Cara Mengaktifkan LInux di Chrome OS Laptop Chromebook

Walaupun adanya Linux seperti pada distro distro linux pada umumnya, sebut aja Ubuntu, Debian, Mint, Garuda, dan banyak lagi distro linux lainnya, bahkan seperti distro Linux Langit Ketujuh yang berasal dari indonesia untuk kebutuhan multimedia... terutama bagi para freelancer...


{getToc} $title={Table of Contents}

 

linux debian di chrome OS

 

 

Ada banyak sekali distro Linux yang bisa anda pilih, dan biasanya Gratis, karena memang Linux sendiri Free dan Opensource.

 

Walaupun Chrome OS ini merupakan Sistem Operasi berbasis Gentoo Linux yang merupakan project pengembangan oleh Google dengan Google Chrome sebagai antarmuka grafis utamanya, tetapi Chrome OS ini terbatas hanya berjalan pada perangkat keras tertentu yang merupakan mitra manufaktur Google dibawah nama Chromebook.



 

*Gentoo Linux yang dirilis pada 31 Maret 2002 untuk versi 1.0, yang awalnya bernama Enoch Linux dibuat oleh Daniel Robbins, merupakan distribusi yang dapat dioptimisasi  dan mempunyai keunikan tersendiri yaitu bisa dikustomisasi untuk hampir segala jenis aplikasi atau kegunaan. 

 Konfigurasi yang sangat ekstrem, dukungan dari sesama user dan developer yang sangat bagus adalah salah satu kelebihan Gentoo. Berkat adanya teknologi bernama Portage, Gentoo Linux dapat menjadi server yang aman, sistem develop, profesional desktop, game sistem, solusi untuk 'embedded' atau apa pun sesuai yang kita inginkan. Karena kemampuan adaptasi Gentoo yang hampir tidak ada batasnya, maka kita menamai Gentoo Linux sebagai MetaDistribusi.

 

Lalu kenapa kalo linux harus mengaktifkan linux lagi? ini saya tidak terlalu paham, yang jelas, dari referensi yang saya dapat itu, Gentoo Linux ini memiliki sifat modular, bahkan bisa ditambah tambah dan dapat di port ke distro lain (Debian, ubuntu, mint dan distro lain...) dan yang kita liat ini, chromebook dapat di aktifkan lingkungan Linux (distro).


Linux (Beta), juga dikenal sebagai Crostini, adalah fitur yang memungkinkan Anda mengembangkan perangkat lunak menggunakan Chromebook. Anda dapat menginstal alat baris perintah Linux, editor kode, dan IDE di Chromebook Anda. Ini dapat digunakan untuk menulis kode, membuat aplikasi, dan banyak lagi. Pelajari lebih lanjut tentang Kata Kunci.

Chromebook, Chromebox, dan Chromebase yang diluncurkan sebelum 2019 yang mendukung Linux (Beta) tercantum di bawah ini. Kecuali ditentukan lain, semua perangkat yang diluncurkan pada tahun 2019 akan mendukung Linux (Beta). 



Tetapi unutk update ChromeOS terbaru, Linux Beta udah gak ada tulisan Beta Lagi, melainkan sudah menjadi lingkungan linux. 

 

Distro Linux yang ada di Chrome OS dalam bentuk Container / semacam Virtual Machine, sehingga ketika anda baru aja buka chromebook/menghidupkan Chromebook, maka setelah anda menjejakkan kaki di lingkungan Linux, maka virtual machinenya pun akan booting... hehe

 

Sehingga ini tidak mengurangi kecepatan Waktu Booting Chromebook di awal... cepet banget.. 

 

 

Ok, langsung aja kita ke pembahasan bagaimana Mengaktifkan Linux di Chrome OS.

Oh iya... BTW, disini Debian Bullseye 11 ya teman teman untuk Linuxnya... sehingga kalian bisa instal berbagai aplikasi dari APT Debian.... termasuk kalian bisa install GIMP, INKSCAPE, LIBRE OFFICE, FIREFOX ESR, ZOOM, VLC, HANDBRAKE.




 

Cara Mengaktifkan Linux Crostini Debian di Chromebook



Linux dinonaktifkan secara default. Anda dapat mengaktifkannya kapan saja dari Setelan.

  1.     Di Chromebook, pilih waktu di bagian kanan bawah.
  2.     Pilih Setelan > Lanjutan > Developer.
  3.     Di samping "Lingkungan pengembangan Linux", pilih Aktifkan.
  4.     Ikuti petunjuk di layar. Penyiapan memerlukan waktu 10 menit atau lebih.
  5.     Jendela terminal terbuka. Anda memiliki lingkungan Debian 11 (Bullseye). Anda dapat menjalankan perintah Linux, menginstal lebih banyak alat menggunakan pengelola paket APT, dan menyesuaikan shell.

 

 

Cara Menonaktifkan Linux di Chromebook



  1.     Di bagian kanan bawah, pilih waktu.
  2.     Pilih Setelan > Lanjutan > Developer  > Lingkungan pengembangan Linux.
  3.     Di bagian "Hapus lingkungan pengembangan Linux", pilih Hapus.


 

 

Mengakses mikrofon di Linux yang ada di Chrome OS



Anda dapat menggunakan mikrofon saat Linux diaktifkan.

  1.     Di kanan bawah, pilih waktu.
  2.     Pilih Setelan
  3.     Di sebelah kiri, pilih Linux.
  4.     Aktifkan Izinkan Linux mengakses mikrofon Anda.




Itulah beberapa cara yang berkaitan dengan lingkungan Linux Crostini di Chrome OS.

 

Kekurangan saat ini adalah dilinux yang ada di ChromeOS masih belum bisa akses kamera webcam dan tidak bisa pake Google Voice.



 

 

 

 







Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال