8 Faktor Utama Penyebab Traffic Kunjungan Website Blogger Turun Drastis

RahmanCyber NET - Blogging untuk bisnis ternyata tidak hanya sekedar menulis saja sob, melainkan bagaimana kita dapat bersaing dengan blog lainnya dan mendapatkan kunjungan yang stabil, sehingga apa yang kita trget, semisal adsense maupun bisnis lainnya mendapatkan ekplosure yang baik dan tentunya akan mendatangkan keuntungan bagi pemilik blog itu sendiri.

 

{getToc} $title={Table of Contents}


Hal ini sebenarnya sejalur dengan dunia "marketer" terutama digital marketing yang mereka menjadikan website dengan berbagai artikel di dalamnya dapat mendongkrak popularitas maupun pelanggan pelanggan baru.


Tetapi bagaimana jika tiba tiba kita mengalami penurunan traffic yang signifikan, apa saja penyebabnya... yuk kita bahas berdasarkan beberapa materi yang sudah saya baca sebelumnya secara random dari berbagai sumber internet marketing.



1. Server Website tidak Stabil bahkan sering mengalami down

 

Server berfungsi untuk meng onlinekan website kamu 1x24 jam selama 7 hari. Para penyedia layanan hosting, kebanyakan mereka membangun server yang gunanya untuk menampung website website para pelanggan, mungkin salah satunya adalah kamu.

 

 

server website
Server - Gambar Pixabay

 

Banyak juga yang menggaransi uptime 99,99%, lalu apa itu maksudnya uptime? uptime biasanya merupakan persentase waktu online server, jika pihak penyedia layanan hosting berani menggaransi waktu uptime 99,99%, berarti kesempatan down website kalian rendah, kisaran 0,01%, artinya website anda akan terjaga terus dan sedikit sekali peluang untuk down yang dapat menyebabkan penurunan traffic atau kunjungan jika waktu down tersebut terlalu lama.

Waktu server down disini, berarti website anda tidak bisa diakses ya sob.


Maka dari itu semakin baik sebuah server website, maka akan berdampak pula ke traffic website anda...


2. Loading website lama


Ya, tak bisa dipungkiri lagi di era informasi yang begitu banyak, begitupun pula penyedia informasi, maka makin kesini, banyak orang pengennya cepet aja, dan instan... langsung ke inti... begitu juga dengan mesin pencari saat ini, seperti google... semakin website memiliki kecepatan loading yang baik, maka kemungkinan peningkatan rank juga tinggi, walaupun disamping itu ada isi artikel yang paling utama.

 

loading website lama
loading website - gambar pixabay

 


semakin lama website dimuat, atau terlalu banyak iklan yang bertebaran, bahkan popup, jika website kita tidak memberikan value yang tinggi (misal website yang berisi unduhan file file penting), maka biasanya akan membuat pengunjung pindah / beralih. Sehingga, jika pengunjung hanya diam sejanak saja di website kita, hal ini akan meningkatkan bounce rate, hal ini bisa jadi penyebab menurunnya peringkat website di beberapa keyword yang ditarget.


Sehingga, ya tantangan kita adalah membuat website seringan mungkin.



3. Performa Website Buruk di tampilan Mobile

 

Saat ini memang pengunjung yang berasal dari mobile / pengguna smartphone meningkat tajam, semenjak 2019 sebenarnya hal ini sudah berasa efeknya. Traffic Blog yang awalnya bagus pun, jadi menurun akibatnya.

 

performa website
performa website - gambar pixabay

 

Jika sebelumnya sudah aware akan hal ini, dan keburu mengoptimalkan website untuk tampilan mobile, kemungkinan besar tidak berdampak yang signifikan, tetapi jika website kita belum di optimalkan untuk tampilan mobile, maka kita bisa aja di beberapa keyword yang sudah kita bidik, atau beberapa query blog kita yang sudah terhitung di mesin pencari (misalnya google) dan memiliki peringkat yang bagus, bisa jadi akan turun dan digeser oleh kompetitor yang sudah mempersiapkan akan hal ini.

Kita tau kan, ketika keyword/kata kunci yang memiliki traffic bagus kita kuasai, maka akan banyak sekali pakar SEO yang siap menjegal posisi kita kapan aja.

 

Beberapa tahun yang lalu pun, ada yuang namanya "AMP" dimana itu merupakan desain web super cepat, dengan lambang petir, ketika anda browsing di mesin pencari seperti google.

