5/20/2021

Sejarah Media Sosial Facebook beserta Panduan Penggunaannya Supaya Aman!

Facebook yang berkantor pusat di Menlo Park, California, Amerika Serikat merupakan Media Sosial atau biasa dikenal situs Jejaring Sosial yang didirikan oleh Mark Zuckerberg, Dustin Moskovitz ( Programmer ), Andrew McCollum ( Seniman Grafis ), Chris R. Hughes  ( Pengusaha ) dan Eduardo Saverin (Pebisnis). 

 

 

Saat ini Facebook,Inc sendiri memiliki beberapa anak perusahaan lain seperti Oculus, LiveRail, PrivateCore, Hot Studio Inc., Facebook Ireland Limited, Whatsapp, Onavo, Stadion LLC, KUSU PTE., Sidecat LLC, dan masih banyak lagi lainnya.

 


Sebagai perusahaan teknologi yang didirikan 4 Februari 2004; 17 tahun lalu,ternyata sebelumnya tidak langsung serta merta memiliki nama Facebook.com. Karena sebelumnya Mark Zuckerberg menciptakan Facemash, pendahulu Facebook, tepatnya 28 Oktober 2003, Saat ia berada di tahun kedua sebagai mahasiswa di Hardvard University.

 

 

Walaupun untuk menyelesaikan Facemash, ia menembus keamanan sistem jaringan komputer Harvard yang dilindungi dan menyalin gambar-gambar ID pribadi asrama ( Harvard pada waktu itu tidak memiliki "buku wajah" ) Mark pun dihukum akibat melanggar hak cipta, dan melanggar privasi individu, serta terancam dikeluarkan. Tetapi pada akhirnya, hukuman tersebut dibatalkan - Merujuk pada artikel di Wikipedia yang diakses 9:12 / 20/05/2021

 


Selanjutnya, Mark mulai menulis kode untuk situs web baru pada Januari 2004. Ia terinspirasi editorial The Harvard Crimson tentang insiden Facemash yang terjadi pada Pada 4 Februari 2004, dan akhirnya Zuckerberg meluncurkan The Facebook dengan situs web TheFacebook.com.

 

 

Lalu, bagaimana asal usulnya kenapa kok awalnya TheFacebook (TheFacebook.com), berubah menjadi Facebook (Facebook.com) dan The nya dihilangkan?

 

 

Jadi, Setelah situs The Facebook, facebook memperluas jangkauannya ke  Stanford, Columbia, dan Yale. Situs tersebut pun kemudian dibuka di sekolah ivy League lain, Universitas Boston, Universitas New York, MIT dan secara perlahan ke beebrapa universitas lain di Kanada dan Amerika Serikat. Nah pada musim Panas tahun 2004 Facebook diInkorporasikan, sedangkan Sean Parker, seorang pengusaha yang sering ngasih nasehat kepada Mark, diangkat menjadi Presiden Perusahaan.



Juli 2004, Pusat Operasi Facebook berpindah ke Palo Alto, California dan Menerima Investasi Pertamannya dari pendiri pendamping Paypal yang bernama Peter Thiel.

 

 

Sejak itu, Facebook yang diInkorporasi pun menghapus The dari namanya, setelah membeli domain facebook.com pada tahun 2005 dengan nilai yang lumayan fantastis dari informasi yang saya dapatkan, yaitu $200.000.

 

 

Anda bisa mendapatkan informasi berharga lainnya disini

 


Cara Membuat Akun Baru Facebook



Ada syarat yang menarik ketika anda membuat akun facebook, yaitu Usia anda harus diatas 13 Tahun ( Baca Peraturan dan Ketentuan Penggunaan Facebook ) . Jadi jika anda memiliki anak dengan umur dibawah itu, maka anak anda seharusnya tidak diperbolehkan memiliki akun facebook. Anda bisa mengetahui di link perujuk diatas, kenapa dan bagaimana awal peraturan tersebut ada.

 

Kenapa kok sebagian besar anak kecil bisa memiliki akun facabook? karena sebagian besar mereka menipu, mereka asal memasukkan tanggal lahir, karena memang tidak ada sistem verifikasi khusus yang dapat membatasi hal itu agar tidak terjadi.



Bahayakah anak kecil memiliki akun facebook? Kita tidak pernah bisa menjamin, anak tersebut sudah dapat membedakan mana yang baik dan buruk, atau dia hanya ikut ikutan saja, tentu tak bisa.. karena kadang memang ada anak kecil dengan pemikiran dewasa.. ia bisa menyaring informasi, dan tidak ngekor Influencer... artinya ia memiliki prinsipnya... tidak asal follow follow, Influencer ngomong A, ia ikut A, Influencer ngomong B, ia ikut B...

 

maka dari itu sebagai bentuk tindakan aman, seharusnya hal itu ditaati.. :)


Ingat, orang dewasa yang berumurpun juga masih ada loh yang gak bisa membedakan mana yang baik dan buruk.. atau hanya bisanya ikut ikutan aja.. seperti anak kecil bukan..? tetapi ia udah dewasa, ia bertanggung jawab terhadap kehidupannya.. karena tentu dampaknya akan langsung menimpanya..  :)


beda dengan anak kecil yang masih menjadi "Tanggungan" orang tua. 

 

Intinya gitu... di era globalisasi ini, kita harus menyaring informasi yang berlimpah ruah disekitar kita.. semakin banyak informasi, filter kita harus lebih canggih dong.. karena kita lah menjadi panutan anak anak kecil yang menjadi generasi penerus setelah kita..


Ketika seseorang telah memiliki filter, maka.. ia takkan goyah langkahnya.. karena tak bisa dipungkiri lagi didunia ini hanya ada 2 pilihan... tidak ada pilihan "Setengah" tinggal kita lebih condong kemana...


Coba kalian liat semuanya itu hanya ada 2 Pilihan.. yang saling berlawanan.. ( Kiri Kanan, Atas Bawah, Depan Belakang, Ya atau Tidak, Bersih atau Kotor.. kita bisa mempelajarinya dalam pelajaran antonim.. )


Jika anda sudah siap, dan umur anda sudah mencapai batas yang diperbolehkan.. yuks langsung aja..




1. Silahkan buka Facebook.com

 

Buka Facebook
Halaman Login Facebook | Gambar disiapkan oleh F.N.A-RED | RahmanCyber.NET

 

 

Maka anda akan langsung dihadapkan pada halaman Login, biasanya ekstensinya akan langsung berubah menjadi https://web.facebook.com ( Anda perlu mencermati hal ini, karena untuk mengantisipasi jika ternyata web yang anda buka itu Phising, saya sudah buat artikel, bagaimana mengantisipasi phising yang merupakan tindakan hacking ) , silahkan jika sudah dipastikan bahwa itu adalah benar benar facebook.com, maka langsung aja tekan tombol "Buat Akun Baru"

 

 

2. Setelah itu, anda disuruh mengisi formulir yang berisikan : Nama Depan, Nama Belakang, Nomor Seluler / Email ( Pilih salah satu, lebih enak pakai email kalo menurut saya, kalo nomor terlalu ribet jika ternyata nomor telpon kita hangus karena kelewat masa aktif... "Hari Gini masih ada sistem perpanjang masa aktif dengan isi pulsa- Maaf...Tidak layak jadi Verifikasi Utama.. menurut saya" ),  Kata Sandi Baru, Tanggal Lahir ( Pastikan di Isi dengan benar dan dihitung 13 tahun kalo tidak ingin Gagal registrasi dan Email / No Seluler di Lock.. hehe ), Jenis Kelamin ( Saya sarankan anda memilih Perempuan atau Laki - laki, karena opsi yang ketiga... saya tidak paham.. )

 

formulir daftar facebook
Formulir Pendaftaran Facebook | Gambar disiapkan oleh F.N.A-RED | RahmanCyber.NET

 

 


3. Jika sudah terisi form-nya, silahkan klik tombol "Daftar"

 

4. Setelah itu, untuk sekarang akan muncul "Kami perlu lebih banyak Informasi" jadi ada langkah selanjutnya yang berupa konfirmasi.

 

INFORMASI TAMBAHAN PENDAFTARAN AKUN FACEBOOK

 

 

 

Ikuti instruksi yang ada, setelah itu ketika meminta kode, silahkan cek email, dan masukkan kode digit yang dikirimkan facebook.

 

Email berisi Kode 6 Digit Verifikasi Facebook

 

 

 

Silahkan di ketikkan atau di copy paste ke form kode digit, kalau sudah silahkan tekan tombol selanjutnya untuk melanjutkan.

 

 

Form memasukkan Kode digit konfirmasi akun facebook

 

 

Tekan tombol "Perbaharui Kontak" jika anda ingin ganti email / no hp )

 

5. Jika berhasil, maka akun anda akan aktif, dan anda bisa menggunakan facebook...



Tetapi jika tidak bisa, atau muncul peringatan bahwa akun anda melanggar ketentuan komunitas facebook , Anda bisa membaca pedoman komunitas facebook.

 

Yup, sekarang itu memang sedang ditingkatkan perihal standard komunitas, terutama untuk mengurangi tindakan yang tidak di inginkan dan menjaga keaslian.. Apakah ini akan berlanjut kearah penghapusan akun akun palsu? saya kurang tahu juga.. atau ini upaya untuk menghalangi pembuatan akun palsu? saya kurang tau juga..

 

Yang jelas, saya merasakan perbedaan yang lumayan nih dari Facebook jaman dahulu kala.. Artinya lebih baik...

 

 




Permasalahan Pembuatan Akun Facebook Baru

 

 

Namun... kenapa saya tidak bisa mendaftar akun facebook? - ini terbesit di pikiran saya...


Jadi saya mencoba mendaftar akun baru ketika buat artikel ini.. :) sembari melihat perbedaan, karena ya, kan buat panduan, jadi perlu update juga kan.. karena kadang ada perubahan..


Ternyata setelah melewati tahapan nomor 5 diatas, muncul peringatan bahwa akun saya melanggar ketentuan komunitas..?


Apa yang salah? disini saya sih berpikiran.. "apakah karena dianggap tidak asli?"


Yap.. setelah saya pikir pikir, sepertinya alamat email ini pernah saya daftarkan sebelumnya dengan tahun yang belum saya ubah, alias 2021... kemungkinan akun di kira tidak asli...

 


"Masih samar juga sih.. saya sendiri lupa"


Jadi perlu berhati hati juga


Lalu langkah yang diambil adalah, meminta peninjauan..

 

 

Akun di nonaktifkan

 

 

1. Tekan tombol "Minta Peninjauan" pada peringatan yang muncul

 

 

Form memasukkan nomor telp facebook

 

 

2. Setelah itu, kita disuruh memasukkan nomor telp untuk memastikan Nomor Milik kita, kalo udah anda isi, silahkan klik tombol "Kirim Kode" maka tak lama kode akan dikirim ke nomor ponsel anda, pastikan ponsel anda mendapatkan sinyal selular, jika tidak, maka pesan tidak bisa sampai..

 

3. Silahkan tunggu kode "6 digit" yang dikirimkan ke nomor Hape yang anda masukkan, kalo sudah.. silahkan masukkan kode tersebut ke form yang tersedia..

 

 

Masukkan kode verifikasi 6 digit dari ponsel yang dikirimkan facebook

 

 

4. Setelah anda memasukkan kode yang dikirimkan ke no hape yang anda masukkan tadi, maka langkah selanjutnya adalah anda tekan tombol "Selanjutnya" 

 

5. Dalam kasus yang saya alami ini, akhirnya Facebook mengeluarkan permintaan maaf.. hehe, jadi disitu tertulis 

 

Peninjauan Facebook Otomatis berhasil

 

 

"Anda bisa menggunakan facebook lagi, karena menurut kami akun anda dan aktivasinya telah mengikuti standar komunitas kami, kami mohon maaf atas ketidaknyamanannya"


Nah, disitu tertulis Proses Aktivasi.. berarti kalau memakai "Alamat Email" untuk daftar facebook rentan ditolak? saya tidak bisa memastikan... yang jelas itu adalah proses yang saya lakukan.. 


Dan saya sadar jika peninjauan tersebut otomatis.. hehe, karena cepet banget.. biasanya kalau peninjauan manual, butuh waktu 1x24 jam.. wkwkwk


Kalau ada penolakan, anda bisa melanjutkan ketahap yang saya bagikan diatas, dengan menggunakan "Peninjauan" yang pada akhirnya kita memasukkan nomor hp.



Sekarang Proses Pendaftaran Selsai ya,... Panduan Pendaftaran Akun Facebook Terbaru sampai sini...





Cara Agar Terhindar dari Teknik Hacking ( Phising )



cara mengamankan akun facebook



Ini sudah pernah saya bahas sebelumnya, dan saya juga sudah menautkannya diatas, cara agar kita terhindar dari Phising, apa itu Phising, Bagaimana cara menghindarinya, Seperti apa contoh phising sudah saya bahas di Suatu jawaban yang ada di QueSearch, ini linknya,,

 

 

Bagaimana Mengamankan Akun Facebook

 

 

Saya juga sudah membahas lebih detail perihal Panduan Mengamankan Akun Facebook, terlebih dari orang yang tidak bertanggung jawab.

 

Beberapa langkah langkah pengamanan, lapisan keamanan facebook, pengaturan privacy, seputar tagging, dan beberapa permasalahan perihal keamanan, yang setidaknya bisa membantu lebih aman, bukan menjamin aman 100% karena perlu diingat bahwa sistem informasi tidak ada yang bisa menjamin aman 100%, karena kita tak pernah tau jika masih ada celah disitu..


Tetapi setidaknya Panduan itu membantu agar akun anda menjadi lebih aman, terlebih untuk berinteraksi sosial di situs jejaring Facebook tersebut.. Berikut ini Link Panduan Keamanan Facebook, untuk Akun Personal




Cara Menghapus Postingan Facebook yang sudah Lama Sekaligus

 

Saya sudah bahas dalam sebuah jawaban di Quesearch, dan disitu saya menjelaskan bagaimana cara untuk menghapus Postingan Facebook masa lampau, kebetulan saya terinspirasi oleh seseorang yang kemarin Inbox di Fanpage RahmanCyber.NET di Facebook dan menanyakan bagaimana cara menghapus postingan facebook sekaligus...

 

Saya buatlah jawaban detailnya di Quesearch, siapa tahu ada dari teman teman lainnya yang memiliki permasalahan yang sama seputar cara menghapus postingan facebook sekaligus dan pengenalan perihal fitur filter terbaru dari facebook yang mempermudah dalam penyortiran postingan, berdasarkan tanggal, maupun privasi yang dibuat.. 


Berikut Ini jawaban Bagaimana Cara Menghapus Postingan  Facebook Sekaligus



 

 


Kesimpulan



Halaman ini, masih ada kemungkinan untuk DI-UPDATE/DISEMPURNAKAN... jadi Bookmark aja gan.. :)


Dari pembahasan yang saya tulis diatas menghasilkan sebuah kesimpulan, bahwa ber-jejaring sosial itu perlu kewaspadaan dan kehati-hatian, karena jika kita berhadapan dengan internet.. kita berhadapan juga dengan jejak digital..


Ingat, ini baru jejak digital ya gan...  masih ada jejak yang lebih Dahsyat lagi... dimana "Apa yang kita lakukan, apa yang kita sembunyikan... semuanya diketahui... Tak ada yang bisa kita sembunyikan dari-NYA" 

 

Anda tau Apa dan Siapa itu?

 

 


Terima Kasih udah berkunjung... Jangan lupa Bookmark RahmanCyber.NET | Media Referensi





F.N.A-RED










Advertisement
Sobat, ditempat ini kita belajar bareng ya, saling berbagi ilmu di https://www.rahmancyber.net Apabila ada yang perlu di tambahkan atau ada kesalahan mohon di koreksi
Bagi yang menginginkan konten berupa video, bisa langsung kunjungi link https://www.youtube.com/rahmancyber
Matur Nuwun...

Sponsor Rahmancyber Network



Baca Juga

Posting Komentar

Follow by Email



Semenjak saya F.N.A-RED mendirikan RahmanCyber ini tahun 2008, saya mendedikasikan situs ini untuk memberikan edukasi dan artikel pengetahuan secara GRATIS, sobat tidak dibebankan Biaya langganan maupun Pembelian Hak Akses untuk dapat menikmati Artikel yang kami sediakan di RahmanCyber. Saya juga tidak berniat menjadikan RahmanCyber untuk model langganan dengan membayar Hak Akses. Semua Pemasukan untuk Mendukung Pemeliharaan Situs dari Iklan dan link affiliasi yang kami tanam di beberapa artikel ( Kami tidak menutupi hal ini, agar semua jelas tidak ada yang disembunyikan dan tidak manipulatif )
Ya, kita punya channel Youtube, tetapi fungsinya memang untuk mendukung penyampaian materi di Blog, sehingga memang untuk kontennya Campuran dan tidak berdasarkan Nice. Tekan aja gambar dibawah ini untuk melakukan subscribe ke channel kita
Image
Jika kalian tertarik untuk bergabung dalam jurnal perjalanan kita, silahkan...
Ada 2 tipe website yang ber ekstensi RahmanCyber.NET,

1. Website Bagian yang merupakan layanan kita untuk fokus materi tertentu maupun berupa produk terpisah yang berbeda untuk konsep dari Website Induk RahmanCyber.NET, tetapi selama ber ekstensi .rahmancyber.net, itu adalah Website Resmi dari kita. Informasi ini juga tercantum dalam Fanpage RAHMANCYBER di Facebook yang linknya tertaut di website utama ini, sehingga hal ini untuk meminimalisir adanya penipuan dari pihak yang tidak bertanggung jawab
2. Website Rekanan yang dikelola oleh Kontributor, sehingga kadang memiliki nama personal, yang bertujuan untuk menampilkan Iklan di web, sehingga dengan menggunakan ekstensi .rahmancyber.net, bisa ikut menampilkan iklan sebagai monetisasi untuk websitenya ( Bagaimana cara bergabung agar website saya bisa menampilkan iklan dan mendapat penghasilan? maaf, ini terbatas dan saya tidak membukanya untuk umum )

Disini kita berusaha untuk memberikan konten yang kredibel dan tidak semata mata untuk mengejar traffic dan penghasilan, ( RahmanCyber lebih condong ke "Pengetahuan" )

Whatsapp Button works on Mobile Device only