4/26/2021

Cara Mengamankan Akun Facebook dari Orang Tak Bertanggung Jawab

Saat ini sedang ramai ramainya bahasan tentang keamanan akun facebook, tiba tiba di tag orang tidak dikenal, tiba tiba masuk ke grup yang gak semestinya, atau juga tiba tiba ke hack.


Menyedihkan juga melihat fenomena ini terjadi di era perdagangan bebas dan condong ke digital.



Panduan Mengamankan Akun Facebook
Mengamankan Akun Facebook | Banner oleh R4CProject



Tetapi, sebenarnya facebook sendiri sudah menyediakan Layer.. 

 

atau Lapisan keamanan sob, mungkin beberapa orang belum tau, atau baru tau ketika terjadi banyak kasus. Intinya, beberapa tingkatan keamanan yang disediakan facebook tersebut, setidaknya dapat Meningkatkan Keamanan Akun Facebook kita dari berbagai tindakan kejahatan seperti Hacking, Phising, Tagging... dan tindakan yang merugikan lainnya, seperti pencurian Foto.


Kenapa memasukkan topik ini ke Tekno - Topik Internet RahmanCyber?

 

Saya sendiri juga mengalami hal itu ( di Tag Orang tak dikenal ), untung saja semua itu di tahan, artinya tidak langsung ke profil facebook kita yang bisa jadi membahayakan teman kita yang klik isi yang ada bebarengan dengan Tag tersebut.

 

 

Apakah ada cara mencegah agar kita tak bisa di Tag sembarangan oleh orang tak dikenal? Ada Caranya... Simak Terus!


Apalagi ketika kita menyimpan Password dan Username di Browser. Bisa saja Hal itu dicuri...

 

 

Wait wait...! kenapa Menyimpan Password rentan terhadap Pencurian? ketika si orang itu mendapat akses ke komputermu, entah melalui remote atau orang itu minjem komputer atau laptopmu... jadinya gak aman kan :) 

 

Bukan nuduh ya, tapi jaga jaga aja, 

 

ini sama halnya "Hutang" jika kamu menghutangi, berarti siap untuk tidak dibayar.. karena seyogyanya Hutang itu bisa menjadi Pemutus Silaturahim - Jangan sepelekan Hutang.. Kalo belum mampu untuk mengikhlaskan, ya jangan menghutangi.. karena kalo ternyata tidak dibayar atau seret, kamu berusaha nagih, ternyata berkelit terus... maka itu membuatmu merasa rugi, tetapi kalo kamu sudah mampu mengikhlaskan, berikanlah bantuan, jikalaupun ia tidak bisa membayar... hitung hitung itu sedekah... :)

 

Jadi jaga jaga itu lebih baik, ketimbang nanti pas kejadian, saling menuduh siapa yang benar dan salah, dan malah jadinya tukaran... ^_^

 

Maka dari itu saya sendiri menyarankan untuk tidak menyimpan username dan password di browser UMUM (walau kemungkinan kamu tau siapa yang pinjem dan pakai, tapi kalo gak ada bukti? dan yang pinjem ada beberapa orang)... lebih aman kamu simpen di buku diary kali ya.. hehe


Agar lebih aman jika komputer dan laptop itu untuk umum, Anda bisa memanfaatkan Incognito / mode samaran untuk browsing browsing, sehingga gerak gerik anda tidak di tracking dan aktivitas bisa langsung di destroy ketika anda menutup browser  Incognito / private browsing tsb.. Gak nyimpen Password juga.


Walaupun itu juga gak bisa menjamin anda aman 100% :)




Kenapa Bisa Orang Tidak dikenal Tag Facebook kita?

 

Dari pengamatan saya yang berkecimpung di bidang teknologi, disini ada beberapa kecurigaan saya :

 

  1. 1. Karena ada teman kita yang Facebooknya di Bobol atau ke Hack, entah karena apa, yang jelas diambil alih oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Beberapa yg pernah saya amati, kalo kasus di Youtube yang pernah saya bahas sebelumnya dari beberapa pihak yang mengalami, dibuat untuk tambang bitcoin, Kalo untuk facebook ini, digunakan untuk hal seperti judi, menyebarkan foto dan video tak layak. Punya teman saya yang udah bertahun tahun kena, dan akunnya tidak bisa kembali, ia mengabari saya untuk blokir dan unfriend. Lalu bagaimana yang tidak terdeteksi, mengingat teman facebook banyak..? Nah itu dia permasalahannya.. 
  2. 2. Grup facebook yang kita pernah masuki, diambil alih oleh pihak tidak bertanggung jawab untuk kegiatan tak pantas. Entah karena akun adminnya dikuasai, atau karena salah menjadikan orang sebagai admin, akhirnya admin aslinya malah di Kick.
  3. 3. Memasukan akun facebook hasil tangkapan "Pertemanan" ke grup secara otomatis , ingat kecurigaan yang pertama, karena akun teman bobol, maka data pertemanan pun juga bocor.
  4. 4. Keamanan akun facebook kita belum diperhatikan ( misal misal orang jadi bisa memasukkan kita ke grup secara langsung tanpa persetujuan kita, atau daftar pertemanan yang juga publik.
  5. 5. Orang ini memakai software scrape untuk mengumpulkan daftar akun facebook secara acak ( dan kita tidak melakukan penolakan terhadap orang asing yang tag akun facebook kita )

 

 

itu merupakan kecurigaan saya, ya jaman sekarang gitu loh, nomor telepon aja di mining..

Pernah kan dapet "mama minta pulsa"? Dan kalo sekarang itu kedoknya adalah "Selamat anda terpilih memenangkan Alpard.." wkwkwk

 

Makannya memang modus penipuan dan pemanfaatan yang semata mata untuk cari hasil atau uang secara instan tetapi merugikan orang itu marak sekarang ini.



beberapa hal diatas merupakan hasil diagnosa saya dari beberapa kasus yang muncul tentang keamanan siber tersebut dalam hal ini Facebook, bagi kawan kawan yang lebih ahli, jika ada penyampaian saya yang salah, mohon dibenarkan, kita semua saling belajar..

 

 

 

 

Bagaimana Solusi Pengamanan Facebook nya ?

 

 

Disini saya akan membahas beberapa metode pengamanan yang setidaknya menambah lapisan keamanan di Facebook Anda.

 

 

1. Cara Mengamankan Daftar Teman



Mengamanakan itu berupaya untuk mencegah orang lain yang tidak berteman dengan saya, agar tidak mengenal saya lebih dalam. Mencegah mereka untuk mengetahui, siapa aja sih teman saya :), Sehingga hal ini dapat menjadi Layer Keamanan tidak hanya untuk saya pribadi, melainkan juga teman teman saya...


Cara Mengamankannya cukup mudah



Pengaturan Profil Facebook


Setelah itu pilih bagian Tab "Teman" atau "Friends", lalu klik titik tiga disebelah kenan, lebih jelasnya lihat gambar hasil screenshot, setelah titik tiga di klik akan keluar pilihan Edit Privacy, silahkan di Klik.


edit privacy teman facebook


Kemudian akan muncul pilihan Privacy

 

