5/31/2021

Guest Posting dan UGC itu Bagus untuk Tingkatkan Authority Blog / Website

Guest Posting merupakan topik yang sebenarnya sudah ada sejak lama di dunia blog, mungkin juga sudah banyak sekali berserakan tentang pemahaman para blogger tentang hal ini, Selain Blog Walking juga... yang merupakan sarana untuk membangun relasi antar blogger blogger, entah itu di Indonesia maupun di Luar Negeri.

 

 

Guest Post

 

 


Karena dengan interaksi itulah, kegiatan blogging menjadi lebih hidup.

 

 

Oke, Guest Posting, Baik Sih untuk meningkatkan Authority... tapi, Usahakan itu jangan di posting Ulang di Blog.... Agar tidak meningkatkan Spam Score karena konten berulang... :) Bukankah sebenarnya Fungsi dari Guest Posting itu memperkenalkan Profil kita di Pengunjung suatu Blog tempat kita Guest Posting bukan? Kalau tulisan Bagus, bukannya akan ada yang melirik ke Profil yang kita sematkan...

 

 

 

Apa itu Guest Post

 

 

 

Guest artinya Tamu, sedangkan Post berarti posting, secara gamblangnya dari pemahaman saya sih berarti Postingan yang berasal dari Tamu / Pengunjung Blog / bukan dari Kalangan sendiri ( Pemilik Blog, Karyawan Kontrak, Karyawan Tetap Resmi). 


Ketika sebuah website menerima Guest Post, berarti pengunjung bisa membuat artikel untuk di posting di website tersebut. Tentu biasanya berdasarkan syarat dan ketentuan yang berlaku di Website tersebut.


Misalnya pengunjung yang ingin mempublikasikan artikelnya di suatu website, boleh untuk memberikan tautan yang akan menuju ke websitenya sebagai imbalan.



Guest Post di Media Besar



Memang tidak semua media besar membuka peluang untuk menulis artikel di tempatnya ( Untuk menjaga Kredibilitas dari gaya kepenulisan dan ke - validan informasi, sehingga yang dapat menulis adalah kontributor resmi, 

 

 

tetapi bagi media besar yang menyediakan ruang untuk Pengunjung dapat membuat artikel di websitenya, sudah mengatur hal ini sedemikian rupa sehingga, pengunjung bisa berkontribusi lebih mudah dengan memperbolehkan pengunjung tersebut membuat halaman profil yang dapat meningkatkan kredibilitasnya ( dimana nantinya pada halaman profil tersebut akan memuat artikel artikel yang telah dibuat ),

 

 

tetapi sepanjang yang saya temui dari beberapa website tersebut ada audit, atau nanti artikel menunggu di moderasi dulu sebelum nantinya ditampilkan, jadi memang ada resiko penolakan, dengan pemberitahuan kesalahan atau hal yang perlu diperbaiki itu, sebelah mana.

 

 

Tetapi, karena terdapat proses seleksi artikel yang akan diterbitkan pun, kita juga bisa belajar banyak hal loh, terutama dalam membuat membuat artikel yang baik, bagaimana menyesuaikan dengan gaya penulisan dari pihak media yang kita tuju...  dan dengan kita membuat akun disana, sekaligus mempelajari "bagaimana sih memanajemen artikel", karena biasanya memang media besar telah memiliki role yang tertata rapi.... Terlebih karena memang memiliki banyak kontributor..

 


Selain itu Juga, kita tidak boleh sembarang menautkan link di artikel tersebut, karena sebenarnya tautan kita itu sudah ada di halaman profil yang dapat dijadikan sumber peningkatan authority website / blog yang kita kelola.


Oh iya, ada juga yang memisah dari domain utama ke sub domain khusus untuk artikel pengguna dalam hal ini adalah tamu...



Guest Post vs User - Generate Content (UGC)



Hmm, sebenarnya saya sendiri cenderung memahami keduanya tak jauh beda, artinya sama sama yang buat bukan pemilik blog, bukan kalangan sendiri... alias orang lain.


Tetapi kalau di pikir pikir lebih dalam, kalau Guest Hanya sekedar Tamu, artinya... tamu itu kan hanya berkunjung...sedangkan User berarti Pengguna, berarti kalau User Generate Content itu adalah konten yang dibuat oleh Pengguna dari Website tersebut.


Jadi selain pengguna bisa membaca artikel dari website yang bersangkutan, si pengguna juga bisa posting artikel.


Biasanya ada yang langsung jadi satu dengan domain utama, atau ada yang memang memiliki halaman khusus berupa sub domain, misalnya ada embel embel "Komunitas" nya.

 

Saya pernah baca - baca Peraturan Menteri Kominfo Nomor 5 Tahun 2020


Berikut ini salinan Peraturan Menteri Kominfo Nomor 5 Tahun 2020.  Coba kalian Unduh Peraturan Menteri Kominfo Nomor 5 Tahun 2020


Silahkan baca Bab 1 Pasal 1 Poin No. 7


PSE  Lingkup  Privat User  Generated  Content adalah  PSE Lingkup Privat yang penyediaan, penayangan, pengunggahan, dan/atau pertukaran Informasi Elektronik  dan/atau  Dokumen  Elektroniknya  dilakukan oleh Pengguna Sistem Elektronik.


Btw, tetapi diatas itu untuk nambah nambah literasi ya... ada banyak informasi tentang peraturan yang kalian bisa akses langsung ke website Kominfo..



Ok, fokus lagi ke pembahasan...



Lalu, apa bedanya Guest Post ama User-Generated Content / UGC? Kalau dari penelusuran saya sih, dengan mengamati beberapa web web di jagat maya, Kalo Guest Post erat kaitannya dengan Content Placement atau Bisa juga buat semacam Advertorial, sedangkan UGC sendiri adalah orang membuat akun di suatu website yang menyediakan fasilitas UGC, misalnya Komunitas.Namadomain.Com


Lalu, katakanlah kita buat akun nih... maka kita akan bisa menulis artikel / konten kita untuk ditampilkan di web induk atau yang modelnya sub domain khusus untuk menampung artikel UGC.


Beberapa memang kita diperbolehkan menaruh link, sebagai Imbalan udah menulis konten, sedangkan beberapa lainnya ada yang modelnya dibayar ketika artikel yang lolos audit diterbitkan sesuai dengan jumlah View yang didapat dari artikel tersebut. 

 

Model yang pernah saya coba adalah UCWEBMedia yang saat ini sudah ditutup untuk UGC nya, sehingga artikel saya disana mungkin juga sudah dihapus..., tapi saya belajar banyak disana ( seperti mentoring, bagaimana menjadi jurnalis... bahasa kerennya mungkin magang yak.. hehe, tapi tak resmi )


Jadi singkatnya, kita seperti kontributor lepas dengan bayaran sesuai dengan jumlah view yang ada...

 


Kalau dari saya pribadi sih, lebih memahami keduanya itu 11/12, artinya tidak jauh beda gan...


Guest Post / Content Placement ada yang gratis dan berbayar juga loh..


Artinya ketika pemilik web, biasanya dengan memiliki authority yang tinggi, biasanya diajak kerjasama untuk placement iklan.. dan kebanyakan hal itu dianggap Guest Post... padahal kan yang buatin artikel kita... kecuali kalau tinggal placement aja..


Kalau model demikian, saya lebih menganggapnya sebagai Advertorial, jadi semacam iklan... ketimbang Guest Post, dimana Guest Post itu artikel yang buat adalah tamu, jadi kita hanya Posting saja.




Manfaat Guest Post


Coba kita klasifikasikan jadi 2 ya, manfaat untuk Guest dan Manfaat bagi Owner Web..


Manfaat Guest Post Bagi Owner Web

 

  1. Lumayan menambah library konten
  2. Menambah Authority juga, ketika ada yang Guest Posting di Website kita, itu menandakan website kita diakui.
  3. Nambah Teman Juga, bahkan Relasi Bisnis, hanya dengan membuka Guest Posting
  4. Pemikiran Baru, walau dengan rule yang sama
  5. Pada kasus tertentu, kita juga bisa mendapatkan uang... dari mana? Yang masang iklan lah.. ( Cuman placement, kita tidak menulis sendiri, melainkan pihak pemasang yang menulis semuanya, paling hanya membenahi sedikit sedikit ) 
  6. Pada kasus tertentu, hal ini juga dapat Meningkatkan Ranking Kata Kunci
  7. Meningkatkan Penghasilan, jika website dipasang semacam iklan seperti adsense




Manfaat Guest Post Bagi Guest


   

  1. Nyatanya Guest Post dapat Meningkatkan Popularitas, KARENA ORANG JADI TAU SIAPA PENULISNYA. gitu deh
  2. Penulispun bisa mendapatkan Backlink Berkualitas, Karena biasanya orang yang mau guest posting udah cek dulu, dengan Tool yang pernah saya bahas sebelumnya, atau sejenisnya, apakah website tersebut memiliki DA/PA lebih tinggi dari kita, apakah spam scorenya masih tergolong sehat, lihat beberapa posting lain di dalamnya, apakah ada yang tidak sesuai.. jangan jangan ternyata malah tempat fitnah.. jadi perlu hati hati juga memilih tempat untuk Guest Posting.
  3. Karena tadi kita mendapatkan Backlink, maka berpeluang juga Meningkatkan DA - PA
  4. Bagi perusahaan, hal ini dapat Meningkatkan Brand Awareness, tetapi memang kalau masalah iklan, biasanya beda sih, lebih ke Konten Placement yang berbayar, dengan kepenulisan diserahkan ke pemilik blog... ( berarti bukan Guest Post )

  5. Katakanlah kita tidak mendapat backlink dofollow, atau hanya nofollow.. setidaknya ketika ada pengunjung membaca artikel kita dan tertarik, maka akan dapat Meningkatkan Pengunjung Website kita.





Bagaimana untuk Guest Post?


 

  1. Cari saja website yang membuka Guest Post di Web nya..
  2. Buatlah artikel dengan jumlah 300-700 kata, Jika lebih dari itu maka akan lebih baik.... juga bisa ditambahkan sebuah gambar dengan kualitas baik ( Untuk menarik Pengunjung ke artikel, sehingga pembaca bisa melirik identitas kita ). Selain itu, kita juga dapat menyematkan video dari Youtube jika diperlukan ( Tetapi jarang sih )
  3. Lalu hubungi ke penyedia Guest Post, bagaimana cara untuk post artikel disana... Karena kadang ada yang menerima melalui email, atau ada form khusus di Webnya... ada juga yang membuat semacam forum ( Gabungan Guest Post dengan User Generate Content ) jadi kita bisa membuat profil sekalian..
  4. Kalau artikel kita berupa promosi brand / produk / website landing page.. bisa menghubungi pemilik blog.. biasanya akan dibuatkan kategori khusus berupa advertorial, jika bentuknya iklan.. sesuai dengan aturan yang ada.. 
  5. Pastikan sudah ada perjanjian sebelumnya jika mau Guest Post, agar tidak ada yang meraa dirugikan, jika ada hal hal yang tak di inginkan ( Misal kita udah kirim artikel, malah diakui sebagai artikel miliknya, tanpa memberikan imbalan berupa Nama / Identitas kita terpampang disana sebagai bukti penulis. )
  6. Selain itu, kalian juga bisa cek status web tersebut dengan Tool yang saya pernah bahas sebelumnya untuk Cek Kualitas Website





Ada lagi gan, model Guest Post tetapi bentuknya Forum, diatas sudah saya singgung sedikit, ( kalau forum ada yang pertanyaan, ada jawaban, kadang juga ada yang bentuknya semacam kaskus, jadi buat Thread.. ) nah disitu kebanyakan bisa buat backlink juga ke situs kita.

 

kita bahas Web Forum ya sob, dimana kita bisa memberi backlink ke halaman artikel kita sebagai sumber rujukan suatu post atau komentar... tetapi biasanya yang forum yang saya jumpai ada pembatasan penautan link juga, agar tidak masuk dalam kategori spamming...

 

Jadi web Forum itu seperti gabungan Guest Post dengan UGC menurut saya pribadi dari pengamatan dan pemahaman selama ini.. karena selain kita bisa posting sebagai tamu "sendiri" jadi admin sebagai moderator untuk cek, apakah ada pelanggaran.. terkadang juga web forum ada yang sudah menerapkan "Bot Auto" jika ada artikel menyalahi rule.. misal memasang backlink keluar banyak banyak... maka akan di delete post dan diberi peringatan.

 


Saya sendiri dulu pernah kena hal ini.. jama 2012 kalo gak salah, di kaskus... kena BOT AUTO BAN.


Sampai sekarang saya biarkan akunnya.. kalau kalian search, mungkin masih ada jejak digitalnya... hehe


Kenapa bisa di ban? agak lupa sih, sepertinya karena saya pasang Link Affiliasi gitu deh... wkwkwk...



Web Forum yang pernah saya coba ada Kaskus, Bersosial, Ads, Detik Forum itu yang dari Indonesia, kalo diluar ada Apache, Opencart disana juga ada banyak yang menautkan link ke artikel ketika saya lihat... tetapi memang ada batasannya supaya tidak diberi peringatan oleh admin.

 

 

 

Jadi menurut saya demikian, yang sedikit berbeda itu UGC, pemikiran saya sih karena Guest Posting itu seperti halnya kamu menjadi kontributor di salah satu atau beberapa topik yang sudah disediakan oleh media yang membuka Guest Posting, Sedangkan UGC itu konten kita tulis, dan kita juga bisa buat profil sendiri.. 

 

 

Untuk UGC saya pernah mencoba Menulis di Juragan Cipir, Hipwee, Kompasiana... walau sepertinya memang kualitas penulisan saya masih cukup rendah sepertinya.. hehe, karena saya liat respon dari pengunjung belum keliatan dan view artikel tidak begitu banyak...



Ada juga web media yang membuka User-Generate Content dan dibayar ( Ketika mencapai target view tertentu dapet poin ) seperti IDNTimes... jadi seperti menjadi bekerja freelance jadi writter dengan ngeblog disana... saya pernah mendaftar untuk menulis artikel disana, tetapi ditolak, auditnya lumayan ketat :), mungkin tulisan saya masih belum memenuhi standard, tetapi dari situ kita bisa belajar juga karena ada review dan alasan kenapa perlu perbaikan...



Kelebihannya utama memang kita memperkenalkan Profil kita, baik Guest Posting, maupun UGC memang seperti yang saya sebutkan diatas, 

 

walau tidak secara langsung dalam beberapa situs, kita bisa menyematkan link balik ke artikel kita... ( ada yang bilang juga, cari celah melalui GAMBAR... ) saya belum coba sih... hehe, sayangnya saya belum memiliki hosting sendiri nih.. masih 1.bp.blogspot.. sehingga untuk menautkan gambar secara langsung, akan mudah di curigai.. wkwkwk, kecuali saya memberi watermark di gambar tersebut..... tapi kan tidak ada efek backlink ke domain kita... ( Setidaknya ntar kalau ada orang yang baca, ia bisa liat alamat domain kita... hehe



Lalu hati hatinya? selain yang saya sebutkan diatas, agar tidak mempublikasikan ulang ke website kita, apa yang udah kita tulis di web penyedia guest posting...

 

Kita perlu lihat juga potensi spam dan potret pengguna yang paling direkomendasikan dari web penyedia


Apakah Blogspot sebenarnya juga termasuk Guest Posting?



Kadang juga saya berpikir demikian.. Tapi saya rasa bukan deh.. hehe..


Blogspot itu layaknya CMS / Content Management System, karena disana kita bisa buat konten sendiri kan, dan menjadi admin sendiri...



Walau kadang dibayang bayangi " Kalau Blogger kedepan akan berubah menjadi berbayar" atau Menghentikan layanan... kita gak pernah tau kan..

 

 

Saya sih berdo'a supaya tetap eksis saja memberikan layanan gratis ke Pengguna, terlebih banyak sekali penulis penulis Muda dan Brilian yang dapat mempublikasikan gagasan, ide dan pemikirannya, terlebih yang memiliki permasalahan di bidang ekonomi..

 

Karena nyatanya untuk sewa hosting, perlu bayar juga bukan, ada yang perbulan, ada yang pertahun...

Itupun kadang ada beda beda paketannya dan pengunjung juga ada yang terbatas... semakin tinggi fasilitas, semakin tinggi pula harganya...

 

 

Gitu deh bro.. 

 

 

Sekian pembahasan tentang GUEST POSTING, UGC, FORUM..... di dalam dunia Blogging....

 

 

 

Berikut ini adalah referensi Rujukan saya dalam membuat artikel ini, karena sempat agak bingung juga sih, karena beberapa media bilang UGC itu yang "RevieW" misal di Tokped ketika kita beli barang, itu kan ada semacam fasilitas ulasan... nah, seperti itu yang dianggap UGC, atau Kontes kontes di Instagram misalnya yang menyuruh Pengguna membuat video atau artikel dengan tagar tertentu sebagai keperluan Promosi..

 

Tetapi disini saya menarik kesimpulan, bahwa UGC itu ya itu semua termasuk... yang jelas Konten Buatan Pengguna, bukan Konten dari Pemilik Usaha, Karyawan karyawannya dan yang berkaitan langsung dalam manajemen usaha medianya tersebut.

 

 

Jadi perlu digaris bawahi "Konten yang dibuat Oleh Pengguna"

Makannya saya jadi kaitkan ini dengan Penulis Tamu / Guest Post ^_^

 

 

Ini dia Referensi saya https://id.wikipedia.org/wiki/Konten_buatan_pengguna

 


 

Referensi lainnya ini dia dari Elearning industry

 

Orang dapat mempublikasikan konten mereka yang relevan tanpa harus memiliki platform dan melalui proses yang rumit. Bidang pembelajaran tidak bisa lagi ketinggalan. Konsep pembelajaran sosial muncul, yang selangkah lebih maju dari eLearning tradisional, di mana pengguna harus belajar sendiri. Konsep Konten Buatan Pengguna melangkah lebih jauh, di mana pengguna, bersama dengan menjadi pembelajar konten, menghasilkan konten pembelajaran favorit mereka yang juga dapat dipelajari orang lain. Ini seperti platform terbuka di mana pengguna dapat mempublikasikan konten mereka dan membangun komunitas pembelajaran yang berkontribusi pada konten pembelajaran.

Mari kita ambil contoh pelatihan penjualan. Dalam pengaturan tradisional, pengguna akan masuk ke LMS dan menggunakan konten yang disediakan oleh pakar subjek dan mencoba mempelajarinya. Di sisi lain, dalam pengaturan Konten Buatan Pengguna, pengguna juga akan mempublikasikan konten, pengalaman, dan ide yang dikumpulkan yang dapat diakses oleh pengguna lain untuk dipelajari. 

 

 

Kesimpulan

UGC, jika digunakan dengan bijak, dapat menjadi langkah maju yang baik dalam industri eLearning dalam hal Keterlibatan Pengguna dan pembelajaran berdasarkan pengalaman. Dibutuhkan lebih banyak penelitian dan pemantauan yang cermat untuk menuai manfaat yang sebenarnya.



artikel asli

 

https://elearningindustry.com/user-generated-content-ugc-socialization-of-elearning-content



Jadi disitu menjelaskan bahwa Orang dapat mempublikasikan kontennya yang relevan ( artinya memang topik sudah ada, sehingga pengguna lebih terarah ) dan ini sangat bagus untuk "Pembelajaran" bersama.



Karena pembahasan cukup berat, jadi memang saya risetnya tidak hanya satu sumber saja, untuk melahirkan pemikiran baru.


Oh iya, saya jadi keinget Quora, sebagian besar kontennya dibuat oleh Pengguna, ada UP dan Down Vote juga disana untuk menilai artikel pengguna tersebut... -> Konten dibuat Pengguna -> dinilai juga oleh pengguna -> tetapi dimoderatori jika ada yang menyimpang dari kebijakan, bisa dilakukan penghapusan postingan, maupun jika sudah pelanggarannya berat, bisa penghapusan akun.



 

 

Silahkan bagi yang memiliki pandangan berbeda atau meluruskan pemikiran saya, bisa komentar dibawah, beserta bisa cantumkan link sumber "yang tidak aktif" :)

 

 

 

 

 



 

Posting Komentar

Follow by Email



Semenjak saya F.N.A-RED mendirikan RahmanCyber ini tahun 2008, saya mendedikasikan situs ini untuk memberikan edukasi dan artikel pengetahuan secara GRATIS, sobat tidak dibebankan Biaya langganan maupun Pembelian Hak Akses untuk dapat menikmati Artikel yang kami sediakan di RahmanCyber. Saya juga tidak berniat menjadikan RahmanCyber untuk model langganan dengan membayar Hak Akses. Semua Pemasukan untuk Mendukung Pemeliharaan Situs dari Iklan dan link affiliasi yang kami tanam di beberapa artikel ( Kami tidak menutupi hal ini, agar semua jelas tidak ada yang disembunyikan dan tidak manipulatif )
Ya, kita punya channel Youtube, tetapi fungsinya memang untuk mendukung penyampaian materi di Blog, sehingga memang untuk kontennya Campuran dan tidak berdasarkan Nice. Tekan aja gambar dibawah ini untuk melakukan subscribe ke channel kita
Image
Jika kalian tertarik untuk bergabung dalam jurnal perjalanan kita, silahkan...
Ada 2 tipe website yang ber ekstensi RahmanCyber.NET,

1. Website Bagian yang merupakan layanan kita untuk fokus materi tertentu maupun berupa produk terpisah yang berbeda untuk konsep dari Website Induk RahmanCyber.NET, tetapi selama ber ekstensi .rahmancyber.net, itu adalah Website Resmi dari kita. Informasi ini juga tercantum dalam Fanpage RAHMANCYBER di Facebook yang linknya tertaut di website utama ini, sehingga hal ini untuk meminimalisir adanya penipuan dari pihak yang tidak bertanggung jawab
2. Website Rekanan yang dikelola oleh Kontributor, sehingga kadang memiliki nama personal, yang bertujuan untuk menampilkan Iklan di web, sehingga dengan menggunakan ekstensi .rahmancyber.net, bisa ikut menampilkan iklan sebagai monetisasi untuk websitenya ( Bagaimana cara bergabung agar website saya bisa menampilkan iklan dan mendapat penghasilan? maaf, ini terbatas dan saya tidak membukanya untuk umum )

Disini kita berusaha untuk memberikan konten yang kredibel dan tidak semata mata untuk mengejar traffic dan penghasilan, ( RahmanCyber lebih condong ke "Pengetahuan" )

Whatsapp Button works on Mobile Device only