5/25/2020

Situs Penyedia Download Gambar Gratis di Internet

Internet | RahmanCyber.NET - Gambar merupakan salah satu elemen penting yang digunakan untuk menunjukkan suatu maksud tertentu, ada pepatah mengatakan "Gambar bisa mewakili Ribuan Kata" Wow, menarik ya.

Ada banyak pengaplikasian kebutuhan pada gambar, antaralain untuk media cetak pada waktu itu, gambar merupakan komponen wajib untuk memikat audien, misalnya saja untuk brosur, pamflet, spanduk mmt dan sebagainya. Gambarpun juga menjadi media yang penting untuk media online, entah itu untuk banner sebuah website atau untuk redaksi, seperti gambar sebuah tajuk berita atau buat kalian yang suka ngeblog mungkin agak gimana gitu ya kalo postingan tanpa gambar.. ^_^
Walaupun kalo tanpa gambar, loading websitenya akan menjadi lebih ringan... tetapi rasanya ada yang kurang gitu ya..

Oke kita akan membahas tentang gambar ya... biar tulisan ini lebih berfaedah...


Apa sih itu Gambar?

Gambar merupakan bahasa universal dan visual yang dikenal manusia sebelum mengenal apa itu tulisan.

Sejak kapan gambar itu Ada? 

Gambar itu sudah lama sekali ada, dari jaman purba, ketika manusia masih primitiv, dimana waktu itu digunakan tidak hanya untuk komunikasi saja, melainkan juga sebagai ungkapan ekspresi. Imajinasi, harapan yang dipikirkannya, dan gagasan yang ada dalam pikirannya.

Fungsi Gambar di Era Modern


Di Era modern ini, tentu penggunaan gambar sudah berkembang ya, dari cara pembuatannya pun juga berkembang teman teman, adapun beberapa fungsi gambar antara lain
1. Merekam Objek, ini bisa dibilang Gambar berupa Foto, bisa juga ilustrasi atau gambar vector maupun raster tentang sebuah objek, jadi fotografi juga masuk disini.. mendokumentasikan objek di waktu tertentu, sehingga bisa dilihat di waktu kemudian.
2. Media Ekspresi jadi ini lebih ke art atau seni, bisa saja seni lukis, atau seni ilustrasi. Jadi benar benar bisa mewakili sebuah ekspresi
3. Mengkomunikasikan Gagasan, hal ini lebih ke media presentasi ya sobat, jadi bisa di jabarkan lagi misal untuk mengkomunikasikan sebuah produk baru atau presentasi tentang ide.
4. Dokumentasi, nah kalo ini bisa dibilang lebih banyak ke fotografi,  memiliki fungsi atau peran sebagai dokumen, terutama Fungsi gambar lebih sebagai dokumen sejarah dan dokumen sejarah suatu peristiwa.



Bagaimana Gambar yang Baik itu? 


Sebenarnya hal ini juga relatif ya, karena tiap ornag memiliki seleranya masing masing, tetapi, dari materi yang dulu pernah saya dapet, cara memilih gambar yang baik adalah gambar yang sesuai dengan Topik, ALIAS SESUAI DENGAN TOPIK yang diangkat, untuk sebuah redaksional atau bagi sobat penulis blog.


Hak Cipta Gambar


Nah ini sudah hampir masuk ke pembahasan utama ya sob, jadi saat ini hak cipta itu sedang diperhatikan, artinya jika kalian mengambil gambar di internet itu harus hati hati,
Kalau dulu tinggal nyomot di Google Search Gambar... rasanya tenang tenang aja ya, tetapi dalam beberapa kasus, ada loh yang sampai dituntut miliaran karena hal itu, dan itulah Hak Cipta. Maka kita perlu berhati hati nih dalam mengambil gambar di Internet.

Maka dari itu kita mencoba membagikan ke sobat RahmanCyber semua, tentang referensi kita selama ini, walaupun ini belum berarti menjamin 100%, tetapi setidaknya lebih aman ketimbang langsung comot di Google. Biasanya ada syarat untuk memberi atribusi tapi kebanyakan dari perjanjian yang ada disitusnya yang saya baca sih bisa nampilin atau tidak.

Tetapi sobat, Saya tekankan ya... Gambar yang paling aman, adalah gambar dari kalian sendiri, artinya kalian yang memegang Hak Cipta tersebut, dan kalian memiliki RAW atau Master dari gambar tersebut, sehingga bisa lebih nyaman... ^_^



Download Gambar Gratis di Internet


Nah ini kita kasih beberapa referensi Stock Images gratis yang bisa kalian gunakan untuk Editorial Blog kalian.


1. Pixabay.Com




Pixabay adalah tempat favorit saya untuk mendownload gambar, karena pixabay merupakan situs penyedia gambar dan video gratis. Pixabay juga merilis semua koleksinya di bawah lisensi Creative Commons Zero (CC0) yang berarti kita bebas untuk menyalin, memodifikasi, mendistribusi, serta menggunakan koleksi Pixabay baik untuk penggunaan pribadi maupun komersial. Gambar disini Random, tetapi di klasifikasikan dengan baik, kalian hanya perlu mencari kategori yang sesuai saja, untuk ukuran gambar beragam. Oh iya, untuk menghargai pengunggah gambar, kalian bisa berdonasi lewat Ko Fi atau Paypal.


2. Pexels.Com




Pexel ini sebenarnya aku baru baru saja tau, ternyata ia juga menyediakan gambar gratis sob, di websitenya dituliskan bahwa  

Semua foto dan video di Pexels gratis untuk digunakan.
Tidak perlu memberikan kredit. Anda tidak diwajibkan untuk memberikan kredit, tetapi fotografer dan Pexels akan sangat senang jika Anda melakukannya.
Anda bisa mengubah foto dan video dari Pexels. Jadilah kreatif dan edit mereka sesuka Anda.

di Pexels sendiri sudah ada lebih dari 10.000 gambar yang siap sobat gunakan. Sama seperti pixabay, di Pexels juga semua koleksinya di bawah lisensi Creative Commons Zero (CC0)

Tetapi walau demikian, kalian harus perhatikan beberapa larangan untuk menghargai kontributor.
    ✕ Foto tidak boleh memberikan kesan negatif atau menjelekkan tokoh terkenal.
    ✕ Jangan menjual salinan foto atau video yang belum diubah, misalnya sebagai poster, cetakan, atau pada produk fisik tanpa mengubahnya terlebih dahulu.
    ✕ Jangan mencantumkan individu atau merek yang mensponsori produk Anda di gambar.
    ✕ Jangan mendistribusikan ulang atau menjual foto dan video di platform foto stok atau wallpaper lain.

Iya dong ya.. udah dikasih gratisan malah nyolot kan merepotkan... mencari keuntungan dari karya orang ^_^




3. Unsplash.Com




Unsplash ini sebenarnya saya taunya dari IDNTIMES, haha soalnya penulis disana biasa pakai gambar dengan caption Unsplash.. haha, boleh dong belajar dari tetangga sebelah, wkwkw.
Ternyata Unspash ini juga menyediakan gambar yang bisa digunakan secara gratis mas bro, mbak broh... Nah Resolusi yang ditawarkan pun tinggi tinggi, dan menarik hati, pantesan sering dipake... buat kamu Blogger Pemula atau yang udah Veteran yang bingung cari Stock Gambar, bisa nih di Unspash.
Kalau bang Rahman liat sih, tampilan profil konributor yang ada di Unsplash ini kayak Instagram gitu, jadi malah seperti tempat media sosial dalam bentuk gambar, tetapi bedanya yang ini boleh digunakan, alias free.


4. Librestock.Com




Librestock ini semacam google sih alias mesin pencari, jadi bukan kayak beberapa situs yang penulis jelaskan di atas yak, tetapi walau demikian, librestock ini mencari gambar yang gratis dari 40 Situs yang ada di direktorinya yang itu bebas digunakan, atau memiliki lisensi CC0.

Beberapa fasilitas filternya mudah dipahami kok, sehingga kita menjadi lebih bisa melakukan seleksi.



5. ISORepublic.Com




Sebenarnya tidak semua gambar yang ada di ISO Republic ini Free atau Gratis lisensi CC0, dan ada juga yang Premium ( Terhubung dengan Partner ) tetapi banyak yang FREE kok dengan Lisensi CC0 dengan Kualitas Gambar yang Ciamikkk! Nah lisensi dari ISORepublic sendiri, kalian bisa pahami disini.




6. Stocksnap.io




StockSnap ini merupakan situs penyedia gambar yang beresolusi tinggi, jadi disini yang beresolusi rendah tidak dirima, Contoh Gambar yang masuk adalah 6000x4000 px, tentu kalo resolusi tinggi, ukuran file juga tinggi ya, kisaran diatas 10Mb. Hal menariknya adalah StockSnap menerapkan lisensi Creative Commons Zero (CC0).... Yeeee Gratiiissss.




Kesimpulan Pembahasan 


Ternyata banyak juga ya orang berbaik hati untuk memberikan resource secara gratis ^_^ terharu saya rasanya, tetapi walaupun demikian, saya tetap menyarankan jika kalian bisa mengumpulkan resource sendiri, itu akan jauh lebih aman... atau kalian mau berkontribusi di beberapa situs diatas?

Kita juga sudah mulai ikutan kontribusi... tapi baru kecil kecilan.. belum banyak juga, dan lagi trial.. hoho

Mungkin beberapa paparan saya diatas agak kurang lengkap, kalan bisa bantu melengkapinya, misal ada referensi situs lainnya yang menarik yang tidak saya masukkan dalam daftar Situs Penyedia Download Gambar Gratis di Internet bisa di sematkan di kotak komentar ya sob.


Salam...




F.N.A Red









Advertisement
Sobat, ditempat ini kita belajar bareng ya, saling berbagi ilmu di http://rahmancyber.net Apabila ada yang perlu di tambahkan atau ada kesalahan mohon di koreksi
Bagi yang menginginkan konten berupa video, bisa langsung kunjungi link Channel Youtube RahmanCyber NET
Matur Nuwun...

Sponsor Rahmancyber Network



Baca Juga

Posting Komentar

Harap Jangan Nyepam ya... ^_^

Rahmancyber Network

...
Berikut ini merupakan Bagian dari Rahmancyber Network

Whatsapp Button works on Mobile Device only