Instagram Reels sudah diluncurkan di Indonesia, Inilah gambaran fiturnya!

Instagram Reels sebenarnya merupakan fitur berbagi video pendek publik yang sudah diluncurkan Instagram tahun lalu,  Fitur ini sudah merambah lebih dari 50 negara, termasuk Amerika Serikat, India, Brasil dan Inggris.

Fitur ini diluncurkan setelah uji coba di Brasil yang dimulai pada November 2019, sebelum diperluas ke India dan sebagian negara Eropa pada 2020.

Tetapi saat itu belum rilis di Indonesia.

 

{getToc} $title={Table of Contents} 



instagram sosial media




Apa itu Reels Instagram?


Reels ini merupakan fitur dari Instagram untuk membuat video pendek menyenangkan untuk dibagikan dengan teman atau siapa pun di Instagram. Anda bisa Rekam dan edit video multi-klip 15 detik dengan audio, efek, dan alat kreatif baru lainnya, seperti teks dan menggambar. 

 

Anda dapat berbagi Reels dengan pengikut / followers Anda di Feed Instagram, dan, jika Anda memiliki akun publik, anda bisa membuatnya tersedia untuk komunitas Instagram yang lebih luas melalui ruang Explore. Reel di ruang Explore menawarkan siapa pun berkesempatan untuk menjadi pembuat konten di Instagram dan menjangkau pemirsa baru di panggung global


Menarik!


Terlihat para influencer pun juga sudah menggunakan fitur ini, terlebih yang saya liat dari para penulis buku.. :), karena kebanyakan yang saya follow adalah yang berkaitan dengan literasi.




Fitur Reels Mulai diluncurkan di Indonesia



Fitur Reels ini mulai diluncurkan kemarin Rabu, 23 Juni 2021 di Indonesia, tombol Reels ternyata muncul di sisi bawah layar, berdampingan dengan fitur "Post", "Story", dan "Live". Pada Aplikasi Instagram di Ponsel Pintar, Peletakkannya berada di antara ikon "Search" dan "Shop", atau bisa dibilang posisinya di tengah bar bagian bawah.

 

Swipe / Geser video pun bukan dari kiri ke kanan atau dari kanan ke kiri, melainkan bawah keatas untuk melihat video rekomendasi selanjutnya dan atas ke bawah untuk kembali ke video rekomendasi sebelumnya.

 

Ada bagian dari yang mirip dengan platform unggahan video pendek lain, seperti tombol Like / Suka dan Comment / Komentar, serta tombol Share / Bagikan.

 

Saya pun tidak mendapati ada tombol dislike disana, artinya penonton tidak perlu menekan tombol Like jika tidak suka.

 

Hal ini akan langsung nampak sebagai koreksi langsung bagi kreator, karena untuk kreator ada analitik Insight, dimana itu menyajikan data berupa berapa akun dijangkau dan frekuensi diputar, serta jumlah Like / Suka, Comment / Komentar, Share atau Frekuensi dibagikan, dan Frekuensi Disimpan pada video, sehingga jika perbandingannya cukup mencolok antara jumlah pemutaran dan jumlah Like, itu bisa terlihat.

 

Berikut untuk lebih jelasnya,

 

 

Mengenal Insight Reels Instagram

 

Insight Reels ini menampilkan informasi kepada kreator video tentang perkembangan dari reels yang mereka bagikan, berupa data statistik.

 

Insight Temuan

 

Terdapat 2 hasil perhitungan pada bagian "temuan", yaitu :

 

  • Akun Dijangkau, yaitu merupakan Jumlah akun unik yang melihat reel ini setidaknya satu kali. Jangkauan berbeda dari impresi, yang mungkin mencangkup beberapa tayangan konten kita oleh akun yang sama. Metrik Akun Dijangkau adalah sebuah perkiraan dan dituliskan oleh instagram "Masih dalam Pengembangan"

  • Frekuensi Diputar, yaitu Frekuensi video kita mulai diputar, setelah impresi dihitung. Hal ini didefinisikan sebagai sesi video dengan pemutaran 1ms atau lebih dan tidak termasuk pemutaran ulang...

 

 

 

Insight Interaksi

 

Terdapat 4 hasil perhitungan papa insight "Interaksi", yaitu :


  • Suka, bagian ini menampilkan data berapa Jumlah suka di reel yang kita bagikan
  • Komentar, bagian ini menampilkan data Jumlah komentar di reel kita
  • Frekuensi Dibagikan, bagian ini menampilkan data Jumlah reel kita dibagikan
  • Frekuensi Disimpan, bagian ini menampilkan data Berapa kali reel kita disimpan





Penampakan Instagram Reels di Ponsel Pintar


Berikut saya ambil beberapa screenshot ketika saya melakukan eksplorasi di Aplikasi Instagram yang ada Smartphone berkenaan dengan fitur terbarunya yaitu Instagram Reels.



Tampilan Konten Reels di Aplikasi Instagram

 

Ini dia bagia Explore Reels yang letaknya berada ditengah tengah bar bagian bawah. Serta peletakan riwayat reel yang terlihat menyatu dengan konten lainnya di halaman profil instagram.

 

letak tombol Explore Reel Instagram



Halaman Bagikan Reels, mirip ketika bagikan Konten Instagram sebelumnya


Reels bisa dibagikan dengan mencantumkan deskripsi dan penggunaan Hashtag seperti ketika kita posting konten video pendek atau gambar / foto / carousel seperti biasanya.


