Review Samsung A03s Smartphone Murah 4GB/64GB CPU Speed 2.3GHz, 1.8GHz

Yey, akhirnya A03s udah sampai nih paketnya, btw ini merupakan Samsung Series A, hmmm lebih sempit lagi adalah varian A0x yang emang disiapkan untung ngisi pasar HP terjangkau... ya makannya saya dapat dengan harga yang tidak lebih dari 2juta.

 


 

 

 

Ngliat Harga Samsung A03s di Marketplace

 

Karena harga resminya aja, 1.799 juta... kalo pas flash sale 1.699 juta... btw kalo ane dapet harga 1.570 juta... ya dapet cashback ya... wkwkwkwk., jadi combo (Flash Sale+Cashback)


Walau sebenarnya ada yang memiliki spek lebih diatasnya dikit, yaitu Samsung M12 yang harganya 1.899juta, eh.. sekarang turun cuy, ane liat di samsung officialnya, jadi 1.799 juta.



Kenapa nggak ambil Samsung M12 aja ketimbang Samsung A03s



Ih nyesel ane sebenarnya, kenapa nggak sabaran dikit.. hehe.. 

kenapa menyesal? karena Samsung M12 itu kameranya aja udah 48MP, Exynos pula chipsetnya... apalagi udah Quad Camera...


Kalo di M12 itu ada tambahan Ultra Wide Camera, nah di A03s inilah yang gak ada, karena cuman triple...


Tapi ya... udah deh, enggak mengapa, toh ane kan dapet harganya lumayan mangkas :) kalo beli sekrang kan, belum ada promo cashback 10% .. tapi kalo namanya udah kebutuhan ya, emang segera lebih baik sih, kalo belom terlalu butuh sih, bisa bersabar... siapa tau dapet spek lebih baik eya kan...



Tetapi emang, kali ini kebutuhan saya juga tidak terlalu berlebihan dan muluk muluk, hehe... 
 
 
 
 

Ekspektasi Beli Hape Samsung A03s

 
 
 

*Ekspektasi saya sih hanya dibagian RAM dan Memori Internal.. Walau 64GB rasanya waktu ini kok makin terasa sempit ya... entahlah, mungkin karena terlalu banyak apps kali ya,... apalagi untuk RAM 4GB pun juga rasanya kok, kurang gitu ya... nih mungkin efek aplikasi aplikasi yang makin hari makin bukan main... wkwkwk, Tapi walau demikian, tenang aja, ini Smartphone A03s dapat di ekspansi Storage Eksternalnya sampai 1TB loh! wow... menarique!


Jadi untuk kamera sih, enggak terlalu penting untuk yang ini...

 
 
sebenarnya sih mau yang INTERNAL STORAGE 128GB dan RAM 6GB, Samsung A12, harganya masih diatas 2juta lebih 400ribu... sehingga, saya pun akhirnya memilih A03s, dengan harga yang saya dapatkan 1.74jt, dengan potongan cashback 174ribu... :) , tapi sayangnya cashback tak bisa diuangkan..  ^_^, ya... lumayan buat beli Tempered Glass (walau sebenarnya si A03s ini udah dilapisi Gorila Glass sih, tapi gak masalah, buat proteksi dobel, karena kemungkinan saya tidak bisa halus kepadanya mungkin :) , jadi dengan adanya tempered glass, maka akan membuat saya sendiri jadi tidak terlalu khawatir.
 
 

Oh iya, saya juga order softcase... buat proteksi tambahan, agar gak mudah lecet.. wkwkkwk,  harga 12rebu udah cukup lah, karena ketika saya unboxing pertama kali nih samsung a30s ini, saya rasa udah cukup tangguh.. .
 


Samsung A03s ini dirilis Agustus 2021, yang merupakan penerus pendahulunya Samsung Galaxy A02s, yang keduanya merupakan HP Samsung dengan akhiran "s" yang biasanya sih peningkatan versi minor dari model reguler, tetapi setelah saya cari cari, ternyata A03 tidak ada... artinya samsung sepertinya tidak sempat mengeluarkan hP Samsung bernama A03 deh... atau gimana, saya kurang tau.. yang jelas, saya sebagai konsumen, tidak menemukan Samsung A03 di pasaran/marketplace..
 
 
 

Eits, ada Samsung A03 Core....

 

Tetapi, ternyata desember 2021 ini, muncul Samsung A03 Core, bukan A03 ya, tetapi ada Core di belakangnya.., tapi ternyata A03 Core lebih murah ketimbang A03s, tetapi emang dari segi spesifikasi, perbandingannya lumayan jauh dengan A03s, dari segi Chipset processor, Ram dan Memori internal..
 
 

Samsung A03 Core memakai Processor Unisoc SC9863A 1.6GHz, 1.2GHz, sedangkan A03s sendiri memiliki Processor MediaTek Helio P35 dengan CPU Speed 2.3GHz, 1.8GHz, dan CPU Type Octa-Core.


Sehingga, dengan menyesuaikan kebutuhan, saya memilih A03s... dan menulis reviewnya juga di Blog ini.


*Ukuran A03s
164.2 x 75.9 x 9.1




Apa aja sih yang ada di dalam box A03s?



Hal pertama yang saya lakukan adalah membuka segel dan melakukan unboxing.. ehehe, kalo gak di unboxing, tentu gimana ngambil hapenya? :)
 
 
 
samsung a30s
A03s ini udah saya kasih tempered glass dan softcase

 
 

Btw, isi box Samsung A03s ini, antara lain:
 

  • 1. Smartphone A03s
  • 2. Kabel Data USB Type C
  • 3. Kepala Charger 1.55A Samsung
  • 4. Pin Ejector
  • 5. Kartu Garansi jadi satu ama Panduan Singkat


Sudah, itu aja gan.. :)

Jadi tidak dapet Headset/Handsfree



 
 

Samsung A03s Sekilas Pandang

 
 

Tombol Volume dan Power

 
tombol volume, power dan sidik jari A03s
Tombol Volume, Power dan Sensor Sidik Jari disisi samping

 
 
 
Dari body si A03s ini, terlihat tombol Volume - dan + ada di samping kanan, dan di bawahnya terdapat tombol power yang jadi satu dengan sensor sidik jari.
 
 

Fingerprint Scan

 
Yup! Samsung A03s mendukung Fingerprint Scan, yang berfungsi untuk memindai sidik jari anda, entah itu untuk keamanan/kunci masuk, maupun untuk transaksi online. 

Saya suka sih peletakannya disamping dan jadi satu dengan tombol Power, jadi tidak seperti Samsung M11 yang memiliki Sensor Fingerprint dibelakang.. ^_^, walaupun itu sih persepsi pribadi ya... karena tiap orang kan punya enaknya masing masing... gak harus sama...
 

Ya, tetapi sih... jika dibandingkan lebih lanjut... lebih enak di depan sih...  jadi satu ama layar seperti Samsung A50s, ehehe
 
 
 

Infinity-V Display

 
Infinity display Ini merupakan Teknologi yang memungkinkan perangkat memiliki layar lebih besar akan tetapi memiliki ukuran keseluruhan bodi yang lebih ramping karena memaksimalkan tepi batas bezel perangkat. 
 
Kenapa ada yang Infinity U dan ada yang infinity V, hal ini bsa anda lihat di kamera depan...

Yup! kamera depan diantara celah yang membentuk V.
Sedangkan kalo U, menyerupai huruf U...
sedangkan ada juga yang O, nah.. ini kamera berada di lubang kecil pada layar bagian atas...




Speaker, USB Type C, Jack

 
Speaker, USB Type C, Jack 3.5mm
Speaker, USB Type C, Jack 3.5mm

 
 
 

Ya, seperti biasa sih, speaker berada di bagian bawah, tepat pada tepi body, sehingga hal ini akan memudahkan suara keluaran ketika smartphone diletakkan diatas meja. Jadi suara tak terhalang/tak terganggu.


Hampir sebagian besar sih saya lihat, untuk smartphone, bahkan tablet samsung, peletakan speaker berada di bawah..
 
 
Satu set dengan port USB Type C Charger dan Jack 3.5mm
 

 
 
 
 

Layar A03s

 
 
Untuk layarnya sendiri tipenya PLS TFT LCD,  dengan ukuran 6.5 inches, 102.0 cm2 (~81.8% screen-to-body ratio), memiliki resolusi 720 x 1600 pixels, 20:9 ratio (~270 ppi density) membuat A03s ini bisa dibilang lumayan. Color Depthnya (Main Display) 16M




Kamera


kamera belakang a03s
kamera triple a03s




Ya, memang tidak bisa berharap lebih ya, karena A03s ini dibekali 3 Kamera Belakang (13 MP, f/2.2, (wide), AF 2 MP, f/2.4, (macro) 2 MP, f/2.4, (depth)) dengan 1 led flash dan 1 kamera depan (5 MP, f/2.2) tanpa adanya flash.

keduanya mampu merekam video 1080p@30fps.

Berikut ini hasil yang saya jepret sendiri pake kamera A03s, kondisi malam hari dengan cahaya lampu neon biasa.



 
hasil kamera a03s
kamera zoom

hasil kamera a03s
kamera normal (wide 13mp)

hasil kamera a03s
Kamera zoom lagi (makro)

hasil kamera a03s
kamera zoom


 
Itu semua tanpa kompress ya, artinya langsung dari kamera, bahkan tidak saya kasih watermark.

Sayangnya saya ngambilnya malem hari, mungkin jika pagi hari.. ditempat hijau hijau... mungkin akan jauh lebih baik...
 
 

 


Tetapi memang sepertinya untuk kamera tidak terlalu utama...




Dapur Pacu


Saya pun coba test pake CPUZ untuk menemukan detail dari spec A03s ini... seperti berikut..
 

cpuz hasil a03ss

cpuz hasil a03s



Yup, sudah saya sebut diatas, saya sebut lagi deh.. Chipsetnya MediaTek MT6765 Helio P35 (12nm), ini adalah inti si a03s ini... dengan CPU Octa-core (4x2.35 GHz Cortex-A53 & 4x1.8 GHz Cortex-A53).


Didukung GPU PowerVR GE8320, untuk grafis si a03s ini.



Memori


Untuk memorinya sendiri, a03s ini, yang saya pilih 4GB RAM DAN 64GB Penyimpanan internal eMMC 5.1...
memang sih ada varian lain...  selain itu juga a03s mendukung micro sd card eksternal SDXC yang memiliki kapasitas lebih dari 64GB, sampai 1TB.



Battery lumayan gede


Untuk entry level, dengan harga murah, kita udah dapet Samsung A03s dengan battery 5000 mAh.
artinya ini bakalan tahan lama nih...






 Sistem Operasi Android Berapa?


Yang saya dapatkan itu sudah instal yang terbaru, Android 11, One UI 3.1 Core
 
 



Video Player


A03s Mampu memutar/playback FHD (1920 x 1080) @60fps



Dual SIM?


Iya dong...
 




Gear Support

A03s support : Galaxy Buds Pro, Galaxy Buds Live, Galaxy Buds+, Galaxy Buds2, Galaxy Buds, Galaxy Fit2, Galaxy Fit e, Galaxy Fit, Galaxy Watch4, Galaxy Watch3, Galaxy Watch, Galaxy Watch Active2, Galaxy Watch Active, Gear Fit2 Pro, Gear Fit2, Gear Sport, Gear S3, Gear S2, Gear IconX (2018.




Cocok untuk siapa sih Samsung A03s ini?


 
 
Ya, disini saya tentu udah trial dan menyelami lebih dalam Smartphone ini, saya gunakan untuk beragam aktifitas... coba instal banyak Marketplace...
 

Kalo untuk ngegame sih, ya.. saya rasa ini gak cocok, tapi bisa... untuk game yang memerlukan grafis yang lumayan besar, ini smartphone tidak bisa diajak lama lama ya, karena "Panas" dan kalo udah mulai panas, biasanya ngeleg... walau ini juga faktor sinyal internet juga ya... tapi ketika saya bandingkan dengan A50s... :) ada perbedaan yang signifikan, terutama ngelegnya tadi, biasanya sih cocok untuk 3 sampai 5 pertandingan...aja untuk game yang berdurasi 20 - 30 menitan tiap pertandingan... ( gak mau nyebut merek ah )
 


Kalau untuk hal lainnya, seperti ngedit video .. lancar gan, walau lancarnya sih Full HD ya.. hehe, tapi ini udah cukup buat video video promo... :)


Untuk Admin Online Shop, wah ini rekomended banget jika anda kalikan dengan Budget, karena emang bisa dikatakan harganya terjangkau... RAM 4GB, Internal Storage 64GB, saya rasa lumayan lega untuk ngadmin beberapa online shop, beserta jalanin aplikasi Messenger.


Karena desainnya yang saya rasa tangguh ini, si Samsung A03s cocok juga untuk OJOL, apalagi dengan hadirnya Battery 5000Mah yang cukup awet, gak bolak balik nge charge kan... mungkin anda bisa bawa powerbank keci buat cadangan...
 
 
Buat hiburan nonton film dan Youtube? tentu ini sangat mendukung sekali... :)


Itulah pertimbangan dari Performa dan Budget, sehingga kesimpulannya... dari segi produktifitas... Samsung A03s ini cocok untuk :
  1. Admin Online Shop
  2. Admin OJOL (Ojek Online)
  3. CS (Customer Service)
 
 
Budgetnya yang tidak terlalu tinggi sih, tidak membuat terlalu khawatir khan... ^_^ hihi
 
 











Sekian pembahasan tentang Samsung A03s....
 
 
Jika ada salah dalam penyampaian, bisa ditambahkan di kotak komentar ya...
 
 
 
 

Bang bagaimana Spesifikasi Lengkap A03s?

 
 
Ini saya ambil dari Sumber resminya ya...
 
 

Prosesor

  • CPU Speed 2.3GHz, 1.8GHz
  • CPU Type Octa-Core

Display

  • Size (Main_Display) 165.5mm (6.5" full rectangle) / 161.1mm (6.3" rounded corners)
  • Resolution (Main Display) 720 x 1600 (HD+)
  • Technology (Main Display) PLS TFT LCD
  • Color Depth (Main Display) 16M

Camera

  • Rear Camera - Resolution (Multiple) 13.0 MP + 2.0 MP + 2.0 MP
  • Rear Camera - F Number (Multiple) F2.2 , F2.4 , F2.4
  • Main Camera - Auto Focus Yes
  • Rear Camera - OIS No
  • Rear Camera Zoom Digital Zoom up to 10x
  • Front Camera - Resolution 5.0 MP
  • Front Camera - F Number F2.2
  • Front Camera - Auto Focus No
  • Front Camera - OIS No
  • Main Camera - Flash Yes
  • Front Camera - Flash No
  • Video Recording Resolution FHD (1920 x 1080) @30fps

Memory

  • RAM Size (GB) 4
  • ROM Size (GB) 64
  • Available Memory (GB)* 48.1
  • External Memory Support MicroSD (Up to 1TB)

Network/Bearer

  • Number of SIM Dual-SIM
  • SIM size Nano-SIM (4FF)
  • SIM Slot Type SIM + SIM 2 + MicroSD
  • Infra 2G GSM, 3G WCDMA, 4G LTE FDD, 4G LTE TDD
  • 2G GSM GSM850, GSM900, DCS1800, PCS1900
  • 3G UMTS B1(2100), B5(850), B8(900)
  • 4G FDD LTE B1(2100), B3(1800), B5(850), B7(2600), B8(900), B20(800), B28(700)
  • 4G TDD LTE B38(2600), B40(2300), B41(2500)

Connectivity

  • USB Interface USB Type-C
  • USB Version USB 2.0
  • Location Technology GPS, Glonass, Beidou, Galileo
  • Earjack 3.5mm Stereo
  • MHL No
  • Wi-Fi 802.11 b/g/n 2.4GHz
  • Wi-Fi Direct Yes
  • Bluetooth Version Bluetooth v5.0
  • NFC No
  • PC Sync. Smart Switch (PC version)

OS

  • Android

General Information

  • Form Factor Touch Bar

Sensors

  • Accelerometer, Fingerprint Sensor, Light Sensor, Proximity Sensor

Physical specification

  • Dimension (HxWxD, mm) 164.2 x 75.9 x 9.1
  • Weight (g) 196

Battery

  • Battery Capacity (mAh, Typical) 5000

Audio dan Video

  • Stereo Support No
  • Video Playing Format MP4, M4V, 3GP, 3G2, AVI, FLV, MKV, WEBM
  • Video Playing Resolution FHD (1920 x 1080) @60fps
  • Audio Playing Format MP3, M4A, 3GA, AAC, OGG, OGA, WAV, AMR, AWB, FLAC, MID, MIDI, XMF, MXMF, IMY, RTTTL, RTX, OTA

Services and Applications

  • Gear Support Galaxy Buds Pro, Galaxy Buds Live, Galaxy Buds+, Galaxy Buds2, Galaxy Buds, Galaxy Fit2, Galaxy Fit e, Galaxy Fit, Galaxy Watch4, Galaxy Watch3, Galaxy Watch, Galaxy Watch Active2, Galaxy Watch Active, Gear Fit2 Pro, Gear Fit2, Gear Sport, Gear S3, Gear S2, Gear IconX (2018)
  • Samsung DeX Support No
  • Mobile TV No
 
 
 
 
 
 
 










Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال