9/05/2021

NATRON Software Compositing Visual FX Alternative Adobe After Effect yang bisa di Download dan digunakan Gratis

Bagi sobat yang alternatif software untuk visual effect compositing selain after effect yang dapat digunakan secara gratis, sobat bisa nih pake software alternatif untuk compositing. Bedanya, kalo software ini kita utamanya memakai Node / Simpul.. :) kalo anda terbiasa memakai node di Blender 3D mungkin akan dengan mudah dalam beradaptasi dengan software yang dikembangkan menggunakan bahasa Phyton dan C++ ini..


Software Compositing Open Source

 

Perkenalkan, software untuk compositing Open Source, Free to Use dan dapat disandingkan dengan puluhan software opensource powerful yang abang instal di komputer abang... nama softwarenya adalah Natron!

 


 


Pengertian Natron

 

Natron merupakan perangkat lunak yang ditujukan untuk compositing berbasis node / simpul open source/sumber bebas dan terbuka. Natron Ini telah dipengaruhi oleh perangkat lunak pengomposisian digital seperti Avid Media Illusion, Apple Shake, Blackmagic Fusion, Autodesk Flame dan Nuke, yang darinya antarmuka pengguna dan banyak konsepnya diturunkan.



Apa sih itu Compositing


*Compositing adalah proses atau teknik menggabungkan elemen visual dari sumber terpisah menjadi gambar tunggal, seringkali untuk menciptakan ilusi bahwa semua elemen tersebut adalah bagian dari pemandangan yang sama. 



Sebagai software untuk Digital Compositor yang dapat menangani semua kebutuhan 2D/2.5D, NATRON ini bisa nih jadi alternatif after effect... ukuran filenya cukup kecil menurut saya, karena hanya dibawah 200mb an... sebagai software compositing, ini cukup kecil dibanding dengan software dengan tujuan sejenis.  

 

Open Image IO

 

Natron ini menggunakan format file OIIO (Info lebih lengkap tentang OIIO/Open Image IO, anda bisa cek disini dan lihat disini) dengan arsitektur OpenFX yang menjadikan Natron sebagai software Compositing Open Source yang fleksibel untuk komunitas visual effect. 

 

Ekstensi file project NATRON adalah .ntp



Operating Sistem yang bisa diinstall Natron



natron download



Natron pun juga tersedia di berbagai OS, bisa dilihat pada gambar yang saya ambil dari Official Natron, dimana anda bisa menginstall Natron di Windows, MacOS, Linux, FreeBSD.



*FreeBSD adalah sebuah sistem operasi bertipe Unix bebas yang diturunkan dari UNIX AT&T lewat cabang Berkeley Software Distribution yaitu OS 386BSD dan 4.4BSD-Lite, meskipun pada awalnya FreeBSD rilis 1.0 diturunkan dari OS 386BSD dan 4.3BSD-Lite




Fitur - fitur utama Natron


Sebagai software Compositing, Natron memiliki fitur fitur dasar untuk semua proyek produksi film saat ini yang membutuhkan efek visual.seperti memiliki keying, roto/rotopaint, Tracker 2D. Bahkan si Natron juga mendukung GPU & Network Rendering.


Ini merupakan fitur Highlight fiturnya...

 


  •     Antarmuka pengguna yang intuitif/Intuitive user interface : Natron bertujuan untuk tidak menghentikan kebiasaan dengan menyediakan antarmuka pengguna yang intuitif dan akrab. Dimungkinkan untuk memisahkan pada sejumlah layar antarmuka pengguna grafis. Ini mendukung layar Retina di macOS.
  •     Performa/Performances:   Jangan pernah menunggu apa pun untuk dirender, di Natron apa pun yang Anda lakukan menghasilkan umpan balik waktu nyata berkat pipa rendering multi-utas yang dioptimalkan dan dukungannya untuk rendering proxy (yaitu: pipa render dapat dihitung pada resolusi yang lebih rendah ke kecepatan- atas rendering).
  •     Multi-tugas/Multi-task : Natron dapat membuat beberapa grafik pada saat yang sama dan memanfaatkan 100% daya komputasi CPU Anda.
  •     Render jaringan/Network rendering : Natron dapat digunakan sebagai alat baris perintah dan dapat diintegrasikan pada pengelola pertanian render seperti Afanasy .
  •     NatronRenderer: Alat baris perintah untuk mengeksekusi file proyek dan skrip python. Versi baris perintah dapat dieksekusi dari ssh di komputer tanpa tampilan apa pun.
  •     Penampil Cepat & interaktif/Fast & interactive Viewer – Pembesaran/penggeseran yang halus & akurat bahkan untuk ukuran gambar yang sangat besar (diuji pada gambar 27k x 30k).
  •     Pemutaran waktu-nyata/Real-time playback : Natron menawarkan pemutaran waktu-nyata berkat teknologi cache RAM/Disk. Setelah bingkai dirender, bingkai dapat direproduksi secara instan setelahnya, bahkan untuk ukuran gambar besar.
  •     Persyaratan perangkat keras rendah/Low hardware requirements:  Yang Anda butuhkan hanyalah prosesor x86 64 bit atau 32 bit, setidaknya 3 GB RAM dan kartu grafis yang mendukung OpenGL 1.5+ dengan beberapa ekstensi.
  •     Pengeditan gerakan/Motion editing: Natron menawarkan cara sederhana dan efisien untuk menangani bingkai utama dengan editor kurva yang sangat akurat dan intuitif. Anda dapat mengatur ekspresi pada kurva animasi untuk membuat gerakan objek yang mudah dan dapat dipercaya. Natron juga menggabungkan lembar obat bius berfitur lengkap untuk mengedit klip dan bingkai utama dengan cepat dalam ruang-waktu.
  •     Alur kerja multi-tampilan/Multi-view workflow:  Natron menghemat waktu dengan menyimpan semua tampilan dalam aliran yang sama. Anda dapat memisahkan tampilan kapan saja dengan node OneView.
  •     Rotoscoping/Rotopainting : Edit topeng Anda dan hidupkan untuk bekerja dengan bidikan yang rumit
  •     Node pelacak/Tracker node:  Pelacak titik tertanam di Natron untuk melacak banyak titik. Versi 2.1 dari Natron akan menggabungkan Tracker dari Blender.
  •     Preset: Preset node dapat diimpor/diekspor dengan mudah dengan format file XML
  •     Skrip Python/Python scripting:  Natron telah menyediakan sebagian besar fungsinya melalui API Python.
  •     Natron menyematkan interpreter Python 2.7 yang dapat digunakan untuk menyesuaikan aplikasi. .
  •     Multi-plane : Di Natron semua layer yang dibaca dari EXR, TIFF atau PSD tersedia sebagai plane yang dapat diakses oleh setiap node. Anda juga dapat dengan bebas membuat pesawat kustom Anda sendiri. Ini memungkinkan grafik yang lebih bersih dan pekerjaan yang lebih efisien.

 

 

 

fitur fitur NATRON




Dukungan Komunitas Natron



Tenang saja, Natron juga menggunakan dukungan Komunitas, sehingga anda lebih mudah untuk beradaptasi, adapun jika terdapat kesulitan, anda bisa menuju Forum Natron disini.



Memang sih, bahasa inggris ya, karena memang ini bahasa internasional.. anda bisa menggunakan versi translatenya untuk dapat mengerti bahasan.. :) silahkan kunjungi versi translate disini



anda bisa download NATRON software Visual Effect di situs resminya yang di hosting dan menggunakan sub domain github -> https://natrongithub.github.io/




Antarmuka NATRON


Ini adalah tampilan antarmuka dari NATRON.


Antarmuka NATRON

Saya akan jelaskan satu persatu ya, sesuai penomoran yang saya buat diatas...


  • Nomor 1 : Node Graph, bagian ini fungsinya untuk menggabungkan beberapa komponen, mengkombinasikan apapun yang tersedia di natron, anda bisa menggabungkannya dengan saling menghubungkan node dengan garis.  Ini mirip sih konsepnya dengan brainstorming.. :)

  • Nomor 2 : Properties, bagian ini berisi berbagai properties / pengaturan properti / komponen yang anda tambahkan di dalam Node Graph. Pada bagian properties ini, anda bisa melakukan control, pelabelan Node, enable atau disable node dan melihat Info dari Node / komponen yang anda tambahkan.

  • Nomor 3 : Monitor/Viewer Panel, disitu anda bisa melihat dari tampilan compositing yang telah anda buat. Pada bagian ini ditampilkan hasil compositing/pengolahan citra. Untuk memilih apa yang ditampilkan, setiap penampil terkait dengan simpul penampil dalam grafik yang dapat dihubungkan ke titik perantara mana pun dalam grafik.

  • Nomor 4 : Node Graph(Panel ini adalah koneksi yang dibuat antara node /seperti yang dijelaskan poin nomor 1, untuk menentukan urutan pemrosesan gambar),

    node graph

    Curve Editor(Panel ini memungkinkan untuk mengedit secara grafis perubahan waktu parameter node [ini sama dengan nilai numerik yang ditampilkan di editor Properties]),

    curve editor


    Dope Sheet (Panel ini memungkinkan untuk mengedit waktu animasi dengan cepat tetapi tanpa akses ke nilai sebenarnya. Setiap kotak kecil sesuai dengan keyframe yang ditetapkan pada parameter dari satu node. .)...

    dope sheet
  • Menu Bar : Bagian ini tidak saya nomori, tetapi letaknya berada diatas jendela Natron seperti software pada umumnya... bagian ini memberikan akses ke berbagai tindakan selain menambahkan node ke grafik node. Sebagian besar tindakan dilakukan di seluruh proyek seperti menyimpan, merender…

    menu bar natron

  • Toolbar : Bagian ini berisi alat alat yang berguna untuk proses compositing, daftar ikon ini berada di sisi kiri Natron.

    Setiap ikon adalah menu alat yang memberikan akses ke berbagai kategori node (yaitu alat pengolah gambar) yang ditawarkan Natron untuk memproses atau membuat gambar.

    toolbar










Download Sample Project Natron untuk Pembelajaran


Sample Project Natron : Download Here

Script Phyton dari Komunitas Natron dikumpulkan disini beserta panduan installasinya : Here




Penutup Pembahasan NATRON Visual FX Software


Beberapa diatas sumber utamanya adalah official website dari Natron yang sudah saya spread word dengan bahasa RahmanCyber, 

 

moga dapat memberi insight tambahan, anda bisa menyelam lebih dalam dengan bernavigasi ke link sumber yang saya sertakan, jangan lupa jika anda menemukan hal baru, bisa ditambahkan ke link komentar ya, supaya bisa menjadi pembahasan yang lebih lengkap dihalaman ini..

Saya berharap pengguna Natron dapat meningkat signifikan, seperti blender 3D yang sekarang menjadi software Open Source andalan banyak orang dan instansi terutama dalam mengembangkan karya kreatif digital yang lebih bervariasi...

 

Sekarang kita punya koleksi software Open Source yang lumayan lengkap ya... hehe, ada Kdenlive untuk editing video, Blender 3D untuk 3d modeling dan animasi, GIMP untuk pengolah gambar raster, INKSCAPE untuk pengolah grafis vektor, KRITA untuk membuat illustrasi mirip adobe photoshop sih, AUDACITY untuk mengolah audio, OBS untuk broadcast yourself atau untuk streaming...  intinya, semua software ini termasuk untuk sektor kreatif...

 

Oh iya, apakah kalian sudah mencoba NATRON? bagaimana pendapat kalian tentang software ini?










Advertisement
Sobat, ditempat ini kita belajar bareng ya, saling berbagi ilmu, Apabila ada yang perlu di tambahkan atau ada kesalahan mohon di koreksi
Bagi yang menginginkan konten berupa video, bisa langsung kunjungi link https://www.youtube.com/rahmancyber
Matur Nuwun...

Sponsor Rahmancyber Network



Artikel Pilihan

Posting Komentar


Whatsapp Button works on Mobile Device only