Share Reels Instagram




Perekaman Reels Instagram

 

Pengambilan video reels untuk mode perekaman hampir mirip ketika anda membuat video stories, anda tinggal menekan tombol Shutter dengan Icon kamera dan tahan, setelah itu lepaskan tekanan tombol shutter ketika anda sudah selesai merekam atau rekaman akan berhenti ketika sudah mencapai batas maksimum yaitu 15 detik untuk durasi yang paling pendek. 

 

Tetapi tenang saja, anda juga bisa mengatur durasi perekaman maksimal 30 detik, Selain pengaturan durasi, Anda bisa memakai beberapa efek juga yang tersedia sebelum anda memulai perekaman, menambah musik / klip audio juga bisa.. dan beberapa fitur lainnya, seperti yang anda bisa lihat pada gambar.


Ruang Perekaman Reels Instagram dan Efeknya



Unggah Video Rols Camera / Gallery

 

Selain anda bisa melakukan perekaman langsung melalui fitur Instagram Reels, anda juga bisa menggunakan video yang tersimpan di Roll Gallery anda. Jadi anda bisa melakukan editing video dengan Aplikasi lain yang memiliki fitur editing video lebih lengkap, seperti Vmix, Capcut, VN Editor, Inshot, ataupun Kinemaster


Tetapi perlu anda perhatikan juga ukuran kanvasnya, karena untuk Reel Instagram ini menggunakan Video Vertikal, bukan Horisontal untuk lebih baiknya, walaupun sebenarnya juga video horisontal bisa dimasukkan, tetapi tampilannya menjadi kecil, walau di Instagram Reel terdapat fasilitas Crop / Memperbesar Otomatis menyesuaikan layar, tetapi informasinya jadi terpotong.


Sehingga saya sarankan untuk membuat video dengan ukuran ratio Canvas Vertikal. Biasanya di Aplikasi Editing Video di Smartphone sudah tersedia template Pengaturan Canvas sebelum memulai pengeditan, sehingga memudahkannya untuk diaplikasikan di beragam platform video.


Setelah video siap, anda bisa mengunggahnya sebagai Reels di Instagram. Seperti iilah tampilannya, anda bisa mengatur durasi video dimasukkan semuanya atau hanya sebagian saja dengan menggeser batas.


mengatur durasi gambar atau video yang dimasukkan


Sedangkan ini tampilan ketika anda browse konten gambar atau video di Rool Camera / Gallery Smartphone anda.


Galeri atau Roll Kamera import gambar ke reel instagram



Memperindah Reels Instagram Anda

 

Ketika Konten Gambar atau Video anda berhasil anda import, maka akan ada fitur untuk memperindah reel anda, seperti menambah audio rekaman, musik, efek video, teks dan coretan garis.


editing reels instagram



Tampilan Explore Reels Instagram


Berikut ini merupakan tampilan Reels anda atau orang lain yang sudah erhasil dibagikan di Instagram Reels, dan bisa di eksplore publik. 


Anda bisa melihat beberapa tombol seperti tombol Suka, Komentar, Berbagi. Serta anda bisa memilih opsi lainnya seperti melihat insight reels, simpan video, mix, dan beberapa opsi lainnya dengan menekan icon titik tiga vertikal



tampilan reels instagram ketika di eksplore


Untuk melakukan eksplorasi reels instagram, anda bisa Swipe / Gulir layar keatas atau kebawah.





Contoh Tampilan Reels Instagram


Berikut ini merupakan contoh tampilan dari Reels Instagram, yang dibuat oleh salah satu penulis.




Tampilan Reels tersebut juga terlihat menyatu dengan unggahan konten foto / video lain kita, ketika dilihat dari halaman profil instagram, Mirip seperti kita mengunggak video pendek maupun IGTV, walaupun ada tab yang terpisah untuk IGTV dan Reels.



Jika anda sudah terbiasa dengan platform unggahan video pendek seperti Tiktok, atau anda sudah terbiasa posting Story Instagram sebelumnya, anda akan mudah memahami fitur Reels Instagram ini.



Tampilan di Instagram Web


Berikut ini adalah tampilan Reels jika dilihat melalui Instagram Web di Browser Desktop pada halaman Profil.


Instagram Reels di Halaman Profil


dan ini adalah tampilan Instagram Reels ketika di klik melalui halaman Profil.


Instagram Reels di klik Halaman Profil




 

Itulah beberapa fitur instagram reels yang saya pelajari dan coba langsung, mungkin masih ada fitur lain yang belum tereksplore oleh saya, bisa anda coba sendiri saja ya untuk lebih lanjutnya dan rasakanlah, asyiknya .. :) 



Sekian.







F.N.A-RED

 

 

 

Btw, Instagram REELS juga bisa di Embed loh ya..

 

 

 

 

 

 

 

 




1 Komentar

Untuk posting kode, bisa di parse dulu gan, pake tool parse yang udah disediakan di website ini https://www.rahmancyber.net/p/parse-code.html

agar kodenya tidak hilang... ^_^

  1. instagram dan YT kemudian bersaing dengan tiktok, memang jika sudah asik dengan tiktok banyak yang enggan buka medsos lain. Tiktok kek bukan medsos, dengan banyak fitur canggih yang mampu membuat orang makin asik dengannya. Dan dari sini, bisa memperkenalkan platform kita yang lainnya. Saya masih bingung jk menggunakan ig, saat ngiklan pun kek kurang maksimal.

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال