya Namanya aja NoFollow... " Jangan Ikuti!" jadi memang itu artinya melarang mesin untuk mengcrawl link yang beratribut NoFollow.
Jadi Percuma dong bang Rahman, kita taruh link di Bagian Situs Web yang No Follow?
Ngggak! Tidak ada yang percuma, ya mungkin mesin bakal mengabaikan hal itu, tetapi pernahkah kalian berpikir jika itu orang atau manusia? ya kalo memang bermanfaat ya... mungkin itu bakal bisa mendatangkan pengunjung genks...

Cara membuat link No Follow seperti apa sih?


<a href="https://rahmancyber.net/" rel="no follow"><b> RahmanCyber Situs berbagi Ilmu</b> </a>

like that!

nah dengan demikian, google atau mesin pencari lain.. bakalan menghiraukan link tersebut. Itu...Jadi hampir tidak bermanfaat bagi SEO (SEO itu Optimasi buat Mesin alias Robot) tetapi bisa bermanfaat untuk memberi tau orang tentang website kamu.


Apa sih Keuntungan Link No Follow?


Sebenarnya ada fungsi terbesar NO Follow adalah mengurangi SPAM! ya kalian bisa liat diatas, jika do follow dirayapi oleh mesin pencari khan? bayangkan jika, tidak ada link No Follow? Wah pasti dunia maya bakalan banyak sekali Link yang tersebar secara membabi buta! hehe.
Sebenarnya dari mesin pencari juga sudah menerapkan Penalti Unnatural Outbound Link loh, apa sih itu kak Rahman? hekk... Panggil gw Kasts, karna ini yang nulis gw kasta, bukan rahman... hkhkhkhk
Penalti Unnatural Outbound Link itu muncul ketika si pemilik website dianggap dengan sengaja memberikan vote buat memanipulasi Ranking Halaman situs web tertentu.. Jadi perlu hati hati ya Gan.. Sis..

Maka dari itu Gunakanlah Link No Follow untuk :


1. Link Komentar ( Secara Defaultnya adalah No Follow, Jangan di Ubah! )
2. Link ke Konten yang kurang dapat dipercaya ( Jadi ketika kamu kasih link yang kamu belum tau siapa sebenarnya diaaaa... maka pakelah No Follow, biar gak jadi bonus backlink buat mereka )
3. Link Affiliasi ( Nah pasti sobat blogger pernah bermain ini yah... jadi gunakanlah no Follow, kan kamu nggak dibayar khusus khan...? kita juga tidak tau dia itu bakal lurus ato bengkok... hhkhkhkhkhkhkhkh )
4. Link Repiuw atau dari Sponsor ( Kecuali yang udah kontrak ama kamu yah, kan dibayar tuh... :D , dan inilah yang dimanfaatkan oleh penyelenggara kontes SEO untuk mendapat Link Back Link Back.... wkwkwkkw )
5. Link Download

Apakah itu sudah kau terapkan Kasta? masih dalam proses perbaikan… si Rahman Juga lagi berjuang untuk perbaikan link dan penataan Situs berbagi Ilmu ini… :D

Koleksi Backlink Berkualitas dengan DA dan PA tinggi!

Berikut ini merupakan beberapa koleksi Backlink yang biasa digunakan dari hasil riset selama ini, dan situs situs itu memiliki reputasi DA dan PA yang bias dibilang tinggi, sangat cocok untuk kita menaruh backlink... tentunya jangal asal nyepam ya... mainlah secara berkualitas!


YouTube - Domain Authority: 100

Atribut Link: Nofollow (digunakan untuk menyediakan tautan dofollow)
Untuk Mendapatkan Backlink: Buat channel kamu sendiri. Youtube adalah properti web Google, jadi memiliki tautan dari akun YouTube yang aktif dapat membantu situs kamu sering dikunjungi oleh perayap mesin pencari.

Facebook - Domain Authority: 100

Atribut Link: Nofollow
Untuk Mendapatkan Backlink: Buat Halaman Facebook untuk situs kamu, dan bangun komunitas yang kuat di sekitar halaman penggemar mu (Promosikan konten yang bermanfaat secara organik atau bahkan melalui saluran berbayar). Memiliki komunitas / halaman Facebook yang solid untuk mendukung inisiatif pemasaran digital merek, kamu dapat membantu mengarahkan lalu lintas sosial besar-besaran ke situs web mu (terutama jika dilakukan dengan benar).

Twitter - Domain Authority: 100

Atribut Link: Nofollow
Untuk Mendapatkan Backlink: Google telah menampilkan tweet (halaman yang lebih dalam dari Twitter) pada hasil pencarian mereka sejak 2015, yang berarti raksasa mesin pencari ini sering mengunjungi situs dalam hal perayapan dan pengindeksan. Mempromosikan halaman / konten situs kamu yang baru diterbitkan di platform sosial ini dapat membantu mempercepat indeksasi mereka (dan menghasilkan lalu lintas juga, begitu kamu membangun basis pengikut yang lebih kuat).

LinkedIn Pulse - Domain Authority: 100

Atribut Link: Nofollow
Untuk Mendapatkan Backlink: Tulis artikel baru di feed LinkedIn mu.

Medium - Domain Authority: 94

Atribut Link: Nofollow
Untuk Mendapatkan Backlink: Mendaftar untuk akun baru, lalu tulis cerita baru.

SlideShare - Domain Authority: 96

Atribut Link: NoFollow
Untuk Mendapatkan Backlink: Konversikan konten terbaik situs mu menjadi slide deck dan unggah ke Slideshare (tautan dalam presentasi dapat diklik). Dapat membantu kamu mendapatkan banyak paparan dari pengguna aktif komunitas mereka (dan lalu lintas juga).

Quora - Domain Authority: 90

Atribut Link: NoFollow
Untuk Mendapatkan Backlink: Temukan pertanyaan dari pengguna Quora yang dapat kamu berikan jawaban / solusi yang benar-benar berharga. Bertujuan untuk mendapatkan lebih banyak upvotes untuk jawaban kamu untuk mendapatkan lebih banyak klik pada link kamu.

Academia.edu - Domain Authority: 92

Atribut Link: NoFollow
Untuk Mendapatkan Backlink: Daftar akun Academia.edu, buat artikel yang sudah kamu berikan link dan upload ke academia.edu, kamu bisa membuat artikel dalam bentuk pdf, doc dan lainnya.

Scribd - Domain Authority: 93

Atribut Link: NoFollow
Untuk Mendapatkan Backlink: Daftar akun Scribd.com dan buat artikel yang sudah disisipi link dan upload ke situs scribd.com

SteemIt - Domain Authority: 74

Atribut Link: Nofollow
Untuk Mendapatkan Backlink: Buat akun (walaupun mungkin perlu 1-2 hari untuk mendapatkan akun kamu disetujui), kemudian mulai menulis.

CrunchBase - Domain Authority: 89

Atribut Link: Dofollow
Untuk Mendapatkan Backlink: Daftar untuk akun baru. Buat profil kamu sendiri (atau profil untuk bisnis / perusahaanmu).

About.me - Domain Authority: 91

Atribut Link: Dofollow
Untuk Mendapatkan Backlink: Mendaftar untuk akun baru, lalu buat profil pribadi kamu.

Reddit - Domain Authority: 99

Atribut Link: Dofollow (untuk posting yang memiliki suara tinggi)
Untuk Mendapatkan Backlink: Bergabunglah dan jadilah kontributor aktif pada subreddit yang terkait dengan bisnis kamu. Jangan Nyepam yah... ntar di titeni orang banyak loh… dan bahaya itu untuk branding kamu, Tulis dan bagikan konten yang bermanfaat yang akan beresonansi dengan baik dengan komunitas subreddit itu.

ProductHunt - Domain Authority: 82

Atribut Link: Dofollow (tetapi akun harus menjadi kontributor aktif untuk memiliki halaman profil yang dapat diindeks)
Untuk Mendapatkan Backlink: Daftar dan jadilah anggota aktif komunitas mereka (dengan secara konsisten mendukung dan mengomentari produk atau layanan yang kamu gunakan atau benar-benar tertarik).

Google My Business & Google Plus - Domain Authority: 100

Atribut Link: Dofollow
Untuk Mendapatkan Backlink: Dua properti web dari Google yang dapat membantu membuat situs kamu dirayapi dan diindeks ulang secara teratur. Google My Business juga dapat membantu meningkatkan visibilitas pencarian situs kamu ke pencarian lokal.






Ya mungkin referensiku baru segitu, kalo ada inspirasi lagi, mungkin kita tambahkan daftarnya, Kak Rahman, Apakah tidak masalah kita taruh link di website BULE? hm... sepertinya tidak masalah deh, tetapi kalo kamu tipe orang yang sangat mementingkan BRANDING... usahakan sesuai, akan lebih baik lagi kalua situs website mu memiliki 2 mode, yaitu mode Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.


Bagaimana mengetahui link do follow atau no follow?

Caranya kalian Tinggal buka Chrome, kemudian klik pada bagian More Tools, dan klik pada developer tools. Lalu kalian ketikkan anchor text yang menuju situs kalian pada kolom pencarian (CTRL+F) dan lihat apakan ada rel=”no follow” pada kode link. Jika tidak ada, otomatis link tersebut merupakan link do follow ( Ingat, secara default itu link yang ada di website adalah dofollow ).

Bang... kalo untuk web browser lainnya bang? Kalo untuk yang lainnya sebenere intinya sih sama... cari developer toolnya ada nggak...
Kalo nggak ada? Ya Sudah pakai Google Chrome aja ngapa... hkhkhkhkhkhkhkhk




Oke deh sekian dulu ya pembahasan tentang backlink yang panjang lebar dan detail ini, Silahkan berkomentar dengan Bijak. :D

Kalo mau nambahin koleksi Backlink berkualitas untuk referensi, silahkan tambahkan di kotak komentar.


Jaaaaaa....












Advertisement
Sobat, ditempat ini kita belajar bareng ya, saling berbagi ilmu di http://rahmancyber.net Apabila ada yang perlu di tambahkan atau ada kesalahan mohon di koreksi
Bagi yang menginginkan konten berupa video, bisa langsung kunjungi link Channel Youtube RahmanCyber NET
Matur Nuwun...

Sponsor Rahmancyber Network



Baca Juga

Post a Comment

Berilah Komentar di sini, Harap Jangan Nyepam ya...

RahmanCyber merupakan media referensi yang membahas berbagai topik seperti Info, Tutorial, Tips, Trik, Belajar Bersama... mengapa tidak satu Niche saja yang dibahas di RahmanCyber?
karena disini kita mengutamakan artikel yang kaya dalam satu tempat, sehingga pengetahuan yang di share ke pengguna dapat bervariasi, dan pengguna hanya perlu menuju kategori yang dia senangi atau butuhkan sahaja.
artikel di Rahman Cyber dibuat secara manual dengan bahasa yang kita usahakan ringan agar mudah dipahami pembaca. Salam RahmanCyber Network

Rahmancyber Network

...
Berikut ini merupakan Bagian dari Rahmancyber Network

Whatsapp Button works on Mobile Device only