Technology Holographic 3D Volumetric Display, Fiksi Film jadi Nyata?

RahmanCyber.NET | Tekno - Sebenarnya saya sendiri kaget melihat hal semacam ini terjadi.. apakah dunia masa depan yang banyak di gaungkan oleh pembuat film menjadi kenyataan..?

 

{getToc} $title={Table of Contents}

 

Tapi, kenyataannya HOLOGRAPHIC 3D Volumetric Display ini menjadi salah satunya, apakah ini sebuah permulaan. Biasanya saya kalo ngliat hal hal semacam ini identik dengan 3D Hologram yang ada di film anime YUGIOH yang menjadi favorit saya dulu ketika masih SD,.. kira kira Sobat RahmanCyber NET waktu itu udah lair blum yak.. wkwkwk, atau malah udah nikah... ehehe



Jadi di film itu manusia bisa mengeluarkan Monster dengan menempelkan kartu monster pada alat khusus yang diciptakan oleh KAIBA CORPORATION, hehe.. sepertinya saya sendiri agak mirip dengan KAIBA waktu itu ketimbang karakter utamanya yaitu YAMI YUGI, entahlah.. Sepertinya cocok Rahmancyber ini saya buat jadi RahmanCyber CORPORATION

 

 

sampai saya pas tahun 2016 ketika ada game Yugioh Duel Generation terbit, saya pernah buat artikelnya di RahmanCyber NET juga, Bisa kalian ketikkan di GOOGLE SEARCH atau BING dan beberapa Search Engine lainnya, cari aja "RahmanCyber Yugioh" nanti bakalan keluar sendiri artikelnya.. hehe, atau ikuti tautan ini Apa sih itu Permainan Kartu Yugioh



 

Apa itu Hologram?

 

Istilah "Hologram" berasal dari kata Yunani "holos" yang berarti "utuh" dan "graphos" yang berarti "pesan". Secara tradisional, hologram dibuat dengan memisahkan laser dengan optik khusus dan menangkap gambar statis pada film 2D

 

 

3D HOLOGRAM VOLUMETRIC DISPLAY

 

 

 

 

Mesin Fotonik Voxon berbeda. Ini menunjukkan lebih banyak dari "keseluruhan pesan" dengan memproyeksikan cahaya ke dalam volume sehingga bisa dilihat dari segala arah daripada menangkap gambar 3D pada film 2D



Star Wars ( 3D Hologram )

 

Kalo kita biasa nonton film space ship seperti Star wars

 

star wars

 

 

Yugioh ( 3D Hologram )

 

Atau Film lain yang memang menyajikan konsep hologram seperti Yugioh!

 

yugioh hologram

 


Ini.. bahkan mendekati NYATA! atau Real!


yugioh hologram


Atau ini.. yang ketika monster menyerang.. akan memberi damage dan rasa sakit ke lawan.. seakan akan memang beneran di serang! pengembangan dari KAIBA CORPS!


real yugioh hologram


Beberapa film diatas merupakan film favorit saya, bahkan dari SD, film tersebut adalah film yang paling saya tunggu tayang di TV. Bahkan sampai Membayangkan seakan akan aku jadi Kaiba!


Kalo untuk StarWars sih ane jujur enggak terlalu mengikuti, tapi pernah nonton sekilas.. :D

Kalo Yugioh, jelas saya mengikuti.. bahkan pernah main gamenya loh.. sayangnya tidak bentuk Hologram kayak di gambar...  Ini aku pernah buat artikelnya malahan, mengenal Yugioh Duel Monster



Wait.. wait..



FAN 3D Holographic


Ternyata sebelumnya itu pernah muncul 3D Hologram yang dihasilkan dari Fan / Kipas..



itu untuk mendukung dunia advertising..

dan ketika saya menelusurinya lebih dalam.. ternyata Produk 3D Fan Hologram ( Holographic ) tersebut udah tersebar di baerbagai marketplace di Indonesia.. Coba aja cari dengan keywords "3D FAN Hologram" atau Fan Hologram", untuk harga ternyata kisaran 2 juta keatas...

Video diatas merupakan gambaran yang saya dapatkan dari 3D Fan tersebut.



Ini yang lebih jelas

 


Kalian bisa nyalakan auto translate agar lebih paham...


Intinya Hologram itu muncul yang dihasilkan dari Putaran, dan saat ini sudah mendukung RGB! ARTINYA SUDAH BISA MENAMPILKAN PENUH WARNA ( RED, GREEN, BLUE ). Apakah ada CMYK? hehe


Berikut ini penuturan mereka tentang Holographic 3D yang dihasilkan dari Bilah LED yang Berputar..


Unit proyeksi Hypervsn ™ menampilkan konten video dengan menggunakan bilah LED yang berputar yang menciptakan efek holografik 3D yang menakjubkan, memberikan kesan kepada pemirsa bahwa objek animasi ditangguhkan di udara.



Setiap motor memiliki 4 baling-baling di atasnya, yang menggunakan kombinasi chip, magnet dan LED.

 

Saat bilah dengan LED berputar, mereka menciptakan ilusi objek yang melayang di udara. Mikroprosesor dan sensor menangkap sudut, kecepatan, dan posisi masing-masing LED.

 

Mereka kemudian mengirim sinyal ke masing-masing LED untuk membuat gambar 3D yang realistis. Perangkat keras utama dari teknologi ini adalah bilah yang memancarkan seberkas cahaya menciptakan hologram gambar dan kata.



Beberapa bilah dapat disinkronkan untuk hologram yang lebih besar. Segera setelah perangkat keras ini berputar, mata berhenti melihat perangkat keras melainkan sebuah hologram, dan perangkat keras tersebut berputar cukup cepat sehingga mata manusia tidak melihat rotasi apa pun, dan ia melihat gambar holografik yang menakjubkan.



Unit proyeksi tunggal yang disebut Hypervsn, Kino-mo juga menghasilkan Hypervsn Wall, yang tidak lain adalah beberapa unit yang digabungkan untuk bekerja secara serempak sehingga memungkinkan pembuatan hologram dengan berbagai ukuran dan konfigurasi. Laporan menunjukkan bahwa itu mampu dinding hingga ukuran 10 × 20 meter.



Keuntungan utama dari sistem ini adalah ukurannya yang dapat diskalakan hingga 10x20 meter, cukup dengan menambahkan lebih banyak proyektor ke dinding.





3D Hologram dari Film



Sebenarnya banyak banget Film yang memperlihatkan 3D Hologram, terutama yang bertemakan masa depan. Kebanyakan yang ada bau bau masa depan atau the Future, itu menyematkan adegan yang terdapat 3D Holographic.



Ya tak bisa dipungkiri.. Semua jawaban itu ada karena Sebuah Pertanyaan? Jadi jangan Remehkan sebuah Pertanyaan.. karena Dari situlah Jawaban, Perkembangan Muncul... Hanya karena anda pintar atau memiliki kredibilitas tinggi, jangan pernah anggap bodoh "suatu pertanyaan", karena jawaban, terkadang bisa muncul dari sini...

 

 

 

 

 

Inilah VOXON Photonic

 

Nah, dari sinilah saya kepo perihal tentang VOXON









Voxon VX1 adalah Tampilan Volumetrik 3D.

 

Pendekatan tradisional untuk melihat 3D memerlukan headset atau layar LCD dengan sudut pandang terbatas. Tampilan Voxon dirancang untuk membentuk inti dari pengalaman interaktif. VX1 dirancang untuk duduk di tengah pertemuan sosial, di mana percakapan dan kontak mata adalah hal yang alami dan ide dapat dibagikan.



Teknologi volumetrik Voxon menghidupkan konten digital dan membantu memberdayakan orang untuk memvisualisasikan, berkomunikasi, belajar, dan bersenang-senang secara kolaboratif tanpa memakai kacamata atau penutup kepala.


Dari penjelasan tersebut, kita bisa melihat tujuan voxon, yaitu membantu memberdayakan orang untuk memvisualisasikan, berkomunikasi, belajar, dan bersenang-senang secara kolaboratif tanpa memakai kacamata atau penutup kepala.


Kita tahu selama ini ada yang namanya VR, teknologi yang bisa menjadikan dunia virtual layaknya dunia nyata.. dengan memakai Kacamata atau Penutup Kepala dimana ada Screen dari device yang memancarkan proyeksi tersebut didalamnya..


Teknologi ternyata sudah berkembang sepesat itu..

 

Voxon Photonics VX1 Displaying Volumetric data from Microsoft Mixed Reality Capture Studios

 

Voxon Photonics mengintegrasikan Microsoft Mixed Reality Capture Studios penangkapan codec volumetrik terbaru dan hasilnya luar biasa. Microsoft telah berhasil memberikan kualitas gambar yang menakjubkan dengan ukuran file yang sangat kecil.




BLENDER 3D dan VOXON


Dan Volumetrik 3D ini sebenarnya yang membuat awal saya kepo adalah, karena bisa dipadukan dengan BLENDER 3D yang merupakan Software 3D Open Source yang sangat powerfull, dengan segala fiturnya untuk Modeling bisa, Animasi bisa, Interaktif bisa, bahkan editing Video pun bisa!

Semuanya GRATIS!

dan udah banyak dipakai studio animasi diluaran sana dan menghasilkan banyak sekali karya yang mengagumkan


Oh iya ini.. rendering Wireframe Blender dengan VOXON

 

Rendering Wireframes Using Blender


INI YANG LEBIH DETAIL TENTANG BLENDER DAN VOXON...


Creating a 3D Volumetric animation for the VX1 using Blender




eh, ternyata BLENDER 2.78 Udah bisa loh..

 

Flip Fluid in Blender running on Voxon VX1





Kesimpulan Pembahasan


Sebelum saya menutup pembahasan, ini adalah video VOXON di tahun 2017

 


Bayangkan sebuah dunia ... di mana fiksi ilmiah bertemu dengan kenyataan

Voxiebox adalah tampilan holografik 3D pertama di dunia. Teknologi kami tidak seperti apa pun yang pernah Anda lihat.

Voxiebox memproyeksikan citra bergerak 3D yang dapat dilihat dengan mata telanjang dari berbagai sudut.

Tidak ada ilusi. Tidak ada kacamata khusus.

Di Voxon Photonics, kami tidak hanya membawa tampilan grafis ke level lain, kami meluncurkannya ke dimensi yang sama sekali baru.


itu adalah petikan kalimat yang saya terjemahkan dari cuplikan video tersebut..


dan Tahun 2015 



Inilah VOXON,



volume 3d hologram voxon

Silahkan kalian langsung aja kepo di Voxon.co


voxon 3d hologram

dan Inilah Youtube Live demonstrasinya

https://voxon.co/voxon-live-youtube-demonstration/




Sekian bahasan tentang Holographic 3D Volumetric Display Technology, sedikit pengetahuan yang menunjukkan bahwa "Teknologi sedang Berkembang" mempersiapkan Masa Depan.. :D




Moga sedikit pembahasan ini dapat bermanfaat menambah wawasan kita semua seputar Teknologi..




Referensi Bacaan lainnya :

https://www.ft.com/content/1a9d3bec-ffbc-11e9-a530-16c6c29e70ca



#RahmanCyberTekno




F.N.A-RED








Posting Komentar

Untuk posting kode, bisa di parse dulu gan, pake tool parse yang udah disediakan di website ini https://www.rahmancyber.net/p/parse-code.html

agar kodenya tidak hilang... ^_^

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال