4/07/2021

9 Kesalahan SEO Paling UMUM yang harus dihindari

Banyak orang bertanya, apa kesalahan paling umum yang dilakukan orang dalam SEO ( SEARCH ENGINE OPTIMIZED ) ? Ya tentunya, mereka mendapatkan solusi dari kesalahan kesalahan.. karena kebanyakan Solusi bersumber dari sebuah "PERTANYAAN" maka jangan pernah menyepelekan hal ini! Terkadang sebuah PERTANYAAN itu berharga bak berlian...

 

 

BLOGGER SEO TIPS

 

 


Makannya banyak pakar yang menyarankan.. cari di google trend, keyword apa yang sedang naik, atau di related pada pencarian yang letakknya biasanya dibawah saat kita mencari sesuatu di google search, dimana semua itu sebenarnya adalah pertanyaan, sebuah keresahan akan suatu permasalahan.

 

 


Lha, apa yang mau dijawab, kalo tidak ada permasalahan? apa yang akan dijawab kalo tidak ada pertanyaan?


 

Oke kembali lagi ke SEO, nah.. kenapa ada banyak sekali blog dimuka bumi ini yang membahas sesuatu? ya karena ada permasalahan, atau hal yang ingin diselesaikan, dipecahkan.. Blog yang menjawab berbagai permasalahan, itu akan meningkatkan authoritynya... kenapa? karena tentu ada interaksi positif disitu.


Ada Penanya ( Permasalahan ), ada Penjawab ( Pemberi Solusi ), pemberi solusi ini dapat naik, karena respon dari penanya yang merasa puas akan jawabannya..

 

Bentar, berhenti dulu disini... Ini poin penting dari SEO


Kebanyakan orang ke GOOGLE SEARCH, BING SEARCH, YAHOO SEARCH atau DuckDuckGo Search ia memiliki permasalahan, pertanyaan.. kalo di sederhanakan lagi.. mereka "MENCARI SESUATU"


itu Kuncinya.


 

Perlu diingat! SEO bukanlah ilmu pasti, tetapi sejumlah pengetahuan empiris dari hasil pengujian, penyesuaian, dan pengujian berkelanjutan itu dapat membuat langkah kita menjadi lebih efektif, terlebih ketika kita melakukan kegiatan SEO atau memang kita berkecimpung di dunia pengoptimalan Ranking Web di SEARCH ENGINE.

 

Dimana pelaku pelaku tersebut berpacu dengan ALGORITMA GOOGLE, BING, YAHOO, DUCKDUCKGO yang semakin berkembang / berubah ubah..

 


Sebenarnya Cara menerangkan paling enak adalah dengan menerangkan kesalahan, kenapa..? karena disitu anda sebenarnya sedang belajar dari kesalahan yang pernah dialami orang yang sudah berkecimpung atau sudah melakukan pengujian EMPIRIS. Sehingga anda atau kita deh, hehe

Tinggal melakukan penyempurnaan atau minimal tidak melakukan hal yang sama.



Yuk kita tengok beberapa kesalahan umum dalam melakukan SEO.

 

 

 

9 Kesalahan SEO BLOGGER

 

 



# 1. Judul tidak unik

 

 

Tag judul berisi teks yang akan ditampilkan sebagai judul di SERP dan di bilah atas browser. Jika situs Anda memiliki judul yang sama untuk setiap halaman, Anda tahu bahwa Anda tidak akan pernah bisa naik hasil Google. Ingatlah bahwa judul harus mengatakan sesuatu tentang konten halaman dan, tentu saja, berisi strategi kata kunci untuk situs web Anda.

 

Jangan terperdaya dengan...

Para pemain yang sudah besar, dan kamu mengikuti jejaknya dengan asal memberi judul, contoh misalnya anda bermain youtube.

 

Anda melihat ada channel yang buat judul hanya "Main..." gitu doang, anda mendapati video tersebut ditonton jutaan bakan puluhan juta orang..

 

lalu anda menerapkan hal yang sama. Jelas tidak akan ada perkembangan, kecuali komunitas anda sudah terbentuk.

 

Inilah salah satu kekuatan diluar SEO, artinya SISTEM sudah mengenali anda, Orang orang sudah menantikan anda dan komunitas anda mengharap kehadiran anda..

 

itulah yang dinamakan kekuatan BRAND.

 

Yup BRANDING.

 

 

7 Tahun saya belajar hal ini, bukan belajar dengan membaca buku saja, melainkan mempraktekkan secara langsung, naik turunnya, bagaimana membentuk brand, bagaimana ketika brand tidak dikelola dengan baik.

 

Salah satu contohnya adalah RAHMANCYBER ini.. anda bisa buktikan omongan saya, saya memulainya sejak kapan..

 

ANDA bisa mencarinya juga di WAYBACK MACHINE, untuk melihat saya berbohong atau tidak.

 

Itu baru satu, yang lainnya saya rahasiakan.

 

banyak hal yang dialami...

 

Bahkan Ketika anda tenggelam oleh pemikiran orang tentang bisnis anda.. 

ketika anda dimanfaatkan oleh orang lain..



 

Saya mempelajari membangun branding dari semenjak saya lulus SMK... Dari NOL, tidak ada privilage sama sekali, bayang bayang kegagalan, tidak adanya jaminan finansial, dan lainnya, dimana ketika anda gagal, maka siapa yang akan menanggung?


Itu sangat berat.


Tiap langkah penuh perhitungan, seperti anda bermain catur, menentukan langkah.. tidak main main, asal melangkah, nanti gagal ada yang backup. NO!

 

 

 

Bahkan ada kalanya ketika Brandingmu kuat, maka kompetitor pun akan datang menghampiri anda, ia melihat apa yang anda lakukan... menjadikan bisnis anda sebagai objek analisa.

 

 

Saya benar benar paham hal ini, diluar RAHMANCYBER.NET

 

 

Belum lagi permasalahan lain di kehidupan anda...

 

sedang anda tidak memiliki sumber daya lain kecuali diri anda sendiri..

 

lalu waktu memaksa semua untuk lari, dan ... hal yang perlu anda ingat, bahwa modal tidak melulu tentang "Uang"


Saya benar benar mengalami hal ini..

 

 

Jadi selagi anda belum menjadi siapa siap, JUDUL yang mengandung kata Kunci ini bakalan membantu anda lebih dikenal sebagai apa.

 

Lalu judul Unik yang menjadi pembeda dengan JUDUL JUDUL yang telah dikuasai.

 

Sehingga, setidaknya anda punya attensi dari audience dari belahan tempat lain yang sengaja atau tidak sengaja menemukan situs anda di urutan pertama "KEYWORD" tertentu, yang mungkin belum dikuasai.


 





# 2. Judul terlalu panjang


 

 

Setiap mesin pencari memiliki batas panjangnya, setelah itu judulnya dipotong. Mengapa melewatkan informasi penting yang dapat mendorong pengguna untuk mengklik halaman?



Banyak ahli SEO menyarankan untuk tetap dalam 70 karakter, tetapi mesin pencari mempertimbangkan piksel, bukan karakter untuk stabil di mana harus dipotong. Jadi lebih baik berada di dalam 65 karakter per makhluk pasti tidak akan memotong judul Anda di klimaks.



Jika Anda menggunakan plugin Yoast SEO yang diinstal WordPress: memungkinkan Anda untuk melihat pratinjau tag meta di SERP.

 

Tetapi jika anda memakai blogger atau penyedia layanan blog gratis lainnya, anda bisa mengira ira, setidaknya tidak lebih dari 70 karakter untuk kata kunci utama.

 

Jikalau anda pengen menambahinya, bisa ditempatkan di akhiran...

 

 

Jujur saja, dulu saya pernah berpikir, semakin panjang dengan kata kunci yang kaya, maka akan semakin bagus untuk ditemukan, tetapi ternyata, ada batasan ditiap mesin pencari.

 

Sya sebenarnya tidak begitu yakin, jadi disini saya menyarankan pada anda untuk menggunakan 70 karakter awal sebagai lahan kata kunci utama dari pembahasan blog anda.

 

 

BTW, ternyata enak juga memanggil pengunjung dengan sebutan "anda" hehe, lebih teges sepertinya...

 

 



# 3. Deskripsi meta tidak unik


 

 

Deskripsi meta adalah faktor penentu peringkat SEO, tetapi merupakan bagian yang ampuh untuk meningkatkan RKT (Rasio Klik Tayang) / CTR dalam bahasa inggris.

 

Deskripsi yang menarik dan informatif dapat membuat perbedaan antara situs web dan situs web lain dan mendorong pengguna untuk mengeklik. 

 

Kemudian dengan menulis meta description atraktif dalam bahasa yang sederhana dan langsung, serta masukkan kata kunci penting permulaan dapat memberikan dampak yang serius.

 

 



# 4. Deskripsi meta terlalu panjang


 

 

Panjang deskripsi sama pentingnya dengan panjang judul. Cobalah untuk menjaga dalam 150 hingga 160 karakter.

Tapi kalo di Blogger sendiri sudah dibatasi untuk meta deskripsi tidak bisa melebihi 150 karakter, hal ini agar dapat terlihat dan terbaca secara utuh di Pencarian Google., tapi pada kenyataannya memang tidak terbaca semua, kalo saya menyimpulkan paling aman ada di 130 karakter..

 

meta deskripsi

 

 



# 5. Tidak ada hierarki dengan tag h2-h6


 

 

Apa pendapat Anda tentang judul, subtitle, judul paragraf, dan sejenisnya? 

Mereka penting untuk meningkatkan SEO,  karena tag tersebut ( judul, sub judul ) tidak hanya MEMBUAT TULISAN TULISAN ANDA TIDAK MONOTON dimata pengunjung, tetapi juga di mata mesin pencari sehingga mereka ( mesin pencari dan pembaca ) dapat menimbang pentingnya informasi. 

 

Kemudian masukkan strategi kata kunci dan sinonimnya sendiri dalam beberapa judul H2 - H6.

Ini sudah saya terapkan di RahmanCyber NET dan hasilnya lumayan fantastis jika dibandingkan dengan tidak menggunakan itu untuk saat ini.


Artinya, kalo waktu dulu, saya hanya mengandalkan tulisan saja sudah dapat banyak view, sekarang diera.. konten pun banyak diperjual belikan... sehingga memang "KONTEN seperti OMBAK dilaut" banyak sekali... dan ketika anda menerbitkan artikel, anda akan dihadapkan pada jutaan artikel yang memiliki niche yang sama.


Pertarungan semakin sengit ketika domain dengan authority tinggi membabat banyak "KEYWORD" dimana kemungkinan anda menguasai SERP, menjadi lebih kecil.




# 6. Tautan rusak / Broken Link (Kesalahan 404)


 

 

Jangan remehkan BROKEN LINK, atau tautan yang rusak!

 

Ini menjadi salah satu di antara tugas spesialis SEO yaitu memindai untuk mencari tautan yang rusak. “Error page not found” dimana ini bukan hanya membuat frustasi bagi pengguna, tapi juga kesalahan besar SEO.



Ketika ada laba-laba :)  404 yang memindai situs. Terlalu banyak kesalahan seperti itu dapat meyakinkan laba laba Google untuk menarik kesimpulan bahwa situs Anda tidak menawarkan pengalaman penjelajahan yang baik.



Jelas, hal ini merupakan salah satu dilema besar oleh para blogger yang masih menggunakan cara manual.

 

Ada tool yang menarik yang bisa membantu anda sebagai blogger sama seperti saya untuk dapat memindai situs anda secara gratis. Saya sudah membagikan Tool Gratis untuk SEO Blogger 

 

 

Dalam situasi seperti ini, Anda harus mengarahkan ke link baru ke halaman yang benar dan menyiapkan pengalihan 301 yang bagus dari halaman yang sudah tidak ada lagi ke halaman yang benar. 

 

Jika memang tidak ada tautan alternatif, cara paling mudah adalah dengan menghapus LINK.

 

Kalo di Wordpress sendiri, jauh lebih mudah.. heh.

 

Kalian tinggal pasang Plugin

Ini nih... Cara Mengatasi Broken Link dengan Mudah di Wordpress dengan PLUGIN





# 7. Konten berkualitas buruk


 

Anda telah menghabiskan waktu dan uang untuk mengembangkan situs, merawat desain, meningkatkan kegunaan, mengoptimalkan halaman untuk mesin pencari, tetapi Anda memiliki konten yang buruk, misalnya tidak dapat memberikan solusi, atau malah hanya spam link dan keyword.

 

Saya sendiri sebenarnya juga sedang melakukan perbaikan, dan pengecekan terhadap artikel artikel lama, dimana setiap orang memiliki masa masa ketika ia yakin sesuatu itu bagus pada masa itu, ternyata ketika dilihat kembali, membuat dahi kita mengerut. 


Untungnya kita bisa memperbaikinya, jika hal itu berupa artikel yang mungkin penjelasannya terlalu muter muter, penjelasannya membingungkan... Yup..


Tetapi jika dari awal kontennya mengajak ke keburukan yang disengaja agar mendapatkan hasil yang banyak.. 


Domain itu udah kerekam gan, udah masuk dalam WAYBACK MACHINE


Makannya dalam bertindak dan berinvestasi itu, ada pertimbangannya, tidak hanya sekarang, melainkan untuk kedepan.. apakah dampaknya merugikan atau tidak.



Intinya.... "Konten adalah raja"





# 8. Tidak ada Peta Situs


 

 

Ya, ,memang sih crawler mesin pencari sangat haus akan konten, ia akan melakukan Scan untuk memindai situs Anda bahkan jika Anda memiliki peta situs XML ke root situs. 

 

artinya, walau halaman anda tidak memiliki peta situs, maka ia akan melakukan crawling.. tetapi ingat!

banyak situs didunia ini yang dia crawl... 7x24jam...

 

Ngeri, kayak nonton Film DIGIMON saja...

 

Ia adalah laba laba yang siap merayapi artikel anda, menembus batas batas negara.... kecuali jika memang blog anda sudah di setting untuk menghalangi laba laba itu menjamah blog anda.. hehe, anda memasang barrier, sehingga laba laba tidak bisa masuk...

 

Hal ini sangat mudah dilakukan di BLOGGER.

 

 

Tetapi Jika memang anda ingin bermain SEO untuk menguasai SERP, maka memasang PETA SITUS merupakan hal yang wajib untuk memenangkan pertarungan dengan konten sejenis lainnya.


Jika anda Blogger, saya punya cara mudah bagaimana memasang Peta Situs untuk Blog

 

Disitu lengkap dengan PETA SITUS untuk Manusia dan PETA SITUS untuk sang LABA LABA... :)





# 9. Tidak ada Tombol berbagi ke media sosial


 

Situs Anda memiliki grafiknya menarik, kontennya menarik, pengalaman menjelajahnya pun tertata dengan rapi, semuanya mudah dan intuitif, dan tidak ada waktu yang terbuang. 

 

Dan apa yang Anda lakukan? 

 

Lupa memberikan kesempatan kepada pengguna Anda untuk membagikan penemuan ini kepada dunia?

Hehe, saya rasa kebanyakan blogger sih engga ya untuk sekarang ini, karena memang biasanya perancang template sudah memikirkan hal ini.. 

 

Jadi intinya, Tombol Berbagi / Sharing ke Media Sosial itu sangat perlu juga, untuk meningkatkan interaksi sosial.


Logikannya, semakin banyak orang melakukan Share, dan berinteraksi dengan konten anda di media sosial, ini akan memberikan kesimpulan terhadap LABA LABA, untuk menjadikan konten anda prioritas.


Naik dong di peringkat atas SERP.







Ok bagaimana dengan tulisan saya saat ini? 

 

apakah malah kaku? saya mencoba untuk menulis se enak saya bisa menuangkan pemikiran, kadang santai, kadang saya buat tegas, pokoknya campur campur... :) tujuannya, agar saya lebih mudah menyampaikan apa yang saya pikirkan. Itu aja....


Jadi tidak terlalu terpaku pada peraturan..

yang penting kan bisa dibaca bukan? 



Semoga 9 Kesalahan Umum SEO diatas dapat bermanfaat untuk Anda, kamu, kita.. :) Ok sobat RACY...


Sampai Jumpa...




Jangan lupa mampir di kanal rahmancyber yang lain..:))))))








F.N.A-RED












Posting Komentar

Follow by Email

Whatsapp Button works on Mobile Device only