4/20/2021

Yuk Kenali Jenis Sumber Traffic Youtube ( Panduan Youtuber )

RahmanCyber.NET | Youtube - Hai Sobat Raccy! Khususnya kalian yang sudah berkecimpung di dunia per youtuban, atau sedang bekerja sebagai Youtube Kreator, atau yang bertanggung jawab terhadap channel youtube perusahaan kalian, atau bahkan kalian pelanggan RahmanCyber NET, yang tak sengaja ngliat postingan "Memahami Jenis Sumber Traffic Youtube" ini..

Selamat datang di Situs kita tercinta ini.. RahmanCyber.NET, yang berisi berbagai macam ilmu pengetahuan yang bisa kamu pilih sesuai selera... ^_^


Lanjut!



Youtube

 

Youtube merupakan platform berbagi video yang cukup populer saat ini, walaupun ada beberapa lainnya bermunculan, seperti Tiktok, Twitch, Instagram, Facebook Video, Vimeo dan masih banyak lagi lainnya, 

Platform yang dulunya dibuat oleh mantan karyawan paypal ini, setelah di akuisisi GOOGLE LLC mulai tahun 2006 silam, menunjukkan perkembangan yang cukup pesat.

 

Kolaborasi Youtube dengan Adsense, dirasa menjadi daya tarik utama, orang berbondong bondong menjadi konten kreator di Youtube.


Apakah itu salah satunya kamu? kalo saya udah dari 2008 buka akun youtube.. hehe, hanya sekedar agar punya akun untuk ditautkan di blog.. hehe


Memang sih, utamanya ada di Blog, karena memang saya sudah bermain adsense sejak lama... tetapi memang sempet juga pecah fokus untuk mencoba mengkolaborasikan antara Blog dan Youtube..

Walau agak keteteran juga sih, tetapi saya rasa mulai terbiasa akan hal ini, terlebih, dengan adanya youtube ini bagi saya, jadi lebih bisa memperjelas sebuah artikel... :)



Membutuhkan waktu yang lumayan lama juga untuk mendapatkan sebuah ritme, 

 

 

antara Ngeblog dan Youtube, karena memang pada kenayataanyya saya tidak fokus Ngeblog, amaNge Youtube saja, melainkan juga Kerja dan Kuliah.. makannya kadang bisa pecah fokus..


Disini saya akan ceritakan pengalaman saya untuk ngeyoutube, terutama untuk memahami sistem youtubenya, sehingga diharapkan ini bisa menjadi catatan buat saya pribadi, maupun agar dapat berguna juga bagi yang membutuhkan.


Kita fokus membahas tentang TRAFFIC Youtube


Mendatangkan traffic ke youtube itu sebenarnya konsepnya juga mirip mirip ketika kita ingin mendatangkan Traffic di Blog.


Ada 2 Hal yang berperan untuk mendatangkan Traffic

 

Berdasarkan dari hasil riset pribadi selama bertahun tahun ini, menghasilkan sebuah klasifikasi... inilah yang paling berperan terhadap traffic Channel Youtube


 

1. SEO ( Search Engine Optimization ) 

 

jadi disini kita melakukan optimasi seperti Keyword, LSI Keyword, bagaimana agar video kita dapat dikenali, terutama mesin... dalam hal ini adalah search engine eksternal dan internal.

Kenapa ada eksternal? ya! eksternal itu search engine diluar sistem youtube, misalnya search engine google, bing, duck duck go, yahoo dll.

Sedangkan search engine internal itu yang tertanam di Youtube. Ini sangat berpengaruh juga seperti halnya sebuah AI ( Artificial Intelligent _ yang udah dirancang sedemikian rupa untuk melakukan kurasi terhadap Triliunan Video di setiap detiknya di seluruh dunia.


Bayangkan betapa besarnya kumpulan data tersebut yang terhubung dalam sebuah database!


Bagaimana agar video dapat dikenali? saat ini tidak hanya tentang KEYWORD bung, melainkan juga tentang AI untuk mendeteksi video, bahkan suara dan visual pun diterjemahkan dalam text yang nantinya bakalan menjadi keyword tertentu... untuk melakukan pengelompokan ketika di deteksi adanya kesamaan.


AI mereka sudah secanggih itu, bahkan Thumbnail dengan pose yang sama pun bisa dikelompokkan menjadi satu dalam sebuah pencarian, dikemas dalam "RELATED RESULT" apalagi ketika "KEYWORD" mereka MATCH dan Sama... walaupun itu berbeda kreator.

 


Example!

Channel A membahas bagaimana Cara Nge Youtube, Kebetulan di Thumnailnya ada foto pemilik Channel sambil telunjuknya keatas menunjuk Title / Teks di samping / Ia menelunjuk ke samping kanan..


Channel B membuat pose yang sama, yaitu sama sama telunjuk tangan ke samping... padahal beda orang.. pembahasan, tidak terlalu jauh..

kalo si A lebih ke teknis ngeyoutube, si channel B lebih ke bagaimana menghasilkan uang di Youtube.


Eh ternyata MATCH, kedua channel di thumbnail yang sama bertemu dalam RELATED POST!

 

 

Kok bisa seperti itu, inilah ketika sebuah AI dapat menerjemahkan visual... apalagi suara...

 

Pernah liat Text to Speech atau Speech to Text? ya itu semua kerjaan AI bukan?

 

Pernah liat foto close up orang diam... bisa dibuat menjadi berbicara? hal ini mirip ketika kalian liat di film HARRY POTTER, ketika foto bisa berbicara... Yup! ini kerjaan AI!

 

Perkembangan AI sekarang sudah seperti itu, jadi untuk mengubah berbagai hal itu menjadi KEYWORD atau kata kunci yang dapat dikenali sistem untuk di match kan ke database..sudah semakin canggih.

 

itulah S-E-O Youtube sekarang, semakin memudahkan kalian, beda kalo dulu kita harus benar benar melakukan SPAM KEYWORD agar dikenali, sekarang teknik semacam itu entahlah, malah bisa jadi bumerang bagi videonya ata masih efektif.. karena kenyataannya masih aja ada yang mendapat dampak positif dari itu, asalkan keywordnya relevan...

 

Karena kalo tidak relevan bisa berakibat pada "SALAH KAMAR" yang menyebabkan video kamu yang sebenarnya bagus, karena SALAH KAMAR ya, dapet orang yang gak suka, akhirnya DISLIKE..

 

"Kamu akan bersinar ditempat yang tepat, se ahli ahlinya kamu, ketika kamu tidak berada ditempat yang tepat... NON SENSE! kamu gak akan jadi apa apa.." - RahmanCyber NET


Makannya, ada yang namanya Teknik "NICHE", biasanya lebih cepat naik... atau booming, karena? yup! lebih cepat mendapatkan interaksi... Tandanya Interaksi berhasil bisa dilihat dari RATENSI, semakin rendah durasi rata rata tonton, maka semakin sulit untuk booming...


Makannya teknik itu banyak disarankan untuk PEMULA...


Disamping berguna untuk menambah ratensi penonton, juga dapat memperkuat target keyword!


Lalu kenapa RAHMANCYBER NET ini tidak mengambil jalan yang demikian? Karena kita sedang bereksperimen! kita ingin memahami lebih dalam tentang sistem youtube tidak hanya dari hasil riset orang lain.. 


2. BRANDING

 

Branding ini mulai muncul di indonesia, khususnya di youtube tahun 2013 an.. kita tahu beberapa youtuber senior berhasil melakukan branding.

Tanda suksesnya branding adalah, kamu tidak pusing pusing lagi memikirkan poin pertama..

artinya nama mu atau nama channel kamu saja sudah cukup kuat menjadi sebuah KEYWORD yang dicari...


Itu tanda dari suksesnya branding... Branding ini lebih ke Personality ya.. artinya jika itu berupa perusahaan, ya itu mencerminkan identitas dari perusahaan tersebut, sebut aja "NAMA", "Logo" dan bahkan ICON mereka...


Jika lebih ke personal, ya berarti itu "KAMU SEBAGAI BRANDINGNYA" orang udah enjoy dengan pembawaanmu, bagaimana kamu menyampaikan, bagaimana LOOKING nya kamu... 




Jadi saya rangkum menjadi 2 hal itu dari pengamatan dan pendalaman saya selama ini..

Kesimpulan saya, hal itu berlaku juga untuk BLOG, tidak hanya YOUTUBE. 



Dari mana saja sih Sumber Traffic Channel Youtube kita?



Sebagai seorang youtube kreator, kalian pasti sudah tidak asing dengan Youtube Creator Studio, pada bagian analisa -> jangkauan.. disana ada data analisa sumber traffic, yang biasanya seperti ini :


sumber traffic youtube

Mari kita mempelajari data yang ditampilkan pada bagan analisa Creator Studionya milik youtube, terutama pada bagian JENIS SUMBER TRAFFIC / Kunjungan.


Studi kasus itu menggunakan channel saya yang sudah cukup merata untuk sumber trafficnya, walaupun Rekomendasi Video masih di rangking kedua.. tetapi mengingat Channel saya buakn channel Khusus / Stu NICHE, maka saya anggap itu wajar, ranking pertamanya adalah peneulusan YOUTUBE.


Penelusuran Youtube

 

Ini merupakan Penelusuran Internal, kalo saya sebut diatas itu adalah Poin pertama / SEO, tetapi bukan eksternal Youtube.. ini SEARCH ENGINE internal yang ditanamkan pada Youtube.

 

Ketika Orang mencari tahu tentang sesuatu, si ENGINE yang telah tertanam AI tersebut akan mencari dari Jutaan VIDEO tetapi tetap akan di Utamakan sesuai dengan Bahasa dan Demografi / tempat orang yang mencari..

 

Misalnya di Indonesia, maka yang diberikan posisi / prioritas adalah video dengan bahasa indonesia, jika tidak diketemukan, maka akan diberikan hasil video luar negeri.

 

Tetapi bisa saja, posisi video luar negeri itu menjadi rekomendasi atau hasil teratas, karena berbagai faktor seperti jumlah dukungan dan interaksi.

 

Saya tau, AI itu mencoba untuk memberikan hasil terbaik, sehingga tidak hanya berkutat pada 1 faktor aja, semisal demografi... Tetapi, berbeda jika si USER Pencari menambahkan Tempat spesifik.

 

Contoh : Cara memperbaiki Printer di Semarang

 

Misal seperti itu, maka itu bisa menyingkirkan jutaan hasil penelusuran lainnya dan fokus ke demografi dalam hal ini penduduk semarang... 



Rekomendasi Video

 

Rekomendasi video ini berkaitan dengan Relvansi / Related tadi, jadi ketika kamu fokus ke satu nihe video, maka itu akan memperkuat Channel kamu di bagian Rekomendasi Video.

Banyak hal ini saya amati dari channel channel besar, terutama saya amati ketika ia baru mulai.. artinya masih belum terbentuk untuk BRANDINGnya.

Orang masih belum terlalu mengenal anda, tetapi setelah mengenal maka "It's a MAGIC"

 

Para pakar memang menyarankan hal ini agar channel setidaknya dapat segera mendapatkan attensi atau perhatian.

 

 

 

Eksternal

 

Pada bagian eksternal in merupakan sumber traffic yang berasal dari luar youtube, tetapi masih dikenali alias tidak disembunyikan.. karena nanti ada bagian "lainnya" lagi, artinya yang tidak terdeteksi sumbernya, atau tidak dikenali.

 

Jika bermain VPN, hal ini bisa aja terjadi, karena tidak diketahui asalnya darimana, dan langsung aja point ke alamat video youtube.

 

Beberapa sumber yang dapat dikenali adalah mesin pencari seperti Google Search, Bing Search dan beberapa situs yang terverifikasi kepemilikannya.. itu bisa masuk kedalam eksternal traffic ini.

 

Penyematan video pada sebuah web, juga termasuk dalam kategori ini, misalnya saya di blog rahmancyber.net ini menyematkan sebuah video dalam bahasan / artikel tertentu, dan pembaca artikel memutar video dan mengarah langsung ke youtube, maka itu akan dideteksi bahwa traffic berasal dari RAHMANCYBER.NET

 

 


Fitur Jelajah

 

Fitur Jelajah ini adalah fitur yang diberikan youtube untuk mempermudah penonton menuju ke video yang direkomendasikan kreator video, contohnya seperti, "Halaman Beranda", "Feed Subscibtion" "Layar Akhir" maupun "Kartu"

 

Ini biasanya nilainya tinggi ketika, video di channel kamu itu ber series, atau dalam bentuk EPISODE, misalnya kartun, komik dan film film pendek.. karena orang cenderung Linear jika suda suka terhadap sesuatu... :) - inilah Magic dari Layar Akhir akan bekerja..

 

Ia, bakalan nonton lagi dan lagi... kalo udah bosen... "cenderung akan berubah dinamis lagi" mencari lagi lainnya... atau nuansa baru.. makannya di Youtube ini begitu dinamis, kadang ada yang bahasan ini naik, lalu turun, yang lain naik, turun lagi.. begitulah seterusnya..

 

Beberapa kreator membenci metode Personalisasi yang sekarang ini diterapkan, artinya itu membuat penonton itu memiliki rekomendasi video berdasarkan minat mereka.. bisa berbeda beda, antara pengguna satu dengan lainnya, padahal dengan kata kunci yang sama. Tapi menurut saya sih itu tidak begitu berarti... karena pada kenyataannya "Penonton" banyak menjadikan ini sebagai hiburan semata.


Saya sarankan utuk anda, jangan tergiur dengan ISU POLITIK yang ada di Youtube, cukup sekedar tau aja, jangan jadikan itu sebagai pemutus silaturahim.. RUGI KAU RUGI, MEREKA KETAWA, KAU MENANGIS

 


 

 

Fitur Youtube Lainnya

 

Kalo ini merupakan fitur, menandakan traffic berasal dari dashboard youtube kamu sendiri, atau kamu nonton video dari channelmu sendiri.. atau dari promosi partner youtube, misalnya kamu mengiklankan video kamu di Youtube... kwkwkwkwk...


Lucu sebenarnya, Tapi bisa aja kok digunakan.. :) untuk hasilnya apakah 50:50 atau bak buk, enggak tau juga sih.. :), mungkin orang yang main ads untuk ngiklanin video youtube itu mencari negara dengan CPC Rendah, tapi bukannya nanti dapetnya hasil juga rendah ya... wkwkwk


Bentar! jangan salah, kalo ini diterapkan dengan tepat, ini bisa jadi kombo yang luar biasa..

Misal anda jualan produk ( Soft Selling ), dengan membuat channel youtube, dipasangin adsense youtube, lalu iklan di youtube... setidaknya kamu dapat balik modal iklan dah.. :) tetapi orang menjadi lebih cepat mengenal produkmu.. wkwkwk

 


 

Lainnya


Ini bisa berarti dari sumber yang tidak diketahui, atau bisa juga dari SHORT Video, Playlist yang kamu buat, termasuk notifikasi

 




Kesimpulan


Itulah beberapa Sumber Traffic Youtube yang mungkin kita jarang ngeh.. tetapi kalo kita perhatikan dengan seksama, itu bisa menjadi evaluasi channel kita yang powerful.

2 Ranking diatas menandakan Channel Youtube kamu dalam keadaan baik ketika dominan.. entah di penulusuran maupun rekomendasi.. 


Jika paling banyak rekomendasi, berarti channel kamu cukup diperhitungkan...


Kalo yang paling banyak malah Lainnya... hmmm.. perlu instropeksi sepertinya, dari mana dan apa yang kamu lakukan... :)

 

Bonus :

 

google search


 

Itu beberapa keterang rinci, terhadap Sumber Eksternal, yang ternyata sumber eksternal terbanyak ada di GOOGLE SEARCH :) , berarti SEO Working! 


Kamu juga bisa ngeliat rincian data lainnya... di bagian analysa Traffic lebih rinci, sehingga kamu bisa menentukan planing untuk video Selanjutnya :)


Bagaimana agar direkomendasikan?


semakin banyak orang nonton, semakin direkomendasikan, semakin rajin upload, semakin banyak direkomendasikan, semakin baik kualitas video, penonton senang, ratensi naik = direkomendasikan..




Sekian Sobat Raccy! Moga ada manfaatnya.. 




F.N.A-RED




 






Posting Komentar


Whatsapp Button works on Mobile Device only