10/09/2020

Cara Mengatasi Tikus di Ruang Komputer!

RahmanCyber.NET | Tekno - Perangkat teknologi ini merupakan investasi yang mahal ya Visitor.. bagi kalian yang memang enggak mudah buat beli.. pasti merasakannya.. apalagi jika semuanya adalah investasi dari uang hasil kerja kamu sendiri.. pasti bakalan ngerasa mahal banget..


Tetapi apajadinya jika Ruangan atau Rumahmu banyak Tikus yang merajalela dan mengganggu? Biasanya hal ini bisa terjadi di lingkungan perumahan yang notabene rumahnya nyatu dengan rumah tetangga.. seperti yang sedang saya alami ini.


Mungkin jika perumahan model sekarang udah beda kali ya atau ada sekat yang utuh antara satu rumah dengan rumah lainnya, sehingga enggak ada celah tikus untuk berpindah tempat dan mainan sembunyi sembunyian.

 

Padahal... kalo dilihat di foto sih lucu ya hewan ini.. tapi yang versi weroknya.. hiiiiiiiii

 

tikus merajalela

 


Kronologi kejadian

 

Sebenarnya hal ini agak menjijikkan karena bersangkutan dengan kotoran tikus...

Jadi kan Cassing CPU yang saya beli buat ngerakit komputerkan Full Coller alias banyak sekali ventilasi buat keluar masuk udara.. dan yang bagian bagian bawah CPU ada lubang lumayan besar buat udara masuk ke Kipas, nah ternyata itu jadi celah Tikus buat masuk..

Beee... saya kira tikus engga bisa masuk, tetapi ternyata udah 2 kali ini saya bersihin kotoran tikus,

Yanh pertama saya bersihin dan eksperimen untuk kasih Bubuk kopi.. jal.. bayangkan Bubuk kopi ditaruh di dalam CPU....!!! Katanya sih kopi tidak disukai tikus..

Eh ternyata setelah beberapa hari lamanya saya ngliat tikus mondar mandir lewat jalan yang tadi.. padahal saya lagi ngoperasiin komputer.. saya pun curiga kalo kumat lagi..

Ternyata setelah saya putuskan bongkar komputer.. Astaghfirullah.. didalam CPU kotoran tikus yang udah kering dan masih basah menggumpal berceceran dimana mana.. dan beberapa kabel di grogotinya.. untuk saya cek.. bisa bisa jadi penyebab konslet yang menyebabkan CPU mati total..


Akhirnya saya dan adek saya pun membersihkan CPU itu.. beserta hardisk yang terkena ecretan kotoran tikus..

 

Waktunya Bersih Bersih

 

Harus hati hati memang, karena itu perangkat elektronik.. 

Jadi saya membersihkan menggunakan Sunlight yang udah di campur air dalam mangkuk.. 

Sebelumnya kita copotin dulu harddisknya, dibersihin secara terpisah..

Abis itu kita singkirkan dulu kotoran yang kering..

Setelah itu baru mengulap kotoran yang basah di cassing dengan tissue yang diceluo air sunlight tadi.. fungsinya selain mengharumkan atau menetralisir bau, juga sebagai pereda kuman..

Amankan dulu perangkat lain pokoknya yang berbahaya jika kena air.. seperti motherboard , Power Suplay juga amankan.. 

Baru deh di bersihkannn... abis itu dibilas sama air biasa.. juga pakai tisu bilasnya.. karena enggak memungkinkan untuk dicelup air semuanya..

 

Abis itu keringkan..

Bersih deh.. walaupun enggak tau juga masih ada kumannya ato enggak..

 

Saya memiliki kesimpulan.. kalo itu udah jadi kebiasaan si tikus buang kotoran disitu.. dan mungkin itu juga ngajak temannya kali.. jadi entar bakalan kayak gitu lagi.. jadi sayapun menutup pintu masuk dengan gabus bawaan cassing.. sehingga di bawah enggak ada celah lagi..

Dan saya pun pindahkan posisi.. karena saya pikir kalo itu habit atau kebiasaan.. dia pasti bakalan bingung kalo diubah.. dan mencari tempat pembuangan lain.

 

Beberapa kabel yang terkelupas harusnya saya tambal dengan Selotip Listrik, tetapi karna enggak ada , terpaksa deh pakai selotip hitam. Harusnya agar aman pake selotip listrik ya teman teman..


Sayapun lantas mencari cari referensi di internet bagaimana mengatasi Tikus yang Merajalela ?

Susah emang ternyata ngalahin si tikus tanpa menjebaknya.. tetapi saya tidak tega beneran deh.. kalo pake Perekat Gajah, kalo kaki tikus nempel.. bakalan putus kalo dilepas.. hihi.. kasian.. beneran gak tega saya...

Kalo diracun, sama gan ane gak tega.. kali mau pake jepitan tikus.. astaga mbayangin aja saya gak tega..


Lalu gimana dong..

 

Tips Mengatasi Gangguan Tikus

 

Kadang saya berpikir.. "kenapa ya rumahku banyak tikus, apakah ada rejeki yang enggak halal, tetapi perasaan saya sudah berhati hati dalam hal rejeki.. insyaAllah.. berusaha gan mencari rejeki yang halal.. atau apa ya.. " 

Mau tidak mau ya kita pake cara antisipasi atau mengusir.. sepertinya lebih cocok.


1. Pakai Pelindung Kabel,

    Mengantisipasi Kabel supaya Tidak di krikiti atau dimakan tikus, dengan memasang pelilit kabel spiral atau pelindung kabel listrik, biasanya kalo cari di toko online.



2. Rapikan Kabel, 

    Amankan kalo bisa letakkan jangan menyentuh lantai, tapi walaupun demikian tikus ternyata bisa naik tembok tanpa terjatuh loh.. saya juga bingung padaha beratnya segitu tapi bisa naik.. berarti bisa juga dengan mudah naik meja..  ya usahakan dirapikan dijadikan satu.. karena biasanya yang jadi sasaran adalah kabel yang terpencar sendirian.. "astaga, motivasi kehidupan"



3. Pakai Kamper

    Kita bisa juga loh menggunakan kapur barus yang digerus dan diletakkan di tempat yang biasa dilalui tikus atau sekitaran area kabel.. syukur syukur dapet kapurbarus yang ada cap tikusnya.. hehe

 

 

4. Jaga Kebersihan itu Perlu..

    Ternyata benar juga "Kebersihan Sebagian dari Iman" jagalah kebersihan.. karena tikus itu suka tempat kotor ternyata gan.. dan kalo saya pikir memang tadinya jarang dibersihin sih.. apalagi poin awal. saya tinggal di perumahan yang notabene rumah satu dan lainnya gabung dan terhubung.. jadi mungkin walaupun saya udah bersihin kalo rumah disebelah kotor dan jadi sarang tikus ya..  tapi saya yakin mungkin itu bisa mengurangi intensitas tikus mampir dan mendarat di ruangan ane.. hee..heehee..

 

 

 

Nah itu sih yang saya rasa masuk akal dari referensi referensi yang begitu banyak disarankan di internet.. heehe..

 

Ini kita juga belajjar ya.. jadi jika kalian ada saran lain bisa tuh sambung ke komentar.. ^_^

 

Moga bermanfaat..

 

 

 

Jyaaa..

 

 

F.N.A -RED


Advertisement
Sobat, ditempat ini kita belajar bareng ya, saling berbagi ilmu di https://www.rahmancyber.net Apabila ada yang perlu di tambahkan atau ada kesalahan mohon di koreksi
Bagi yang menginginkan konten berupa video, bisa langsung kunjungi link https://www.youtube.com/rahmancyber
Matur Nuwun...

Sponsor Rahmancyber Network



Baca Juga

Posting Komentar

Follow by Email



Semenjak saya F.N.A-RED mendirikan RahmanCyber ini tahun 2008, saya mendedikasikan situs ini untuk memberikan edukasi dan artikel pengetahuan secara GRATIS, sobat tidak dibebankan Biaya langganan maupun Pembelian Hak Akses untuk dapat menikmati Artikel yang kami sediakan di RahmanCyber. Saya juga tidak berniat menjadikan RahmanCyber untuk model langganan dengan membayar Hak Akses. Semua Pemasukan untuk Mendukung Pemeliharaan Situs dari Iklan dan link affiliasi yang kami tanam di beberapa artikel ( Kami tidak menutupi hal ini, agar semua jelas tidak ada yang disembunyikan dan tidak manipulatif )
Ya, kita punya channel Youtube, tetapi fungsinya memang untuk mendukung penyampaian materi di Blog, sehingga memang untuk kontennya Campuran dan tidak berdasarkan Nice. Tekan aja gambar dibawah ini untuk melakukan subscribe ke channel kita
Image
Jika kalian tertarik untuk bergabung dalam jurnal perjalanan kita, silahkan...
Ada 2 tipe website yang ber ekstensi RahmanCyber.NET,

1. Website Bagian yang merupakan layanan kita untuk fokus materi tertentu maupun berupa produk terpisah yang berbeda untuk konsep dari Website Induk RahmanCyber.NET, tetapi selama ber ekstensi .rahmancyber.net, itu adalah Website Resmi dari kita. Informasi ini juga tercantum dalam Fanpage RAHMANCYBER di Facebook yang linknya tertaut di website utama ini, sehingga hal ini untuk meminimalisir adanya penipuan dari pihak yang tidak bertanggung jawab
2. Website Rekanan yang dikelola oleh Kontributor, sehingga kadang memiliki nama personal, yang bertujuan untuk menampilkan Iklan di web, sehingga dengan menggunakan ekstensi .rahmancyber.net, bisa ikut menampilkan iklan sebagai monetisasi untuk websitenya ( Bagaimana cara bergabung agar website saya bisa menampilkan iklan dan mendapat penghasilan? maaf, ini terbatas dan saya tidak membukanya untuk umum )

Disini kita berusaha untuk memberikan konten yang kredibel dan tidak semata mata untuk mengejar traffic dan penghasilan, ( RahmanCyber lebih condong ke "Pengetahuan" )

Whatsapp Button works on Mobile Device only