Cara Menemukan Konten Video Domain Publik ( Public Domain ) untuk di Download

Hello Sobat RahmanCyber, sebagai pelaku di bidang industri kreatif, tentu kita juga perlu belajar tentang hukum yang berkenaan dengan profesi kita buka, agar kita terhindar dari hal yang tidak diinginkan, terlebih sengketa hukum yang bisa terjadi akibat kurangnya literasi tentang hal ini.. 

 

{getToc} $title={Table of Contents}

 

Video Domain publik, domain umum, ranah publik atau ranah khalayak apa pun yang tidak dilindungi oleh hak kekayaan intelektual yang eksklusif dapat dianggap sebagai video domain publik atau dalam bahasa inggris biasa disebut Public Domain Video. Ini berarti, Karena tidak atau sudah tidak lagi dilindungi oleh hak eksklusif, maka siapa pun dapat menggunakan rekaman ini secara gratis tanpa harus meminta izin untuk melakukannya. 


*Karya yang masuk ke ranah domain publik sudah tidak lagi dimiliki oleh satu individu atau perusahaan tertentu.

Apa itu Hak Kekayaan Intelektual yang Eksklusif? anda bisa membacanya disini referensi yang berkenaan dengan Hak Cipta bisa anda pelajari https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/38690 , atau bisa anda download UU Nomor 28 Tahun 2014


Saya coba cuplikan ya.. tetapi tetap mengacu pada UU Nomor 28 Tahun 2014 tersebut, anda bisa dapatkan di Bab 1 Ketentuan Umum, Pasal 1, yang bunyinya 

 

Hak Cipta adalah hak eksklusif pencipta yang timbul secara otomatis berdasarkan prinsip deklaratif setelah suatu ciptaan diwujudkan dalam bentuk nyata tanpa mengurangi pembatasan sesuai dengan ketentuanperaturan perundang-undangan


Beberapa referensi tentang Domain Publik / jika anda ingin menyerahkan karya anda ke ranah domain ini, CreativeCommon tentang Domain Publik https://creativecommons.org/choose/mark/?lang=id


Dimana pada creative common, lisensi CC0 “No Rights Reserved”, untuk mendedikasikan ciptaan sebagai domain publik


CC0 memungkinkan ilmuwan, pendidik, seniman, dan pencipta lain serta pemilik konten yang dilindungi hak cipta atau basis data untuk mengesampingkan kepentingan tersebut dalam karya mereka dan dengan demikian menempatkannya selengkap mungkin dalam domain publik, sehingga orang lain dapat dengan bebas membangun, meningkatkan, dan menggunakan kembali karya untuk tujuan apa pun tanpa batasan berdasarkan undang-undang hak cipta atau basis data.

Berbeda dengan lisensi CC yang memungkinkan pemegang hak cipta untuk memilih dari berbagai izin sambil mempertahankan hak cipta mereka, CC0 memberdayakan pilihan lain sama sekali – pilihan untuk keluar dari hak cipta dan perlindungan basis data, dan hak eksklusif yang secara otomatis diberikan kepada pencipta – “ tidak ada hak dilindungi undang-undang” alternatif untuk lisensi kami.




publik domain




Apa itu Video Domain Publik?



Video dapat masuk ke domain publik dalam keadaan berikut:

  • Jika rekaman itu diproduksi oleh pemerintah, karena pemerintah diwajibkan oleh hukum untuk memberikan rekaman itu ke domain publik.Referensi Copyright Term and the Public Domain in the United States, kalo untuk indonesia, saya belum menemukan litelatur / referensi.

  • Jika pembuat rekaman mendedikasikan rekaman tersebut ke domain publik dengan sengaja, hal ini berarti pemilik hak cipta tersebut tidak memiliki hak eksklusif atas karyanya lagi.

  • Jika sang pembuat rekaman tersebut memang benar - benar mendedikasikan rekamannya agar dapat digunakan publik / dia menyerahkan ke ranah domain publik, sehingga siapapun bebas memakainya.

  • Sebuah film atau karya seni lainnya menjadi domain publik 70 tahun setelah pemegang hak cipta tiada. Referensi Copyright Term and the Public Domain in the United States

    Tanggal kedaluwarsa hak cipta tidak sama di semua negara di dunia, itulah sebabnya Anda harus memastikan bahwa video yang ingin Anda gunakan sebenarnya adalah video domain publik. - Untuk indonesia, saya menemukan referensi seperti ini... https://dgip.go.id/artikel/detail-artikel/direktur-hak-cipta-dan-desain-industri-restorasi-film-perlu-memperhatikan-aturan-hukum-hak-cipta?kategori=agenda-ki

  • Selain itu, Anda harus menghindari penggunaan rekaman yang berisi seni atau musik yang dapat digambarkan sebagai kekayaan intelektual pihak ketiga karena Anda mungkin secara tidak sengaja melanggar hak cipta, kalau di Indonesia mungkin bisa dibilang Sinetron atau Film lawas yang dimiliki oleh pihak ketiga yang biasanya sudah berbentuk perusahaan, sehingga Hak Ciptanya cenderung akan berlanjut - Referensi https://www.hukumonline.com/klinik/detail/ulasan/lt5c75fcb9d9cce/siapa-pemegang-hak-cipta-dalam-suatu-produksi-film/

 

 





Simbol Domain Publik

Biasanya Publik domain dilambangkan dengan logo seperti ini...

 


 

Tetapi ada juga yang menyimbolkan seperti ini.. https://guides.library.harvard.edu/c.php?g=310751&p=2072820






Bagaimana Cara Menemukan Video Content Public Domain / Domain Publik?


Ada beberapa situs yang bisa kalian kunjungi untuk mendapatkan konten video dengan domain publik, 


  • National Park Service B-Roll Archive ( Arsip B-Roll National Park Service )


         Situs web ini menyediakan akses ke video domain publik dari situs layanan Taman Nasional, "termasuk taman nasional, monumen, medan perang, situs bersejarah, dan area terkait".




  • Prelinger Archive ( Arsip Prelinger )


         Arsip ini, yang ada di Arsip Internet, menawarkan akses ke sejumlah besar film dan video domain publik.Dengan lebih dari 17.000 item dalam koleksi, Arsip Prelinger mungkin adalah salah satu perpustakaan video domain publik terbesar di Internet.

    Arsip ini didirikan pada 1983 oleh Rick Prelinger, tetapi pada 2002 menjadi bagian dari koleksi Library of Congress Motion Picture Broadcasting dan Recorded Sound Division.

    Anda dapat mengunduh klip video domain publik yang dibuat oleh lembaga pendidikan, perusahaan periklanan, asosiasi perdagangan, atau perusahaan dari koleksi yang mengesankan ini.

    Ada berbagai opsi unduhan yang tersedia untuk setiap file, sehingga Anda dapat memilih ukuran file dan metode yang akan Anda gunakan untuk mengunduh file ke komputer Anda.




  • Vimeo Public Domain Channel ( Saluran Domain Publik Vimeo )
         Vimeo menawarkan seluruh saluran yang ditujukan untuk video yang berada dalam domain publik.



  • YouTube: Unroyalty.com
        

    Video domain publik gratis yang dapat digunakan untuk tujuan komersial.



  • The Public Domain Review



    Ini adalah sumber yang bagus untuk peneliti yang mencari esai, buku, rekaman audio, gambar atau film lama. Film dibagi ke dalam kategori yang berbeda seperti Hewan & Binatang, Politik, Perang atau Olahraga yang membuat pencarian dan pengunduhan video domain publik lebih cepat dan lebih mudah.

    Tinjauan Domain Publik menawarkan rekaman yang tersedia dalam lisensi domain publik yang berbeda, jadi Anda harus memastikan bahwa film yang ingin Anda unduh dapat digunakan untuk tujuan yang Anda pikirkan. Sebagian besar film dalam arsip ini berasal dari dekade terakhir abad ke-19 dan paruh pertama abad ke-20. Itu sebabnya pemilihan film The Public Domain Review hanya dapat berguna jika Anda meneliti topik dari era itu.




  • The National Screening Room


    The National Screening Room adalah proyek yang dibuat oleh the Library of Congress National Audio-Visual Conservation Center dengan tujuan membuat video dari koleksi mereka tersedia untuk pemirsa di seluruh dunia.

    Sebagian besar video dalam koleksi difilmkan selama abad ke-20, tetapi hanya ada beberapa video yang tersedia yang diproduksi di luar Amerika Serikat.

    The National Screening Room
    dapat menjadi tempat berharga jika Anda mencari video yang dapat Anda gunakan untuk video pendidikan atau penelitian yang mencakup topik-topik yang berkisar dari pengembangan industri senjata hingga kehidupan sehari-hari para penemu hebat Amerika.



  • Pond5’s Public Domain Project


    Para pemain profesional di bidang industri film mungkin tak asing dengan platform Pond5, karena ini mungkin merupakan pasar online terbesar untuk media bebas royalti saat ini. Proyek Domain Publik mereka berisi seribu video publik yang dapat diunduh secara gratis, tetapi durasi video ini dibatasi hanya dua menit.


    Platform ini menawarkan alat pencarian canggih berupa Filter yang memungkinkan Anda mencari video berdasarkan parameter yang berbeda, untuk mencari video public domain, anda bisa menambahkan filter public domain, sehingga Anda dapat mengunduh video domain publik dalam resolusi HD, tetapi Anda harus membuat akun di Pond5 sebelum dapat menyimpannya ke komputer Anda.




  • Public Domain Footage


    BBC, National Geographics atau NBC hanyalah beberapa di antara banyak jaringan televisi terkenal yang menggunakan layanan PublicDomainFootage.

    Semua konten di platform dibagi menjadi bagian Cuplikan Arsip dan Berita Bersejarah yang berisi kategori seperti Zaman Atom, Hak Sipil, atau Budaya Pop.

    Anda juga dapat menggunakan PublicDomainFootage untuk meneliti topik tertentu dan meminta konten yang tidak diunggah ke situs web. Anda dapat mengunduh video domain publik setelah Anda membayar biaya satu kali yang memungkinkan Anda menggunakan video itu sebanyak yang Anda inginkan. Saluran YouTube platform menyediakan cara mudah untuk mencari video domain publik yang akan Anda gunakan dalam film dokumenter Anda berikutnya.




  • The Moving Image Archive


    Ini adalah arsip lain dari video domain publik yang dapat Anda temukan di Arhive.org yang menampilkan koleksi teks, gambar, dan video yang tak terhitung jumlahnya. Di dalam Arsip Gambar Bergerak, Anda dapat menemukan berbagai koleksi yang berisi film berfitur lengkap, video seni, animasi, kartun, atau cuplikan televisi.

    Video domain publik yang dihosting di The Moving Image Archive mencakup berbagai topik, tetapi beberapa di antaranya dapat memiliki resolusi yang buruk. Arsip Gambar Bergerak dapat menjadi sumber rekaman yang sangat baik bagi siapa saja yang ingin mengunduh klip video domain publik dan menggunakannya dalam proyek komersial atau non-komersial mereka.



  • NASA’s Video Gallery


    Jika Anda mencari beberapa video domain publik ruang angkasa, situs web NASA adalah tempat terbaik untuk itu. Seperti semua lembaga pemerintah lainnya, NASA diwajibkan oleh undang-undang untuk menawarkan semua gambar dan video ke domain publik. Ini berarti bahwa semua konten yang Anda unduh dari situs web mereka gratis untuk digunakan.

    Cukup masukkan istilah pencarian dan telusuri hasilnya sampai Anda menemukan klip video yang ingin Anda simpan ke komputer Anda.

    Namun, sebagian besar video domain publik yang dapat Anda unduh dari situs web NASA hanya berlangsung beberapa menit. Tetapi, anda perlu baca guidelinenya untuk menggunakan, untuk non-commercial use, bisa menggunakannya..  Baca https://www.nasa.gov/multimedia/guidelines/index.html



  • Pexels


    Rekaman stok domain publik gratis dapat digunakan pada berbagai jenis proyek, dan biasanya merupakan pilihan tepat jika Anda mencari beberapa bidikan tambahan yang akan membuat adegan di video Anda lebih sinematik.


    Pexels menawarkan koleksi video stok domain publik gratis yang mengesankan, jadi Anda hanya perlu memasukkan istilah pencarian dan memilih klip video yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

    Durasi video gratis yang dapat Anda temukan di Pexels jarang melebihi tiga puluh detik, yang membuat sulit untuk membuat seluruh video secara eksklusif dari rekaman stok domain publik gratis. Oleh karena itu sebaiknya gunakan Pexels sebagai sumber pelengkap rekaman syuting, jika Anda tidak dapat kembali ke lokasi syuting.


    Tetapi setelah saya telusuri, kebanyakan yang ada di Pexel bersumber dari Vimeo / di Hosting di Platform Vimeo yang di Blokir / tidak dapat diakses di Indonesia.




Bolehkah Menggunakan Video Domain Publik untuk Tujuan Komersial?

 

Semua video domain publik dapat digunakan untuk proyek komersial dan non-komersial, tetapi Anda harus berhati-hati menggunakan video domain publik untuk tujuan komersial. Mengkreditkan penulis atau memberikan sumber dari mana Anda memperoleh rekaman akan mengurangi kemungkinan masalah sengketa hukum.

Video domain publik yang menampilkan aktor terkenal atau kekayaan intelektual pihak ketiga juga dapat menjadi subjek sengketa hukum, oleh karena itu sebaiknya hindari menggunakannya pada proyek komersial. 


Pokoknya gan, kalo berkaitan dengan komersil itu memang lebih aman, membuat / merekam video sendiri, tetapi sekarang ini kita juga perlu perhatikan juga objek perekaman, jangan jangan tempatnya tidak memperbolehkan untuk penggunaan komersil... "Contoh misal Rekaman di Stadion A untuk Produk Endorse, sedangkan Stadion A tidak diperbolehkan merekam dengan Kamera untuk kepentingan komersisl" jadi walaupun objek yang di rekam kita memiliki ijin, sedangkan property / tempatnya tidak... ya bisa jadi permasalahan hukum juga nih... 

 

di Dunia fotografi ada tuh yang namanya ijin bernama "property release" intinya, jika dalam objek ada sebuah property yang tampak, butuh yang namanya ijin dari si pemilik property, ini dinamakan property release




Bagaimana dengan Memonetisasi Video yang mengandung Cuplikan / Footage Domain Publik, Apakah Boleh?


Kalau bicara tentang youtube, maka saya akan mencari referensi dari sumbernya yaitu Google "Jenis konten apa saja yang dapat saya monetisasi" anda bisa baca sendiri lebih lengkapnya... tetapi disini saya cuplikkan yang langsung berkenaan dengan Domain Publik.


Agar konten dapat berada dalam domain publik, hak cipta atas karya tersebut harus sudah berakhir, telah dibatalkan, atau tidak berlaku lagi. Jika Anda membuktikan bahwa konten tersebut berada dalam domain publik, Anda dapat memonetisasinya (bergantung pada cakupan, batasan, dan izin komersial dari lisensi yang diberikan).


 

 

Bagaimana jika tidak menemukan Footage Public Domain yang tepat untuk Proyek video / film kita?



Alternatif lain yang bisa saya sarankan adalah mencari video dengan mencari video dengan lisensi Creative Common, dengan Anda Memilih video yang dilindungi oleh lisensi Creative Commons saya rasa, mungkin merupakan opsi teraman jika Anda kesulitan menemukan rekaman domain publik yang ingin Anda gunakan dalam proyek. 

 

Intinya Menghormati persyaratan lisensi di mana video dilindungi adalah yang paling penting, karena jika tidak memberikan kredit yang benar kepada pembuat video, misalnya, dapat memiliki konsekuensi hukum. Silahkan baca tentang lisensi creative common https://creativecommons.org/ untuk internasional, atau untuk indonesia juga punya lisensi creative common http://creativecommons.or.id/lisensi-cc-bahasa-indonesia/



Referensi lain : https://id.wikipedia.org/wiki/Domain_publik

 

 

 

 

Kenapa saya menyematkan begitu banyak sekali referensi pada artikel ini? karena intinya disini saya membuat catatan, untuk saya pribadi dan siapa tau dari sobat, ada yang ingin menambahkan jika sobat memiliki latar belakang / ekspertasi dibidang ini.

 

 

 

Disclaimer / Penyangkalan :

Bukan berarti catatan / log ini "Mutlak" bisa saja saya salah dalam melakukan riset terkait materi... tujuan dari catatan ini adalah untuk belajar bersama, tetapi sebagian besar, anda bisa langsung cek ke sumber terkait yang saya cantumkan di Artikel Catatan ini.

Intinya.. catatan ini tidak ditujukan  sebagai  suatu  nasehat  profesional  atau  nasehat  hukum.  Pembaca  disarankan untuk  meminta  nasehat  secara  profesional  dari  pihak  lain  yang  lebih  kompeten  sesuai dengan  permasalahan  yang  dihadapi.  Saya  tidak  bertanggung  jawab  atas  akibat  hukum yang dialami pembaca dari catatan ini.




Perihal Hak Cipta, jangan sekali - kali mengakui "Karya Orang Lain" meskipun itu Publik Domain, rasanya kurang etis juga, mengaku - aku karya orang lain.. khan.. :)


Jika pengen mendapatkan HAK EKSKLUSIVE ya, buatlah karya sendiri :)


 

Semoga pembahasan hasil riset ini bermanfaat untuk anda, setidaknya menambah sedikit pengetahuan ^_^





A.Ks - RED



 

Posting Komentar

Untuk posting kode, bisa di parse dulu gan, pake tool parse yang udah disediakan di website ini https://www.rahmancyber.net/p/parse-code.html

agar kodenya tidak hilang... ^_^

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال