4/07/2021

Jadwal Imsakiyah Ramadhan 1442 H / 2021 M wilayah Kota Semarang dan Sekitarnya

Tak terasa sebentar lagi tinggal menghitung hari, kita sudah akan menginjakkan kaki di bulan nan suci yaitu bulan Ramadhan 1442 Hijriyah atau 2021 Masehi.

 

Cepet sekali ya? padahal sepertinya baru saja Ramadhan 1441 Hijriyah :)  mungkin karena kita terlalu larut dalam masa pandemi COVID 19 kali ya...  berarti terhitung sudah 1 tahun lebih COVID 19 melanda dunia.

 

Sebuah cobaan yang membuat Sholat berjamaah di Masjid ada jarak, sebuah cobaan yang meminimalkan kumpul kumpul, sebuah cobaan yang membuat kita setelah sholat berjamaah, tidak saling bersalam salaman, sebuah cobaan yang mengajarkan kita saling gotong royong...


Sebuah cobaan yang mengajarkan dan mengingatkan kita, bahwa.. kita itu bukanlah apa apa, dan tak ada yang bisa disombongkan.


Omong.. omong, bagaimana nih persiapannya menjelang bulan Ramadhan..? sudah siap untuk berpuasa?

 

Puasa Ramadhan adalah puasa yang dilaksanakan pada bulan Ramadan yang jumlah harinya antara 29 dan 30 hari dalam puasa. Menurut ajaran Islam dalam puasa di bulan Ramadhan dapat kita menghapus kesalahan atau terampuni dosa yang telah diperbuat selama ini. 


Di bulan Ramadhan sendiri terdapat malam Lailatul Qadar, ini merupakan malam yang dinanti nanti umat islam, terletak di 10 Malam terakhir Ramadhan.

 

Malam Lailatul Qadar ini juga biasa disebut Malam Seribu Bulan, 

 

Kenapa sih sebegitu mulianya malam Lailatul Qadar? Menurut Quraish Shihab, kata Qadar (قﺩﺭ) sesuai dengan penggunaannya dalam ayat-ayat Al-Qur'an dapat memiliki tiga arti

 

Penetapan dan pengaturan sehingga Lailat Al-Qadar dipahami sebagai penetapan Allah bagi perjalanan hidup manusia. Penggunaan Qadar sebagai ketetapan dapat dijumpai pada surah Ad-Dukhan ayat 3-5: Sesungguhnya Kami menurunkannya (Al-Qur'an) pada suatu malam, dan sesungguhnya Kamilah yang memberi peringatan. Pada malam itu dijelaskan semua urusan yang penuh hikmah, yaitu urusan yang besar di sisi Kami


Kemuliaan. Malam tersebut adalah malam mulia tiada bandingnya. Ia mulia karena terpilih sebagai malam turunnya Al-Qur'an. Penggunaan Qadar yang merujuk pada kemuliaan dapat dijumpai pada surah Al-An'am (6): 91 yang berbicara tentang kaum musyrik: Mereka itu tidak memuliakan Allah dengan kemuliaan yang semestinya, tatkala mereka berkata bahwa Allah tidak menurunkan sesuatu pun kepada masyarakat 


Sempit. Malam tersebut adalah malam yang sempit, karena banyaknya malaikat yang turun ke bumi, seperti yang ditegaskan dalam surat Al-Qadr. Penggunaan Qadar untuk melambangkan kesempitan dapat dijumpai pada surah Ar-Ra'd ayat 26: Allah melapangkan rezeki yang dikehendaki dan mempersempit (bagi yang dikehendaki-Nya)


Dalam hadists Abu Hurairah dijelaskan, 

 


١٩٠١ – حَدَّثَنَا مُسۡلِمُ بۡنُ إِبۡرَاهِيمَ: حَدَّثَنَا هِشَامٌ: حَدَّثَنَا يَحۡيَى، عَنۡ أَبِي سَلَمَةَ، عَنۡ أَبِي هُرَيۡرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُ، عَنِ النَّبِيِّ ﷺ قَالَ: (مَنۡ قَامَ لَيۡلَةَ الۡقَدۡرِ إِيمَانًا وَاحۡتِسَابًا، غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنۡ ذَنۡبِهِ، وَمَنۡ صَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحۡتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنۡ ذَنۡبِهِ). [طرفه في: ٣٥].

“Barangsiapa ketika malam lailatul qadar mengerjakan sembahyang dan berbagai jenis ibadah lain, sedang karena iman dan mengharapkan rahmat Allah ta’ala, maka dosanya yang telah lalu akan diampuni" [HR. Al-Bukhari di dlm sahihnya no. 1901]


"Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan," (QS al-Qadr ayat 4-5).



Berikut ini Jadwal Imsakiyah Ramadhan 1442 H / 2021 M wilayah Kota Semarang dan Sekitarnya

yang saya dapatkan dari salah satu UNIVERSITAS ISLAM di Kota Semarang, yaitu Universitas Islam Sultan Agung ( UNISSULA )



jadwal imsakiyah ramadhan 1442 hijriyah kota semarang







Semoga dapat bermanfaat, silahkan di Save.








Posting Komentar


Follow by Email

Whatsapp Button works on Mobile Device only