RahmanCyber NET!

Switch!

Boxed Style

Favorite Post Style

Post Layout

MY STORE


11/09/2020

Tips! Cara Membeli Outfit dari Toko Online agar Enggak Kecewa

RahmanCyber.NET | Kehidupan - Hai sobat RahmanCyber terutama di Redaksi Kehidupan yang ngebahas apa apa tentang kehidupan, dan disini penulis juga sama sama belajar ya.. karena dalam penulisan kita memang tidak bisa lepas dari yang namanya riset. 

Eits, tapi kok bahas tentang pakaian sih? kalo di beberapa media berita biasanya untuk pakaian sendiri masuk dalam rubrik LIFESTYLE, tapi coba deh kalian artiken.. disitu ada LIFE, dalam bahasa inggris yang diterjemahkan LIFE itu bermakna Hidup... ya begitulah.

Karena ternyata memang Style atau pakaian itu sangat penting untuk menambah percaya diri sobat.. dan ini saya alami sendiri, sebelumnya saya tidak pernah gubris perihal pakaian, pokoknya asal beli.. entah itu kaos, baju kemeja, jaket, celana dan lainnya... lah SMP, SMA, Kuliah kemana aja, ya.. mungkin memang tingkat kedewasaan orang itu berbeda beda, dan ini tentang saya.

Pantesan selama ini saya terlihat jelek ( emang jelek sih ).. hehe, lha wong pakaian asal pake aja, nggak memperhatikan postur tubuh dan kadang kalo ngaca saya seringkali minder... KOK SAYA JELEK ya..hehe, lalu cermin pun berkata " Ya, kamu emang jelek " aku pun nangis setelahnya... 

 



Seperti yang saya djelaskan diatas, mungkin disini saya saat ini berusaha memperbaiki diri kali ya.. hehe, tapi ya jelas.. ada prinsip yang tetap saya pegang "Pakaian bagus gak perlu mahal, yang penting nyaman! lebih baik enak dipakai walau dilihat dari luar jelek... daripada keliatan bagus didepan tapi ternyata menyiksa ketika dipakai.. haha, ya tapi alangkah lebih baik lagi ya.. dipakai nyaman, "


Oke.. sesuai judul ya, disitu saya menyebut OUTFIT, sebenarnya saya bisa aja nyebut Pakaian ya.. tapi biar ada sambil belajar tentang kosakata..


Sebelumnya tau nggak sih apa yang dimaksud OUTFIT? Mungkin ada sobat yang bingung Outfit itu apa sih.... sebelum kita berbincang lebih jauh, saya akan memberikan pejelasan singkat..... Outfit itu "Setelan Pakaian"... kalo dijabarkan lagi, seperti ini..

 


1. Apa itu Outfit

 

Outfit sepengetahuan saya merupakan setelan pakaian ( jaket, kaos, celana, topi ) yang dipadukan sedemikian rupa, sesuai dengan postur tubuh atau Pas  - F..N.A

Di dunia fashion saat ini memang kata Outfit sendiri sedang populer terutama di pencarian pada kelompok fashion.

Saya tidak membahas lebih lanjut karena keterbatasan kemampuan saya di bidang ini, kalian bisa cari sendiri literatur yang berkaitan dengan fashion dari para pemain di bidang fashion atau desainer pakaian atau yang sudah professional dibidang ini untuk belajar lebih detail. Karena saya hanya mengetahui yang saya butuhkan saja, lainnya ada di buku dan referensi.

 

2.  Cara memilih jaket di Toko Online, agar tidak Kecewa


Bagi saya, tidak mudah memilih jaket di Toko Online, terlebih perihal Postur Tubuh saya yang saya akui enggak Proporsional banget... dan enggak seperti orang pada umumnya, menjadikan saya sangat sulit untuk beli OUTFIT di Toko Online, apalagi kita tidak benar benar bisa meraba barang tersebut, kita tidak bisa mencobanya dulu... bagi sebagian orang pun terkadang harus berkorban untuk pembelian pertama...

Beberapa kali, saya salah beli ( enggak ding.. padahal cuma 1 sampai 3 kali kalo gak salah.. hehe, maklum jarang belanja... 

Entah itu ternyata kekecilan ( karena postur saya itu tidak seperti orang pada umumnya... ) , entah itu dari fotonya keliatan bagus, tapi ketika dipakai ternyata panas, dan bikin kulit gatel ( maklum, kulit saya sensitif )

Tapi kalo beli ternyata sobek, saya belum pernah.. Alhamdullilah, semoga ntar tetap aman kalo beli.. ( masak beli baju toko online, ternyata retsleting rusak, atau ada sobekan yang gak wajar...


dari situlah saya akhirnya belajar... cara memilih jaket di toko online, hehe.. simak ya 

 

 


A. LIHAT REVIEW BINTANG dan FOTO

 

Pastikan Lapaknya Ramai, karena kalo ramai, disitu kalian bakalan bisa lihat REVIEW, langsung liat Review di bagian yang ada fotonya... lihat bintang 1, 2, dan 3, kenapa? karena ini penentu kualitas bro, dari situ kita bisa lihat komentar ulasannya, apakah ada banyak yang bintang 1 dan 2, kalo hanya 1 , 2 dan 3 komentar kalian lihat apa sih yang membuat mereka kecewa? kalo ternyata cuman sedikit yang ada sobek kecil, itu wajar ya.. asumsikan si pelapak dia ngelayanin banyak order.. 

 

mungkin kan normal ya kalo ada luput, tinggal bagaimana respon pelapaknya aja, tapi kalo enggak terlalu parah sih bisa dijahit sendiri daripada ngebalikin, kemakan ongkos kirim juga bukan? 

 

Tapi kalo kasus sama dan itu banyak, nah kamu perlu pikir pikir dulu, ini QC nya gimana sih? salah kok bolak balik.. apa enggak di cek dulu sebelumnya? 

 

Dan ini merupakan cara yang paling utama dan simpel untuk melihat performa toko dari beberapa orang yang pernah order sebelumnya. 



B. KALO BELUM ADA YANG BELI?

 

Nah pertanyaan selanjutnya, kalo belom ada yang beli bagaimana kita bisa liat kualitas dari toko tersebut? sebenarnya ini juga dilematika ya, menjadi pelanggan atau pembeli pertama itu seperti halnya kalian kayak INFLUENCER.. mereka adalah yang pertama kali mencoba.. tetapi kadang mereka dikasih ya.. sedangkan kita kan beli sendiri.. hehe, Ikutin kata hati kau! kira kira kau yakin enggak.. dan ingat juga NOMINALNYA, kalo hanya dibawah 100rb sih tidak terlalu masalah ya.. tapi kalo diatas itu? untung aja sekarang kalian tidak perlu terlalu khawatir barang gak dikirim ketika beli di marketplace, karena disitu uangnya di HOLD dan marketplacenya pun ada reputasinya..

 

Ingat mempertahankan BRAND itu jauh lebih sulit, bayangkan jika ada gemparan negatif yang menghancurkan brand yang udah dibangun susah payah... hmmm makannya mereka emang berusaha sekuat tenaga mempertahankan brand dengan menjaga kepercayaan dan keamanan pelanggan.. salah satunya kamu.. jadi tidak perlu khawatir barang gak kamu dapatkan..

 

nah yang perlu kamu khawatirkan adalah kualitas barang tersebut, karena di toko online kan sering ya kita temuin, di foto keliatan bagus, eh yang dikirim gak sesuai dan burik...

 

Proses pengembalian dan pengurusan nya yang ribet kalo sistem online, "Apalagi jika barang salah..." bahkan kalo suruh nukar dengan mengembalikanpun juga mikir mikir... kenapa? karena belum ke tempat pengiriman .. yang tentu itu memakan waktu kita yang seharusnya enggak...belum nambah ongkos pengembalian..

 

ya.. ya... ya lebih baik pasrah kan.., kecuali kalo ada toko online dengan jaminan BARANG ORIGINAL dan jika ada kesalahan maka barang langsung dijemput dirumah OLEH KURIR dari toko onlinenya langsung... jika memang kesalahan bukan dari kita, Apalagi langsung ditukar waktu pengambilan barang! wah.. kalo ada TOKO ONLINE atau MARKETPLACE yang seperti itu.. saya yakin, banyak yang beli... "BUT, It's not simple thing... kecuali kau punya cabang ditiap daerah...karena saya tau juga, untuk biaya ekspedisi pun enggak murah, beda kalo udah punya toko ditiap daerah, maka akan lebih ringan", kalo jualan kan pengennya untung kan.. mana ada orang jualan pengen rugi.. kan kagak? ya kan.. 

 

ngapain susah susah. Nah maka dari itu TOKO ONLINE yang bereputasi harus memperhatikan QC.. ya QUALITY CONTROL..." CEK SEBELUM KIRIM" hehe, ini malah jadi tips agar TOKO ONLINE kamu banyak pembeli loyal. Nggak papa lah... hehe disini saya juga selain menjadi pembeli, saya juga menjadi penjual kok... (pernah measakan) jadi sudut pandangnya bisa lebih kaya... enggak hanya dari satu sudut pandang aja...  ^_^


Maka... coba deh tingkat pertama.. lihat di marketplace apa kamu beli barang... lihat reputasinya, ini penting, terutama untuk penjualan terbaru..

tingkat kedua, lihat tokonya.. biasanya TOKO yang dia menyertakan Alamat Lengkap, Social Media, Website dan Deskripsi yang jelas... bakalan banyak pembeli, ya! karena pembeli yakin dan percaya pelayanan toko tersebut, sehingga enggak takut ketipu ( lalu kalo ada penipu yang pakai alamat, email dan website toko orang lain bagaimana??? ) nah, ini dia, tapi perlu kembali lagi deh.. lihat marketplacenya, apakah ia benar benar berusaha mempertahankan nama baik brandnya?


Kalo iya biasanya hal semacam ini udah di minimalisir, kerjaan bersih bersih gitu deh, atau bisa dibedakan tuh dengan TOKO yang     VERIFIED, artinya semua data toko dan pemilik udah diajukan dan dikoreksi, sehingga terjamin TOKOnya ORIGINAL, bukan abal abal.


Jadi... pastikan klo emang belum ada pembeli disitu, kamu bisa cek n ricek detail toko..

 

 


C. Kalo identitas Tokonya enggak detail, tapi pembelinya banyak?

 

Yup.. ini dia, sebenarnya balik ke poin 1 ya atau yang A, dimana kita lihat review pembelinya.. kalo ternyata TOKOnya tidak kasih informasi detail tetapi yang review udah banyak.. ya sudah, kamu pelajari POIN A ya.. disitulah penjelasannya.. karena sebenarnya POIN ke 2 itu hanyalah penguat jika POIN 1 tidak terpenuhi alias masih sedikit atau belum ada yang beli... kamu ingin jadi PEMBELI PERTAMA.. hehe

 

 


D. Pembelian OUTFIT pertama jangan BORONGAN!

 

ya... ingat kata saya yangsebelumnya, kalo pembelian pertama itu kita mencoba melihat dan meraba nanti barangnya seperti apa... karena kita tidak bisa benar benar memakai, memegang, mencobanya sebelum beli... jadi usahakan kalian beli OUTFIT ( Jaket, Kaos, Kaos POLO, Ikat pinggang, Topi, C    elana Panjang, Celana Pendek, Kacamata dll ) jangan langsung borongan banyak! hindari itu, kalopembelian pertama sukses dan dipakai pas dan nyaman.. Ya... silahkan mau beli BORONGAN.

hal ini dapat mengurangi RASA KECEWA jika ternyata barang tidak sesuai.

 

 


E. CEK REKENING PENIPUAN

 

Ya, ada cara untuk mengecek nomor rekening penipuan, yang sudah dibahas beberapa waktu yang lalu.. eh bulan.. pada rubrik TEKNO, juaulnya BAGAIMANA CARA CEK REKENING PENIPUAN  AGAR TIDAK MUDAH TERTIPU. Kalian bisa lihat disitu pemaparannya... hal ini berlaku jika kalian membeli di TOKO ONLINE lain yang belum terlalu terkenal, ya.. yang namanya besar itu kan butuh waktu berkembang, kita tidak pernah tau, TOKO ONLINE yang kamu menjadi pembeli pertama disana, TERNYATA entar memiliki REPUTASI yang tinggi.. tapi kita juga tidak bisa mengesampingkan keamanan ya.. maka cara yang mungkin bisa meminimalisir kekecewaan adalah dengan CEK REKENING.




F. JANGAN MUDAH TERGIUR PRODUK DISKON MURAH BANGET

 

Ingat pasal "Jualan itu butuh untung, minimal balik modal" ya, saya pernah mengalami beli barang di suatu toko online, ada diskon sih, padahal saya rasa toko itu bereputasi, eh ternyata ada yang dikurangi apa yang didapat di dalam kotak barang tersebut... yang kalo dinominalkan ratusan ribu ( CD SOFTWARE ) , padahal saya lihat review sebelumnya pada dapet itu, walau itu CD software tapi disini saya mepermasalahkan lisensinya... 

Lah... berarti REPUTASI ULASAN tidak menjamin dong? saya gak bilang itu bisa jamin 100%, tetapi yang perlu kalian jadikan acuan adalah TRANSAKSI Terakhir.. Ulasan BINTANG yang terbaru...

Lah malah nyelenting masalah TEKNO.. kita lagi bahas OUTFIT, ya sebenarnya hampir sama sih, kalian perlu lihat poin A diatas, dan POIN D, biasanya karena diskon jadi khilaf... hehe

eh, ternyata yang diterima nggak sesuai dan itu berlipat lipat..  kekecewaan yang didapatkan.. Sayang banget kan..

 


G. CEK UKURAN OUTFIT! ( Celana, Kaos, Jaket, Baju )

Ya, Entah itu kamu mau beli Jaket, Kaos, Baju, atau Celana.. cek ukurannya.. pastikan toko yang ngejual barang itu melampirkan Ukurannya, kalo kamu memang memiliki postur tubuh ideal, mungkin ini enggak jadi permasalahan yang WOW, karena biasanya kamo cocok pakai ukuran apa aja, asal enggak yang klombor, tetapi untuk yang memiliki postur kayak saya, ya agak mikir..

 

Sekarang aja acuan ukuran saya beli Baju, Kaos, Jaket, minimal XL, itupun kadang kekecilan... karena perbedaan ukuran M, S, XL, XXL .. loh kok berbeda?

 

Jadi ada standard asia dan standar US, kebanyakan yang dijual itu adalah standard asia.. saya itu sebenere butuh yang panjang kalo baju... artinya XXL tapi panjang, sedangkan kebanyakan XXL yang ukuran asia itu Klombor.. alias menyamping...jadi usahakan disitu ada detail ukurannya, sehingga kalian tau ukuran realnya, sambil ngukur didepan cermin.. jadi enggak hanya keterangan M, XL, XXL 3XL, L aja... ( Catatan ya buat penjual ) kalo Celana, sertakan ukuran lingkar pinggang dan lain lainnya, sehingga bakalan memudahkan pembeli untuk mengepaskan dengan postur tubuhnya..

 

"Kita kan harus bersyukur Postur tubuh yang diberikan sang Pencipta untuk kita, jadi agar pas dan sesuai... kita perlu itu ukuran untuk mendapatkan OUTFIT yang benar benar sesuai dengan kita.." Sambil kita berusaha untuk sehat.. bukan untuk mendapatkan postur tubuh baik ya.. karena biasanya ini yang menjadi alasan orang diet berlebihan yang dapat menyiksa diri sendiri hanya untuk "APA yang DILIHAT ORANG LAIN" jadi diet itu perlu untuk menjaga kebugaran kita... sebatas untuk tidak makan berlebihan aja itu udah termasuk diet bagi yang normal ya" kalo ada pantangan khusus ya bisa disesuaikan...







Kesimpulan Pembahasan Cara Membeli Outfit dari Toko Online 



Tapi temen temen, ingat itu diatas adalah asumsi pribadi yang bersifat subjektif dari pengalaman saya sendiri, saya tidak berusaha memojokkan siapapun disini, dan ini juga kalo ada penjual yang tidak sengaja baca, kalian bisa jadikan beberapa poin diatas sebagai TIPS untuk menjaga TRUST dari Pembeli, sehingga     TOKO kalian benar benar bisa maju dan memiliki reputasi baik mendapat planggan loyal dan akhirnya "Sama sama UNTUNG" iyakan.. itulah hakekat JUAL BELI yang sebenarnya, 

 

Pembeli tidak merugikan Penjual ( ingat yang namanya orang jualan itu perlu untung...ia sedang berusaha.. jadi jangan seenaknya minta diskon 100% tanpa ada batasan nominal... misalnya DISKON 80% maksimal 50rb.... haha) , dan Buat Penjual, jangan mengecewakan kepercayaan pembeli, dengan seenaknya ngasih barang yang gak sesuai, ingat HAKEKAT JUAL BELI ya , 

 

karena semua TIMBANGAN itu ada perhitungannya... buatlah harga yang sesuai dengan kualitas produk.. itu aja, hehe sehingga enggak ada tuh yang merasa dirugikan, jadi sama sama enak, iya kan


Kalau untuk Jual beli Online Sekarang ini udah lumayan enak gan, enggak kayak dulu, setidaknya pengembangan pengembangan di bidang keamanan lalu lintas digital online udah berkembang kearah lebih baik. Seharusnya untuk generasi Milenial keatas udah terbiasa dan gak mempan ditipu .. iya kan.. setidaknya berbekal dari beberapa poin diatas




Semoga beberapa sharing pengalaman diatas dapat diambil manfaatnya, yang enggak bermanfaat jangan dimasukkan hati, kalau ada salah saya mohon maaf, mungkin saya terlalu lelah mengetik.. hehe



Sampai Jumpa di Postingan RUBRIK KEHIDUPAN selanjutnya... InsyaAllah!




Jya...




Advertisement
Sobat, ditempat ini kita belajar bareng ya, saling berbagi ilmu di http://rahmancyber.net Apabila ada yang perlu di tambahkan atau ada kesalahan mohon di koreksi
Bagi yang menginginkan konten berupa video, bisa langsung kunjungi link Channel Youtube RahmanCyber NET
Matur Nuwun...

Sponsor Rahmancyber Network



Baca Juga

Posting Komentar

Harap Jangan Nyepam ya... ^_^

Rahmancyber Network

...
Berikut ini merupakan Bagian dari Rahmancyber Network

Whatsapp Button works on Mobile Device only