Review Smartphone Murah Samsung M12 RAM 4GB/64GB CPU Speed 2GHz Exynos

Sebelum kita bahas lebih jauh, di judul anda bisa lihat, saya selipkan "Exynos" disitu...

Exynos merupakan serangkaian sistem pada chip ARM yang sebelumnya bernama Hummingbird, adalah  yang dikembangkan oleh divisi System LSI Samsung Electronics dan diproduksi oleh Samsung Foundry. Ini adalah kelanjutan dari lini SoC S3C, S5L dan S5P Samsung sebelumnya.

Sebenarnya ini bukan ponsel saya sendiri ya, jadi ini saya pinjam sekejap untuk ngeliat seperti apa sih Smartphone yang dijual dengan Range harga 1.7Juta - 2Juta ini..

Sebenarnya disini saya sedikit membandingkan dengan Samsung Galaxy A03s yang sudah saya buat Review Hape Samsung Murah beberapa bulan yang lalu...


{getToc} $title={Table of Contents}


Kalo dilihat dari fisik, ternyata tak jauh berbeda...



Apa isi Box Samsung M12


Isi dalam box Samsung M12 ini tidak jauh berbeda dengna beberapa smartphone entry level samsung A03s, maupun samsung m11.


Isi box Samsung M12
Isi Box Samsung Galaxy M12


  1. Smartphone/Gawai/Ponsel Pintar Samsung M12
  2. Adaptor Charger (Fast Charging)
  3. Kabel Type C to USB (untuk charging dan transfer data)
  4. Kartu Garansi dan Manual Book
  5. Pin Ejector


Minus nya, emang kita gak dapet Headset,.. padahal dulu untuk Samsung J4 saja, dengan range entry level, dapat Headset.





Spesifikasi Layar Samsung Galaxy M12


SPESIFIKASI LAYAR SAMSUNG M12
Layar SAMSUNG GALAXY M12


untuk display sendiri kita mendapatkan layar yang cukup besar seperti biasanya, karena kebanyakan layar smartphone sekarang sudah 6 inci keatas ya dan untuk Samsung Galaxy M12 ini kita mendapatkan ukuran layar 6,5 inci (165.5mm (6.5" full rectangle) / 161.4mm (6.4" rounded corners)) PLS TFT LCD , 90Hz dengan resolusi layar 720 x 1600 (HD+) dengan Infinity-V display yang mirip dengan a03s tempat di dekat kamera depan paling atas. Jadi layarnya seperti di beri ruang dibagian atas membentuk huruv v yang menaungi atau sebagai tempat kamera depan.


Emang sih sekarang smartphone ukurannya makin menyerupai tablet... eh, tapi masih besar tablet yang rata rata 8 inchi keatas, seperti Samsung Tab A P205 yang pernah kita review artikel dan review video jauh jauh tahun yang lalu.




Dapur Pacu Samsung Galaxy M12


Samsung Galaxy M12 CPU
Test menggunakan Software CPUZ


Ponsel pintar ini ditenagai chipset exynos 850 dengan semikonduktor sudah 8nm dengan CPU Octacore (4x2.0 GHz Cortex-A55 & 4x2.0 GHz Cortex-A55). selain itu gawai ini didukung GPU Mali-G52.

Samsung Galaxy M12 ini juga sudah memiliki RAM 4GB, kalo digunakan saat ini, sudah cukup bisa diandalkan untuk multi tasking.

BTW, kebetulan yang dijadikan bahan review ini yang versi 4GB ram, karena untuk harga yang lebih rendah, ada juga yang versi 3GB




Media Penyimpanan Samsung Galaxy M12


Kebetulan yang dipilih untuk review ini adalah yang memiliki penyimpanan 64 GB artinya di sisi lain juga ada yang lebih murah dengan internal storage 32Gb bahkan juga ada yang lebih mahal yaitu 128 Gb untuk penyimpanannya, yang semua tipe itu sudah eMMC 5.1. lumayan cepet sih dari versi Embedded MMC/eMMC sebelumnya, seperti eMMC 5.0, eMMC 4.5, eMMC 4.41, eMMC 4.4, eMMC 4.1.


selain storage internal tersebut kita juga bisa melakukan ekspansi dengan menambahkan MicroSD CARD yang memang dijual terpisah ya, jadi beli sendiri.


kabar baiknya microsd card yang didukung Smartphone Ini mencapai 1TB atau 1 terabyte artinya ini cukup banyak sekali untuk smartphone, tetapi untuk kabar buruknya adalah harga dari micro sd card yang 128 saja sudah cukup mahal, mencapai 300rb an untuk yang memiliki kecepatan 160Mbos, apalagi yang 1TB.



Sensor Apa aja yang dimiliki Samsung Galaxy M12?


Jadi smartphone ini sudah dilengkapi beberapa sensor, antara lain :

  1. Sensor Accelerometer yaitu sensor yang digunakan untuk mengukur kecepatan suatu benda ataupun objek. 
  2. Fingerprint Sensor itu merupakan sensor yang digunakan untuk merekam gambar digital pada pola sidik jari yang digunakan untuk identifikasi maupun verifikasi keamanan menggunakan sidik jari
  3. Virtual Light Sensing merupakan Sensort yang mendeteksi jumlah cahaya di sekitarnya. Sensor cahaya sekitar dapat dipasang pada smartphone atau tablet untuk menyesuaikan kecerahan layar berdasarkan cahaya yang tersedia., 
  4. Virtual Proximity Sensing merupakan sensor yang mendeteksi apakah telinga Anda berada dalam jarak dekat dengan sensor/earpiece. Ini mendeteksi mungkin satu inci. Saat telinga Anda terdeteksi, layar akan mengosongkan tombol keypad sehingga Anda tidak "pipi" memutar telepon Anda. itu dirancang untuk melakukan ini dengan sangat sengaja.



Tampilan Body Samsung Galaxy M12


Kalo dari segi body dari Samsung Galaxy M12 ini sih sebenarnya tidak terlalu berbeda dengan Samsung a03s yang pernah kita review sebelumnya disini, dengan tampilan tombol volume up dan down ada di sebelah kanan beserta sensor sidik jari yang jadi satu dengan tombol power yang letaknya tepat dibawahnya tombol volume tersebut.

serta port jack microphone, Port USB type C untuk transfer data, charging dan speaker ada di bagian bawah.


Sedangkan untuk bagian slot sim card dan micro SD terdapat di bagian samping kiri menggunakan ejector seperti biasa.


jack,type c usb, speaker samsung m12
jack,type c usb, speaker samsung m12




Slot SIM CARD dan Micro SD Samsung M12
Slot SIM CARD dan Micro SD Samsung M12




Volume, Sidik Jari, Power Samsung Galaxy M12
Volume, Sidik Jari, Power Samsung Galaxy M12





Dukungan Gear


Galaxy Buds Live, Galaxy Buds+, Galaxy Buds, Galaxy Fit2, Galaxy Fit e, Galaxy Fit, Galaxy Watch3, Galaxy Watch, Galaxy Watch Active2, Galaxy Watch Active, Gear Fit2 Pro, Gear Fit2, Gear Sport, Gear S3, Gear S2, Gear IconX (2018) 






Spesifikasi Kamera Samsung M12


Kalau dari segi kamera memang si Samsung M12 ini, dia memiliki kelebihan dengan adanya empat atau quad Camera. Memiliki Main Camera 48MP Autofocus (btw mirip mirip Samsung Galaxy A50s yang pernah di review jauh jauh tahun yang lalu untuk angka resolusinya.... hehe), membuat smartphone entry level ini unggul dibandingkan dengan Samsung a03S.



kamera samsung m12 dokumentasi rahmancyber.net
Quad Camera Samsung Galaxy M12



Selain main kamera 48MP (F2.0), kita juga mendapatkan kamera Ultra Wide 5MP (F2.2), yang dapat memperluas sudut pandang pengambilan foto, tentunya akan banyak jejeran keluarga yang dapat difoto bersama dalam satu waktu.

Selain itu juga kita mendapatkan depth camera 2MP (F2.4) yang diatur fokusnya, sehingga anda bisa menghasilkan foto yang memiliki titik fokus menawan.

Tak ketinggalan, si M12 ini juga dibekali Lensa Macro Camera 2MP (F2.4) yang cocok anda gunakan untuk memfoto objek objek yang kecil dan anda ingin detail.


Cuman ya, tentu untuk hasil, tetap aja mengikuti masing masing ukuran kamera ya, karena memang pada kenyataaannya tidak 48mp semua, jadi anda akan mendapat hasil maksimal, di mode 48Mp, sedangkan untuk lainnya atau Macro, anda mendapatkan 2MP aja.. 


kamera depan Samsung Galaxy M12 ini juga tidak bisa dianggap remeh karena di sini sudah 8.0 MP untuk resolusinya (F2.2).


cuman jika anda mencari flash, ya cuman ada di kamera belakang saja sedangkan untuk kamera depannya menggunakan layar.


Tapi gak masalah juga sih, karena ini kan smartphone, bukan kamera dslr.. ^_^


Fitur-fitur kamera lainnya, anda bisa kasih stiker, anda bisa percantik foto langsung, anda bisa masuk ke mode Pro, Panorama,Makanan, dan Makro..


Sayangnya disini gak ada hyperlapse seperti kamera Samsung Galaxy A03S.





Kemampuan Video Recording Samsung Galaxy M12


rasanya memang ada yang kurang kalau misalnya smartphone itu tidak bisa digunakan untuk merekam video. Nah untuk saya Samsung M12 ini, dia sudah bisa merekam video sampai full HD 1920 X 1080 dengan frame rate 30fps.



Berikut ini adalah hasil jepretan Kamera Samsung M12


Saya coba untuk memberikan gambaran hasil satu persatu dari setiap aspek ratio yang didukung di Samsung M12 ini.

 

 

Aspek Ratio 4:3 dengan 48MP Resolution

 

Yup! 48Mp ponsel pintar ini, ternyata berada di ratio 4:3.

 

Hasil Foto Samsung M12 Aspek Ratio 4:3 DENGAN RESOLUSI 48MB

 

Itu tidak saya crop ata compress, jadi langsung dari kamera... dan ini pun juga ukuran file lumayan gede, yaitu 8mb.


Aspek Ratio 4:3 biasa


foto hasil kamera samsung m12 Aspek Ratio 4:3 biasa


Aspek Ratio 16:9, kalo ini yang seperti canvas video... ukuran aspek ratio 16:9...


foto kamera samsung galaxy m12 Aspek Ratio 16:9


Aspek Ratio 1:1


Kalo ini akan membentuk photo yang kotak.


foto yang dihasilkan samsung m12 Aspek Ratio 1:1





Aspek Ratio Full (Menyesuaikan layar Smartphone)


Aspek Ratio Full Menyesuaikan layar hape pintar. unissuka





Kesimpulan Review Smartphone Murah ENTRY LEVEL Samsung M12


setelah kita mencoba dan melakukan kan beberapa pengetesan seperti mencoba untuk menginstal aplikasi mencoba untuk mengoperasikan secara langsung dan bagaimana ketika kita menggunakannya pada pekerjaan-pekerjaan yang standar seperti biasa untuk Samsung M12 ini sudah cukup mumpuni.


dari segi kamera pun sudah oke lah, untuk mendukung pekerjaan pekerjaan sebagai administrator toko online maupun untuk fotografi produk sendiri pun saya rasa ini sudah cukup bisa diandalkan, jika anda ingin hemat dan irit.


Walau jika dibandingkan dengan kamera dslr yang memiliki kemampuan professional dibidang photografi, saya rasa konyol juga, karena melihat perbandingan harga yang begitu besar.


Okelah, foto yang detail dan bagus itu menarik, katanya pun akan memikat minat orang terhadap produk, tetapi jika anda paksakan dengan dana yang pas pasan, saya rasa akan lebih baik dana lebih di alokasikan ke produk, ketimbang tampilan produk yang mungkin selera orang beda beda ya...


bukankah jika nanti di lempar ke online shop, maupun website, akan di kompress ya,,, hehe, kalo nggak ya, halaman web kamu akan berat dong... 


yang penting, tips fotografi dari Rahmancyber ini (khusus untuk photo produk)

  • 1. Kamu tata deh tempatnya... buat yang rapi, kasih hiasan kalo ada, kalo nggak ya, cukup ada meja ada gpp.. kasih taplak meja..
  • 2. Pencahayaan, yup! kelemahan kamera hape itu di pencahayaan, jika kamu bisa memberi pencahayaan yang baik, maka hasilnya pun akan baik, apalagi untuk Samsung M12 ini.
  • 3. Foto posisi yang penting bro, bisa kok kamu beraniin detai, kamu eksplorasi angle / sudut pandang, biar gak monoton... kamu bisa close up maupun versi full, intinya nanti bisa menggambarkan ke calon pembeli dari berbagai sudut pandang.



Udah deh, 3 poin itu pegang... saya rasa udah cukup eye catching deh hasil photo kamu.


Ingat ya, ini photo produk...

jIka emang kamu memiliki fasilitas yang benar benar terbatas dan budget minim..


Lha jika kamu udah kaya, punya dslr... ngapain photo pake smartphone coba... wkwkwk, eman eman dong dslrnya... :)


sedangkan kalau misalnya Smartphone Ini digunakan untuk kegiatan yang memakai grafis, saya sarankan agar lancar, Anda bisa mengubahnya ke setingan yang paling rendah sehingga nanti tidak nge-lag Misalnya saja kalau digunakan untuk ngegame walaupun di sini saya lebih menyarankan untuk kegiatan yang lebih produktif.


Jika untuk mendukung admin toko online ini saya rasa sudah cukup bagus karena memang ramnya sudah baik, sehingga kalian juga tidak perlu khawatir jika memori penuh dan nantinya bakal lag...hang apalagi ketika menanggapi banyak sekali chat atau kalian menggunakan fitur auto sinkron yang tentu ini akan memakan RAM atau memori.


kira-kira seperti itu untuk review smartphone murah Samsung Galaxy M12. Moga bermanfaat untuk referensi anda sebelum memutuskan membeli.




Informasi Seputar Teknologi dan Komputer, bisa Subscribe Channel RahmanCyber.NET https://www.youtube.com/c/RahmancyberNet/videos


dan Majulah selangkah kedepan dari pengunjung yang masih mikir panjang sebelum subscribe... wkwkwkwk







Posting Komentar

Untuk posting kode, bisa di parse dulu gan, pake tool parse yang udah disediakan di website ini https://www.rahmancyber.net/p/parse-code.html

agar kodenya tidak hilang... ^_^

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال