5/24/2020

Download Template Desain Gambar Vektor Gratis dan Berbayar

DKM | RahmanCyber NET - Di dalam dunia kreatif memang lah kita tak bisa lepas dari saling mereferensi, yup.. entahlah, sebenarnya hal itu di bidang lain juga demikian, satu orang belajar dari orang lainnya. Tentu rasanya hal itu akan membuat kita menjadi lebih cepat berkembang ya, dan kreatifitas kita pun akan lebih mudah terasah ketimbang kita berkutat pada ego kita dan tidak memiliki referensi apapun.
Dan biasanya hal itu yang membuat kita stuck dan malas mengerjakan bidang itu, karena gak ada inspirasi.

Ya, tak bisa dipungkiri, pasti semua orang itu memiliki karya, hasil dari referensi atau melihat karya orang lain sebelumnya, entah secara sembunyi sembunyi atau terang terangan.. tetapi yang membedakan adalah.. karya itu hanya untuk referensi atau gambaran.. oh aku pengen buat karya seperti itu, bukan berarti menjiplak dengan mengakui karya orang lain sebagai karya kita.

Di dalam dunia akademisipun juga demikian itu adanya, kalo dilogika coba bayangkan deh.. jika dosen tidak memberikan referensi materi kepada mahasiswanya.. terus YANG MAU DIAJARKAN ITU APA?????

nah itulah konsep dari referensi, jadi kita butuh referensi.


Apa itu Referensi?


Dalam KKBI dijelaskan bahwa referensi/re·fe·ren·si/ /réferénsi/ n 1 sumber acuan (rujukan, petunjuk): kamus dapat dipakai sebagai bahan --; 2 buku-buku yang dianjurkan oleh dosen kepada mahasiswanya untuk dibaca: buku wajib dan buku -- tersedia lengkap di perpustakaan; 3 buku perpustakaan yang tidak boleh dibawa ke luar, harus dibaca di tempat yang telah disediakan; 4 Ling hubungan antara referen dan lambang (bentuk bahasa) yang dipakai untuk mewakilinya

Apa gunanya Referensi bagi Desainer Grafis ( Vektor maupun Raster )?


Ya tentu dengan adanya banyak referensi, itu akan membantu kita menemukan style desain kita sendiri, dan mungkin hal ini juga tidak hanya berlaku untuk Seorang desainer grafis saja, tetapi bidang lain juga, musik mungkin...tetapi ada sisi buruknya ketika kita terlalu banyak referensi...

Apa dampak Negatif kebanyakan Referensi


Banyak referensi baik.. tetapi jika terlalu banyak.. akan membuat kita terlena dan bahkan malah membuat kita minder... kok mereka bisa bagus banget karyanya ya.. kok mereka bisa gitu ya dan so many argument in your head!
ya... yang terburuk dampak yang mungkin bisa saja muncul adalah, menjadikan karya orang lain itu karya kita... seakan akan kita yang buat... tau kan apa maksudnya... ya.. misal..

Si A punya Tender Miliaran...lalu si A gak mau Repot.. karena ia bingung mau buat seperti apa proyek tersebut, sedang kalau ditolak.. eman eman, nah lalu iapun ngejual (karya orang) yang ia dapet sourcenya secara full... tanpa ia bekerja apapun..
nah, itu adalah model yang salah..

Atau Si A dapet tender 100 Miliar, buat sistem.. lalu si A suruh Hire orang, ya dia memperkerjakan orang, ia kasih tuntutan proyek harus jadi dan bayarannya tak sesuai..
Si B dan kawan kawan (jumlahnya 20) yang di Hire si A, yang dengan kerja keras pikiran dan tenaga, menyelesaikan proyek itu, sedangkan si A, jalan jalan.. liburan karena ia tau bakal dapet bayaran 100 miliyar dari tender tersebut.

Setelah selesai, si B hanya dikasih 20% atau hanya sekitar 1 Miliar per orang.. haha,
1 miliar dikali 20 berarti cuma 20 miliar... Yup.. berarti si A dan Perusahaanya untung 80 Miliar.. wow fantastic... Beda dengan perusahaan yang nge hire karyawan... ia punya tanggungan perbulannya buat menghidupi karyawan.. dan jika tidak ada pemasukan, diapun juga mendapatkan kerugian, nah sedangkan kasus diatas itu beda ya.. hehe

dan setelahnya jika ada revisi atau kesalahan atau hal lain, itu semua dikembalikan ke si B dan Kawan kawan... haha artinya beban di limpahkan ke si B dan kawan kawannya karena mereka yang buat.. Wah... parah tuh, kalau si A yang nanggung semuanya, itu masih bisa masuk unggah ungguh ya...

Nah kasus lainnya, itu bisa membuat down alias putus asa... kita menjadi kurang percaya diri dan berpikir " apakah bisa aku seperti itu"

Lalu Harus Bagaimana?


Jika kamu sudah fokus di suatu bidang, kamu boleh mencari referensi, tetapi kamu juga harus imbangi dengan berlatih berlatih dan berlatih. Tanpa kamu berlatih, kemampuanmu ya akan segitu aja, banyak referensi malah jadi bumerang buat diri kita sendiri.. jadi harus seimbang ya..


Apa itu Vektor?


Nah sekarang kita masuk ke bahasan yang saya beri judul Download Desain dan Template Vektor Gratis , apakah itu sebuah pancingan? tidak, disini memang berkaitan dengan itu, tapi ini khusus buat kalian yang berkecimpung dan mau berkecimpun di dunia desain grafis ya pren.

Vektor merupakan gambar yang fleksibel dan tidak "pecah" saat ukurannya diperbesar melebihi ukuran normal. Hal ini sangat enak digunakan buat Percetakan ataupun bidang Website.

Kalau di Percetakan kita biasa tau format .CDR, .AI, .EPS itu semua adalah format untuk software Vektore macam Corel Draw, Adobe Illustrator.
Nah dan di Dunia Websitepun saat ini juga sudah menggunakan konsep vektor loh, tetapi itu diluar pembahasan disini ya, karena untuk website ada kode kode tertentu yang membentuk objek vektor seperti .SVG


Download Desain dan Template Vektor Gratis


Nah sebagai kaitannya dengan referensi, disini saya kasih referensi situs kalian untuk tentunya menambah referensi desain kalian, tapi ingat ya... harus seimbang, jangan pernah lupakan untuk berlatih!


1. FREEPIK.COM




Bagi kalian yang sudah pernah berkunjung ke Freepik.com, mungkin kalian menemukan harta emasnya desainer... ya disitu banyak banget Referensi Desain Vektor yang bisa kalian lihat dan download. Tersedia desain Vektor versi Free maupun versi Premium.
Ada Lebih dari 300.000.000 gambar tersedia melalui situs ini yang terbagi kedalam empat kategori yaitu vector, psd, icons, dan stock photos. Tetapi tetap saja vektor lah yang menjadi primadona di Situs tersebut.


2. FREEVECTORS.ORG




FreeVectors.org juga merupakan sumber desain vector yang memiliki koleksi gambar vector berjumlah lebih dari 1600 an, walau lebih kecil sih ketimbang FREEPIK, tetapi ini bisa juga menjadi referensi buat kalian. Di FREEVECTORS pun juga menawarkan FREE dan PREMIUM, Gambar-gambar ini terbagi menjadi empat belas kategori, Animals, Backgrounds, Business Office, City Architecture, Cool Design, Grunge, Holiday, Home and Family, Nature, Other, People, Technology, Transportation, dan Urban.

3. VectorStock.com




VectorStock ini juga tidak jauh beda ya dengan beberapa situs diatas, memiliki lebih dari 200.000 gambar vector yang mana 1.960 diantaranya dibagikan gratis dan selebihnya adalah berbayar, naha ada beberapa opsi juga sih untuk berbayar / premiumnya.. salah satunya adalah bayar per gambar.


4. All-Free-Download.Com




All Free Vector Download, ini juga menyediakan beragam desain vektor gratis tetapi kamu perlu memberi atribusi, artinya jika kamu mau menggunakannya untuk komersial, kamu bisa membelinya, atau harus memberi atribusi agar tidak terjadi permasalahan hukum. Ada lebih dari 190.000 gambar vektor yang bisa kamu unduh.



5. PublicDomainVectors.ORG



Public Domain Vectors berbeda dengan beberapa situs yang RahmanCyber.NET sajikan diatas ya, disini Public Domain Vector menyediakan berbagai Stock gambar vector yang bebas copyright. Jadi kita bebas untuk mengubah, menggandakan, serta mendistribusikannya baik untuk penggunaan pribadi maupun komersial tanpa harus meminta ijin. Public Domain Vectors hanya meminta kita untuk memberikan kredit jika menggunakan salah satu gambar yang mereka sediakan, meskipun tidak wajib dilakukan.



6. Vecteezy.COM




Vecteezy juga sama ya dengan beberapa situs diatas yaitu penyedia gambar vector. Mulai dari desain banner, background, berbagai art menarik, karakter, brosur, bunga dan masih banyak lagi lainnya tersedia gratis untuk kita, tetapi ada juga yang pro, artinya kalian perlu berlangganan untuk download.



7. FreeVectorMaps.COM





Nah kalo FreeVectorMap ini memang sih sama sama penyedia vektor, tetapi seperti namanya, ada kata maps yang berarti peta... Yups! disini adalah gudangnya vector yang khusus menampilkan gambar vector Peta, ada peta World, Continents, Americas, Europe, Asia & Oceania, Africa & Mid. East.. dimana itu bisa di spesifikkan lagi per negara negara di dalamnya.

Menarik memang, bagi kalian yang memerlukan Download Vektor Peta Gratis, untuk keperluan pembelajaran atau lainnya, kalian bisa deh kunjungi situs itu, tentu kalian bisa menggunakannya secara gratis dengan atribusi ya, kalo kalian mau menghilangkan atribusinya, maka kalian harus bayar sesuai harga yang tertera... kisaran $4 dollar an.. kalo dirupiahkan gak nyampe 100rb.. untuk harga paling murah yang saya jumpai disana, tetapi banyak juga yang lebih mahal dari itu.. hehe.





Kesimpulan Pembahasan


Nah, kita sudah tampilkan beberapa referensi yang bisa kalian gunakan untuk meningkatkan skill desain kalian ya sob, jadi sekarang saya harap kalian giat berlatih...
dan semoga informasi ini bermanfaat buat kalian ya temen temen Desainer.. karena kemungkinan yang mampir di Halaman ini adalah desainer atau calon desainer atau yang berkecimpung di bidang desain entah itu pemilik KIOS.





Sampai Jumpa...



F.N.A Red







Advertisement
Sobat, ditempat ini kita belajar bareng ya, saling berbagi ilmu di http://rahmancyber.net Apabila ada yang perlu di tambahkan atau ada kesalahan mohon di koreksi
Bagi yang menginginkan konten berupa video, bisa langsung kunjungi link Channel Youtube RahmanCyber NET
Matur Nuwun...

Sponsor Rahmancyber Network



Baca Juga

Posting Komentar

Harap Jangan Nyepam ya... ^_^

Rahmancyber Network

...
Berikut ini merupakan Bagian dari Rahmancyber Network

Whatsapp Button works on Mobile Device only