12/11/2020

Arti beberapa Istilah pada Tempered Glass yang dijual di Pasaran

RahmanCyber.NET | Tekno - Hai Sobat Racy! kali ini kita akan kali ini kita akan membahas tentang Tempered Glass, memang ada beragam temper glass yang yang beredar di pasaran, di mana antara tempered glass satu dengan yang lain memiliki memiliki perbedaan dari segi kualitas maupun dari segi harga, tetapi tahukah kalian bahwa Dengan memahami beberapa istilah yang ada yang biasanya tersemat di bungkus Tempered Glass, maka kita bisa setidaknya memilih tempered glass yang yang tidak jelek-jelek amat.

 

 

ketebalan tempered glass

 

 

Welcome to Tempered Glass, ini adalah topik yang akan kita riset...   hehe




Apa sih itu Tempered Glass?

 

Mari kita tonton dulu beberapa video yang saya dapatkan...

 

Produksi Tempered Glass

 


 



 


 


 

 

Ini saya rasa masih berkaitan..

 

 


 

 

Inside Gorilla Glass

 


 

Kenapa saya sertakan GORILA GLASS disitu? karena kebanyakan orang pakai 2 perlindungan, artinya ponsel, hape, smartphone, atau tabletnya sebenarnya udah memakai lapisan GORILA GLASS bahkan ada yang udah GORILA GLASS 4 yang konon katanya kaca ini punya daya tahan dua kali lebih kuat terhadap benturan permukaan kasar bahkan dengan ketinggian satu meter.

 

Oke bagaimana? Sudah ada Gambaran? 


Dan ini litelature tentang Tempered Glass yang berhasil saya temukan https://en.wikipedia.org/wiki/Tempered_glass

 

Saya mendapatkan bagan semacam ini yang kurang lebih menggambarkan proses pembuatan dari Tempered Glass.

TG
 

Sumber : Pourmoghaddam, Navid & Nielsen, Jens & Schneider, Jens. (2016). Numerical simulation of residual stresses at holes near edges and corners in tempered glass: A parametric study. 

link Research : https://www.researchgate.net/figure/2-Sketch-of-the-process-line-for-tempering-float-glass_fig2_323308731

 

Jadi tempered glass memiliki sedikit perbedaan dengan kaca biasa dalam proses pembuatannya, walaupun sebenarnya sama sama mengalami proses pemanasan, tetapi Tempered Glass ini melalui proses kimia lebih lanjut dan juga pendinginan langsung, sehingga ia mendapatkan kekerasan yang lebih kuat dibandingkan dengan kaca biasa.

 

Itu yang saya pahami sekilas dari sketch diatas.

 

Oke, bagi temen temen yang sedang riset mengenai teknologi tempered glass, silahkan bisa menjadikan publikasi diatas sebagai referensi.

 

dan HEY... Tempered Glass itu tidak hanya untuk Screen Protector Hape atau Smartphone kalian, diluaran sana bahkan Tempered Glass dipakai untuk material bangunan, karena memang Kaca Tempered (tempered glass) adalah jenis kaca yang memiliki ketahanan lebih tinggi dari jenis kaca lainnya.



Jadi kepikiran nih, kalo punya rumah, ntar kasih TEMPERED GLASS aja di beberapa sudut ruangan biar dapet cahaya matahari alami!



BTW... pembahasan kita ini akan menyempit sebatas Tempered Glass yang digunakan untuk Pelindung Layar Hape atau Smartphone atau Tablet yang familiar dikalangan kita.


Tapi setidaknya kita tahu sedikit banyak tentang Teknologi Tempered Glass ini



Tempered Glass atau Kaca temper atau kaca yang dikeraskan merupakan jenis kaca yang dihasilkan dari proses pemanasan melalui oven tempering secara berkelanjutan sampai suhu 620 derajat celcius, Setelah itu mengalami prosedur pendinginan dengan tekanan tinggi yang berlangsung hanya dengan beberapa detik. 

 

Screen Protector Tempered Glass sendiri merupakan Pelindung Layar dengan bahan Tempered Glass. Tetapi kalo dipasaran terutama di indonesia sendiri hanya dengan menulis Tempered Glass [ Tipe dan Merek Hp ] sudah paham kalo itu Screen Protector untuk pelingung Layar Hape, Smartphone atau Tablet.

Hehe..

 

ini kalo gak percaya...

 

 

tempered glass merek hape

 

 

Jadi sampai sini, setelah itu nanti pembahasannya akan lebih ringan ringan saja..  


 

Kenapa Tempered Glass banyak diminati?

 

Dari pengamatan dan kesimpulan saya Karena materialnya yang kuat menjadi alasan utama, kenapa tempered glass dipilih, alasan kedua adalah pecahannya tidak tajam jika terjadi pecah karena jatuh atau bentuiran lainnya, alasan ketiga adalah karena tidak terlalu mengurangi sensitifitas layar, walaupun dipasangi tempered glass dengan ketebalan 0.33 mm kebanyakan...

 

 

ISTILAH ISTILAH TEMPERED GLASS

 



Apakah Beda Harga Screen Protector Tempered Glass Beda Kualitas?


Ya, sepertinya memang "Ada Harga, Ada Rupa " bisa relevan dengan ini.. tetapi kalo kalian beli di toko online juga jangan terkecoh harga, jangan sampai harga selangit eh kualitas sama seperti yang jauh lebih murah.

Lalu bagaimana cara milihnya?

Memang sih kalo beli di toko online itu susah susah gampang.. susahnya kita gak bisa nyentuh barang secara langsung.. gampangnya, kalian sambil rebahan pun bisa beli barang.. nah cara satu satunya sih ya ketelitian membeli barang.. pastikan baca deskripsinya dengan baik..


Dan mengenal beberapa istilah yang ada di tempered glass, supaya bisa menentukan perbedaan kualitas yang akan ditawarkan walaupun tidak melihat dan merasakan secara langsung.


Ada lagi caranya? liat aja review dari blog atau youtube, kan banyak dan mereka yang udah megang dan ngerasain secara langsung.


Oh iya, kalian bisa lihat ratingnya, biasanya ada di kolom review tiap toko online marketplace ada .. biasanya..


Entar kita bahas beberapa istilah yang perlu kamu ketahui yang biasanya ada di Penjualan Tempered Glass..

 

Loh bang, saya pernah beli tempered glass buat hape harga cuman 20 rebu an...

 

Ya gak apa apa.. itu kan terserah kamu yang beli.. tapi dari pengalaman abang biasanya beberapa hari kemudian muncul pelangi... hehe kalo kena sinar ultraviolet..


Tapi ya gak apa apa.. toh kebanyakan layar juga udah dilapisi GORILA GLASS atau semacam lapisan protektor lain


jadi anggap aja ini sebagai perlindungan ganda.. gitu ya.. dan

kalo abang biasanya kalo beli barang itu sesuaiin budget.. 


Kalo budgetnya ada, kenapa enggak beli yang bagus sekalian khan? biasanya akan awet lama kalo enggak di bentur benturkan.. ehehehe 😂



Kenapa Tempered Glass Penting?

 

Ya buat pengamanan ganda kenapa tidak? kita gak pernah tau kan kedepannya.. karena kita tau harga layar itu membuat kita berpikir.. "Ah mending beli yang baru.."



Istilah pada Tempered Glass yang Perlu dipahami

 

Ada beberapa istilah yang muncul biasanya ada toko yang mengungkapkan penjelasan dari istilah itu, ada juga toko yang cuman ngeliatin bungkus tempered glass yang biasanya disitu ada istilah tersebut.

 

tg

 

 

1. Anti-Shattered / Anti-Explosion

 

Istilah ini biasanya berarti jika tempered glass pecah.. maka tidak menjadi pecahan pecahan yang tajam, jadi gambarannya gini, kalo tiba tiba smartphone kamu jatuh, terus terjadi benturan di layar, maka tempered glass itu akan tetap menempel walaupun terlihat retak retak.

Jadi hal itu bermanfaat selain tidak melukai layar hape, juga tidak melukai tangan kamu kayak kalo kaca pecah dan kamu menyentuhnya.. 

 

 

2. Oleophobic Coating 

 

Nah ini sebenarnya adalah anti minyak.. debu dan bekas sidik jari, nah jika tempered glass yang kamu beli terdapat tulisan oleophobic coating, berarti dia anti minyak, debu dan sidik jari, ada semacam resisten gitu ya..

 

Kamu bisa tes dengan meneteskan air.. apakah jadinya seperti ini.. kalo iya berarti selamat Oleophobic beneran...

 

tes oleophobic tempered glass

 

 

walaupun biasanya berbeda beda nih tergantung kualitasnya.. ada yang bertahan lama ada juga yang bertahan hanya beberapa hari, minggu.., bulan atau ternyata masih ada bekas sidik jari walau dikit, minyak masih nempel..  biasanya yang mahal hal ini akan bertahan lama / awet.


3. Permukaan 2.5 D

 

Hal ini berarti tempered glass nya melengkung di bagian sisi sisinya.. ya kayak desain smartphone kekinian yang katanya lebih elegan gitu sih .. hehe

tapi kalo saya sendiri tidak terlalu penting hal semacam ini.. :D yang penting smartphone bisa dipakai.



4. 9h Hardness Glass

 

Nah kalo hal ini sebenarnya mengacu pada kekerasan pensil ya teman teman.. jadi pada proses pengujian dari pabrik di test terhadap goresan yang ditimbulkan dari kekerasan pensil. Gambarannya itu Pensil di Gores goreskan gitu deh di Tempered Glass.

 



Pensil yang paling keras adalah 9H, sehingga 9H tersebut menandakan ketahanan tempered glass terhadap goresan sampai pada pensil 9H.

Jadi kamu bisa merasa aman jika tempered glassnya sudah menunjukkan kode 9H, karena tempered glass sendiri minimal adalah 8H. jika kurang dari itu berarti bisa jadi screen protector anti gores plastik yang hanya kisaran 2H.


5. Anti-Spy / Privacy

 

Sebenarnya ini adalah pengembangan model tempered glass untuk screen protector. Berbeda dengan yang Clear atau benar benar transparan,maka tempered dengan kode anti spy ini menandakan layar smartphon hanya bisa dilihat dari sudut pandang lurus, sedangkan jika dari samping maka tidak bisa melihat tampilan layar.


Hal ini bermanfaa jika kamu sedang di bus.. biar orang disebelahmu tidak bisa liat kamu sedang apa.. hehe.. kita gak tau kan kalo misalnya sebenarnya orangnya adalah INTEL hehe..


6. Anti Glare


Ini sama seperti Anti Spy, jadi semacam modifikasi atau tambahan fitur, dimana jika tertulis antiglare biasanya ada lam\pisan matte yang dapat mengurangi pantulan, hal ini bermanfaat jika diatas kamu ada lampu.. jadi lampu itu akan dikurangi pantulannya. 


Oh iya, jadi kamu tidak bisa ngaca..


7. Anti Blueray


Ini juga sama kayak anti glare, dan anti spy yang merupakan modifikasi lanjutan.. jadi kalo ada informasi anti blueray berarti ini akan memberikan efek mengurangi radiasi layar biru.


8. Glossy

 

Ternyata istilah ini juga muncul nih dan saya dapati di online store, jadi Glossy ini ya sama sebenarnya dengan anti blueray, antispay, anti glare.. yaitu pengembangan selanjutnya.. dimana untuk Tempered Glass Glossy ini biasanya di lapisi lapisan glossy makannya namanya glossy.. hehe

dan Clear transparan ( Bening )


9. Anti finger print

 

Sesuai namanya, sebenarnya ini sama ya kayak poin nomor 2, jadi efek dari oleo itu.. sehingga jadinya anti fingerprint / sidik jari.





Penutup Pembahasan


Nah dari pembahasan kali ini, saya harap dari hasil riset diatas bisa menambah ilmu saya pribadi dan juga bisa bermanfaat untuk teman teman semua yang membutuhkan.


Kira kira apakah ada istilah yang belum di jabarkan? bantu dong di jabarkan di kotak komentar..

 

Oke sekian... moga ada manfaatnya

 

 

 

 

F.N.A - RED

 

 


 

 

 


 

Advertisement
Sobat, ditempat ini kita belajar bareng ya, saling berbagi ilmu di https://www.rahmancyber.net Apabila ada yang perlu di tambahkan atau ada kesalahan mohon di koreksi
Bagi yang menginginkan konten berupa video, bisa langsung kunjungi link https://www.youtube.com/rahmancyber
Matur Nuwun...

Sponsor Rahmancyber Network



Baca Juga

Posting Komentar

Follow by Email



Semenjak saya F.N.A-RED mendirikan RahmanCyber ini tahun 2008, saya mendedikasikan situs ini untuk memberikan edukasi dan artikel pengetahuan secara GRATIS, sobat tidak dibebankan Biaya langganan maupun Pembelian Hak Akses untuk dapat menikmati Artikel yang kami sediakan di RahmanCyber. Saya juga tidak berniat menjadikan RahmanCyber untuk model langganan dengan membayar Hak Akses. Semua Pemasukan untuk Mendukung Pemeliharaan Situs dari Iklan dan link affiliasi yang kami tanam di beberapa artikel ( Kami tidak menutupi hal ini, agar semua jelas tidak ada yang disembunyikan dan tidak manipulatif )
Ya, kita punya channel Youtube, tetapi fungsinya memang untuk mendukung penyampaian materi di Blog, sehingga memang untuk kontennya Campuran dan tidak berdasarkan Nice. Tekan aja gambar dibawah ini untuk melakukan subscribe ke channel kita
Image
Jika kalian tertarik untuk bergabung dalam jurnal perjalanan kita, silahkan...
Ada 2 tipe website yang ber ekstensi RahmanCyber.NET,

1. Website Bagian yang merupakan layanan kita untuk fokus materi tertentu maupun berupa produk terpisah yang berbeda untuk konsep dari Website Induk RahmanCyber.NET, tetapi selama ber ekstensi .rahmancyber.net, itu adalah Website Resmi dari kita. Informasi ini juga tercantum dalam Fanpage RAHMANCYBER di Facebook yang linknya tertaut di website utama ini, sehingga hal ini untuk meminimalisir adanya penipuan dari pihak yang tidak bertanggung jawab
2. Website Rekanan yang dikelola oleh Kontributor, sehingga kadang memiliki nama personal, yang bertujuan untuk menampilkan Iklan di web, sehingga dengan menggunakan ekstensi .rahmancyber.net, bisa ikut menampilkan iklan sebagai monetisasi untuk websitenya ( Bagaimana cara bergabung agar website saya bisa menampilkan iklan dan mendapat penghasilan? maaf, ini terbatas dan saya tidak membukanya untuk umum )

Disini kita berusaha untuk memberikan konten yang kredibel dan tidak semata mata untuk mengejar traffic dan penghasilan, ( RahmanCyber lebih condong ke "Pengetahuan" )

Whatsapp Button works on Mobile Device only