7/06/2012

Mengenal Blender 3D sebagai Tool Handal dalam Membuat Karya 3D


Mengenal lebih Blender 3D Sebelum belajar lebih dalam itu lebih baik. 

Sejarah Blender 3D dan Pengenalan lainnya..
Jatah posting, tetapi ngeburu bus AC Tarif Biasa di semarang, jadi pending deh, tapi ini tak lanjut aja deh ngetik di bus. Ga' pake laptop(maklum blm punya) tapi pake hape kesayangan..Pasti pada ngira,ngetik pake hape android ya...Salah, ni ane ngetik pake hape Nokia 3660...Kaget? Biasa aja...Maklum punyanya baru itu, mau mikir beli hape baru...Nanti dulu,mikir ngumpulin uang buat kuliah dulu...Sudah 1 tahun semenjak lulus smk dan langsung kerja kerja sebagai Editor di UNISSULA Semarang,ampe skrg ane masih belum kuliah, bekerja merupakan pilihan terbaik untukku saat ini, ya semoga bisa nyambi kuliah.

Langsung aja ke topik...Mengenal Blender 3D lebih dalam.
sebelum kita memakai sebuah software, tentu sebagai pemakai yg berkomitmen untuk bisa software tersebut,kita kenal dulu lebih dalam, dari sejarah adanya software itu, sampai trik-trik lanjutan.
Tidak mungkin bukan,kita memakai software tanpa tahu asal muasalnya.
Begitupun juga blender 3d ini. Ane baru ingat, setahun yang lalu sebelum wisuda di smk ane (SMK Negeri 11 Semarang) denger guru ane bincang-bincang tentang blender. Berkali-kali ane denger itu, sampai-sampai ane berfikiran "guru2 multimedia mau ganti profesi jadi koki nih, bicaranya mengenai blender terus" ha..ha..ha,
tapi tak sengaja saat ane njelajah alias browsing, ketemu sama situs http://blender.org,
mengejutkan sekali,ternyata jawaban slama ini kutemukan. ane membaca baca lama sekali di situs itu, sampai-sampai petugas ICT disekolahku bilang "dhek, udah jam setengah 6 sore, ayo pulang..."
wah ngga' kerasa, di sekelilingku udah lengang. Tapi dapet ilmu...
Mulai saat itulah
ane kenal blender sebagai software pembuat 3D Object.Saat itu blender baru release versi 2. Apalagi gelar sebagai software 3D opensource/gratis pertama dan terbaik sampai saat ini. Dan support forumnya pun udah banyak. Kalau dilihat karya-karya yang dihasilkan para desainer blender tidak kalah saing dengan software 3D berbayar sekelas 3D max, Maya. Tetapi
Walau demikian ane sampai sekarang belum klop sama blender. Untuk membuat karya 3D ane masih pakai 3D Studio Max(di tempat kerja ane) Padahal ada yang pake blender juga lho di Tempat kerja ane. kalau mau lihat karya yang udah ane hasilkan, silahkan klik bagian portofolio di menu bar rahmancyber .

Mengenal Blender 3D


Sejarah atau Awalmula Software Blender 3D ini. berawal dari seorang penemunya yang bernama Ton Roosendaal, Tahun 1988 ia merupakan pendiri the Dutch animation studio NeoGeo. Studio ini sangat cepat berkembang menjadi Perusahaan 3D animasi terbesar di Netherland. Saat itu Tom bertanggung jawab mengarahkan unsur seni dan pengembangan software. Pihak Internal termasuk Tom pun bermusyawarah atau rapat yang menghasilkan bahwa program 3D yang sekarang digunakan harus di tulis ulang kembali. Sehingga tahun 1995 program itu ditulis ulang kembali dan bernama Blender seperti yang kita tahu sekarang ini. dan mungkin adal muasal nama blender dari Penulisan Ulang itu. 

 Lalu pada tahun 1998, Ton mendirikan perusahaan baru yang bernama Not a Number (NaN). Dengan tujuan memasarkan dan mengembangkan blender lebih lanjut.

Tahun 2000, NaN dibiayai oleh Investor,dengan tujuan utamanya untuk menghasilkan program gratis untuk konten 3D interaktif dan Program komersilnya. Namun tahun 2002 Investor itu menutup kontribusinya. Tetapi hal itu tidak bisa diterima dengan mudah oleh komunitas pengguna, mereka tidak ingin Blender menghilang.
Mei 2002, Ton memulai "Blender Foundantion" Yayasan Nirlaba dengan tujuan mempromosikan Blender sebagai proyek Open Source.

Oktober 2002, Blender dirilis pertama kalinya dengan ketentuan GNU(General Public License)
Sejak saat itulah muncul relawan-relawan yang turut ikut membantu mengembangkan Blender yang berasal dari seluruh penjuru dunia.  Hingga sekarang ini Blender tetap jaya. Dengan menghasilkan berbagai proyek 3D Movie yang ditujukan untuk penggalangan dana foundation. Telah banyak karya Professional yang dihasilkan hanya dengan Blender. Beberapa proyeknya antara lain : Pembuatan Movie "Elephant Dream",Pembuatan Peach "Big Buck Bunny", Pembuatan Game  "YoFrankie!" 2008, Film Pendek "Sintel" 2010.


Juli 2009, Ton Mendapatkan Penghargaan Doktor Kehormatan di bidang Teknologi dan Leeds Metropolitan University untuk berbagai kontribusinya di industri kreatif.









RahmanCyber Tutorial
Redaksi yang menulis berbagai Tutorial Berguna
http://www.rahmancyber.net
Facebook : /rahmancyber | Twitter : @RahmancyberNet



Advertisement
RahmanCyber Network merupakan sumber beragam informasi seputar Tips dan Trik, berbagai Info Terkini, dan Pengetahuan lainnya | Selamat datang di http://rahmancyber.net | Semoga yang kita sajikan pada situs ini bisa bermanfaat bagi para pembaca... ini channel youtube kita https://www.youtube.com/channel/UCR-cTDMxvNGfojd-1J3Rz2A? Jangan lupa... like and subscribenya ya.. hehe


Sponsor Rahmancyber Network





Post a Comment

Berilah Komentar di sini, Harap Jangan Nyepam ya...

Rahmancyber Network

...
Berikut ini merupakan Bagian dari Rahmancyber Network

Whatsapp Button works on Mobile Device only