Review Samsung Galaxy A50s dengan Processor Exynos 9611

Tahun 2019 saya beli Samsung A50s untuk menunjang produksi, karena untuk membeli kamera, masih terbilang mahal dan hanya mendapatkan fungsi kamera saja, sedangkan untuk samsung A50s, kita bisa mendapatkan berbagai fitur smartphone, selain kamera 48MP yang ditanamkan ponsel ini.


Apalagi si samsung A50s ini saya lihat punya kemampuan merekam video 4K dan bisa Slow Motion... hmmm, ini membuat saya memilih A50s dari perbandingan perbandingan fitur dan budget.

 

{getToc} $title={Table of Contents}


Saya mendapatkan Samsung A50s ini di harga 3juta an... tepatnya 3.079.000 :) , tetapi 15 Mei 2020... ehehe, jauh banget khan dari tanggal rilis yang udah dari agustus 2019. 

 

 

smartphone samsung a50s

 


Dari situs Official SAMSUNG, saya dapati info bahwa Munculnya Samsung A50s ini merupakan pembaharuan dari pendahulunya di Galaxy A Series yang jaraknya cukup pendek, hanya 6 bulanan.. karena A50 diluncurkan sekitar Maret 2019.


Banyak hal yang menarik perhatian saya soalnya..

 

 

 




Samsung A50s Kamera 48MP, Triple


Memang benar, A50s ini di segi kamera menjadi incaran saya, dan ini alasan utama memilih si SAMSUNG A50s, Yup! Samsung Galaxy A50s dipersenjatai dengan tiga kamera, yakni jenis wide beresolusi 48 MP, f/2.0, ultrawide dengan resolusi 8 MP, f/2.2, serta kamera depth sensor beresolusi 5 MP, f/2.2.


Memang sih, kita gak dapet kamera dengan jenis macro, tetapi, saya tidak terlalu membutuhkan itu, sehingga dengan kamera utama saja dengan resolusi lumayan tersebut, ya... udah lah oke untuk menunjang produksi video saya...


Walau saya rasa jika dibandingkan kamera professional dari segi hasil ya.. beda, tetapi ini udah bagus menurut saya. Karena jika kamera professional seperti dslr, hasilnya bisa dapet RAW dan tingkat kerapatan pixelnya lebih bagus sih... namanya juga standard industri.. beda dengan standard konsumen seperti saya ini..


Terlebih untuk mendapatkan dslr dengan 24mp, masih terlalu mahal bagi saya..


Dan, ketika saya sudah mendapatkan A50s, saya coba... beneran ternyata, hasilnya memuaskan bagi saya, terlebih tombol Shutter yang ketika saya pencet untuk photo beberapa shot, saya tidak ngerasa lag.

 

Jadi cocok ya jika buat ngambil momen...


Mungkin karena masih baru ya.. hehe, karena biasanya sih kinerja menurun ketika udah lama dipakai.. 




samsung a50s foto






Fitur Depth Sensor Samsung A50S


Fitur depth sensor pun juga membuat kita bisa ngambil foto ngeblur untuk latar belakangnya...biasanya sih disebut bokeh effect. Jadi dengan sensor ini tersemat di A50s, maka gambar kamera bisa dipisah latar belakang dan objek utama...



Kamera Ultrawide A50s 123 Derajat


Kamera Ultrawide yang tertanam d A50s, akan ngebuat kita bisa ngambil gambar lebih luas dengan sudut pandangan mata 123 derajat.



hmm.. tapi foto mode ini sih bagusnya hanya untuk dapetin momen, misal acara keluarga, agar banyak orang yang bisa masuk frame.

 

Karena, jika anda mengaktifkan ini, maka gambarnya jadi keliatan 8MP... hehe



Bagaimana Kameranya Untuk Bermain Microstock


Jadi jika anda ingin gunakan untuk microstock foto, agar mendapat pemandangan yang luas, dari pengalaman saya sih, bakalan di reject... hehe..


Makannya, fokus aja ke kamera UTAMA 48MP untuk mendapatkan gambar terbaik dengan resolusi terbaik pula..


(Jangan samakan ini dengan lensa Wide DSLR ya.. ehehe)


Oh iya, jangan lupa kamera depan yang biasa digunakan untuk live maupun selfie... hehe, dapet 32MP f/2.0, udah cukup baik buat live dari depan..