  • Daftar Teman : Pada Bagian ini kamu bisa melakukan edit privacy facebook untuk tab "Teman" apakah datanya akan dapat di akses semua orang / publik, dibatasi hanya dapat dilihat oleh teman saja, atau hanya kamu sendiri saja yang dapat melihat daftar teman.
  • Mengikuti : Pada Bagian ini kamu bisa melakukan edit privacy facebook untuk bagian daftar mengikuti ( Orang dan Halaman yang kamu ikuti ) apakah datanya akan dapat di akses semua orang / publik, dibatasi hanya dapat dilihat oleh teman saja, atau hanya kamu sendiri saja yang dapat melihat daftar teman.
  • Pengikut :Facebook juga ada loh fitur follower, kalo pertemanan di facebook dibatasi hanya 5000 teman, maka untuk bagian pengikut / follower facebook ini, tidak dibatasi. Pada bagian inilah kita bisa mengatur Privacy untuk bagian daftar pengikut ( teman / orang diluar teman ) yang mengikuti akun facebookmu apakah datanya akan dapat di akses semua orang / publik, dibatasi hanya dapat dilihat oleh teman saja, atau hanya kamu sendiri saja yang dapat melihat daftar teman. Karena pada kenyataannya, temanmu pun bisa jadi tidak mengikutimu, artinya hanya sekedar berteman saja, begitupun juga sebaliknya, orang yang tidak berteman denganmu pun bisa mengikutimu, walau kalian tidak saling berteman...

 

Untuk hal ini kita fokus pada pengaturan Privacy daftar Teman ya... jadi yang kedua itu, juga bisa kalian manfaatkan untuk menambah layer keamanan akun facebook kamu. Silahkan klik pada bagian yang dilingkari untuk melihat opsi pilihan pengaturan privacy.


edit privacy teman facebook


Silahkan Pilih "Teman" jika kamu hanya ingin teman kamu saja yang bisa melihat daftar "Teman" facebookmu.


opsi teman privacy facebook

 

Silahkan Pilih "Hanya Saya" jika kamu hanya ingin kamu aja yang tau dan bisa melihat daftar teman facebookmu.


opsi hanya saya privacy facebook



2. Meninjau Penandaan / Tag Terlebih Dahulu


Sayang sekali, di Facebook itu tidak terdapat opsi untuk mencegah orang lain melakukan tag ke akun facebook kita, tetapi kita bisa menahannya agar tidak langsung tampil ke feed facebook kita.


Caranya, masuk ke profil, lalu silahkan klik titik tiga sebelah kanan untuk memunculkan opsi / pilihan


pengaturan penandaan / tag facebook


Setelah kamu tekan, maka akan muncul beberapa opsi, silahkan pilih Pengaturan Profil dan Penandaan


pengaturan penandaan / tag facebook


Pada bagian pengaturan, silahkan pilih Profil dan Penandaan, maka akan muncul pengaturan profil dan penandaan di sebelah samping menu sidebar seperti ini... Silahkan pilih edit untuk melakukan perubahan privacy.


pengaturan penandaan / tag facebook



Kalau sudah selesai melakukan pengaturan, bisa klik Tutup


pengaturan penandaan / tag facebook


Hasilnya pengaturannya seperti ini, silahkan untuk dijadikan referensi.

 

  • Pada bagian 1, Tinjau Postingan yang menandai saya aktifkan, agar ketika ada orang yang menandai saya, maka postingan tersebut tidak langsung ditampilkan ke profil, melainkan di tahan dulu untuk di tinjau.
    Tetapi sayangnya, masih bisa terlihat postingan itu ditempat lain. ( Syang sekali pokoknya...harusnya ada kebijakan dari facebook yang mengatur akan hal ini, mengingat maraknya orang asal tag nama, yang kadang merugikan orang lain, biasanya kalo saya langsung saya blokir orang yang menandai saya dengan tidak baik / berpengaruh buruk, sayangnya kita tidak bisa melaporkan orang itu supaya akunnya di blok / di suspend dan postingan orang itu dihapus semua, OH IYA SEHARUSNYA FACEBOOK TIDAK MENGIJINKAN ORANG YANG TIDAK BERTEMAN MELAKUKAN TAG )
  • Pada bagian 2, Tinjau apa yang dilihat orang lain itu, untuk memastikan seperti apa tampilan facebook profil kita sebagai pengguna / orang lain.
  • Pada bagian 3, Untuk meninjau terlebih dahulu tanda yang ditambahkan orang ( termasuk teman ) ke postingan kita, misalnya kan ada fitur auto detect wajah tuh... jadi orang bisa tau fotonya dimuat di postingan siapa.. lalu ia membuat tanda agar teman temannya juga bisa ngeliat foto tersebut... tetapi dengan kita mengaktifkan ini, maka permintaan itu akan kita tinjau dulu..


pengaturan penandaan / tag facebook




Begitulah setidaknya untuk membuat akun facebook kita agak lebih aman dari Permasalahan yang berkaitan dengan PENANDAAN / Tagging... 


walau saya bilang.. INI BELUM AMAN.. harus menjadi review lagi nih buat Pihak Facebook, terutama agar platform ini menjadi lebih aman.. "Cegah orang yang tidak berteman dengan kita untuk menandai kita"


Sehingga, ini dapat meminimalkan potensi spam, yang kadang bisa diarahkan ke situs tertentu, berbahaya dan bisa mengancam keamanan akun.




3. Tampilkan Informasi Penting hanya untuk Teman atau Hanya Saya Saja, 

 

Berbagai pengaturan keterlihatan dan penambahan informasi akun, bisa dilihat di bagian Edit Info, yang berisi berbagai informasi seperti informasi Sekolah, atau Kota Asal, Tanggal Lahir dan sebagainya...

 

edit info facebook


4. Kamu bisa mengatur Privacy Postingan


Caranya gampang banget, bisa diatur saat sebelum posting status facebook, ataupun ketika status udah terlanjur di posting.

Contoh pada gambar facebook saya itu, saya atur privacynya ke Hanya Teman, jadi yang dapat melihat status facebook saya hanyalah orang yang berteman dengan saya di facebook ( Orang yang udah saya accept pertemanan :) )

Klik aja titik tiga di samping kanan frame posting untuk memunculkan pilihan.


edit privacy postingan Facebook

 

Setelah kalian klik, maka akan muncul berbagai opsi yang bisa dimanfaatkan untuk optimasi keamanan facebook kamu, dalam hal ini adalah postingan.


edit pemirsa facebook


Seperti pengaturan privacy pada bagian lain, ini juga terdapat beberapa opsi privacy

 

pemirsa status facebook

 

 

1. Publik, jika kalian ingin postingan bisa dilihat oleh publik, alias kalian seperti halnya melakukan Blogging, tapi ini di media sosial, artinya orang lain yang tidak berteman denganmu bisa melihat status / postingan tersebut.

2. Teman, berarti yang bisa liat ya cuman teman kamu aja

3. Teman Kecuali, kamu bisa memilih teman yang dikecualikan, sehingga teman yang dikecualikan itu, tidak dapat ngeliat status facebookmu.. hehe ( hal ini sebenarnya bermanfaat untuk menyembunyikan status kita dari yang suka julid / yang biasanya sensitif dengan postingan kita )

4. Hanya Saya, berarti ya cuman kamu... nah kalo kamu menjadikan facebook sebagai diary cadangan.. misal buat nampung foto, kamu bisa manfaatkan ini sehingga yang bisa ngeliat apa yang kamu posting di hari itu... cuman kamu..

5. Teman Spesifik, ini kebalikan dari Teman Kecuali, jadi kamu bisa memilih seseorang yang dapat melihat postingan facebook kamu..


6. Khusus, Privacy khusus itu seperti ini...

 

privacy khusus fb

disitu kalian bisa lihat, ada beberapa opsi, kalian bisa atur pembagian postingan, lalu kalian bisa atur juga siapa yang dapat ngeliat apa yang kamu posting, misalnya foto bareng, kamu bisa melakukan uncentang ceklist Teman dari orang yang ditandai tidak dapat melihat postingan tersebut.. jadi spesial hanya untuk teman yang ditandai saja, sehingga temannya teman yang ditandai tidak dapat Kepo..


Lalu kamu bisa juga buat daftar pengecualian, sehingga ini bisa jadi postingan privat, hanya bisa diliat orang yang kamu tandai danorang yang masuk daftar hitam, tidak dapat ngeliat postinganmu.. :))))



5. Berhati hatilah memasuki Grup

 

Facebook sendiri ada banyak sekali Grup dengan berbagai macam tipe Moderator dan Membernya, kamu bisa memilih join ke grup mana aja, asalkan diterima untuk masuk... hehe,


Pilihlah Grup yang di Moderatori dengan Baik, dan tidak terkesan terlantar...



Facebook juga sudah memperketat aturan grup kok.. tetapi kita tetep perlu waspada.. ^_^



Tetapi kita tidak pernah tau tujuan orang masuk ke grup.. :), maka berhati hati itu perlu... karena saya juga menemui grup facebook yang isinya gambar kartun kebanyakan ... wkwkwk


Berarti memang yang gabung kebanyakan akun Bodong.. hehe, tapi just for fun :D


Lebih baik emang tidak usah terlalu serius.. Akun utama itu akun yang berharga bung, dan sangat privacy... hanya untuk orang yang benar benar kita kenal bukan ^_^

 

*tapi kalo udah melakukan settingan diatas, setidaknya menjadi lebih aman.. ( bukan berarti 70% aman ) karena banyak celah yang mungkin kita belum menyadarinya...


Kalo Grup udah tidak terkondisikan dengan baik.. lebih baik Leave... ^_^



6. Jangan Asal Masuk Facebook di Komputer Umum

 

Jika kamu memakai akses komputer umum, sebenarnya hal ini cukup riskan, terutama jika ternyata komputer tersebut dipasang KEYLOGGER KEYBOARD, yang dapat merekam ketikan keyboard dikomputer tanpa disadari..

Tetapi untungnya sekarang sepertinya udah pada punya gadget pribadi deh, jadi di komputer umum buat browsing browsing atau download ajah ya.. :))

 

 

7. Hati hati dengan Phising

 

Phising adalah teknik kejahatan siber yang memiliki upaya untuk mendapatkan informasi data seseorang dengan cara mengelabui, membuat si korban tidak sadar jika ia sudah masuk dalam perangkap, karena menganggapnya sesuatu yang mirip dengan aslinya.

Biasanya sasaran pelaku phising ini ada data personal (nama, usia, alamat, telpon, email ), data finansial (informasi kartu kredit, rekening), dan data akun (username dan password).

 

Tentu semuanya itu sangat merugikan jika disalahgunakan.


Phising sendiri berasal dari kata fishing, atau memancing... jadi ini tuh memancing korban... hehe

*Saya rasa anak muda jaman sekarang udah pada melek teknologi ya.. moga gak terjebak umpan.. wkwkwk, supaya enggak dipancing.. 


Ada beberapa jenis Phising yang saya tau


a). Phising "Website" 

ini merupakan Phising yang memang Familiar... banyak yang tau harusnya.. dan mudah membedakannya :D


phising web

 

Fake Login itu bagian dari Phising Web,  Untuk memastikan itu palsu, bisa dilihat dari alamat url, biasanya juga tidak https... itu contoh aja ya..

Jadi si Pelaku Phising itu membuat semirip mungkin tampilannya, dalam contoh diatas adalah facebook, itu kelasnya lumayan kalo udah pake domain .com, ama ada embel embel original... wkwkwk

(itu hanya ilustrasi bung... ok.. untuk menggambarkan web phising seperti apa, gak usah dicari URLnya.)


b). Phising "Email"

Kalo phising ini, melalui media email... jadi seolah olah berasal dari institusi resmi, bahkan badan email dan logonya pun dibuat semirip mungkin supaya korban terkecoh dan melakukan klik ( untungnya teknologi spam sekarang udah lebih canggih, tapi walau demikian.. WASPADALAH! )

 

EMAIL PHISING


Itu hanya contoh ya gan, jadi liatlah url Emailnya, ada yang janggal ya.. harusnya kalo paypal itu @paypal.com


Kesannya simple? tapi udah milliaran yang kena loh berdasarkan data..

https://www.techradar.com/news/one-trillion-phishing-emails-sent-every-year

Cek aja ya...

 

Sebenarnya masih ada sih...  Spear Phising ( Email tapi target tertentu yang didapat setelah tau nama dan alamat ) sama Whaling Phising ( menargetkan organisasi, biasanya individu yang berwenang dan yang ada dalam organisasi tsb.. ) tapi gak ada contohnya... bisa cari sendiri ya..





Penutup Pembahasan Keamanan Facebook


Beberapa hal diatas merupakan cara meningkatkan keamanan Akun Facebook Anda / Kamu / Kalian, agar lebih aman dari orang tak bertanggung jawab... tidak menjamin 70% sih, maka dari itu WASPADALAH.. WASPADALAH...





Moga Manfaat,



F.N.A-RED




Advertisement
Sobat, ditempat ini kita belajar bareng ya, saling berbagi ilmu di https://www.rahmancyber.net Apabila ada yang perlu di tambahkan atau ada kesalahan mohon di koreksi
Bagi yang menginginkan konten berupa video, bisa langsung kunjungi link https://www.youtube.com/rahmancyber
Matur Nuwun...

Sponsor Rahmancyber Network



Baca Juga

Posting Komentar

Follow by Email



Semenjak saya F.N.A-RED mendirikan RahmanCyber ini tahun 2008, saya mendedikasikan situs ini untuk memberikan edukasi dan artikel pengetahuan secara GRATIS, sobat tidak dibebankan Biaya langganan maupun Pembelian Hak Akses untuk dapat menikmati Artikel yang kami sediakan di RahmanCyber. Saya juga tidak berniat menjadikan RahmanCyber untuk model langganan dengan membayar Hak Akses. Semua Pemasukan untuk Mendukung Pemeliharaan Situs dari Iklan dan link affiliasi yang kami tanam di beberapa artikel ( Kami tidak menutupi hal ini, agar semua jelas tidak ada yang disembunyikan dan tidak manipulatif )
Ya, kita punya channel Youtube, tetapi fungsinya memang untuk mendukung penyampaian materi di Blog, sehingga memang untuk kontennya Campuran dan tidak berdasarkan Nice. Tekan aja gambar dibawah ini untuk melakukan subscribe ke channel kita
Image
Jika kalian tertarik untuk bergabung dalam jurnal perjalanan kita, silahkan...
Ada 2 tipe website yang ber ekstensi RahmanCyber.NET,

1. Website Bagian yang merupakan layanan kita untuk fokus materi tertentu maupun berupa produk terpisah yang berbeda untuk konsep dari Website Induk RahmanCyber.NET, tetapi selama ber ekstensi .rahmancyber.net, itu adalah Website Resmi dari kita. Informasi ini juga tercantum dalam Fanpage RAHMANCYBER di Facebook yang linknya tertaut di website utama ini, sehingga hal ini untuk meminimalisir adanya penipuan dari pihak yang tidak bertanggung jawab
2. Website Rekanan yang dikelola oleh Kontributor, sehingga kadang memiliki nama personal, yang bertujuan untuk menampilkan Iklan di web, sehingga dengan menggunakan ekstensi .rahmancyber.net, bisa ikut menampilkan iklan sebagai monetisasi untuk websitenya ( Bagaimana cara bergabung agar website saya bisa menampilkan iklan dan mendapat penghasilan? maaf, ini terbatas dan saya tidak membukanya untuk umum )

Disini kita berusaha untuk memberikan konten yang kredibel dan tidak semata mata untuk mengejar traffic dan penghasilan, ( RahmanCyber lebih condong ke "Pengetahuan" )

Whatsapp Button works on Mobile Device only