10/09/2020

Cara Cek Rekening Penipuan Secara Online, agar tidak mudah tertipu

RahmanCyber NET | Internet - Hello Visitor semuanya yang baik hatinya.. hehe, kali ini di RahmanCyber Teknologi Membahas tentang Penipuan, kenapa ini dibahas? karena saya rasa penting.. dan kenapa tiba tiba membahas ini, karena sekarang marak sekali tiba tiba di hape ada banyak sekali SMS "ANDA MENANG HADIAH! " yang ujung ujungnya di suruh mentransfer sejumlah uang, entah itu untuk administrasi maupun biaya pengiriman.

Dan disini saya tidak ingin teman teman visitor semuanya mengalami hal itu..

Tidak hanya SMS Hadiah ya temen temen, kalian perlu aware atau waspada juga jika membeli barang secara online, memang sebenarnya kalian bisa melihat reputasi dari penjual tersebut, apalagi kalau kalian sudah berada di marketplace, kemungkinan tertipu sudah agak berkurang.. tetapi tetap aja kita perlu waspada.

Nah berikut ini saya bagikan cara cek Rekening Penipuan secara online.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) telah meluncurkan situs yang berisi aduan pengguna terhadap rekening penipuan, jadi konsepnya, kayak kumpulan laporan gitu, dari orang yang mengalami kejadian tertipu.. lalu melaporkan di situs itu untuk dijadikan rujukan buat para pengguna lainnya.

Situsnya adalah www.cekrekening.id yang dilucurkan sekitar tahun 2018.

 

cek rekening penipuan

 

 

Memang ada beberapa prosedur untuk melaporkan, terlebih juga harus ada bukti agar bisa terverifikasi secara valid.

Sedang kan kalian yang pengen mengecek bisa langsung cek rekening tersebut di website cek rekening tersebut diatas, ketika kalian sudah memasukkan nomer rekening yang mau di cek, maka sistem akan me lookup atau mencari kesamaan data unik tersebut, apakah ada di database ataukah tidak ada, jika ternyata ada, maka akan ditampilkan detailnya, ya seperti jika kalian memakai sistem informasi akademik, mencari berdasarkan nim gitu.. kalo ini berdasarkan rekening.

Jika ketemu rekeningnya, maka akan tampil seberapa banyak aduan disana, kalian juga bisa cek tuh berapa laporan yang udah terverifikasi oleh sistem.

Kalo dari pengamatan saya sendiri, situs ini cukup membantu, terlebih sebagai pencegahan agar kita sebagai masyarakat tidak mudah tertipu.

Untuk pelaporan sendiri tak terbatas hanya dilakukan oleh masyarakat saja loh, melainkan juga oleh aparat penegak hukum, bank serta pengelola situs e-Commerce. 


Bagaimana Jika Rekening kalian dilaporkan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab...?

Tenang, kalian bisa kok melakukan sanggahan di situs tersebut, sehingga bisa membersihkan nama kalian.


Oke.. langsung aja deh ke TKP.. hehe, Moga informasi ini bermanfaat buat kalian ^_^



Jya.....




Posting Komentar

Follow by Email



Semenjak saya F.N.A-RED mendirikan RahmanCyber ini tahun 2008, saya mendedikasikan situs ini untuk memberikan edukasi dan artikel pengetahuan secara GRATIS, sobat tidak dibebankan Biaya langganan maupun Pembelian Hak Akses untuk dapat menikmati Artikel yang kami sediakan di RahmanCyber. Saya juga tidak berniat menjadikan RahmanCyber untuk model langganan dengan membayar Hak Akses. Semua Pemasukan untuk Mendukung Pemeliharaan Situs dari Iklan dan link affiliasi yang kami tanam di beberapa artikel ( Kami tidak menutupi hal ini, agar semua jelas tidak ada yang disembunyikan dan tidak manipulatif )
Ya, kita punya channel Youtube, tetapi fungsinya memang untuk mendukung penyampaian materi di Blog, sehingga memang untuk kontennya Campuran dan tidak berdasarkan Nice. Tekan aja gambar dibawah ini untuk melakukan subscribe ke channel kita
Image
Jika kalian tertarik untuk bergabung dalam jurnal perjalanan kita, silahkan...
Ada 2 tipe website yang ber ekstensi RahmanCyber.NET,

1. Website Bagian yang merupakan layanan kita untuk fokus materi tertentu maupun berupa produk terpisah yang berbeda untuk konsep dari Website Induk RahmanCyber.NET, tetapi selama ber ekstensi .rahmancyber.net, itu adalah Website Resmi dari kita. Informasi ini juga tercantum dalam Fanpage RAHMANCYBER di Facebook yang linknya tertaut di website utama ini, sehingga hal ini untuk meminimalisir adanya penipuan dari pihak yang tidak bertanggung jawab
2. Website Rekanan yang dikelola oleh Kontributor, sehingga kadang memiliki nama personal, yang bertujuan untuk menampilkan Iklan di web, sehingga dengan menggunakan ekstensi .rahmancyber.net, bisa ikut menampilkan iklan sebagai monetisasi untuk websitenya ( Bagaimana cara bergabung agar website saya bisa menampilkan iklan dan mendapat penghasilan? maaf, ini terbatas dan saya tidak membukanya untuk umum )

Disini kita berusaha untuk memberikan konten yang kredibel dan tidak semata mata untuk mengejar traffic dan penghasilan, ( RahmanCyber lebih condong ke "Pengetahuan" )

Whatsapp Button works on Mobile Device only