Hasil foto, anda bisa lihat di https://www.shutterstock.com/g/r4cproject

atau untuk video, bisa kunjungi channel RahmanCyber NET, karena saya produksi pake ini.


yang saya post disana adalah yang kualitas resolusinya paling baik.





Dapur Pacu, Prosesor Exynos 9611



Ini sasaran saya, dapur pacu yang cukup mumpuni... Exynos 9611 yang merupakan pembaharuan Exynos 9610, memiliki jumlah 8 inti atau octacore yang terdiri dari 4 core x2.3 GHz Cortex-A73 dan 4 core x1.7 GHz Cortex-A53.


Lumayan nih, untuk export Grafis di Infinite Design, udah dapet resolusi gambar yang lumayan..


Untuk Editing video di smartphone dengan aplikasi editing seperti KINEMASTER, Vivacut, INSHOT, maupun VMIX Editor.. cukup oke dan lancar djaya..

 

Exynos 9611 ini adalah prosesor buatan Samsung yang pertama kali diperkenalkan di akhir tahun 2019. Prosesor ini dirancang untuk tingkat memproses data kelas mid-range.... udah ada Cortex-A73 nya, yang tentu membuat kinerjanya semakin tak diragukan lagi... Ukuran semikonduktor juga sudah lumayan .. yaitu di 10nm, yang membuatnya tidak mudah panas.

 

Untuk Poin AnTuTu v8.3.0, SoC Samsung Exynos 9611 ini mampu mencapai skor 192.518 poin.


Kalo di versus kan sama Snapdragon, kemungkinan sih Qualcomm Snapdragon di seri 660, yang paling cocok menandingi Exynos 9611, walaupun ada juga yang bilang Snapdragon 730...


Lumayan lah, tengah tengahan, karna yang flagship masih mahal buat saya... :)






Pilihan RAM 4GB dan 6GB


Untuk menyesuaikan budget, saya memilih yang versi 4GB aja deh, makannya bisa dapat harga diatas... ehehe..

btw RAM 4GB ini udah cukup bagus mendukung layering di Infinite Design maupun Infinite painter.



Pilihan Penyimpanan 64GB dan 128GB


Alasannya sama, nyesuaiin budget... saya pilih yang 64GB aja deh, nanti tambah penyimpanan eksternal kalo udah penuh... itu sih plan B nya.. 

Walaupun untuk beberapa tahun kedepan, sepertinya bakalan terllihat sedikit penyimpanan 64GB... hehe tapi gak masalah lah, kita bisa tambah SDXC eksternal...



Fitur NFC juga ada di A50s


Wow, lumayan, ini teknologi yang mungkin kedepan bakalan jadi kebiasaan... dan di A50s ini sudah disematkan fitur transfer data yang bernama NFC.

Anda bisa mentransfer data antar smartphone dengan cepat, bahka anda juga dapat melakukan transaksi pembayaran aman, top up e money, bayar tagihan supermarket di kasir, hanya dengan fitur ini...

mantab dah..



Fitur Super Steady A50s


Ini fitur Stabilizer gan... jadi membuat video anda stabil, dan saya coba, cukup memuaskan...

walau hanya untuk full hd ya, artinya tidak untuk 4K.. Tapi, bagi saya sih ini udah buaguss banget..


Bisa Slow Motion A50s ini


Ini fitur yang menjadi daya tarik saya juga, tadi diatas udah saya singgung, ... jadi kita bisa buat video Slow Motion, cuman memang tidak di ukuran 4K ya... hehe, bagi saya sih udah bagus banget dengan harga sekian..




Update 2021, Bagaimana A50s saya?


Wow, ini masih menunjukkan performa yang menakjubkan! dari kamera pun saya belum mendapatkan penurunan yang signifikan, cuman untuk battery saya rasa tak seindah yang dulu, tapi masih cukup oke punya..


Awet sampai sekarang, dan udah ngebantu produktifitas saya dengan maksimal...


moga kedepat tetap awet ya sahabatku.. hhehehe,


karena udah cukup lama kau ku genggam.. jadi kau ku anggap Sahabatku.. hihihi






Sekian untuk Review tentang Smartphone Samsung A50s... 

Apakah anda juga memilikiya? jika iya "tos" samaan kita.. :) , anda bisa bagikan pengalaman anda dikolom komentar..





















Posting Komentar

Untuk posting kode, bisa di parse dulu gan, pake tool parse yang udah disediakan di website ini https://www.rahmancyber.net/p/parse-code.html

agar kodenya tidak hilang... ^_^

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال