2/21/2020

Tempat Strategis Mempromosikan Karya Musik secara Gratis

RahmanCyber NET -  Hello Minna San.... Kali ini kalian Bersama gw… Atkur Kastara di Pembahasan Tentang Musik ya... hmmm, jujur aja gw mulai seneng bermusik tuh sejak 2018 ya dan mulai deh buat beberapa musik dasar… ehehe, yup, semuanya perlu dimulai dari dasar khan???? hehe, Ya Jujur aja memang aku suka buat rangkaian alunan nada, tetapi… disini gw punya prinsip gan dalam membuat music, jadi gw hanya mau buat music sesuai dengan naluri gw atau yang gw sukai…

Seperti halnya gini… "Musik itu bisa baik jika memberikan energi Positif" yah, Gw sangat suka dengan LAGU yang mempunyai LIRIK LAGU yang POSITIF, misalnya J-ROCK, Lirik yang berjudul "Meraih Mimpi!"

mari berlari meraih mimpi
menggapai langit yang tinggi
jalani hari dengan berani
tegaskan suara hati
kuatkan diri dan janganlah kau ragu
tak kan ada yang hentikan langkahmu

Nah itu petikan liriknya ya... coba baca, enak kan, dan membuat kita tidak mudah menyerah...

Atau lagu D Masiv, yang berjudul "Jangan Menyerah"

Tak ada manusia
Yang terlahir sempurna
Jangan kau sesali
Segala yang telah terjadi
Kita pasti pernah
Dapatkan cobaan yang berat
Seakan hidup ini
Tak ada artinya lagi
Reff 1:
Syukuri apa yang ada
Hidup adalah anugerah
Tetap jalani hidup ini
Melakukan yang terbaik
Tak ada manusia
Yang terlahir sempurna
Jangan kau sesali
Segala yang telah terjadi

Nah petikan itu mengingatkan bagi yang hampir menyerah, mungkin karena cercaan… atau bullyan untuk tidak menyerah! karena "tak ada manusia yang terlahir sempurna"

Jujur gw sangat menghargai musisi yang menciptakan lagu dengan lirik positif, atau musisi yang konsisten membuat music yang POSITIF, biasanya bertemakan religi kawan… itu bagus.

Dan kalo itu karya lagu, lirik itu sangatlah berperan gan… apakah itu mengajak ke hal positif… atau malah ber efek negative... "Emang sih agak susah pemahaman tentang hal ini, gw pun juga dulunya maju mundur mau berkarya di dunia music.... padahal gw suka, tetapi mungkin prinsip itulah" - tapi gw masih bertanya tanya juga dah apakah ini benar.. apakah salah?

Dan itu sih tolok ukur prinsipku dalam bermusik… jadi mumpung gw masih amatir, gw perlu selektif  :D

Terserah orang mau omong apaan… yang jelas itu prinsip gw "Berkarya itu bebas! yup memang bebas, tetapi bagi gw ada Batasan dimana gw tidak harus kesana, sesuai dengan kata hati gw sendiri gitu lah, kalo memang gak nyaman… ya gw gak mau… walau mungkin bayarannya tinggi"

Jadi gitu ya... gw punya prinsip sendiri dalam bermusik… dan Gw gak mau tanggungan kedepannya… ok!

hehe,  mengikuti tren pasar merupakan sesuatu yang menjual dan cepat dikenal, tetapi memang prinsip gw "Ngapain terkenal kalo gw harus kerja 2x" jadi gw emang buat yang sesuai dengan kata hati aja dah... kalo nyaman ya gw buat dan publikasikan, sesuai dengan style gw sendiri.

Biasanya musisi kayak gw gini bakalan lama terkenal, hehe, karena memang gw asik di dunia gw sendiri….... hkhkhkhkhk

Nah kembali lagi ke Pembahasan ya friend... Tidak mudah memang dalam membuat music, jika kita blum paham alurnya dari DASAR! yup, kita akan bahas sedikit ya.

Apa sih itu Paham Musik dari Dasar???


Didalam dunia music yang gw pelajari emang semua dari dasar untuk membuat rangkaian nada yang lebih luwes, artinya nggak berhenti ditengah jalan karna kurang inspirasi gitu ya... hihi

Menurutku Membuat Musik, silahkan kalian awali dari yang namanya PIANO! Not Nada Do-Re-Mi-Fa-So-La-Si-Do merupakan dasar dari rangkaian nada yang menakjubkan… kalo orang orang bilang sih ntar itu yang dinamakan MELODY! Yup itulah melody.... Do-Re-Mi-Fa-So-La-Si-Do kalo kalian ubah menjadi angka, jadinya 1-2-3-4-5-6-7-1. , kita tau kan ada banyak sekali Alat Music, tetapi semua itu kebanyakan memiliki melodi do re mi fa so la si do...

Jadi jika kamu pengen mulai bermusik, pelajarilah ini… ( kecuali jika drum ya.. itu beda lagi… entahlah itu… gw kurang paham, yg gw tau ya cuman KICK, HAT, SNARE dan satunya lagi apa lupa... hahaha )

Nah kalo di Software FL STUDIO, disitu ada yang namanya PIANO ROLL... itulah dasar dari Musik sebenarnya. Tapi ingat ya, ada yang namanya SCALE. Jadi Melodi itu sebenarnya sesuatu yang di Ulang Ulang secara Teratur….

Artinya gini... Cobalah lihat gambar ini

not piano


Itu diatas merupakan gambar Piano... kalian lihat polanya… yang item itu loh 2 - 3 - 2 - 3 - 2 - 3 | Jadi di sela item 2 - 3 biasa dipanggil KRES atau simbolnya #, Jumlahnya ada 7 termasuk yang putih… 
DO- RE- MI- FA- SO- LA- SI- DO = C - D - E - F - G - A - B - C^ => Berarti itu kuncinya C

ah.. pusing kan, emang susah kalo dijelasin ama kata kata mah, coba aja cari di YouTube, banyak kok yang Upload Pembelajaran tentang itu.

Atau langsung aja ke SUHUNYA... hehe, disini gw juga masih belajar kok… makannya emang perlu GURU, dan aku dulu sempat belajar disini



Materinya komplit kayak kita les Musik.. bedanya sih, ini gratis... Matur Suwun dah buat mas IWOT … Ijin embed di Website RahmanCyber NET.



Seni Emosional dalam Bermusik / Menjiwai


Gw pernah terinspirasi dari serial anime, namanya "BAKUMAN" disitu dikisahkan Moritaka dan Takagi yang memiliki mimpi serialisasi manga di usia 18 Tahun, dalam perjalanannya ia dijumkakan dengan seorang mangaka muda yang hanya terpaut 1 tahun diatas mereka, tetapi karirnya sudah diakui sebagai mangaka jenius…. Niizuma Eiji, dan ternyata dia bisa mengerjakan  comic manga dengan cepat… bahkan name dan desain karakter ia buat sendiri… "apa itu name?" name itu semacam storyboard yang menjelaskan gambaran cerita sebuah manga...


Niizuma Eiji si Jenius!


Alasannya kenapa bias begitu adalah, si Niizuma Eiji itu masuk di dunia manga tersebut, artinya dia mengabaikan semua hal tentang hasil, berapa bayaran atau komentar netijen… hehe dan dia focus pada dunianya! membuat manga.. dia sangat menyukai dan benar benar masuk ke cerita yang ia buat.

Independen atau Viral?


BTW itu manga ya... bukan musik, tetapi sebenarnya sama aja sih menurutku, untuk membuat music yang beautiful dan wonderful itu akan sulit jika yang dipikaran kita hasil, bagaimana komentar netijen, berapa yang akan kita dapatkan… bakalan susah dan ujung ujungnya… Kita ngikut TREN aja dah... hohoho, astaga… tren lagi… tren lagi… viral lagi… viral lagi...
Kalo gw sih lebih milih Independent... Jauh lebih menyenangkan daripada mengikuti viral! Lah lalu kalo karyamu VIRAL gimana? kan mereka yang mengikuti... bukan gw.

Dan beberapa petikan diatas sebenarnya nyata bro, itu dialami juga di semua bidang, jika kita usaha di bidang apapun, dan kita menikmati itu… kita masuk di dunia itu, maka kita akan dengan mudah berinovasi dan membuat karya!

Itulah yang dinamakan Seni Emosional!

hkhkhkhkhkhk...



Tempat Strategis Mempromosikan Karya Musik secara Gratis


Nah, disini mungkin yang gw bahas kebanyakan yang gratis ya... pasti section inilah yang banyak di tunggu tunggu kalian sebagai pembaca… hehe, terlalu banyak basa basi diatas.. hkhkhkhkhkhk

Oke, ada beberapa tempat untuk mempromosikan, eh lebih tepatnya mempublikasikan karya music kita, sehingga, karya music kita menjadi lebih mudah dikenal… dan kita juga bakalan tau tanggepan para penonton.

bermusik


Dengan tanggepan itu kita bias berbenah, Yup Mulailah, jangan tunggu… karena biarpun karyamu masih terlihat jelek, itukan gak masalah ya, karena kamu itungannya masih memulai, beda kalo sudah banyak FANS! kamu perlu mempertimbangkan kualitas.

Sebelum itu terjadi, buatlah karya dengan bebas… kalo kita rasa sudah bai, tinggal upload aja, dan konsisten, ntar kita bias sortir mana yang mendapat banyak dukungan penonton dan mana yang tidak, tenang aja… "Disini kalo masih amatir, masih dimaklumi" daripada kamu tidak pernah mempublikasikan karyamu, dan padahal karyamu sebenarnya bagus, kamu hanya simpen di hardisk aja… hkhkkhkhkhkhk  ya GAK ADA yang tau.. mungkin Produser yang sebenarnya berpotensi melirik karyamu, jadi melirik karya orang lain...

Maka Manfaatkan hal ini, terlebih dek… jika kalian memang masih belajar, nggak ada kok yang bakal mencela Pemula kecuali emang orang yang GGWP.

"Mohon dibedakan ya sama yang udah Pro dan Punya banyak Fans! Kualitas itu penting…! karena karyanya sudah mulai dinanti nanti… tidak mau kan mengecewakan FANS..."

Oh itu, rentetan karya yang kamu publikasikan itu bisa jadi sebagai track record loh… alias cerita perjalananmu bermusik… YOSH! jadi jangan ragu dah... 


Oke deh, beberapa tempat ini yang sudah aku coba ya, dan GRATIS... Dimanakah Tempat Strategis Mempromosikan Karya Musik secara Gratis? Oke deh mari kita jabarkan!

YouTube!


Wah wah… ternyata YouTube bias jadi Tempat untuk mempublikasikan karya music kita ya... menakjubkan! Iya dong, disana kita tidak harus bayar sewa khan? dan kita bisa memposting karya kita disitu, Nggak usah diperdulikan ntar bakalan banyak viewer atau tidak, yang penting NIATnya adalah mempublikasikan karya music.

Dan disini, gw udah mengawalinya! Ini adalah YouTube Musik Gw = > YouTube Atkur Kastara


Dan itu merupakan karya yang paling baru yang gw buat pas artikel ini gw buat…  Ya masih seperti itu sih perkembangannya.. Tapi, GANBATTE buat diri gw sendiri :D


Facebook!


Wah Facebook juga... ea dong, tapi FanPage ya, kamu bisa buat halaman facebook khusus untuk music kamu! Misalnya disini gw buat https://www.facebook.com/atkurkastaramusic | Atkur Kastara Music, dan itu hanya focus untuk mempublikasikan karya Musik saja.



Masih Sepi ya... 18 Follower... hkhkhkhk, itu tandanya gw belum professional... Masih Amatir! Nah kalo ada master yang mampir di artikel ini, mungkin gw akan tersipu malu… :D , maafkan gw master...


Reverbnation!!!!


ReverbNation.com ini merupakan situs web wadah gan.. artinya ini adalah tempat orang orang entah itu amatir sekalipun mempublikasikan music mereka secara independen, diluncurkan pada tahun 2006, yang berfokus pada industri musik independen. Hal ini bertujuan untuk menyediakan sebuah situs pusat untuk musisi, produser, dan tempat-tempat untuk berkolaborasi dan berkomunikasi.

Dan gw juga udah buat disitu sejak 2019 kalo gak salah deh… Ini ya alamatnya


reverbnation - atkurkastara
Atkurkastara - Reverbnation


dan Reverbnation sendiri juga biasa dikolaborasikan dengan Facebook FanPage Musik kamu tadi… dan benarkan gan, jadi sebelum gw post disini, gw udah coba dulu ya, jadi udah gw pilihin dari sekian banyak situs yang tersebut… dan kalo ada referensi lagi, gw updatenya disini… maksudnya di halaman situs RahmanCyber.NET ini. 

Jadi Jangan Ragu untuk Publikasikan Karyamu sekarang Kawan… jangan nunggu nanti nanti… ntar basi - Quote by Atkur Kastara



SoundCloud!


SoundCloud ini sebuah platform distribusi suara / music secara online yang memungkinkan kolaborasi, promosi, dan distribusi dari rekaman suara ada versi gratis dan berbayar… untuk versi gratisnya dibatasi kapasitas penyimpanan. Tetapi ini juga bisa kalian gunakan untuk mempublikasikan karya music kalian...


soundcloud-atkurkastara
soundcloud-atkurkastara


dan tentu gw juga udah buat ya sebelum menyematkan disini, dan gw buat ini udah lama, tetapi dulu gw buat dengerin karya orang doang, jadi jujur agak kurang aktif disini.. dan kalian liat followernya cuman 2 biji doang… hehe. Ada 2 kemungkinan " gw kurang optimasi kata kunci dan judul atau emang karya itu buruk… hehe dan membosankan… :D "




BandCamp!


Bandcamp ini merupakan perusahaan musik online Amerika yang didirikan pada 2008 oleh mantan pendiri Oddpost, Ethan Diamond, dan pemrogram Shawn Grunberger, Joe Holt dan Neal Tucker, yang berkantor pusat di Oakland, California.

Disini gw jga udah buat, nah tetapi nih kawan, ada yang beda ya, jadi menurutku bandcamp itu lebih ekslusive, atau lebih berkelas ya kawan, artinya, kamu upload karya musik yang menurut kamuu paliung bagus aja, kenapa? karena sebenarnya bandcamp ini kamu bisa jualan musik loh...

Makannya yang kesitu biasanya mereka agak mementingkan kualitas ya, gw aja hanya beberapa yang gw upload disitu, dan menurutku itu masih..gimana ya, masih jauh dari bagus... hehe, jadi agak pilih pilih karya dulu ya sebelum upload...

Ini merupakan Alamat BandCamp gw, dan gw udah buat juga ya...

bandcamp-atkurkastara
Atkurkastara - bandcamp



Kamu bisa KEPO disitu, baru 3 musik yang gw upload, sebenere masih ragu sih, buktinya juga masih sepi sepi aja, padahal... gw gratisi loh... hkhkhkhk




Kesimpulan


Manfaatkanlah Ruang yang ada untuk mempublikasikan karya mu, Ingat…! kalo karya tidak pernah di publikasikan… mana ada yang tau.... kecuali jika kau terkenal nanti… mungkin … hiiii.. banyak orang yang mencari tau :D

Dan disini saranku buat temen temen , beberapa tempat diatas hanyalah sarana.. untuk menyalurkan hobi bermusik… apapun itu  jadi AGEN musik POSITIF! itu menyenangkan ya... karena enak kok.. kita masih bisa berkarya, tetapi musik kita itu memberi energi positif… dan jauh lebih enjoy bagi gw. Jadi seperti itu ya temen temen…

Oh iya kalo kalian Hobi Nasyid… atau membuat musik islami acapella, tempat diatas bisa dimanfaatkan untuk mempublikasikan karya kalian... biar bisa didengar oleh banyak orang... dulu gw juga sempet ikut nasyid tapi nggak lanjut pas SMK... hehe



Oke, sementara itu beberapa sumber yang sudah gw praktekkan, dan kalo kalian udah buat, silahkan ceritakan di kotak komentar... sejak kapan kalian buat akun tersebut... :D
Oke Sampai Jumpa lagi bersama gw Atkur Kastara! dan ini berbagi pengalaman ya.. dan gw bukan sedang promosi... :D


Seperti biasa jika ada kesalahan mohon di koreksi, dibenarkan, dan dimaafkan... 



Jaaaaaaa.....










Advertisement
Sobat, ditempat ini kita belajar bareng ya, saling berbagi ilmu di http://rahmancyber.net Apabila ada yang perlu di tambahkan atau ada kesalahan mohon di koreksi
Bagi yang menginginkan konten berupa video, bisa langsung kunjungi link Channel Youtube RahmanCyber NET
Matur Nuwun...

Sponsor Rahmancyber Network



Baca Juga

Post a Comment

Berilah Komentar di sini, Harap Jangan Nyepam ya...

RahmanCyber merupakan media referensi yang membahas berbagai topik seperti Info, Tutorial, Tips, Trik, Belajar Bersama... mengapa tidak satu Niche saja yang dibahas di RahmanCyber?
karena disini kita mengutamakan artikel yang kaya dalam satu tempat, sehingga pengetahuan yang di share ke pengguna dapat bervariasi, dan pengguna hanya perlu menuju kategori yang dia senangi atau butuhkan sahaja.
artikel di Rahman Cyber dibuat secara manual dengan bahasa yang kita usahakan ringan agar mudah dipahami pembaca. Salam RahmanCyber Network

Rahmancyber Network

...
Berikut ini merupakan Bagian dari Rahmancyber Network

Whatsapp Button works on Mobile Device only