12/10/2020

Cara embed Pinterest Widget pada postingan Blog Terbaru

RahmanCyber.Net | Medsos - Pinterest merupakan platform berbagi pin maupun board yang bisa berisi gambar maupun video. Biasanya pinterest ini tempat mencari inspirasi kreatif.


Karena pinterest sebagian besar memang berisi berbagai inspirasi kreatif seperti Meja animasi, meja kantor, desain lobi, desain rumah, ruangan bermain, desain kamar tidur dan masih banyak lagi lainnya.


Jika kamu belum mengenal pinterest, silahkan kunjungi pinterest.com


Kalo sudah, saya yakin kalian sedikit paham ya.. lalu jika tiba tiba kamu lihat pin yang bagus dan pengen menempelkannya ke blog kamu


Bagaimana caranya embed pinterest ke blog?


Pinterest ini sebenarnya memiliki Widget yang dapat kalian gunakan jika ingin melakukan embed pin ataupun board ke website atau blog kalian.


Caranya, kalian buka dulu browser, setelah itu kunjungi https://developers.pinterest.com/tools/widget-builder/


Sudah kebuka?


Oke habis itu kalian klik Pin 


cara embed pin board pinterest

Seperti itu ya..

 

 

Kita belajar embed Pin ke Postingan Blog dulu aja..



Nah setelah itu, kalian pergi ke tab baru atau buka browser lain, atau jika kalian sudah instal aplikasi Pinterest.

Silahkan masuk ke akun kalian.


Kalo udah silahkan pergi ke pin yang pengen di embed.


Contoh : Saya pengen embed desain meja animasi ini 

cara embed pin board pinterest


Nah diatas itu ada titik 3 yang dilingkari.. klik itu ya..


Setelah itu bakalan muncul kayak gini..


cara embed pin board pinterest


Ya.. kalo keluar pilihan itu, langsung aja pilih yang saya lingkari.. yaitu salin tautan.. oke friends..



Disini kalian berhasil menyalin tautannya..


Setelah itu beralihlah ke browser. Kamu bisa membuka browser baru atau tab baru, lalu pastekan linknya ke browser sampai muncul seperti ini...


cara embed pin board pinterest


Nah pada bagian yang saya lingkari diatas.. kalian copy tuh linknya..


Lalu tiba saatnya kalian menuju ke Tab yang ada pengaturan pinterest widgetnya tadi..


Lalu pastekan seperti ini link yang baru kamu copy..seperti ini..


cara embed pin board pinterest

Nah pada nomor 1, itu adalah link yang kita copy tadi.


Sedangkan nomor 2 adalah pilihan ukuran tampilan widget, ada 3 yaitu Small, medium dan Large.

Disitu saya pilih Medium aja.


Oke sudah?


Sekarang waktunya eksekusi..


Silahkan copy kode yang nomer 3 tersebut ya, semuanya..


Lalu letakkan ke Postingan kamu tepat dibagian widget atau gambar itu mau dimunculkan.


Tapi kalau di blogger, kamu perlu beralih ke mode tampilan html ya,

Jadi bukan di tampilan menulis..


Contoh : 



cara embed pin board pinterest

Nah dibagian yang saya lingkari itu pilihan tampilan html dan tampilan menulis, jadi pilih yang html ya..


Pastikan kamu berada di akhir paragraf yang mau ditempelin gambar atau pin dari pinterest.


Kalo udah pastekan kode widget tadi yang dicopy.


cara embed pin board pinterest


Oke deh.. 

Langsung aja save postingannya.. lalu publish.



Kok belum nampil???


Ya ada satu kode lagi yang perlu kalian copy tapi di bagian  paling bawah.. yang ini

Pada bagian widget..

 

 

cara embed pin board pinterest

Pada bagian pengaturan widget yang saya lingkari itu ya..


Karena perintahnya agar kita copy diatas tag penutup body atau </body> maka kalian letakkan bersamaan dengan kode diatasnya juga bisa.. atau diletakkan di paling bawah postingan..



Tapi kelemahannya.. kalian musti copy paste terus kode plaing bawah tersebut tiap kali posting dengan menampilkan widget pinterest.


Maka, untuk mengantisipasi hal itu, kalian bisa add gadget di tata letak seperti kalo kalian mau tambah widget melalui tata letak.


Pilih yang widget html ya.. bebas mau letakkan di bawah tata letak post atau sidebar.. 


Nah dengan seperti itu javascript pinterest bakal diruning..

Jadi kalian hanya perlu copy code embednya aja..


Kalo pengen sesuai perintah dari pinterest.. kalian harus pergi ke Edit HTML pada tema kalian..


Lalu pastekan kode javascript itu tepat sebelum </body>

 

Kayak gini ya..

 

 

cara embed pin board pinterest

 

 

 

Tag penutup body.. oke.. kalo udah sinpen deh..


Coba liat hasilnya...






 

 

 






Advertisement
Sobat, ditempat ini kita belajar bareng ya, saling berbagi ilmu di http://rahmancyber.net Apabila ada yang perlu di tambahkan atau ada kesalahan mohon di koreksi
Bagi yang menginginkan konten berupa video, bisa langsung kunjungi link Channel Youtube RahmanCyber NET
Matur Nuwun...

Sponsor Rahmancyber Network



Baca Juga

Posting Komentar

Follow by Email

Whatsapp Button works on Mobile Device only