 

Accelerated Mobile Pages (AMP) merupakan teknologi perangkat lunak yang dikembangkan oleh Google. Google AMP merupakan proyek idealis dari Google. Pengembangannya memiliki tujuan untuk meningkatkan kecepatan akses sebuah situs web, khusus dalam meningkatkan kecepatan akses melalui perangkat ponsel pintar.

 

Website yang sudah mengoptimalkan desainnya ke AMP, maka bisa meningkatkan peringkatnya di mesin pencari (itu yang saya baca di beberapa website).


Tetapi saya rasa, hal ini masih belum dapat ditarik kesimpulan deh, karena tentunya kualitas dan kepadatan artikel, menjadi kunci utama, disamping SEO onpagenya...



4. Gonta-ganti template website


Saya pernah bahas sebelumnya pada postingan beberapa tahun lalu, ketika website ini, mengalami penurunan traffic yang sangat signifikan, salah satunya ya, karena gonta ganti template, perlu diketahui ketika kita berganti template (bukan edit template) jadi ganti secara keseluruhan, skema pun juga berganti, maka itu juga akan mempengaruhi perayapan ulang, dan pengidentifikasian lagi... apalagi jika malah template yang digunakan memiliki kualitas SEO yang jelek, hal ini bisa jadi penyumbang utama penurunan perankingan di beberapa artikel yang kamu buat sebelumnya.

 

gonta ganti template website
template blog - gambar pixabay

 


Ini bukan tanpa sebab, tetapi dari pengalaman saya pribadi... ketika berganti template itu, seperti kualitas konten kita di rayapi ulang oleh bot search engine.


Setelah itu dibandingkan dengan beragam artikel artikel baru yang lebih up to date...


Berikut ini artikel tentang pengalaman penurunan traffic website secara drastis, yang pernah saya alami.

 

Tidak hanya di blogger ya sob, melainkan juga jika kamu pake wordpress hosting sendiri, ketika ganti template beda developer..., kecuali jika hanya bagian tampilan saja di edit, dan tidak mengubah struktur keseluruhan.

 

Sebelumnya, saya emang buat template khusus (tidak murni dari nol) untuk situs rahmancyber.net, dengan mereferensi dari struktur template yang pernah saya beli, lalu saya coba mengubah keseluruhan, supaya benar benar berbeda, memang pada tahun 2017 itu, masih bisa kompetitif sih, tetapi selang berganti waktu... makin terasa berat, dengan tuntutan yang semakin kompleks dalam hal penyederhanaan dan pemuatan halaman, apalagi ketika tampilan mobile menjadi konsentrasi utama... wah dengan berbagai aktifitas dan tuntutan kerja saat ini, serta berbagai permasalahan hidup, rasanya saya sendiri kuwalahan untuk mengoptimalkan. Apalagi jika harus belajar berbagai teknik pengoptimalan template, rasanya tidak bisa konsentrasi hehe...

 

Ini bukannya saya menggurui ya, tapi hasil pengamatan dari apa yang telah kita alami, jika sobat ada yang lebih ahli di bidang ini dan memberikan sanggahan tentang hal ini, bisa dicantumkan di kotak komentar, siapa tau bisa jadi ajang diskusi. 


Karena disini saya juga tidak menampik, jika dalam meniti pengalaman dibidang per bloggingan ini, saya juga memiliki banyak missed ataupun kesalahan dalam memahami sesuatu.



5. Meningkatnya Performa SEO kompetitor


Perlu diketahui bahwa ketika kita melakukan optimasi SEO terhadap website, agar peringkat kita di mesin pencari, entah itu yahoo, google, bing mendapat ranking yang baik, ternyata kompetitor lain, baik perorangan maupun dalam bentuk perusahaan besar, mereka juga melakukan hal yang sama. 

 

meningkatnya performa seo kompetitor
SEO - gambar pixabay

 


Tujuannya, tentu untuk mendapatkan traffic yang dapat berguna untuk meningkatkan pemasukan mereka.

Disamping itu juga, berbagai macam optimasi berbayar pun kadang dapat benar benar membuat kalah start dan waktu, contohnya aja... untuk langganan tool SEO yang bisa melakukan monitoring Backlink lawan secara total, seperti Ahrefs, maupun Moz, kita sudah bahas sebelumnya tentang metode ukur Moz maupun Ahrefs serta perbedaan keduanya, walaupun mereka menyediakan versi gratis sih, tetapi dengan mereka memiliki akses ke premium, tentu akan meringankan pekerjaan mereka.

