Konten Kreator Daftar Ke 5+ Situs Fundraising ini Untuk Mendapatkan Uang dari Pendukung

RahmanCyber.NET - Kamu konten kreator? Ingin kontenmu mendapatkan dukungan dari para penonton atau pengunjung setiamu?

 

fundraising

 

 

 

{getToc} $title={Table of Contents}

 

Konten Kreator

 

Misalnya gini.. kamu fokus membuat konten bermanfaat nih, misalnya kamu masih belum mendapatkan pemasukan lain seperti Google Adsense atau Jaringan Iklan, atau Endorsan atau berbagai hal yang dapat memberikan masukan berupa Dana atau Uang untuk mendukung kegiatan kamu membuat konten..

 

ini saya kasih tau beberapa Situs yang dapat mendukung kamu untuk mendapatkan pemasukan langsung dari pengunjung, penonton atau orang orang yang tertarik dengan kontenmu.

 

 

Kenapa perlu menggunakan Situs Dukungan?

 

Ya, saat ini membuktikan bahwa setiap konten itu bisa dihargai gan, tergantung dari tingkat kebermanfaatannya


Logikanya gini..

Jika seseorang merasa mendapatkan manfaat dari sesuatu..

maka iapun tidak segan untuk mendukung sesuatu tersebut..


Ini juga salah satu tips buat teman teman konten kreator untuk dapat membuat konten yang bisa bermanfaat.. sehingga sahabat lain bisa menilai sendiri apakah layak atau tidak untuk di dukung..


Tapi sebelumnya ini saya akan beri alasan, kenapa harus menggunakan Situs Dukungan tidak langsung memakai Rekening Pribadi..


Sebenarnya bisa bisa aja kamu memakai Rekening Pribadi untuk mendapatkan dukungan dari Pengunjung Website Mu, Penonton Kanal Youtubemu atau Follower Instagrammu.. dan lainnya deh


Tapi..


Ya hanya sebatas itu aja..  atau kalo promosi itu namanya Single Promotion... jangkauannya menjadi lebih kecil... enggagement yang didapatkan pun terbatas..


Tetapi ketika kita mengkombinasikan dengan Beberapa Situs Dukungan lainnya, maka itu seperti menambah Opsi bagi Pengunjung... Visitor atau Follower kamu..


Bingung?


Saya coba jabarkan lagi lebih dalam ya.. dengan harapan teman teman bisa lebih memahami tulisan saya..

Jadi layaknya kamu buka toko..


Lalu kamumengabarkan ke pelanggan kamu pembayaran melalui Rekening A.


Sedangkan pelanggan kamu punyanya Rekening B..


Nah.. maka ada semacam perbedaan disitu.. artinya si pelanggan memerlukan usaha ekstra untuk dapat berinteraksi dengan rekening A.. misalnya biaya tambahan..


Coba seasndainya toko kamu juga memiliki Rekening B, maka Pelangganmu akan lebih mudah dan tidak memerlukan usaha ekstra untuk membayar kamu..


Ini juga masuk dalam Ilmu marketing sebenarnya.... 


Salah satu trik untuk menarik perhatian / attensi dari pembeli, yaitu dengan memperbanyak jangkauan pembayaran, sehingga bisa menjangkau ketertarikan pembeli lebih luas.


Coba bayangkan kasus diatas, jika pembeli tertarik dengan produkmu.. eh ternyata metode pembayaran favoritnya tidak tersedia dilapak kamu..


Mungkin bisa saja dia berpindah ke lapak lain dong..

Apalagi persaingan di Era Kemajuan teknologi.. apalagi di Era Pasca Pandemi.. yang banyak banget orang berbondong bondong buka usaha saat ini..

 

Konsep inilah yang menyebabkan orang orang pelapak memilih Beberapa Pilihan Marketplace untuk Jualan Online seperti Tokopedia, Shoope, Bukalapak, JD ID, Lazada dan Marketplace Legit lainnya sebagai jembatan yang praktis buat lapak untuk mengatasi permasalahan pembayaran tersebut..

 

Orangpun cenderung menjadi lebih meningkat kepercayaannya.. karena memang untuk dapat masuk ke dalam pelapak terverifikasi, tidaklah mudah.. harus ada identitas yang dimasukkan.. Walaupun itu juga tidak menutup kemungkinan untuk terjadi Penipuan Online ya.. "Sebaik baiknya sebuah sistem itu terkadang memang masih ada celah" 


Hmm..


Maka kamu perlu meningkatkan value kamu... Salah satunya adalah dengan memperluas jangkauan pembayaran.. 



Keuntungan lain Menggunakan Situs Situs Dukungan


Diatas saya udah jabarkan panjang lebar tentang analisa saya terhadap konsep dukungan, kalo sobat membaca sampai tahap ini..


Saya pikir sobat tertarik dengan artikel ini.. jadi

Jika mau istirahat dulu silahkan sob.. kamu bisa Bookmark dulu Artikel ini, atau Bookmark permanen agar sobat bisa melihatnya kapan kapan.


Selain beberapa keuntungan perluasan jangkauan pembayaran,

Keuntungan lain adalah Value kita bakalan bisa naik.. kenapa karena ini hampir sama seperti konsep SEO Backlink


Bagi yang belum tau apa itu SEO ( Search Engine Optimized ) Backlink, sobat bisa baca artikel kita tentang SEO Backlink dan beberapa Referensi Backlink Berkualitas


Kamu bisa bookmark dulu artikelnya..


Pokoknya, intinya adalah itu sama halnya dengan  rekomendasi orang per orang..

Misal kamu jualan, lalu ada orang yang merekomendasikan bahwa lapak kamu bagus, semakin tinggi status sosial orang tersebut, maka semakin tinggi pula atensi yang bisa kamu dapatkan..


Contoh :

Kamu punya lapak Jualan Sajadah


Lalu, seorang artis bernama Ronaldo tiba tiba mampir ke lapak kamu dan membeli sajada tersebut...

Lalu ia memposting ke instagramnya yang bisa ditebak kalo Instagram Artis itu Followernya pasti banyak dan tentu Status Sosialnya tinggi..


Lalu tibalah saatnya pembeli lain berdatangan satu persatu, karena toko kamu direkomendasikan oleh ronaldo..


Seperti itulah simplenya..


Itu yang dinamakan SEO, jadi Mesin Pencaripun di Optimalkan layaknya Seorang Manusia...


Sehingga bukan jadi rahasia lagi.. Situs situs besar cepat sekali untuk dapat mendapatkan peringkat atas di Mesin Pencari.. karena ia punya RELATIONSHIP...



Nah, maka dari itulah.. ini contoh keuntungan lain yang bisa kamu dapatkan.. 

Sebagai konten kreator.. kita perlu sigap nih untuk memainkan peluang yang ada..


Tujuannya.. memperluas jangkauan..

Sehingga kita bisa mendapat lebih banyak attensi.

 

Dukungan kamu juga mendapat rekomendasi langsung dari situs dukungan tersebut... sehingga bukan tidak mungkin, kamu bakalan dapet dukungan dari orang rang yang udah bergabung di situs dukungan tersebut.. kenapa? karena direkomendasikan..

 

 


Kumpulan Situs Dukungan untuk Konten Kreator



Ada banyak sekali sebenarnya untuk saat ini, kalo dulu kebanyakan dari luar negeri seperti Ko-fi, Patreon... saat ini di Indonesia sudah banyak sekali bermunculan situs situs dukungan ( fundraising / Penggalangan dana )


Kita awali dulu aja ya dari Situs Fundraising Luar Negeri yang Kita tau sebelumnya.. ( Ini penting jika konten kamu jangkauannya adalah Internasional )



1. PATREON


Saya mengenal patreon ini sejak 2017, saat itu penasaran sih apa itu patreon.. ternyata Patreon, adalah platform urun dana / penggalangan dana / fundraising yang dibuat oleh musisi Jack Conte dan pembangun Sam Yam. Situs ini memungkinkan seniman untuk memperoleh pendanaan dari pelanggan secara berulang atau per karya seni. Patreon ini bermarkas di San Francisco.


Kebanyakan memang pemakainya adaalah para seniman, entah itu seniman musik, seniman gambar, maupun seniman seniman youtube.


Patreon sendiri didirikan pada Mei 2013, oleh Jack Conte dan Sam Yam.


Sistem kerjanya....

 

Artis mengatur halaman di situs Patreon, di mana pelanggan / follower dapat berjanji untuk menyumbangkan jumlah uang yang diberikan untuk seorang seniman setiap kali mereka menciptakan sebuah karya seni, opsional menetapkan maksimum bulanan. 

 

Situs Fundraising Patreon


Alamat Situs Patreon

https://www.patreon.com/




2. Ko-Fi


Kalau Ko-Fi ini saya mengenal itu sekitar 2018 kalo gak salah, jadi saya penasaran karna banyak musisi lagu background music memakai ini, jadi sa kepo deh... hehe karna saat itu saya sedang buat musik juga / awal buat musik dan gak sengaja nemu..

Tapi memang tidak banyak info detail yang saya dapatkan tentang Ko-Fi ini, yang jelas, Ko-Fi ini banyak digunakan di Twitter, Instagram, Twitch, YouTube, Medium, Facebook, GitHub, Pixabay.


Situs Fundraising Ko-fi

Alamat Situs Ko-Fi

https://ko-fi.com/


Intinya Ko-Fi itu sama halnya patreon, yaitu situs Penggalangan Dana... kamu disitu buat URL ko-fi, dimana pengikut, pengunjung atau orang yang setia dengan kontenmu bisa memberikan bantuan dana untuk keberlangsungan proyek membuat konten yang kamu jalankan.


Oh iya.. kabar baiknya.. Ko-Fi ini gratis.. / free.




Kalo dipikir pikir memang peluang konten kreator untuk mendapatkan uang itu sangatlah tinggi, dapat dilihat dari beberapa situs yang kita bahas sampai pada ketikan artikel ini.. tetapi hal itu akan terjadi jika konten kita benar benar menarik... Oke kita lanjut ya ke Situs Fundraising selanjutnya!



3. Kickstarter


Sama seperti Ko-Fi dan Patreon, ini juga jangkauannya internasional.

Kickstarter merupakan situs pendanaan umum terbesar di dunia. Misi perusahaan ini adalah untuk membantu mempersembahkan proyek-proyek kreatif bagi kehidupan manusia.

 

Sejak peluncurannya 28 April 2009 oleh Perry Chen, Yancey Strickler, and Charles Adler. 

Seperti informasi yang kita dapatkan dari Halaman About Us Kickstarter, 19 juta orang telah mendukung sebuah proyek, $ 5,5 miliar telah dijanjikan, dan 194.269 proyek telah berhasil didanai.

Sumber langsung : https://www.kickstarter.com/about

 

The New York Times menyebut Kickstarter "the people's NEA"

Kickstarter sendiri bermarkas di New York City, New York , A.S.

 

Kickstarter adalah salah satu dari sejumlah platform crowdfunding untuk mengumpulkan uang dari publik

 

Platform kickstarter terbuka untuk pendukung dari mana saja di dunia dan untuk pembuat dari banyak negara, termasuk AS, Inggris, Kanada, Australia, Selandia Baru, Belanda, Denmark, Irlandia, Norwegia, Swedia, Spanyol, Prancis, Jerman, Austria, Italia, Belgia, Luksemburg, Swiss, dan Meksiko.


Tidak ada jaminan bahwa orang yang memposting proyek di Kickstarter akan menyelesaikan proyek mereka, menggunakan uangnya untuk mengimplementasikan proyek mereka, atau bahwa proyek yang diselesaikan akan memenuhi harapan pendukung. 

 

Kickstarter menyarankan para pendukung untuk menggunakan penilaian mereka dalam mendukung sebuah proyek. Mereka juga memperingatkan pemimpin proyek bahwa mereka dapat bertanggung jawab atas kerugian hukum dari pendukung karena gagal memenuhi janji. Proyek mungkin juga gagal bahkan setelah kampanye penggalangan dana berhasil ketika pembuatnya meremehkan total biaya yang diperlukan atau kesulitan teknis yang harus diatasi. 

 

Crowdfunding Kickstarter

 

Alamat Situs Kickstarter

https://kickstarter.com


Tetapi ketika kita mencoba membuat akun ketika artikel ini di buat tanggal 27 Desember 2020, ternyata Kickstarter belum mendukung konten kreator di wilayah indonesia jadi tidak ada pilihan negara indonesia. Wilayah negara paling dekat dengan indonesia yang telah bisa menggunakan Kickstarter adalah Singapura


Jika kamu orang indonesia yang memiliki bank Singapura atau berdomisili di Singapura sekarang, kemungkinan kamu bisa mendaftar. Tapi tenang aja, masih ada Situs Crowdfunding lain yang hampir mirip dengan Kickstarter di Indonesia


Simak terus artikelnya ya.. 

Jika perlu sebagai catatan bisa di bookmark.




4. Karya Karsa



Kalo ini merupakan Situs Fundraising atau Crowdfunding yang berasal dari Indonesia, jadi sangat friendly perihal bahasanya.. karena memang berbahasa indonesia..

Jadi saya rasa sobat bisa mudah paham tentang situs ini. 


Pembayarannya pun beragam, ada Go Pay, OVO, ShoopePay, Kartu Kredit / Debit, BCA VA, Mandiri VA, BNI VA, BRI VA, Permata VA, Indomaret.


Buat kalian konten kreator, novel, cerita, musik, tutorial, pendidikan, kelas online, podcast, youtube creator, gamer, dan konten lainnya.. ini sangat cocok sekali :D


Situs Crowdfunding Indonesia Karya Karsa

Alamat Situs Karya Karsa

https://karyakarsa.com


Dari info yang kita dapatkan di Halaman About yang kita akses ketika artikel ini dibuat tanggal 27 Desember 2020  

KaryaKarsa adalah Platform Apresiasi Kreator tempat fans dapat langsung mendukung kreator favorit mereka dengan kesinambungan finansial. Sehingga, kreator bisa mendapatkan pendapatan bulanan langsung dari fans mereka untuk terus berkarya.

KaryaKarsa adalah inisiatif dari Ario Tamat


Moga situsnya langgeng dan para kreator jadi terbantu dengan adanya situs Fundraising untuk Konten Kreator di Indonesia.

 

Sekarang Karya Karsa juga sudah mendukung QR Code, jadi teman teman streamer bisa menyematkannya saat streaming.. 

 

Coba aja Scan...


Karya Karsa QR CODE

Nah tetapi perhatikan ya.. walau itu QR Code, tapi bukan berarti langsung direct / scan nya pake aplikasi misal GO PAY atau OVO.. melainkan pakai Scanner QR Code bawaan atau universal..

Artinya nanti bakalan diarahkan ke website tujuan untuk dukungan.


Misal disitu yang bakalan keluar adalah karyakarsa.com/rahmancyber/tip






5. Saweria


Sebenarnya saya mengenal situs ini akibat ngliat QR Codenya GEMA INDO, hehe.. pas saya scan ternyata langsung mengarah ke Saweria co

 


Saya sendiri coba daftar situs tersebut.. 


situs crowdfunding Saweria co

Alamat Situs Saweria co

https://saweria.co


Nah kalo di scroll ke bawah, kita nemuin 

PT Harta Tahta Sukaria

nah.. ini buatan dari PT Harta Tahta Sukaria, dan jika ada pertanyaan pertanyaan, kalian bisa simak langsung ke situsnya di bagian FAQ.


Kebanyakan yang kita temui yang memakai situs ini kebanyakan memang streamer..

Nah, jadi ini bisa di Integrasikan dengan OBS melalui "Browser Module" , yang merupakan software Open Broadcaster Gratis yang paling joss menurut saya... dalam kategori "Gratis"


Jadi kita bisa nempelin QR Code bersamaan dengan Video Streaming kita, sehingga orang yang mau berdonasi.. dia bisa langsung scan QR Code tersebut..


Cara Memulai membuat akunnya cukup mudah..

  • Daftarkan dirimu
  • Verifikasi akun kamu
  • Atur overlay yang ingin digunakan
  • Jangan lupa pasang QR code atau link saweriamu
  • Sapa dan terima dukungan dari penggemarmu!



Ini adalah contoh Overlaynya.. silahkan di scan

 

QR Code contoh Saweria




Mendukung pembayaran melalui GOPAY, OVO, DANA, LINKAJA..


Untuk biaya biayanya, dari info yang kita dapat dare akses ke situsnya ketika artikel ini dimuat

Setiap transaksi masuk akan terkena biaya sebesar 5% (6% untuk OVO), Pencairan dana menuju rekening bank streamer akan terkena biaya sebesar IDR 5.000



Untuk info lainnya.. kalian bisa kepoin https://saweria.co/terms


Nah tetapi perhatikan ya.. walau itu QR Code, tapi bukan berarti langsung direct / scan nya pake aplikasi misal GO PAY atau OVO.. melainkan pakai Scanner QR Code bawaan atau universal..

Artinya nanti bakalan diarahkan ke website tujuan untuk dukungan.





.....




A.K.s - RED



Referensi
 

^ Patreon.org: Intro . accessed 14.7.2014

^ The California Report.org: "Creating Patrons of the Arts Through Crowdfunding" July 11–13, 2014.

^ a b Levitz, Dena (9 September 2013). "Donation, Patron Services Help Fans Support Their Favorite Authors". PBS. Diakses tanggal 1 March 2014.

^ Tate, Ryan (22 October 2013). "The Next Big Thing You Missed: 'Eternal Kickstarter' Reinvents Indie Art". Wired. Diakses tanggal 1 March 2014.

^ Luckerson, Victor (4 December 2013). "Top 10 Exciting Startups". Time. Diakses tanggal 1 March 2014.

^ Buhr, Sarah (23 June 2014). "Patreon Raises $15 Million Series A, Revamps Site To Focus More On Content". TechCrunch. Diakses tanggal 26 August 2014.

^ Dredge, Stuart. "Amanda Palmer races to $13,000 per release in Patreon crowdfunding". the Guardian. Diakses tanggal 2015-06-11.

^ "Creators on Patreon Receive Over 1,000,000 per Month From Patrons". October 10, 2014. Diakses tanggal June 12, 2015.

 ^ "Patreon Acquires Subbable, Aligning the YouTube Stars". Forbes. Diakses tanggal 17 March 2015.

^ Pham, Alex (10 May 2013). "Jack Conte's Patreon: Anyone Can Be a Patron of the Arts". Billboard Biz. Los Angeles. Diakses tanggal 1 March 2014.

^ Henriksen, Erik (7 February 2014). "Portland Cartoonist Erika Moen Launches a Patreon (Also, Patreon Sounds Pretty Brilliant)". The Portland Mercury. Portland, OR. Diakses tanggal 1 March 2014.

^ "Frequently Asked Questions For Creators". Patreon. Diakses tanggal 1 March 2014.

^ Patreon.com: Projects Roll

^ Wolf, Michael (19 February 2014). "Analysis: Patreon seeing strong growth in creators, pledges, pageviews". Gigaom Research. Diakses tanggal 1 March 2014.

 ^ Allen, Todd (24 February 2014). "Patreon Raises $2.1 Million". Publishers Weekly. Diakses tanggal 1 March 2014. 

^ Ko-fi.com: Intro . accessed 27.12.2020

^ https://en.wikipedia.org/wiki/Kickstarter . accessed 27.12.2020 

^ Kickstarter.com: Intro . accessed 27.12.2020

^ Karyakarsa.com: Intro . accessed 27.12.2020

^ Saweria.co: Intro . accessed 27.12.2020



Posting Komentar

Untuk posting kode, bisa di parse dulu gan, pake tool parse yang udah disediakan di website ini https://www.rahmancyber.net/p/parse-code.html

agar kodenya tidak hilang... ^_^

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال