4/18/2021

Cara Mengatur Jumlah Iklan Auto Ads Google Adsense

RahmanCyber.NET | Tutorial Blogger - Iklan Otomatis / Auto-Ads merupakan salah satu fitur ads terbaru dari Google Adsense untuk mempermudah publisher mendapatkan penghasilan yang maksimal.


Semenjak diluncurkannya pada bulan Maret 2018, Auto Ads ini dirasa merupakan cara paling simple untuk memasang iklan. Kenapa? karena udah ada AI yang mengaturnya, jadi kita tidak perlu menata lagi untuk iklan unit seperti biasanya.

Keren ya, bahkan untuk tampilan mobile pun, si AI udah sangat pintar untuk menempatkan iklannya.


lalu, kalo sudah memasang iklan unit sebelumnya bagaimana? tidak perlu risau, karena hal itu tidak masalah, karena si Iklan Auto itu akan menyesuaikan.

Misalnya kamu membatasi iklan auto menampilkan hanya 6 unit iklan maksimal, maka... jika di website sudah kamu pasang 2 unit iklan secara manual, berarti tugas si AI adalah memasang sisanya.. tinggal menyesuaikan aja dimana iklan ditempatkan.

Beberapa format iklan tersedia di auto-ads  
( In-page ads, Matched Content, Anchor Ads, Vignette ads, Widescreen )


Manfaat Auto-Ads


Manfaat iklan Otomatis meliputi:

  • Berpotensi meningkatkan pendapatan Anda. Iklan Otomatis menganalisis halaman Anda dan menemukan tempat baru untuk menampilkan iklan berdasarkan tata letak, konten, dan iklan Google yang ada.
  • Mudah digunakan. Anda hanya perlu menempatkan satu kode iklan untuk memulai. Setelah Anda menempatkan kode, iklan Otomatis akan secara otomatis menyesuaikan dengan perubahan apa pun yang Anda buat pada situs dan setelan iklan Anda.
  • Memungkinkan Anda menyesuaikan iklan dengan situs yang anda miliki. Setelan iklan Otomatis memberi Anda kontrol atas tempat munculnya iklan di situs Anda.
  • Ramah seluler / tampilan mobile. Iklan Otomatis secara otomatis menyesuaikan dengan setiap ukuran layar. Mereka juga menyertakan format khusus seluler seperti iklan tetap dan vinyet.




Cara kerja iklan Otomatis / Auto-Ads


Iklan Otomatis menggunakan teknologi pintar Google (AI = Artificial Intelligence / Kecerdasan Buatan) untuk:

  • Memahami struktur halaman Anda
  • Mendeteksi iklan Google yang ada di halaman Anda. (Perhatikan bahwa kami tidak dapat mendeteksi iklan dari jaringan iklan lain.)
  • Menempatkan iklan baru secara otomatis berdasarkan elemen yang berbeda seperti tata letak halaman Anda, jumlah konten pada halaman Anda, dan iklan Google Anda yang ada. Terkadang, iklan Otomatis dapat menempatkan dua iklan di samping satu sama lain (terlepas dari asal jaringan iklan tersebut).
  • Jika Anda membuat perubahan pada situs Anda, google adsense akan mendeteksinya dan menganalisis ulang halaman Anda



Bagaimana Cara Memasang Auto-Ads Google Adsense?


Cara Memasangnya Mudah sebenarnya mudah, pastikan kamu situs yang udah diterima adsense.. ^_^ ya kalo enggak, mana bisa masuk ke dashboard adsense... wkwkwk


anggap aja anda sudah punya minimal satu situs terdaftar dan approve, lalu silahkan pergi ke dashboard google adsense.. https://www.google.com/adsense/new


Pada bagian menu Ads, pilih sub menu Overview lalu klik tombol Get Code, silahkan anda Copy kodenya, dengan menekan tombol Copy Code Snippet

Seperti ini contoh gambarnya...


auto ads


itu contoh tombolnya... klik aja, maka akan muncul ginian..


Get Code Auto Ads


Setelah Kau, Kamu, Anda... Copy Code Snipper, maka langkah selanjutnya tinggal meletakkan kode tersebut, tepat dibawah <head> pada Edit HTML yang ada di Blogger. ( kalo belum tau cara menuju edit html di tampilan google terbaru, klik aja ini.. )


Kalo udah, Simpan.


Tunggu beberapa saat, biasanya akan masuk dalam proses penyesuaian.

 

*Pastikan kau letakkan kode tu ke website yang Google Adsense Approve... kenapa? agar nampil tu iklan di websaite kau.


:)



A FEW Hours Later.. you try to open your site on your phone...


Lhoh... bang, kok ini nampil iklannya banyak amattt... sampai sampai tulisannya gak fokus.. :)


Maka dari itulah Tutorial ini dibuka.. eh dibuat... Untuk memberi tahu anda bahwa Auto Ads / Iklan Otomatis Google Ads itu bisa diatur jumlah tampilan iklannya..


Nah, jadi ini membantah pernyataan saya sebelumnya jika Auto Ads itu kekurangannya Iklannya bejibun... atau buanyak...


Ternyata setelah saya ubek ubek Google Adsensenya, saya menemukan cara untuk pengaturan jumlah iklan tampil.




Cara Membatasi Jumlah Iklan yang Nampil di Auto-Ads / Iklan Otomatis Google Adsense



Sebelumnya, silahkan anda Ambil segelas Air putih dulu... lalu silahkan minum.. karena Air Putih ternyata bagus untuk kesehatan tubuh..  :)


Lanjut!


1. Silahkan kalo sudah, anda bisa langsung menuju ke Dashboard Google Adsense Anda

 

2. Klik menu Ads, lalu Sub menu Overview, setelah itu Pilih Edit yang dilambangkan icon Pensil pada Situs yang dipilih. ( Ini saya setting bahasa inggris, untuk bahasa indonesia sama letakknya.. cuman bahasanya aja yang di translate.. :) )

 

Auto Ads setting 

 

3. Setelah itu anda akan berada pada settingan / tempat pengaturan Auto-Ads untuk situs website / domain yang dipilih...


Auto-Ads Setting on Domain

4. Pada Bagian yang saya lingkari itulah, tempat anda mengatur berapa banyak Iklan yang akan tampil, kalau Kalian geser panelnya ke kiri (min) maka akan mengurangi nilai jumlah iklan yang tampil, sedangkan kalau ke kanan (max) maka akan menambah nilai jumlah iklan auto ads yang akan ditampilkan di situs anda semuanya.. :) , tapi khusus domain itu aja, artinya yang lain enggak terpengaruh.


Kalo Anda Geser panelnya, maka akan muncul Preview beserta keterangan jumlah iklannya.. :)




preview jumlah auto ads



5. Kalau dirasa sudah selesai, maka anda bisa langsung tekan tombol Apply to Site, artinya pengaturan itu akan diterapkan di website anda dalam beberapa menit kemudian.



Selesai deh...


Itulah cara mengatur minimal dan maksimal jumlah iklan auto ads google adsense di web blog kita...



Kesimpulan dan Tambahan

 

Iklan otomatis google adsense memang membantu kita menampilkan iklan tanpa perlu memikirkan peletakan, ukuran iklan, jenis iklan... pokoknya serba otomatis, seperti halnya iklan dengan jenis full, yang kadang muncul pada waktu tertentu... itu yang menjadi favorit saya kalo di mobile phone.. :) kadang ada yang jadinya ngeklik.. hehe, soalnya kan FULL Layar, kalo mau lanjut, tinggal klik tombol close pada iklan.. kalo enggak pas, pengunjung jadi ngeklik iklan.. ^_^ jahat ya saya... 

 

tapi ya.. itu kan auto.. berarti tidak melanggar kebijakan google adsense dong.. lha wong yang menyediakan aja google adsense sendiri.. :) makannya ini jadi favorit saya

 

 

Bagaimana pendapat anda?

 

Oh iya, tambahan.. dengan auto ads di website anda, berarti anda kan udah gak pusing mikirin peletakan, karena udah diatur dalam pengoptimalannya.. jadi anda sekarang bisa fokus ke.........

Bagian BLOKIR IKLAN... :) yup! kalian bisa Block iklan yang Gak Relevan / yang menyebalkan..

Sehingga nantinya iklan yang nampil di website kamu, adalah iklan iklan yang udah kamu REVIEW... 



Moga Pembahasan tentang Google Adsense, bermanfaat untuk sesama Publisher.. Semangat!





F.N.A-RED






Posting Komentar

Follow by Email



Semenjak saya F.N.A-RED mendirikan RahmanCyber ini tahun 2008, saya mendedikasikan situs ini untuk memberikan edukasi dan artikel pengetahuan secara GRATIS, sobat tidak dibebankan Biaya langganan maupun Pembelian Hak Akses untuk dapat menikmati Artikel yang kami sediakan di RahmanCyber. Saya juga tidak berniat menjadikan RahmanCyber untuk model langganan dengan membayar Hak Akses. Semua Pemasukan untuk Mendukung Pemeliharaan Situs dari Iklan dan link affiliasi yang kami tanam di beberapa artikel ( Kami tidak menutupi hal ini, agar semua jelas tidak ada yang disembunyikan dan tidak manipulatif )
Ya, kita punya channel Youtube, tetapi fungsinya memang untuk mendukung penyampaian materi di Blog, sehingga memang untuk kontennya Campuran dan tidak berdasarkan Nice. Tekan aja gambar dibawah ini untuk melakukan subscribe ke channel kita
Image
Jika kalian tertarik untuk bergabung dalam jurnal perjalanan kita, silahkan...
Ada 2 tipe website yang ber ekstensi RahmanCyber.NET,

1. Website Bagian yang merupakan layanan kita untuk fokus materi tertentu maupun berupa produk terpisah yang berbeda untuk konsep dari Website Induk RahmanCyber.NET, tetapi selama ber ekstensi .rahmancyber.net, itu adalah Website Resmi dari kita. Informasi ini juga tercantum dalam Fanpage RAHMANCYBER di Facebook yang linknya tertaut di website utama ini, sehingga hal ini untuk meminimalisir adanya penipuan dari pihak yang tidak bertanggung jawab
2. Website Rekanan yang dikelola oleh Kontributor, sehingga kadang memiliki nama personal, yang bertujuan untuk menampilkan Iklan di web, sehingga dengan menggunakan ekstensi .rahmancyber.net, bisa ikut menampilkan iklan sebagai monetisasi untuk websitenya ( Bagaimana cara bergabung agar website saya bisa menampilkan iklan dan mendapat penghasilan? maaf, ini terbatas dan saya tidak membukanya untuk umum )

Disini kita berusaha untuk memberikan konten yang kredibel dan tidak semata mata untuk mengejar traffic dan penghasilan, ( RahmanCyber lebih condong ke "Pengetahuan" )

Whatsapp Button works on Mobile Device only