RahmanCyber NET!

Switch!

Boxed Style

Favorite Post Style

Post Layout

MY STORE


11/04/2020

Semangat UKM indonesia Bangkit di Era Digital Bersaing di Kancah Global

RahmanCyber.NET | Bisnis - Sebenarnya gerakan UKM Go-Online sudah di galakkan sebelumnya di kalangan UKM ( Usaha Kecil Menengah ). Upaya untuk memasarkan produk produk UKM secara Online pun sudah terlihat bahkan sebelum Pandemi Covid 19 yang pertama kali dideteksi di Kota Wuhan, Provinsi Hubei, Tiongkok pada tanggal 1 Desember 2019, dan akhirnya merambah ke seluruh dunia, tak terkecuali di Indonesia, dimana Kasus positif COVID-19 pertama kali dideteksi pada tanggal 2 Maret 2020.


Akibat Pandemi COVID 19

 

Kita sudah menjalani labih dari setengah tahun menghadapi pandemi COVID 19, dan tentu pandemi ini telah melumpuhkan berbagai sektor usaha. Banyak sekali buruh yang kehilangan pekerjaannya karena memang perusahaan tidak mampu untuk menopang gaji mereka, karena pendapatan perusahaan yang bisa dibilang tersendat. Bahkan tak jarang juga perusahaan satu per satu tumbang.

 

Beberapa Perusahaan juga terlihat banting stir untuk memproduksi APD dan Perlengkapan Medis seperti Masker, hand sanitizer

 

Kita tak pernah bisa memprediksi akan ada kejadian seperti sekarang ini sebelumnya, yang jelas dengan adanya Pandemi ini seakan mendesak UKM yang sudah perlu menggunakan teknologi internet dalam rangka pemasaran produknya.

 

 

 

Kenapa Pemasaran menggunakan teknologi Internet? 

 

Sebenarnya memang jauh sebelum pandemi ini muncul, pemasaran melalui daring atau internet ini sudah dapat dilihat hasilnya, banyak mereka yang sudah memanfaatkan internet untuk pemasaran produknya mengalami peningkatan penjualan.

 


 

 

Apalagi dengan adanya pandemi COVID 19 seperti ini yang mengharuskan kita mentaati protokol kesehatan, mengurangi transaksi tatap muka atau secara langsung demi mengurangi dampak atau resiko penyebaran.

 

Karena dengan menggunakannya Sistem Online dalam pemasaran produk, maka UKM sendiri akan lebih survive, mengingat penggunaan internet sendiri meningkat semenjak masa pandemi di tetapkan dan kebanyakan orang cenderung memilih berbelanja secara online, sehingga dapat mengurangi resiko terpaparnya virus COVID 19 akibat interaksi antara pembeli dan penjual secara langsung.

 

Sebenarnya sederhana dari segi alurnya yang bisa diperkirakan seperti ini :

  • 1. Pembeli Melakukan Order
  • 2. Penjual mengirimkan instruksi pembayaran
  • 3. Pembeli melakukan pembayaran
  • 4. Penjual validasi pembayaran, jika sudah... maka diteruskan ke penyediaan barang
  • 5. Penjual melakukan packaging dan pencatatan transaksi
  • 6. Penjual melakukan pengiriman barang, melalui kurir sendiri ataupun rekanan
  • 7. Pembeli konfirmasi kalau barang sudah diterima dan memberikan ulasan

 

 

Alur jual beli


Kalau dilihat dari alurnya cukup memang sederhana, apalagi dengan adanya kemajuan teknologi yang saat ini terjadi. Sehingga penjual pun sekarang bisa jualan langsung dari aplikasi messenger sekalipun, dengan alur seperti diatas.



Penipuan Online

 

Maraknya penipuan online seakan mendampingi pertumbuhan UKM yang sedang menuju ke arah digital. Adanya kasus penipuan online tersebut tentu menurunkan daya beli. Pembelipun saat ini juga lebih jeli dan hati hati. Sehingga alur pemasaran melalui messenger langsung itu tidak efektif karena kurangnya kepercayaan pembeli akibat banyaknya kasus penipuan online.

 

Walaupun sekarang sudah ada website untuk cek rekening penipuan yang diterbitkan oleh kominfo, yang sudah kita bahas sebelumnya di RahmanCyber.NET



Solusi Meningkatkan Kepercayaan Pembeli


Dari kacamata saya sendiri, beberapa faktor yang mempengaruhi saya membeli barang secara kontinyu di sebuah toko, antara lain :

 

1. Brandingnya seperti apa

 

Ya, hal pertama yang saya amati adalah brandingnya, apakah ia punya social media? apakah ia punya website? apakah alamatnya jelas? apakah nomor telponnya aktif? bagaimana dengan nama tokonya? apakah resmi? atau dibuat buat? adakah logo yang mencitrakan usahanya? adakah tagline?  

 


 

 

karena itu semua berpengaruh! semakin toko, dalam hal ini adalah UKM, mendesain brandingnya sekuat mungkin, maka kepercayaan pembeli akan semakin tinggi.

 

2. Bagaimana Reputasinya

 


 

Nah, kenapa reputasi, saya letakkan di nomor 2? karena kalo belum ada penjualan kan juga belum a    da ulasan, ya kita harus memperkuat poin yang pertama yaitu Branding! itu sangat perlu, sehingga pembeli itu percaya. Setelah itu lanjut ke poin yang ke 3.

 

3. Bagaimana Packagingnya

 

Perlu diketahui, packaging merupakan salah satu cara ampuh untuk menarik pelanggan yang loyal , maka pelaku UKM perlu memanfaatkan kesempatan ini. Jika perlu buatlah desain packaging yang menarik, dan yang paling pentung sesuaikan dengan produk yang akan dikirim. 

 


 

 

Jika produknya rawan rusak, maka pelaku UKM harus melakukan packaging dengan keamanan ekstra, sehingga nantinya pembeli akan berpikiran "Wah, packagingnya aman, jadi puas saya beli di toko ini", karena kita tahu sendiri bahwa ketika sebuah produk dikirim melalui kurir rekanan, itu akan bercampur dengan produk lainnya dan melalui berbagai macam guncangan ketika di perjalanan.

 

Jadi konsentrasi yang pertama adalah "aman" baru yang kedua "menarik"

 

4. Bagaimana Layanan Pelanggannya atau Customer Service 

 

Layanan interaksi dengan pembeli juga menjadi poin penting, sehingga sebagai UKM yang mau Go Online, dapat dengan mudah mendapatkan pembeli yang setia. 

 


 

 

Usahakan untuk menanggapi diskusi dari calon pembeli dan balas pesan langsung dengan sopan dan mengedukasi tentang barang yang diminati pembeli, sehingga pembeli merasa dihargai dan nyaman.

 


Itulah 4 poin penting yang mempengaruhi saya untuk membeli barang di sebuah toko.

 



Berarti perlu Website?

 

Ya, sangat perlu, karena targetnya adalah UKM bangkit di era modern yang serba digital ini, sehingga dengan website itu kita tidak hanya memasarkan di wilayah lokal saja, melainkan nasional atau bahkan sampai internasional.

 


 




Mau Buat Website Biayanya Mahal

 

Mungkin hal itu merupakan permasalahan yang umum terjadi, kita tahu tidak hanya dengan membuat website saja sudah selesai, kita perlu web hosting untuk menempatkan website tersebut, sehingga bisa diakses secara online, dimana biasanya bisa langganan perbulan maupun pertahun. Jangan lupa juga alamat domain, kenapa? karena jika tidak memakai alamat domain, maka url yang di akses berupa angka, contohnya 36.66.172.185 

 

Jadi dengan alamat domain, website kita bisa diakses orang lain dengan nama yang kita inginkan, biasanya untuk bisnis memakai nama toko, contohnya RAHMANCYBER.NET, ini adalah alamat domain website kita dan RAHMANCYBER merupakan nama merek blog saya.

 


 

 

Perihal membuat website yang sulit dan ribet, apalagi jika tidak memiliki skill di bidang UI/UX designer, front-end developer, dan back-end developer, sebuah posisi yang biasanya menjadi tim dalam pembuatan sebuah website.

 

Jika memesan Jasa Pembuatan Website Perusahaan juga membutuhkan biaya mahal, karena untuk website original yang dibuat dari awal membutuhkan banyak tahapan, termasuk riset di tim UI/UX designer, front-end developer, dan back-end developer, sehingga memang seharusnya tidak murah karena itu merupakan karya intelektual yang layak untuk di hargai.

 

Sebenarnya ada solusi praktis bagi pelaku UKM untuk memiliki website dengan biaya yang murah dan customisasi yang mudah. Bahkan perkiraan pembuatannya pun cukup cepat hanya 1 menitan sudah bisa punya website sendiri, dan ini sudah termasuk Beli domain dan hosting. Solusi yang sangat praktis dan tidak ribet.

 

Namanya adalah Web1menit , merupakan produk selain Hosting UMKM dari MasterWeb.com untuk mendukung UKM di Era Digital seperti sekarang ini, sehingga dapat bersaing di kancah global.


Bayangkan, betapa murahnya untuk paket Online Plus, hanya berkisar 180rb-an per bulan, sudah termasuk gratis Domain .com / .net / .org , sudah termasuk Website dengan banyak pilihan tema, bahkan sudah ada jaminan tampilan responsive yang dapat menyesuaikan di berbagai layar seperti smartphone, laptop maupun pc dengan berbagai resolusi, serta yang paling penting sudah termasuk Web Hosting , kalian bisa cek sendiri di website MasterWeb.com dan melihat paket Web1menit .


Berikut ini adalah contoh Websitenya :

Apa sajakah kelebihan dari Web1Menit sebagai Website Builder?

 

 

Setelah saya menganalisa produk tersebut ada, beberapa hal yang menjadi daya tarik selain beberapa poin yang termasuk dalam paket yang telah sedikit saya jelaskan diatas.

 

1. Pilihan Desain Websitenya Beragam

 


Kita bisa memodifikasi Header dan Footer dengan mudah, Tema websitenya juga banyak pilihannya, dan yang paling penting adalah dukurang tampilan responsive yang sudah dioptimalkan kecepatannya ketika di jalankan di perangkat selular.

 

2. Website Builder yang Mudah


 

Bisa dibilang Web1Menit dari MasterWeb ini merupakan Website Builder, dimana kita hanya perlu mengisi kontennya saja, semua fitur website sudah disediakan , tinggal drag and drop saja. Bahkan tampilan Website Editornya juga sudah responsive, sehingga kita bisa dengan mudah melakukan build dari perangkat apa saja, misalnya perangkat selular juga sudah bisa banget.

 

3. Fitur Keamanan


 

Keamanan merupakan salah satu hal yang wajib, bayangkan jika kita asal buat website dan tidak memperhatikan keamanan digitalnya, maka data penting kita bisa di ambil orang atau websitenya di acak - acak hacker jahat, atau kemasukan malware tentu itu bikin pusing juga. Maka fitur keamanan itu merupakan faktor yang perlu diperhitungkan dan hal ini sudah di sajikan di Web1Menit, sehingga kita tidak perlu khawatir terhadap Malware karena ada fitur Malware Scanning dan Removal


Kita juga tidak perlu khawatir kehilangan data, karena ada fitur daily backup, yang membantu memulihkan data kita dalam hitungan menit.

 

Fitur Enkripsi Data "HTTPS" juga dapat memberikan rasa aman ke pengunjung website kita.

 

4. Kecepatan yang di Optimalkan


 

Jadi website yang dibuat menggunakan Web1Menit ini kecepatannya loading sudah dioptimalkan sehingga pengunjung tidak lama menunggu, biasanya website yang cepat waktu loadingnya akan disukai google, sehingga memungkinkan peringkat website kita berada di pencarian urutan pertama google.



Dengan berbagai fitur yang menarik tersebut Masih Enggan Buat Website?





Mencoba secara langsung Web1Menit

 

Oke, saya orangnya itu sangat penasaran, sehingga saya pun pengen mencoba seberapa memudahkannya Web1Menit, apakah hanya iklan saja? Yuk kita coba



 

Setelah kita coba, ternyata benar..  Web1Menit mungkin bisa jadi Website Builder Terbaik karena mudah banget dan saya rasa cocok buat pelaku UKM mengarungi Era Digital ini, membuat bisnisnya dapat bangkit dan bersaing di kancah global, tentunya makin terlihat professional.


 

 

 

Apa manfaat memiliki Website Sendiri bagi UKM?

 

Kita tadi sudah membahas panjang lebar ya untuk Website sendiri, sampai pada review salah satu produk Website Builder yang mempermudah UKM, sehingga bisa lebih fokus dalam mengembangkan produknya tanpa perlu repot repot belajar buat website dari dasar. Nah sekarang kita bahas apa sih manfaatnya memiliki website sendiri?

 


 

 

 

1. Dengan kita memiliki website sendiri, maka itu akan memperkuat Branding Usaha kita, karena semua informasi yang meyakinkan pembeli, kita letakkan disitu, termasuk ulasan ulasan yang meningkatkan reputasi UKM kita. Bahkan untuk masalah bahasa juga bisa diatur sedemikian rupa, sehingga target market UKM menjadi lebih luas.


2. Website tersebut bisa sebagai pemersatu berbagai link online yang kita gunakan untuk pemasaran produk ( misal dari web e commerce yang menyediakan lapak online, dan UKM kita juga menjual produk di sana ), sehingga pembeli dapat yakin bahwa itu adalah UKM kita dan asli. Hal ini dapat meminimalkan penipu yang mengatas namakan brand kita, sehingga pembeli merasa lebih aman.

 

3. Website sebagai pemersatu link media social yang kita gunakan untuk mendukung pemasaran produk, misalnya Facebook, Instagram, Twitter.

 

 

 



Dampak Positif UKM siap memasuki ERA DIGITAL

 

Dampak yang paling terlihat adalah ketika kita berada di masa pandemi seperti ini, yang mengharuskan pembatasan sosial, artinya membatasi kontak secara langsung. Maka ketika banyak UKM sudah siap dengan teknik penjualan baru di Era Digital, maka secara otomatis perekonomian pun juga ikut terangkat, dengan meminimalkan resiko penyebaran COVID 19 yang massive sebagai penyebab Rumah Sakit tidak dapat menampung pasien. 

 


 

 

"Ketika Pasien tidak Overload, maka konsentrasi untuk menyembuhkan menjadi lebih fokus, ketimbang ketika sudah melebihi batas kemampuan yang biasanya dilanda kepanikan, seperti mengerjakan ujian tapi belum selesai"

 

Subjek menjadi seperti dibawah ini :

1. Pembeli (Order secara online) - tidak berkerumun

2. Penjual (Menyediakan barang yang di order untuk diberikan ke Pembeli melalui perantara kurir)

3. Kurir (Logistik) - Mematuhi protokol kesehatan dan dipantau SATGAS COVID 19 + Laporan Konsumen.

 

 

dari pemaparan diatas, dapat disimpulkan bahwa resiko terpaparnya virus COVID 19 terhadap pemilik atau penggiat UKM menjadi diminimalisir, sehingga pemilik atau penggiat UKM sendiri tidak khawatir akan tertular virus COVID 19 ini karena tatap muka dengan pembeli secara langsung sudah di minimalisir, kalaupun ada dari pihak Logistik, Pihak Siaga COVID pun bisa melakukan kontrol lebih teliti karena tentu dapat dengan mudah untuk bekerjasama dengan pihak logistik agar semua mentaati protokol kesehatan termasuk kurir mereka.

 

Memang tidak 100% menangkal, tetapi setidaknya ini adalah upaya untuk meminimalisir resio penyebaran.

 

 

Kesimpulan Pembahasan

 

Untuk dapat melakukan transaksi secara online, UKM sebenarnya bisa membuka lapak di beberapa e-commerce yang sudah ada, karena terbukti mereka sangat mendukung GO Online nya UKM di Indonesia dengan menyediakan lapak online yang mudah untuk di gunakan, berbagai panduan juga telah mereka sediakan dalam penggunaan sistem mereka dalam menjual.

 


 

 

Tetapi alangkah lebih baiknya jika UKM memiliki website usaha sendiri, sehingga lebih Independent atau meningkatkan kepercayaan pembeli, walaupun dari situ tetap bisa memakai ruang yang disediakan oleh beberapa e-commerce yang sudah ada, dan menghubungkannya menjadi satu di website sendiri, sehingga pasar penjualan kita menjadi jauh lebih luas lagi, dan diharapkan dengan itu UKM dapat benar benar bangkit serta dapat memajukan perekonomian negara kita tercinta ini "INDONESIA"

 


Sekian pembahasan saya perihal UKM indonesia Bangkit di Era Digital.

Semoga dapat diambil manfaatnya. 



 

 

 



Advertisement
Sobat, ditempat ini kita belajar bareng ya, saling berbagi ilmu di http://rahmancyber.net Apabila ada yang perlu di tambahkan atau ada kesalahan mohon di koreksi
Bagi yang menginginkan konten berupa video, bisa langsung kunjungi link Channel Youtube RahmanCyber NET
Matur Nuwun...

Sponsor Rahmancyber Network



Baca Juga

Posting Komentar

Harap Jangan Nyepam ya... ^_^

Rahmancyber Network

...
Berikut ini merupakan Bagian dari Rahmancyber Network

Whatsapp Button works on Mobile Device only