Saat ini, memang kita hanya mengandalkan tool - tool gratis yang tersedia di jagat internet ini, seperti yang saya telah bahas sebelumnya tentang tool-tool gratis untuk optimasi SEO website.

langkah yang dapat anda lakukan, tentu seperti halnya kompetisi, jadi saling menganalisis dan melakukan riset mendalam terhadap kompetitor anda.

kamu juga bisa mencoba ngliat aktivitas mereka di media sosial seperti apa, teknik yang mereka lakukan untuk branding, apakah mereka melakukan promosi berbayar juga? apakah mereka memiliki backlink ke media besar yang memiliki status yang baik, sehingga mereka bisa menggeser peringkat kita?


Kamu juga bisa melihat keyword-keyword yang digunakan dalam website kompetitor. Kalau kamu sudah melihat pergerakannya, kamu bisa melakukan hal yang lebih baik dari kompetitor kamu, sehingga posisimu dapat menjadi lebih baik, dan bisa jadi kamu dapat menang darinya, mungkin di beberapa keyword lain, atau bahkan keyword utama jika kamu membangun website berdasarkan niche khusus.



6. Algoritma Mesin Pencari yang berubah


Yup! ini merupakan hal yang diluar kendali kita, kita tidak bisa melarangnya untuk tidak berubah atau memperbaharui algoritma pencarian, mungkin persentasi parameter penentu pemeringkatan. Tentu tujuan mereka akan lebih banyak ke customer/pelanggan. 

 

algoritma yang berubah
Algoritma - gambar pixabay

 

Sehingga dengan begitu, mereka atau si pelanggan itu akan makin ketergantungan pada mesin pencari, karena menyajikan informasi yang benar benar akurat sesuai yang dibutuhkan.

Yup! bisa ditarik kesimpulan bahwa tujuan algoritma berganti ganti itu, ya ujungnya untuk kenyamanan pengguna, agar mendapatkan hasil yang sesuai dan tidak abal - abal.

Lalu, apakah kita hanya dapat mengandalkan organic traffic dari search engine aja? tentu saja sebagai penyedia informasi, kita berhak atas apa yang kita tulis, seperti halnya dengan website RahmanCyber ini yang telah memiliki lebih dari 500 an artikel yang dibuat dari waktu ke waktu, dari ketika pengetahuan tentang penulisan masih belum begitu memadai. Beberapa memang ada yang belum saya perbaiki... tapi kadang ya, eman - eman juga buat kenang - kenangan...kadang juga tinggal saya tambahkan update, gitu...  karena dulu juga masih sering nyalin dari buku pelajaran... maupun catatan dari guru, diketik ulang gitu deh...

Bahkan hanya sekedar penjelasan singkat aja, dulu dapet traffic sampai beribu - ribu... wkwkwk

Tapi sekarang, tentu hal itu jarang bisa terjadi ya... kecuali memang pada pembahasan dengan tingkat rarity yang tinggi, kemungkinan masih bisa.

Selain Search engine, kita bisa memanfaatkan sosial media, bahkan juga platform video seperti Youtube, juga bisa menjadi cara untuk mendatangkan traffic website.

Saya mencoba mengkombinasikan semuanya, kamu bisa liat channel saya di RahmanCyber.NET di Youtube, walau kadang juga kewalahan dalam membuat konten... lagi ada mendapatkan atensi yang baik, misal jumlah view dan permintaan yang tinggi, eh... agak tersendat di pembuatan video... hal itu sering terjadi, kadang juga bercampur dengan burnout...

Btw, Beragam teknik marketing juga bisa kamu gunakan loh, seperti email marketing, direct marketing, maupun personal branding.


Untuk menghadapi perubahan algoritma yang tidak dapat kita cegah :) minimal kita tau bagaimana SEO on page maupun off page. Saya pernah menyinggungnya di artikel tentang link building yang pernah di posting di rahmancyber.net

Sehingga kita bisa menggabungkan kekuatan tersebut


*Buat para master yang kebetulan mampir, bisa menambahkan ataupun mengoreksi di kotak komentar ya.




7. Artikel jarang di update

 

Ini dia yang juga penting! ketika traffic mulai lesu, jangan jangan beberapa artikel kita sudah banyak yang memperbaharui menjadi lebih lengkap, terutama kompetitor kita :), tetapi dengan mengupdate artikel web kita, biasanya akan lebih mudah untuk menaikkan ranking ketimbang buat baru loh, jadi artikel lama pun, bisa kita tambahi dengan informasi baru.

 

artikel jarang update
artikel jarang update - gambar pixabay

 

Sehingga rankingnya pun juga semakin kuat dan tidak mudah tergeser.

Untuk mencapai itu, tentu butuh waktu juga untuk melakukan perankingan ya, tidak bisa langsung sehari.. :), jadi yang penting udah di update, lalu tinggalin, update artikel lain...

gitu aja polanya...


Soalnya, kalo dari pengalaman ngeblog, kebanyakan sebuah post artikel mulai mendapat kueri di mesin pencari, ditandai dengan jumlah pengunjung ataupun view yang meningkat. - rahmancyber quote.


Kita tak bisa instan ngeliat hasilnya... hal ini mirip kalian ngumpulin tugas, kadang beberapa hari, baru bisa ngeliat hasilnya khan.. ^_^ rata rata sih 3 sampai 14 hari, bahkan ada yang sampai sebulan baru keliatan hasilnya...


Makannya, ketika kita upload konten, misalnya banyak.. ketika konten itu original, maka akan tetap terjaga posisinya.. jadi sistemnya bukan gali lubang tutup lubang... bukan...


Upload lah artikel semampu kamu, sesuai apa yang kamu kuasai, tak ada batasan kamu boleh upload berapapun, yang jelas semakin banyak semakin baik, tentu orisinalitas itu menentukan kebelangsungan konten kamu di perangkingan.

 

(Banyak hal saya amati untuk hal ini) banyak hal juga yang tak bisa saya sampaikan secara gamblang.



8. Website kamu terdapat Malware


Malware disini bisa jadi merupakan serangan dari pelaku yang berhasil masuk ke bagian index website, dan menanam script malware, sehingga bisa jadi ketika pengunjung mengunjungi website anda, maka pengunjung bisa dalam keadaan bahaya jika, ternyata malware itu bersifat mengumpulkan informasi dari komputer, misalnya data pribadi.

 

malware website
malware - gambar pixabay

 

 

 

*Pengertian Malware merupakan perangkat lunak apa pun yang sengaja dirancang untuk menyebabkan kerusakan pada komputer, peladen, klien, atau jaringan komputer 

 

Bisa juga di Smartphone, karena sifatnya smartphone biasanya lebih privat, sehingga kemungkinan besar banyak data berharga yang dapat diambil. Maka hal ini akan menjadi ancaman bagi pengunjung.

Memang sih tak bisa dipungkiri bahwa, tak ada sistem yang benar benar aman, tetapi kamu bisa memilih web hosting yang dapat memberikan pelayanan security yang baik, terutama untuk mengurangi resiko keamanan yang bisa menyerang website kamu, walau kita juga dapat menambahkan layer keamanan tambahan lain, seperti plugin di website yang anda hosting di server hosting web.

 

Selain dari serangan pelaku kejahatan cyber yang berhasil masuk ke root website, script malware juga bisa jadi berasal dan ditanam di theme, atau template tampilan website. Contoh tema wordpress.

Jika kita memakai tema yang entah didapat dari mana, kalo tidak aware ya, bisa ternyata tersisip script malware disana.

 

Jadi dalam memilih tema untuk website pun, kita perlu hati - hati.

 

Lalu bagaimana dengan blogger? ya, celah utama blogger berada di tema gan... jika tema anda tertanam script malware ya bisa mengandung malware jadinya website kamu, walaupun itu berbasiskan blogspot, atau blogger yang sudah di custom domain.


Tentu dengan terdeteksinya website kamu mengandung malware, hal ini akan menurunkan peringkan banyak artikel web di mesin pencari.

Selain itu, dapat membahayakan pengunjung setia blog kamu.. jadi hati hati juga memilih tema/template blog.







Itulah beberapa yang dapat saya paparkan, kemungkinan jika ada pengetahuan tambahan, bisa diperbaharui... tentang faktor penyebab penurunan traffic kunjungan website.

 

Moga harimu bahagia.


 


Penulis : F.N.A-RED



1 Komentar

Untuk posting kode, bisa di parse dulu gan, pake tool parse yang udah disediakan di website ini https://www.rahmancyber.net/p/parse-code.html

agar kodenya tidak hilang... ^_^

  1. Beberapa bulan lalu blog saya mengalami penurunan signifikan. Syukurlah saat ini sudah mulai naik pelan-pelan.
    Tips yang sama untuk teman-teman yang mengalami. Yang penting jangan panik, tetap konsisten dan semangat.

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال