12/14/2017

Apa sih maksudnya Reboot, Remake, Sekuel, Prekuel, Cross- Over, maupun Spin- Off dalam Film

Saat ini dunia Perfileman sedang naik daun nih ( Di Indonesia ).. kalo di luar negeri udah lama... hehe,




Nah disini kamu sebagai Penonton film atau pembuat film nih? atau keduanya.. :D.. ternyata di dunia film pun juga tak lepas dari promosi. Sebuah nama atau Franchise yang sukses itulah tujuan promosi tersebut..
Ketika sebuah film telah selesai ceritanya.. tak jarang industri film di luar negeri tidak berhenti sampai disitu saja..Apalagi telah memiliki Franchise atau nama yang sukses menarik minat para penonton.. Alias Udah membekas di hati penonton.
Itu akan menjadi medan magnet yang kuat untuk menggaet kembali minat para penontonnya.

Jujur saja saya sendiri sebenarnya baru saja nih cari cari istilah tersebut karena terlalu sering muncul di forum.. terutama forum tentang film, entah itu komentar kesan dari sebuah film, maupun film yang berakhir secara ambigu alias memunculkan tanda tanya besar bagi fansnya..

Seperti pada Film anime Code Geass Lelounch R1 R2 yang baru beberapa hari yang lalu selesai saya tonton. dan meninggalkan tanda tanya besar. Seakan akan memang itu sebuah trik untuk mensurvei tingkat ke populeran si film tersebut. Banyak sekali yang mempertanyakan hal itu di forum forum.  Tentang akhir dari lelounch vi britanian yang di tusuk oleh Zero pengganti ( Suzako ) yang ternyata itu permintaan lelounch sendiri untuk menebus dosa nya selama ini yang ia lakukan dengan Geassnya ( semacam kekuata hipnotis yang kuat dapat merubah struktur pikiran - geass milik lelounch memberikan kekuatan lelounch untuk dapat memerintah semua orang sesuai kehendaknya ).. yang telah mengorbankan banyak orang termasuk orang orang yang dicintainya selama pertempuran Kuro no shidan / ksatria hitam dengan Britania yang berada pada kekuasaan ayahnya yaitu charles.. Jelas disitu lelounch berakhir di pangkuan nunnally adiknya yang telah mengerti tentang maksud dari lelounch selama ini dan maksud menyuruh Suzaku menjadi Zero untuk mengakhiri dirinya setelah tujuannya untuk membentuk dunia yang baru penuh kedamaian utnuk nunnaly berhasil ia capai dan mengalihkan semua kebencian orang orang ke dirinya [lelounch] ) dari bayangan sekilas ketika menyentuh tangan lelounch.
Tetapi pada akhir sesi ditampakkan pengendara kerata kuda membawa jerami yang diatasnya ada C.C. dimana perawakan sang kusir mirip dengan lelounch tetapi tidak diperlihatkan wajahnya ( Seakan dibuat Jadi sebuah misteri ) apalagi ketika C.C seperti bicara dengan lelounch " Benar kan Lelounch? " jadi hal itu jadi sebuah jembatan untuk memecah pikiran tentang akhir dari film tersebut..
Sehingga ada penonton yang sudah puas bahwa itu akhir dari lelounch, ada penonton yang bersi keras berpendapat bahwa lelounch masih hidup dan pergi ke suatu tempat bersama C.C untuk mengasingkan diri, ada yang berpendapat juga kalau itu adalah di dunia C ( TERDAPAT PADANG RUMPUT YANG LUAS| Berarti juga lelounch sudah berakhir di dunia nyata ).. ya sebenarnya ya hanya pembuatnya yang tau maksud dari potongan scene tersebut.. entah mau melanjutkan atau tidak.. dan itulah yang membuat penasaran bagi Fans untuk mencari informasi tentang " Apakah masih ada Episode / Season Code Geass berikutnya? Ada kaitannya tidak dengan sebelumnya? "

Tak lama kemudian muncul Movie Code Geass baru yaitu judulnya Akito..... , tetapi memiliki plot dan tempat yang berbeda walau ada beberapa bagian yang sama.. seperti adanya nama eleven.. apalagi dimunculkannya karakter lama, Seperti Suzaku, C.C dan Lelounch yang namanya diganti Julius tapi menurutku itu salah satu istilah yang kita bahas ini yaitu Spin-Off. Apalagi seperti mengambil setting di tengah tengah R1 dan R2
Ya itulah contohnya...  Maaf ya bagi yang tidak paham dengan contohnya atau belum tau tentang Code Geass pasti tidak nyambung.. abaikan aja.. yang penting teori teorinya ada disitu [ Kalo Paham ^_^ ]
Strategi untuk memainkan sebuah franchise yang sudah sukses / populer.



Berikut ini beberapa Istilah Reboot?, Remake?, Sekuel?, Prekuel?, Spin- Off?, maupun Cross- Over? dan Penjelasannya


SEKUEL

Sekuel diartikan sebagai sebuah kelanjutan kontinuitas sebuah cerita film yang sudah dihadirkan di karya sebelumnya. Dalam bahasa sederhananya yaitu kelanjutan cerita.


PREKUEL

Kebalikannya dari sekuel, prekuel ini adalah sebuah karya yang menceritakan kejadian yang terjadi di film sebelumnya. Atau bisa dibilang Flashback. Kayak Film Minion. Yang tiba tiba menceritakan tentang minion jaman sebelum bertemu Gru... Maaf ya bagi yang tidak paham dengan contohnya atau belum tau tentang Minion pasti tidak nyambung.. abaikan aja



CROSS- OVER

Cross- Over adalah sebuah istilah yang dipakai untuk menyebutkan sebuah film yang mempertemukan beberapa karakter yang sebelumnya sudah terkenal dan dimunculkan di film lain. Cross- Over movie sendiri sudah menjadi trend dalam satu dekade belakangan ini. Baik yang murni benar- benar cross- over resmi dari sebuah film maupun yang hanya menggunakan karakter terkenal tapi bukan cross- over resmi... Misalnya nih.. saya buat cerita..
" Aku berjalan ke semarang tiba tiba bertemu dengan Naruto.. eh Apa yang naruto lakukan di Semarang ya? Aku penggemarmu lho... ajari aku ninjutsu dong " - digambarkan dalam sebuah Film Pendek misalnya.
disitu ada naruto.. tokoh film yang terkenal... hehe.. tetapi kalau asal comot karakter itu gak boleh ya.. biasanya harus ada persetujuan dari pembuatnya.. ^_^ . Wuih.. karo mau cross over naruto haru ke jepang dong ketemu Mashasi kisimoto...??? hehe | gak teu juga..


REMAKE


Untuk masalah remake dan reboot memanglah sangat tricky. Pasalnya hanya terdapat perbedaan tipis di antara keduanya. Untuk remake adalah penceritaan kembali sebuah film (baik dirombak total ataupun setia dengan aslinya) yang belum menjadi sebuah seri.


REBOOT

Lain halnya dengan reboot. Jika remake menceritakan kembali sebuah film yang sudah menjadi seri atau diangkat dari sebuah franchise. Tidak perduli cerita tersebut dirombak total atau tetap setia dengan aslinya, Cuma kalau reboot itu biasanya gak akan beda cerita dalam pembuatan ulang filmnya. Jadi cuma diproduksi ulang buat ngidupin sebuah karakter dengan kondisi yang lebih fresh sesuai perkembangan jaman gitu. Reboot biasanya juga dibikin untuk cerita yang emang sudah berakhir tapi dihidupin lagi karena masih banyak yang suka.


SPIN- OFF

Film Spin- Off ditujukan untuk menceritakan secara fokus terhadap suatu kejadian atau karakter pendukung, yang biasanya memiliki fanbase tersendiri atau tanpa diduga menjadi ikon dari film tersebut dan kerap menjadi scene stealer di setiap penampilannya.


Itu saja sepertinya ya.. semoga dapat menambah ilmu kalian para penggemar film.. hehe, Maaf juga karena saat ini kita jadikan Kategori Redaksi Yuk Bahas Film menjadi kategori yang lebih luas.. di dunia perfilman bukan hanya review tentan film yang telah tim penulis tonton sebelumnya. Gomen Nasai!
















Advertisement RahmanCyber Network merupakan sumber beragam informasi seputar Tips dan Trik, berbagai Info Terkini, dan Pengetahuan lainnya | Selamat datang di http://rahmancyber.net | Semoga yang kita sajikan pada situs ini bisa bermanfaat bagi para pembaca...



Post a Comment

Berilah Komentar di sini, Harap Jangan Nyepam ya...

Rahmancyber Network

...
Berikut ini merupakan Bagian dari Rahmancyber Network

Whatsapp Button works on Mobile Device only