5/06/2021

Kdenlive Software Editing Video PC Gratis (Open Source ) dengan Fitur Canggih

Kdenlive adalah singkatan dari KDE Non-Linear Video Editor. Software Editing Video Gratis ini dapat digunakan di Sistem operasi Komputer GNU / Linux, Windows dan BSD

 

Sobat RahmanCyber.NET, selamat datang di pembahasan artikel seputar Multimedia, di Website ini, saya update artikel seputar multimedia tepat di kategori Multimedia atau Editing Audio Video lebih tepatnya ya.. ^_^ , silahkan bisa diikuti... disana kita bincang bincang khusus tentang dunia editing video, anda juga bisa tanya tanya langsung seputar editing video, karena itu merupakan kemampuan utama saya.. :) selain blogging... hehe, request artikel juga boleh...


Langsung aja ke Materi Pembahasan tentang Software Editing Video Kdenlive ya :)


Ini dia penampakan software pengolah video Kdenlive nya untuk versi terbaru 21.04, YANG BARU AJA RILIS ... ketika artikel ini di buat...

 

Pengenalan Interface KDENLIVE Software Editing Video Gratis Terbaru 21.04

 

 

 

Sejarah Kdenlive

 

Proyek pengembangan Kdenlive sebagai software editing video ini dimulai oleh Jason Wood pada tahun 2002 sedangkan sekarang dikelola oleh tim pengembang kecil

 

Pengembangan Kdenlive berpindah dari versi K Desktop Environment 3 (yang awalnya tidak dibuat untuk MLT) ke KDE Platform 4 , dengan penulisan ulang yang hampir selesai. Ini dilengkapi dengan Kdenlive 0.7, yang dirilis pada 12 November 2008. 

 

Kdenlive 0.9.10 dirilis pada 1 Oktober 2014 adalah rilis KDE 4 terakhir.



Kdenlive mulai merencanakan perpindahan ke proyek KDE dan infrastrukturnya pada tahun 2014. Port to KDE Frameworks 5 diselesaikan dengan rilis 2015.04.0 sebagai bagian dari Aplikasi KDE 5. Pemindahan ke KDE sedang berlangsung. 


Pada awal 2017, tim pengembangan mulai mengerjakan pemfaktoran ulang program, dan pada Juni 2017 pratinjau pertama telah tersedia. Pada Desember 2017, pemfaktoran ulang menjadi fokus utama tim pengembangan dengan rilis pratinjau pertama yang dapat digunakan. Rilis versi refactoring awalnya direncanakan untuk Agustus 2018 di rilis Aplikasi KDE 18.08

 

Versi Kdenlive yang telah direfraktorisasi dirilis pada 22 April 2019 di rilis Aplikasi KDE 19.04


KDE Kdenlive memanfaatkan perpustakaan MLT , efek Frei0r , Sox dan LADSPA

 

Melalui kerangka kerja MLT ( Media Lovin 'Toolkit adalah kerangka kerja multimedia open source, yang dirancang dan dikembangkan untuk penyiaran televisi. Ini menyediakan toolkit untuk penyiar, editor video, pemutar media, transcoder, streamer web dan banyak lagi jenis aplikasi, Fungsionalitas sistem disediakan melalui bermacam-macam alat yang siap digunakan, komponen pembuatan XML, dan API berbasis plug-in yang dapat diperluas.  - https://www.mltframework.org/ ), Kdenlive mengintegrasikan banyak efek plugin untuk pemrosesan atau pembuatan video dan suara. Selanjutnya Kdenlive membawa alat judul yang kuat, solusi DVD authoring (menu), dan kemudian dapat digunakan sebagai studio lengkap untuk pembuatan video. 

 

Maka dari itulah Kdenlive mendukung semua format yang didukung oleh FFmpeg atau libav (seperti QuickTime , AVI , WMV , MPEG , dan Flash Video , dan lain-lain), dan juga mendukung rasio aspek 4: 3 dan 16: 9 untuk PAL , NTSC , dan berbagai HD standar, termasuk HDV dan AVCHD . Video juga dapat diekspor ke perangkat DV , atau ditulis ke DVD dengan bab dan menu sederhana.  



Lisensi Kdenlive


Kdenlive ini adalah Perangkat Lunak Bebas seperti yang dijelaskan oleh Free Software Foundation - www.fsf.org di bawah persyaratan Lisensi Publik Umum GNU - http://www.gnu.org/licenses/old-licenses/gpl-2.0.txt

 

Dokumentasi dan konten situs web ini dilisensikan di bawah persyaratan Lisensi Dokumentasi Gratis GNU - https://userbase.kde.org/KDE_UserBase_Wiki:Copyrights



Tim Pengembang Kdenlive

 

Pengembang Kdenlive antara lain : Jean-Baptiste Mardelle, Vincent Pinon, Nicolas Carion, Simon A. Eugster (Granjow) - https://kdenlive.org/en/about/



Sekilas Fitur Dasar Kdenlive


  • Kdenlive memiliki pengeditan multi-trek dengan garis waktu dan mendukung trek video dan audio dalam jumlah tak terbatas.
  • Editor judul built-in dan alat bantu untuk membuat, memindahkan, memotong dan menghapus klip video, klip audio, klip teks dan klip gambar.
  • Kemampuan untuk menambahkan efek dan transisi khusus .
  • Berbagai macam efek dan transisi. Kemampuan pemrosesan sinyal audio mencakup normalisasi, perpindahan fase dan nada, pembatasan, penyesuaian volume, filter reverb dan ekualisasi, serta lainnya. Efek visual termasuk opsi untuk masking, blue-screen, distorsi, rotasi, alat warna, blur, obscuring dan lain-lain.
  • Pintasan keyboard dan tata letak antarmuka yang dapat dikonfigurasi .
  • Rendering dilakukan dengan menggunakan non-blocking terpisah proses sehingga dapat dihentikan, berhenti dan restart.
  • Kdenlive juga menyediakan skrip yang disebut Kdenlive Builder Wizard (KBW) yang mengkompilasi versi pengembang terbaru dari perangkat lunak dan ketergantungan utamanya dari sumber, untuk memungkinkan pengguna mencoba menguji fitur baru dan melaporkan masalah pada pelacak bug.



Kdenlive versi Terbaru 21.04 Rilis!


Saya sudah lama sih mengikuti perkembangan Kdenlive ini, karena menurut saya, software ini walaupun Open Source dan Gratis, tetapi pengembangannya Konsisten, dan Ketika artikel ini dimuat di RahmanCyber.NET, Kdenlive sudah mencapai versi 21.04... psssttt yang terdapa fitur menarik, Speech to Text.

 

 


 

 


 

 

 

 

 

Apa yang Baru di Kdenlive 21.04

 

Terdapat beberapa tambahan fitur dan peningkatn performa di Kdenlive 21.04 ini, menarik sekali.. terlebih Kdenlive merupakan software Editing Video yang Full Free, Open Source dan tidak ada versi Premium.. saya rasa semua fitur gratis yang diberikan Kdenlive untuk dunia pengolahan video itu sudah PREMIUM.


Beberapa hal yang baru, ada Speech to Text, Peningkatan Antarmuka dan kegunaan, Penambahan Efek, Effect Zone, Online Resource yang baru, dan beberapa perbaikan.




Speech to Text

 

Fitur Speech to Text dari Kdenlive versi terbaru 21.04  yang baru memungkinkan untuk mentranskripsikan audio menjadi teks secara otomatis menggunakan toolkit pengenalan suara Vosk - https://alphacephei.com/vosk/

 

Tetapi memang masih belum semua bahasa didukung,  Saat ini baru ada dukungan untuk 17 bahasa dan dialek menggunakan model resmi - https://alphacephei.com/vosk/models

 

Penggunaannya tinggal Unduh Model dan tambahkan sebagai kamus di pengaturan atau cukup seret dan lepas. 

 

Pokoknya, syarat untuk menggunakan fitur ini, anda harus download dulu modelnya di situs yang saya sertakan diatas, memang sih ukurannya besar, ada yang sampai 1gb, jadi butuh koneksi internet ekstra.. hehe /  korban kuota.

 

 

Download Model Speech to Text

 

 

 

Jika model belum terinstal, maka akan seperti ini..

 

 

speech to text kdenlive new fitur


 


 Kalau sudah terinstal, maka penggunaannya akan seperti ini :

 

 

speech to text kdenlive contoh

 

 

 

 

Peningkatan Antarmuka dan Kegunaan

 

Selain itu juga Kdenlive mengalami Peningkatan Antarmuka dan Kegunaan, seperti Zoombar, Key binding information, Improved timeline visuals, New Media Browser, dan Improved Keyframe panel.


Mari kita bahas satu per satu...

 

 


Zoombar / Bilah Zoom


Selain ketersediaan bilah zoom di monitor dan ( scroll bars ) bilah gulir bingkai utama, bilah zoom sekarang juga tersedia di ( timeline ) garis waktu. Anda dapat dengan mudah ( zoom in/out ) memperbesar / memperkecil garis waktu dengan menyeret tepi ( Zoombar ) bilah gulir garis waktu. (Bilah zoom / Zoombar vertikal dikabarkan akan segera hadir.) 


zoombar kdenlive fitur terbaru


untuk detailnya seperti ini :

 


zoombar



Key binding information

 

Ini merupakan informasi yang dapat menyarankan anda langkah penting ketika kursor anda mengarah pada fungsi tertentu di timeline, maupun window lain, seperti monitor.

 


key binding information



Detailnya seperti ini :

 

 

keybinding kdenlive




Pengembangan Tampilan ( Timeline ) Garis Waktu


Garis waktu Kdenlive versi terbaru mendapat perombakan visual dengan panduan / warna penanda yang lebih banyak dan lebih baik, panduan telah dipindahkan di atas penggaris garis waktu sementara pratinjau dan bilah zona telah dipindahkan ke bawah. 

 


Visual Timeline



lebih detailnya :

 


visual guide timeline




Media Browser yang Baru


Browser Media baru memungkinkan Anda untuk dengan mudah menavigasi sistem file Anda dan menambahkan klip langsung ke Bin atau Timeline. Anda dapat mengaktifkannya dari menu View


new media browser


 

Seperti ini detailnya :

 


media browser kdenlive new



( Keyframe Panel ) Panel bingkai utama ditingkatkan


Panel bingkai utama efek memiliki ikon baru, pengambilan bingkai utama yang lebih baik, dan fungsi baru seperti 

 

KEYFRAM PANEL

 


Penambahan Effect


Selain fitur baru diatas, banyak peningkatan telah ditambahkan serta kemampuan untuk menghapus semua efek dalam klip yang dipilih, kemampuan untuk mengunduh LUT langsung dari antarmuka, menambahkan tombol Drop Area ke "Master" untuk menghilangkan efek dan memoles rotoscoping monitor overlay untuk beberapa nama.



Typewriter / Effect Mesin Ketik


Efek Typewriter yang ada di tambahkan ke Kdenlive ini ada 3 animasi (Animasi typewritting teks berdasar karakter, berdasar kata dan berdasarkan baris ) , menarik! karena kita bisa membuat animasi Typewriter dengan begitu mudah :)


typewriter kdenlive


Alpha Strobe

 

Efek Alpha Strobe merupakan efek kedap kedip... dapat diterapkan pada teks, gambar atau video. 

 

Contoh efek diterapkan ke klip teks. 

 

 

alpha strobe kdenlive untuk teks

 

 

 

Alpha Strobe ke Teks

 

Contoh efek diterapkan ke trek video 


Alpha Strobe ke Video



Alpha Stobing video





Effect Zones ( Efek yang diterapkan di Zona tertentu pada Timeline)



Menarik! ini hampir sama seperti adjustment layer, jika kalian menggunakan Adobe Premiere atau Davinci Resolve. Disini, kamu bisa terapkan efek langsung ke Satu Track... sehingga anggap aja track itu sebagai adjustment layer.

 

 

 

Track Effect Zone


Jadi efek di terapkan pada satu track yang dipilih untuk diterapkan efeknya.

 

Ini contoh penerapannya.


Efect Zone Track




Master Effect Zone

 

Jadi kita bisa menempatkan Efek pada bagian Master, ARTINYA INI BERLAKU UNTUK KESELURUHAN VIDEO! Menarik!!!! Jadi ke inget mainan FL Studio, ketika kita melakukan Mixing Audio pada bagian mastering, maka akan ada opsi Efek pada Master, atau Efek pada Instrument Rack Tertentu yang udah diatur Channelnya :). Menurut saya ini konsep yang sangat Praktis.. :) :) :)

 

Ini contoh Penerapannya :)


Bagaimana Menggunakan Master Effect Zone Kdenlive




Online Resource


Menarik banget, fitur ini menghubungkan langsung ke penyedia free musik / sound effect maupun resource lain, seperti Pexel, Pixabay yang notabene merupakan penyedia resource yang gratis untuk dipakai, tetapi tentu mencantumkan kredit perlu dilakukan untuk menghargai pemberi konten. 

 

Pihak Kdenlive juga menganjurkan Penting untuk memberikan kredit pada sumber yang diunduh, jadi kami telah menambahkan opsi untuk langsung mengimpor atribusi lisensi sebagai catatan proyek. 

 

Saya jadi keinget Affinity Designer yang pernah saya bahas sebelumnya di kolom Desainer Grafis :) , enak ya, kita bisa langsung drag n drop.. eits.. tapi kalo disini perlu tekan tombol import dulu, jadi kita ngunduh nantinya untuk resolusi terbaik, tetapi memang ukurannya diatas 5 mb saya coba... berarti emang resourcenya ukuran terbaik untuk editing video.. :)

 

online resource aware
Anjuran Mencantumkan Kredit

 

 

online resource kdenlive

 


Perbaikan Penting Lainnya


  • Tambahkan profil render AV1.
  • Tambahkan filter "klip yang tidak digunakan" di Project Bin.
  • Tambahkan pilihan saluran ke filter bentuk gelombang audio.
  • Tambahkan ruang warna ITU 2020 di properti klip.
  • Aktifkan kembali pemutaran audio dengan kecepatan mundur.
  • Peningkatan dukungan Flatpak.
  • Izinkan pengambilan teks oleh keyboard.
  • Perlakukan GIF sebagai video, bukan sebagai gambar.
  • Perbaiki banyak  compile warnings dan persiapkan untuk Qt6.
  • Perbaiki wipes untuk klip slideshow.
  • Alpha Shapes: memungkinkan pergi ke luar layar.





Download Kdenlive Terbaru




Kesimpulan


Sobat RahmanCyber, dari sekian banyak Software Editing Video yang saya temui dalam kategori Software Gratis, KDENLIVE ini merupakan software yang paling membuat saya tertarik. Selain Full Free dan tidak ada versi Premium, Kdenlive benar benar memberikan Full Fitur, makin kesini pun kualitas Kdenlive sebagai Software Editing Video Gratis dan Opensource, tidak diragukan lagi, semakin baik dan lengkap.


Saya sengaja buat postingan ini agar pengguna Kdenlive semakin meningkat, terlebih ini software sangat cocok buat teman teman yang memang memiliki keterbatasan masalahpembelian lisensi.


Tetapi disini saya juga menyarankan buat teman teman yang memiliki kelebihan rejeki, untuk membantu donasi ke Pihak Pengembang Kdenlive, silahkan kunjungi halaman donasi - https://kde.org/community/donations/?app=kdenlive


Karena bantuan anda akan bermanfaat untuk pengembangan software yang benar benar berdedikasi seperti ini. Sehingga menambah perpustakaan software Free Opensource seperti 

 

  • Blender 3D untuk pengolah 3D, 
  • GIMP untuk pengolah grafis raster, 
  • Inkscape untuk pengolah vektor, 
  • Krita untuk ilustrasi, dan 
  • Kdenlive ini untuk Editing Video, 
  • oh iya tambahan lagi untuk audio, yaitu Audacity.
  • Handbrake untuk Convert MP4
  • OBS / Open Broadcasting Software untuk Streaming 
  • Studio One untuk music production


 

Sehingga software software free opensource untuk kita sebagai pemain di bidang Multimedia semakin lengkap.


Terima Kasih buat Pengembang Software Free Open Source Kdenlive Libre Video Editor.

 

Salam dari Indonesia! :) 








Semoga artikel ini bermanfaat buat sobat semua... ( yang membaca )





Sumber Referensi Lain untuk membangun artikel :

"Kdenlive 21.04 released".
"The Kdenlive Open Source Project on Open Hub". Black Duck Software. Retrieved 1 August 2018.
Smart, Christopher (9 July 2009). "Kdenlive: A Video Editor in the Spotlight". Linux Magazine. Archived from the original on 1 August 2018. Retrieved 1 August 2018.
Sawyer, Dan (1 March 2008). "Multitrack Video Editor Roundup". Linux Journal. Archived from the original on 1 August 2018. Retrieved 1 August 2018.
"About". kdenlive.org. Retrieved 7 March 2020.
"Kdenlive / Libre Video Editor". kdenlive.org. Archived from the original on 26 August 2018. Retrieved 1 August 2018.
"KDE Applications 15.04 Adds KDE Telepathy Chat and Kdenlive Video Editing". KDE.org. 15 April 2015. Retrieved 1 August 2018.
"Kdenlive 0.7 Released". Archived from the original on 2 April 2015.
"Granjow's blog - Randa meeting 2014". Archived from the original on 17 April 2015.
"Kdenlive to be released with KDE Applications 15.04". Archived from the original on 21 March 2015.
"Kdenlive 15.04.0 released". Archived from the original on 17 April 2015.
"Kdenlive – refactoring preview and news". kdenlive.org. 20 June 2017. Retrieved 1 August 2018.
"Kdenlive 17.12.0 released". kdenlive.org. 15 December 2017. Retrieved 1 August 2018.
Mardelle, Jean-Baptiste (4 July 2018). "Kdenlive: test the future". kdenlive.org. Retrieved 14 August 2018.
"Kdenlive 19.04 released". kdenlive.org. 22 April 2019. Retrieved 8 December 2019.
Wikibooks:Kdenlive/What Kdenlive is
"KDE Commit-Digest - 12th October 2008". KDE.org. 12 October 2008. Archived from the original on 10 November 2013. Retrieved 1 August 2018.
"Features". kdenlive.org. Retrieved 1 August 2018.
"Kdenlive Builder Wizard". Kde-apps.org. Archived from the original on 7 September 2015. Retrieved 7 October 2013.




F.N.A-RED








Posting Komentar

Follow by Email



Semenjak saya F.N.A-RED mendirikan RahmanCyber ini tahun 2008, saya mendedikasikan situs ini untuk memberikan edukasi dan artikel pengetahuan secara GRATIS, sobat tidak dibebankan Biaya langganan maupun Pembelian Hak Akses untuk dapat menikmati Artikel yang kami sediakan di RahmanCyber. Saya juga tidak berniat menjadikan RahmanCyber untuk model langganan dengan membayar Hak Akses. Semua Pemasukan untuk Mendukung Pemeliharaan Situs dari Iklan dan link affiliasi yang kami tanam di beberapa artikel ( Kami tidak menutupi hal ini, agar semua jelas tidak ada yang disembunyikan dan tidak manipulatif )
Ya, kita punya channel Youtube, tetapi fungsinya memang untuk mendukung penyampaian materi di Blog, sehingga memang untuk kontennya Campuran dan tidak berdasarkan Nice. Tekan aja gambar dibawah ini untuk melakukan subscribe ke channel kita
Image
Jika kalian tertarik untuk bergabung dalam jurnal perjalanan kita, silahkan...
Ada 2 tipe website yang ber ekstensi RahmanCyber.NET,

1. Website Bagian yang merupakan layanan kita untuk fokus materi tertentu maupun berupa produk terpisah yang berbeda untuk konsep dari Website Induk RahmanCyber.NET, tetapi selama ber ekstensi .rahmancyber.net, itu adalah Website Resmi dari kita. Informasi ini juga tercantum dalam Fanpage RAHMANCYBER di Facebook yang linknya tertaut di website utama ini, sehingga hal ini untuk meminimalisir adanya penipuan dari pihak yang tidak bertanggung jawab
2. Website Rekanan yang dikelola oleh Kontributor, sehingga kadang memiliki nama personal, yang bertujuan untuk menampilkan Iklan di web, sehingga dengan menggunakan ekstensi .rahmancyber.net, bisa ikut menampilkan iklan sebagai monetisasi untuk websitenya ( Bagaimana cara bergabung agar website saya bisa menampilkan iklan dan mendapat penghasilan? maaf, ini terbatas dan saya tidak membukanya untuk umum )

Disini kita berusaha untuk memberikan konten yang kredibel dan tidak semata mata untuk mengejar traffic dan penghasilan, ( RahmanCyber lebih condong ke "Pengetahuan" )

Whatsapp Button works on Mobile Device only