Mengenal Blender 3D sebagai Tool Handal dalam Membuat Karya 3D

blender 3d jaman dulu




Mengenal lebih Blender 3D Sebelum belajar lebih dalam itu lebih baik. 
 
 


Muqoddimah

 
 
 
Jatah posting, tetapi ngeburu bus AC Tarif Biasa di semarang, jadi pending deh, tapi ini tak lanjut aja deh ngetik di bus. Ga' pake laptop(maklum blm punya) tapi pake hape kesayangan..Pasti pada ngira,ngetik pake hape android ya...Salah, ni ane ngetik pake hape Nokia 3660...Kaget? 
 
 
 
Biasa aja...Maklum punyanya baru itu, mau mikir beli hape baru...Nanti dulu,mikir ngumpulin uang buat kuliah dulu...Sudah 1 tahun semenjak lulus smk dan langsung kerja kerja sebagai Editor di UNISSULA Semarang, ampe skrg ane masih belum kuliah, bekerja merupakan pilihan terbaik untukku saat ini, ya semoga bisa nyambi kuliah.
 
 

Tampilan Blender 3D 2012

 
 
Langsung aja ke topik...Mengenal Blender 3D lebih dalam.
sebelum kita memakai sebuah software, tentu sebagai pemakai yg berkomitmen untuk bisa software tersebut,kita kenal dulu lebih dalam, dari sejarah adanya software itu, sampai trik-trik lanjutan.
Tidak mungkin bukan,kita memakai software tanpa tahu asal muasalnya.
 
 
 
Begitupun juga blender 3d ini. Ane baru ingat, setahun yang lalu sebelum wisuda di smk ane (SMK Negeri 11 Semarang) denger guru ane bincang-bincang tentang blender. Berkali-kali ane denger itu, sampai-sampai ane berfikiran "guru2 multimedia mau ganti profesi jadi koki nih, bicaranya mengenai blender terus" ha..ha..ha,
 
 
tapi tak sengaja saat ane njelajah alias browsing, ketemu sama situs http://blender.org,
mengejutkan sekali,ternyata jawaban slama ini kutemukan. ane membaca baca lama sekali di situs itu, sampai-sampai petugas ICT disekolahku bilang "dhek, udah jam setengah 6 sore, ayo pulang..."
wah ngga' kerasa, di sekelilingku udah lengang. Tapi dapet ilmu...
 
 
 
Mulai saat itulah
ane kenal blender sebagai software pembuat 3D Object.Saat itu blender baru release versi 2. Apalagi gelar sebagai software 3D opensource/gratis pertama dan terbaik sampai saat ini. Dan support forumnya pun udah banyak. Kalau dilihat karya-karya yang dihasilkan para desainer blender tidak kalah saing dengan software 3D berbayar sekelas 3D max, Maya. Tetapi
Walau demikian ane sampai sekarang belum klop sama blender. Untuk membuat karya 3D ane masih pakai 3D Studio Max(di tempat kerja ane) Padahal ada yang pake blender juga lho di Tempat kerja ane. kalau mau lihat karya yang udah ane hasilkan, silahkan klik bagian portofolio di menu bar rahmancyber .
 
 
 
 
Update!
 
Astaga, panjang banget saya tulis muqodimahnya long time ago... Hey my self!
 
 
Sekarang kita coba lebih fokus ya..
 
 
 

Apa sih itu Blender 3D?

 
 
 
Blender 3D Merupakan Software yang pada awalnya fokus ke 3D Modeling dan Animasi, tetapi seiring berjalannya waktu, blender 3D ini memiliki fitur yang lengkap, lebih dari sekedar 3D Modeling dan Animasi, disini bahkan kita sudah bisa melakukan Sculp / Pahatan langsung, bahkan melakukan pengeditan video ringan sekalipun.
 
Tetapi intinya, Blender 3D ini memiliki Core sebagai Software Open Source / Gratis yang dikembangkan Komunitas, untuk menghasilkan Produk - Produk 3D untuk beragam keperluan, ( Model, Animation, Advertising, Learning and Education, Simulation dan Banyak banget! bahkan sebagai pendukung VFX jika dikolaborasikan dengan Editing Video, dimana nantinya mengarah ke FILM Fiksi ( Karena VFX ) kebanyakan tidak nyata alias sebenarnya di dunia nyata manusia tidak bisa mengeluarkan kame hame ha! hehe




 
 
 
 
 

Sejarah Blender 3D dan Pengenalan...

 

 

LOGO BLENDER 3D 2012

Ton RoosendaalSejarah atau Awalmula Software Blender 3D ini. berawal dari seorang penemunya yang bernama Ton Roosendaal, Tahun 1988 ia merupakan pendiri the Dutch animation studio NeoGeo. Studio ini sangat cepat berkembang menjadi Perusahaan 3D animasi terbesar di Netherland. Saat itu Tom bertanggung jawab mengarahkan unsur seni dan pengembangan software. 
 
 
 
 
 
 
 
Pihak Internal termasuk Tom pun bermusyawarah atau rapat yang menghasilkan bahwa program 3D yang sekarang digunakan harus di tulis ulang kembali. Sehingga tahun 1995 program itu ditulis ulang kembali dan bernama Blender seperti yang kita tahu sekarang ini. dan mungkin adal muasal nama blender dari Penulisan Ulang itu. 
 
 

 Lalu pada tahun 1998, Ton mendirikan perusahaan baru yang bernama Not a Number (NaN). Dengan tujuan memasarkan dan mengembangkan blender lebih lanjut.
 
 

Tahun 2000, NaN dibiayai oleh Investor,dengan tujuan utamanya untuk menghasilkan program gratis untuk konten 3D interaktif dan Program komersilnya. Namun tahun 2002 Investor itu menutup kontribusinya. Tetapi hal itu tidak bisa diterima dengan mudah oleh komunitas pengguna, mereka tidak ingin Blender menghilang.
 
 
 
BLENDER 3D Splash Screen 2012

 
 
 
Mei 2002, Ton memulai "Blender Foundantion" Yayasan Nirlaba dengan tujuan mempromosikan Blender sebagai proyek Open Source.
 


Oktober 2002, Blender dirilis pertama kalinya dengan ketentuan GNU(General Public License)
Sejak saat itulah muncul relawan-relawan yang turut ikut membantu mengembangkan Blender yang berasal dari seluruh penjuru dunia.  Hingga sekarang ini Blender tetap jaya. 
 
 
Dengan menghasilkan berbagai proyek 3D Movie yang ditujukan untuk penggalangan dana foundation. Telah banyak karya Professional yang dihasilkan hanya dengan Blender. Beberapa proyeknya antara lain : Pembuatan Movie "Elephant Dream",Pembuatan Peach "Big Buck Bunny", Pembuatan Game  "YoFrankie!" 2008, Film Pendek "Sintel" 2010.



Juli 2009, Ton Mendapatkan Penghargaan Doktor Kehormatan di bidang Teknologi dan Leeds Metropolitan University untuk berbagai kontribusinya di industri kreatif.
 
 


Blender 3D Article Update* 2019


 

Dan sekarang tahun 2019 ini Blender sudah mencapai Versi 2.8, wow.. walau sekarang aku udah jarang pake sih, soalnya banyak banget kerjaannya, ada kerjaan rutin, kerjaan ngeblog, bisnis desain dan banyak lagi deh.. kalau mau ngutek 3D blum bisa ngeluangin waktu.. soalnya lama dan belum punya hasil Blog dan Youtube yang maksimal hehe buat backup dana bulanan.. ^_^


blender 3d 2.8


Ruang Kerja Baru


Yey! Template dan ruang kerja memungkinkan kita memulai dengan cepat tugas-tugas seperti memahat, melukis tekstur, atau pelacakan gerak. Ruang kerja ini dapat disesuaikan untuk menciptakan lingkungan kerja kita sendiri yang efisien. 


Apa yang Kita Lihat Adalah Yang Kita Butuhkan


Berkat viewport 3D modern baru, Kita akan dapat menampilkan pemandangan yang dioptimalkan untuk tugas yang kita sedang lakukan. 

 Mesin render Workbench baru dirancang untuk menyelesaikan pekerjaan di area pandang, mendukung tugas seperti tata letak pemandangan, pemodelan, dan pemahatan. Engine juga memiliki fitur overlay, memberikan kontrol yang baik atas utilitas mana yang terlihat di atas render.

Overlay juga berfungsi di atas pratinjau render Eevee dan Cycles, sehingga kita dapat mengedit dan melukis pemandangan dengan bayangan penuh. 

 

dev color view 2.8

color view 2.8

wireframe view 2.8

 

Demo Blender 2.80


Berikut ini merupakan demo blender 2.80 yang merupakan peningkatan versi sebelumnya 2.79




Bisa dilihat untuk catatan rilis yang lebih lengkap dari blender.org langsung, Release Note Blender 2.80




Blender 3D Article Update* 2021


Perkembangan yang sangat pesat! pada tahun ini, Blender 3D sudah mencapai versi 2.93.1, anda bisa download Blender Terbaru 2.93 dengan LTS/Long Term Support disini.


Blender 2.93 Show Reel

 

Ini Showcase Blender terbaru 2.93, silahkan tonton.


 

 

 

Penjelasan Fitur Blender 2.93 Hanya dalam Waktu 5 Menit!

 

 

Bagi yang penasaran tentang Highlighnya, silahkan tonton videonya.

 

 


 

 

 

 

22 Node Baru pada Editor Geometry Nodes

 

Yup! Sebanyak 22 node baru ditambahkan ke editor Geometry Nodes yang memperluas sistem atribut, tekstur pengambilan sampel, dukungan untuk data volume, peningkatan kegunaan, primitif mesh, dukungan Siklus untuk atribut, dan banyak lagi. 

 

Download Geometry Nodes disini


NODE BARU 2.93


SCULPT EXPAND

 

Versi ini, sudah mempermudah dalam membuat, mengubah, dan memperluas mask atau face set ketika kita melakukan sculp / memahat

 

sculpt

 

 

anda bisa melihat selengkapnya di Blender Release Note 2.93 LTS disini



Menakjubkan, saya juga perlu nih belajar lagi untuk update beberapa fungsi terbaru di Blender! karena sekarang, software gratis ini telah cukup jadi andalan bagi banyak Studio Studio Animasi dalam membuat karya 3D.





See Ya!











RahmanCyber Tutorial
Redaksi yang menulis berbagai Tutorial Berguna
http://www.rahmancyber.net
Facebook : /rahmancyber | Twitter : @RahmancyberNet



Posting Komentar

Untuk posting kode, bisa di parse dulu gan, pake tool parse yang udah disediakan di website ini https://www.rahmancyber.net/p/parse-code.html

agar kodenya tidak hilang... ^_^

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال