4/30/2021

Cara Mengatasi Google Cache 404 Error URL Website

Saat Google mulai beralih ke pengindeksan yang memprioritaskan seluler pada Maret 2018, bukannya tanpa masalah. Langkah ini disambut baik dan ditakuti oleh pakar SEO dan pemilik situs web, karena raksasa mesin telusur tersebut sekarang terutama akan menggunakan versi seluler situs Anda untuk menentukan peringkat Anda! Wow!!!!, dan bagaimana jika Anda belum benar-benar siap untuk seluler? Lalu, apa bukti yang menjadi indikasi, bahwa sekarang sudah memprioritaskan versi selular?


Web cache google error 404


 

Hal ini bisa dilihat dari Status CACHE Rahmancyber.NET seperti ini..

 

cache rahmancyber versi sellular

 

Anda bisa mengaksesnya dengan mudah...

 

cara cek cache website di google
 

Yup! anda hanya menambahkan cache: 

sebelum url website, maka anda akan mendapati cache google website tersebut.

Ketika anda lihat, sekilas nampak seperti website biasa kok.. tetapi anda perlu tau bahwa itu adalah versi sellularnya RahmanCyber.NET!

 

 

Selamat datang di Mobile First!

 

 

Saat ini pengoptimalan mesin telusur yang menjadi lebih fokus pada bagaimana situs web milik Anda muncul di perangkat seluler, seberapa cepat waktu pemuatannya, dan seberapa responsifnya website anda.


Kenapa? agar semakin cepat untuk dibuka melalui perangkat mobile, mengingat perubahan generasi yang bisa kita lihat, generasi sekarang sudah banyak ketergantungan dengan Mobile Phone / Smartphone, ketimbang desktop.


Tingkat pencarian pun juga lebih banyak prosentasenya pada perangkat mobile, ketimbang desktop/


Sampai saya pernah bereksperiment, cara mempercepat tampilan blog versi mobile




Singkat cerita, ketika saya patroli Sub Domain, saya mendapati beberapa sub domain untuk url website RahmanCyber.NET mengalami kesalahan Google Cache 404 Page Not Found



Web cache google error 404 di microsoft edge


Itu tampilan ketika di load melalui browser Microsoft Edge. Sedangkan saya mencoba memakai browser lain..


Web cache google error 404 di firefox


Itu adalah tampilan ketika saya memakai Browser Firefox.



Yup! benar error...

 

Apakah ini gara-gara script Random Post yang saya tanam kemarin? Bisa jadi..! karena sub domain lain tidak error, hanya situs yang saya beri script Random Post.

 

 

Sebentar... kita akan bahas Google Cache Error 404 untuk anda..



Pada dasarnya, kesalahan ini ditampilkan saat pemilik situs mencoba mengakses cache Google halaman tersebut, seperti yang saya lakukan. 

 

Cache Google adalah cuplikan, atau salinan, dari halaman yang disimpan Google sebagai cadangan. 

 

Google menggunakan halaman cache Website Anda untuk menilai apakah itu hasil yang cukup baik untuk kueri atau tidak ( Kueri yang mana kak? Kueri yang bisa Anda lihat di Google Search Console dek. Pada dasarnya ketika anda membuat postingan, dengan keyword tertentu, anda sedang mengumpulkan database artikel yang bisa dipanggil melalui kueri / keyword keyword yang berhasil mendapatkan traffic di Google Search ). 

 

 

kueri google search konsol

 

 

 

Lalu? 


Laman kesalahan tersebut tidak hanya mengkhawatirkan pemilik, bahwa situs mereka memiliki masalah mendesak yang perlu diperbaiki, tetapi mereka juga takut karena hal itu akan memengaruhi peringkat SERP mereka yang dipelihara dengan hati-hati ( Selain faktor kompetitor yang selalu saja memantau keadaan website anda, ketika menempati posisi SERP Unggul / pertama ).  


Bayangkan, selain faktor kompetitor, akses website ( Down atau Normal ), optimasi link, dan banyak faktor lainnya yang menjadikan pemilik dan pengoptimasi SEO berhati hati, sehingga tidak kehilangan traffic organik. Sekarang harus dihadapkan pada ERROR Google Cache 404! apakah ini akan berpengaruh pada SERP yang sudah mereka bangun?



Kabar baiknya adalah kesalahan ini tidak memengaruhi peringkat Anda, tetapi cukup membuat frustrasi, padahal hanya sebuah CACHE!. 

 

 

John Mueller, Analis Tren Webmaster di Google mengatakan:

 

“[Google Cache 404 Error] can happen, it doesn’t mean anything.”
artinya ...
“[Google Cache 404 Error] dapat terjadi, itu tidak berarti apa-apa.”


Google cache 404 adalah masalah internal; itu tidak memengaruhi peringkat atau pengindeksan Anda. Google mengetahui masalah ini, jadi pakar SEO, seperti yang dikatakan John, berkata:

 

“No need to worry.”

 

artinya...


"Tidak perlu cemas."


 

 

Jadi, bagaimana Anda mengatasi Google Cache 404 Error?


 

Ini relatif mudah untuk dipecahkan, dengan bantuan menghapus URL cache Anda sendiri dan menggantinya dengan yang baru, kita bisa memanfaatkan google search dengan mencari url website kita. Seperti ini lebih jelasnya....


1. Pergi ke Google Search

2. Ketikkan Url Blog anda, misal disini URL Blog rahmancyber.net

3. Maka akan muncul hasilnya, contoh... seperti ini..


search url cache blog

Setelah muncul, klik tombol cache yang muncul ketika anda klik panah bawah, seperti pada contoh yang dilingkari diatas.


4. Beres! kita bisa lihat cache untuk web tersebut..


Cache Quesearch

itu hasilnya, Quesearch versi Cache Google..



dan itu quesearch versi Text Only versi Cache Google.




Oh! ternyata ada cache versi text ya... Yup! benar sekali. Anda bisa menggunakan ini sebagai alat untuk melihat Text dan Link aktif dan struktur website yang dirender, apakah sudah benar atau belum... Mana yang di prioritaskan dulu atau yang belakangan dan tidak terlalu penting..

 

 


Anda bisa gunakan Google Cache versi Text Only / Hanya Teks saja... 


Lewat inilah, saya beasumsi, bahwa meletakkan Populer Post, maupun Artikel terbaru dan berbagai Backlink internal lainnya seperti Arsip, Random Artikel, yang fungsinya agar beberapa link yang tampil dapat di sundul lagi dengan artikel terbaru kita.


Sekaligus, itu dapat menambahkan kekuatan halaman yang sudah lama...

Hal ini trik yang jarang dibocorkan... jadi disini saya buka untuk anda.. 

Efektif kah? ini seperti halnya untuk memperkuat SEO ON PAGE.



Mari kita bahas lebih dalam Apa itu Google Cache

 

Pada Saat si Laba-laba atau bot Google menjelajahi situs Anda, ia perlu menilai apakah Anda memiliki relevansi dan otoritas dalam industri Anda. 

 

Kedua faktor ini memainkan peran besar dalam menentukan posisi peringkat SERP Anda. Jika Anda tidak terlalu relevan dengan permintaan pencarian, Posisi situs anda menjadi kurang baik di halaman pencarian. Begitu juga jika Anda tidak memiliki kewenangan untuk menjawab pertanyaan tersebut, Anda tidak akan muncul di halaman pertama / Page One SERP.



Dengan cache Google, Anda dapat memeriksa frekuensi Google menganggap situs Anda sebagai salah satu yang terbaik untuk menjawab pertanyaan pencarian. 

 

Coba anda lihat ini..

 

kunjungan google bot di halaman utama

 

Bagian yang saya lingkari diatas, menunjukkan pada anda, itulah waktu terbaru Google Bot atau si Laba laba, berkunjung di Halaman Website anda. Contoh diatas itu untuk halaman utama, artinya anda mengaksesnya dengan menambah cache: sebelum url rahmancyber.net


Lalu bagaimana dengan halaman halaman lainnya... ? caranya sama, anda tinggal menambahkan cache: didepan url

 

kunjungan bot google pada halaman spesifik

 

itu dia, anda bisa lihat detail yang saya lingkari. Perlu diingat, waktu kunjungan Google Bot itu berbeda beda tiap halaman, contohnya pada halaman website yang lebih spesifik diatas 


Lihatlah perbedaan keduanya dalam hal "Waktu Kunjungan", semakin kamu sering update halaman, maka Google pun semakin akrab dengan URL Website anda.


Coba kalau halaman website anda sudah berjumlah miliaran.. bagaimana anda mengupdatenya? tenang saja, bukan berarti itu google bot tidak berkunjung ke halaman website anda yang sudah jarang update, melainkan frekuensi kunjungannya saja yang semakin terbatas, atau jarak kunjungan 1 dengan kunjungan selanjutnya semakin panjang...



Berarti Google Cache Penting?

 

 

Informasi spesifik inilah yang dapat memengaruhi konten situs web Anda. Jika kata kunci yang digunakan di situs Anda tidak terlalu relevan, Anda bisa mengubahnya untuk meningkatkan peringkat Anda. 

 

Selain itu, dengan melihat versi cache 'hanya teks' dari situs web Anda, Anda dapat membaca dan mengedit konten saat ini di situs Anda, memastikannya memiliki jumlah konteks dan kualitas yang tepat untuk membuatnya menjadi sangat relevan dan bisa memimpin SERP di Industri atau ceruk atau bidang atau niche....yang anda masuki, berdasarkan keyword yang anda bidik ya.

 

Lagi pula, bot Google tidak menilai format atau ilustrasi tempat salinan Anda muncul; mereka membacanya dan menilainya sebagai teks saja untuk menilai seberapa tinggi kualitasnya.



Selain itu, dengan memeriksa cache situs web, Anda dapat melihat seberapa sering Google membuat versi terbaru. Jika Anda menemukan bahwa, misalnya, cache terakhir dilakukan dua minggu lalu, itu menandakan bahwa Google menganggap halaman Anda tidak cukup relevan untuk diupdate. 

 

Namun, jika cache terakhir terjadi kemarin, Anda akan tahu bahwa Google memandang situs web Anda sebagai sangat relevan, dan cukup penting untuk diperbarui.



Sementara Kesalahan Google Cache 404 membuat frustrasi, ada cara lain, dengan mengikuti cara yang saya berikan di atas. 

 

Namun, perlu diketahui bahwa error 404 tersebut tidak berdampak negatif terhadap peringkat yang anda capai, selain faktor yang saya sebut diatas...

 

Ini saya mention!

 

Faktor kompetitor, akses website ( Down atau Normal ), optimasi link, dan banyak faktor lainnya yang menjadikan pemilik dan pengoptimasi SEO berhati hati

Paling utama adalah kompetitor yang memiliki sumber daya SEO yang professional dan banyak (Untuk ini anda perlu UANG, siapa orang yang mau bekerja tanpa uang?)... jika anda bertarung sendirian.. tentu hal ini sangat melelahkan, anda berhadapan dengan orang yang dibayar, sedangkan anda sendiri untuk mendapatkan klik adsense saja sangat susah, darimana anda mendapat penghasilan untuk menghargai kerja keras anda? 

 

Saya akan tersenyum :)

 

Saya tau dan merasakan, disini saya pun juga mengubah berbagai pembawaan di RahmanCyber.NET, ada yang FORMAL seperti ini, ada yang Informal, ada yang campuran.. Ini menjadi sebuah hiburan untuk saya. 


Tau kah anda... Persaingan itu Menyenangkan... maka kita butuh Hiburan! salah satunya mengubah ubah intonasi tulisan... Ketika kita menjadikan mereka sebagai Musuh, ini hanya akan melelahkan.. karena anda sendirian, dan mereka banyak... Ambillah sisi yang lain, jadikan menulis itu sebagai arena Bermain kalian :) terlepas dari tanggapan pembaca... hihihi..

 

Anda tau, ketika saya membawakan artikel secara formal seperti ini, saat menulis, saya seperti berbicara sebagai CEO didepan orang yang melihat saya presentasi didepan.

 

Sangat menyenangkan, saya perti nostalgia waktu UJIAN SIDANG Tugas akhir, saya sangat senang melakukan presentasi diantara beberapa dosen.

 

Ketika ada dosen yang dianggap mahasiswa lain adalah dosen killer.. saya malah senang, itu seperti Tantangan untuk menaklukkannya.

 

Tapi intinya saya tidak merasa takut, malah begitu senang, karena itu adalah momen langka, saya seperti Pemimpin perusahaan yang sedang mempresentasikan Produk! Jarang jarang apa yang kita omongkan, diperhatikan orang penting.

 

Dan itu memberikan anggapan bagi saya, bahwa perkataan mereka itu "SALAH" yang menganggap UJIAN SIDANG AKHIR itu menakutkan! mereka hanya menakut nakuti, seperti waktu anak anak belum disunat!

 

Jadi ketika anda berkunjung di RahmanCyber, dan mendapati Pembawaan yang berbeda beda, itu anda bisa melihat emosi saya saat itu... 

 

 

 

Jadi... Semoga Anda tidak Menyesal.

 

 

 

Salam dari Saya..

 

 

F.N.A-RED

 








Posting Komentar

Follow by Email



Semenjak saya F.N.A-RED mendirikan RahmanCyber ini tahun 2008, saya mendedikasikan situs ini untuk memberikan edukasi dan artikel pengetahuan secara GRATIS, sobat tidak dibebankan Biaya langganan maupun Pembelian Hak Akses untuk dapat menikmati Artikel yang kami sediakan di RahmanCyber. Saya juga tidak berniat menjadikan RahmanCyber untuk model langganan dengan membayar Hak Akses. Semua Pemasukan untuk Mendukung Pemeliharaan Situs dari Iklan dan link affiliasi yang kami tanam di beberapa artikel ( Kami tidak menutupi hal ini, agar semua jelas tidak ada yang disembunyikan dan tidak manipulatif )
Ya, kita punya channel Youtube, tetapi fungsinya memang untuk mendukung penyampaian materi di Blog, sehingga memang untuk kontennya Campuran dan tidak berdasarkan Nice. Tekan aja gambar dibawah ini untuk melakukan subscribe ke channel kita
Image
Jika kalian tertarik untuk bergabung dalam jurnal perjalanan kita, silahkan...
Ada 2 tipe website yang ber ekstensi RahmanCyber.NET,

1. Website Bagian yang merupakan layanan kita untuk fokus materi tertentu maupun berupa produk terpisah yang berbeda untuk konsep dari Website Induk RahmanCyber.NET, tetapi selama ber ekstensi .rahmancyber.net, itu adalah Website Resmi dari kita. Informasi ini juga tercantum dalam Fanpage RAHMANCYBER di Facebook yang linknya tertaut di website utama ini, sehingga hal ini untuk meminimalisir adanya penipuan dari pihak yang tidak bertanggung jawab
2. Website Rekanan yang dikelola oleh Kontributor, sehingga kadang memiliki nama personal, yang bertujuan untuk menampilkan Iklan di web, sehingga dengan menggunakan ekstensi .rahmancyber.net, bisa ikut menampilkan iklan sebagai monetisasi untuk websitenya ( Bagaimana cara bergabung agar website saya bisa menampilkan iklan dan mendapat penghasilan? maaf, ini terbatas dan saya tidak membukanya untuk umum )

Disini kita berusaha untuk memberikan konten yang kredibel dan tidak semata mata untuk mengejar traffic dan penghasilan, ( RahmanCyber lebih condong ke "Pengetahuan" )

Whatsapp Button works on Mobile Device only