10/16/2020

Mengapa Harddisk Cepat Rusak? Apa Penyebabnya?

RahmanCyber.NET | Tekno - Sebenarnya saya sebelumnya sudah pernah bahas juga di  postingan "Berapa Sih Umur Harddisk", tetapi di artikel Apa saja Faktor Penyebab Harddisk cepat Mengalami Kerusakan? ,  saya lebih spesifikkan tentang beberapa faktor yang menjadi penyebab Harddisk Rusak.


hdd



Perlu diketahui bahwa harddisk itu merupakan Perangkat Komputer yang Bertugas sebagai Media Penyimpanan, walaupun saat ini sudah ada SSD yang digadang gadang sebagai media penyimpanan tercepat, nyatanya Harddisk masih populer, karena konon harddisk lebih awet ketimbang SSD. 


Mereka merupakan perangkat yang penting dalam sistem komputasi, karena sebagai memory atau penyimpanan. Bayangkan jika tidak ada harddisk, komputer tidak akan bisa dijalankan, mengapa? Karena Sistem Operasi Komputernya mau ditaruh mana??? Makannya orang bisa berganti Sistem Operasi di Harddisk yang berbeda di komputer yang sama, tinggal ganti harddisk yang sudah di instal Sistem Operasi..

Misalnya Harddisk A di Install Windows, Harddisk B diinstal Linux, Harddisk C di instal Machintos, tetapi ingat ya.. cara ini hanya untuk komputer dengan motherboard yg sama, karena ini pengaruh dengan lisensi.


Bisa kebayang kan, betapa pentingnya Harddisk? 

 

Nah, sekarang  sebagai perangkat keras komputer, sebenarnya tidak hanya harddisk aja, melainkan perangkat lainnya juga yang notabene masuk dalam kategori komponen elektronika itu bisa aja rusak, nah kalo Harddisk ini rusak, berabe juga...

Karena banyak sekali file penting yang mungkin masih tersimpan disana, maka dari itu karena kita tau bahwa yang namanya perangkat elektronik itu ada masa stabil dan ada masa menuju kerusakan yang mungkin itu menjadi hal yang lumrah, sehingga kita perlu nih plan cadangan, yaitu backup data.

 

 Sebelumnya perlu diketahui, ada 2 jenis harddisk dipasaran, yaitu eksternal dan internal harddisk.

 

Ada beberapa Faktor Penyebab Harddisk Rusak

 

Jika dijabarkan lagi, beberapa faktor yang memungkinkan harddisk menjadi rusak itu ada lumayan banyak dan mungkin bisa berkembang lagi, tetapi disini saya rangkumkan yang umum terjadi sebagai penyebab harddisk rusak,  yaitu antara lain :

 

1. Overheat

 

Overheat atau bisa dibilang kepanasan menjadi penyebab umum Harddisk cepat mengalami kerusakan, saya pernah jelaskan sebelumnya di artikel Berapa Sih Umur Harddisk. Jadi penting buat kalian memikirkan sirkulasi Udara dan Sistem Pendingin seperti Fan atau Kipas.

Pada Harddisk internal, hal ini berkaitan erat dengan Sirkulasi Udara di PC, sedangkan saya kurang tau nih kenapa kok Harddisk eksternal kebanyakan tidak memperhitungkan hal ini. Saya lihat tidak diperhatikan untuk lubang udara atau ventilasi dari harddisk eksternal, dan kebanyakan cenderung begitu mepet dengan cassing, apalagi cassingnya juga tidak penghantar dingin alias hanyalah plastik saja, sehingga penggunaan harddisk  eksternal tidak bisa lama lama karna bisa jadi overheat.

Untuk harddisk internal, disarankan penggunaan memakai cassing CPU yang memang bagus sirkulasi udaranya, saya merekomendasikan  Cassing yang tidak Mini Tower, karena tentu itu akan sangat sesak, kecuali kalian pakai harddisk yang kecil untuk laptop yang cuman 2.5inch.

 

 

2. Harddisk Jatuh Terbentur

 

Berkaitan dengan benturan ini memang bisa menjadi faktor yang utama, karena kita tau harddisk itu didalamnya ada piringan disk, jika jatuh ini bisa berakibat pada Piringan yang pecah atau Head yang kegeser atau nyelip, sehingga menyebabkan harddisk macet dan lebih parahnya lagi bisa menyebabkan terjadinya patahan pada board yang bisa berujung pada konsleting.

 


3. Penggunaan Berlebihan


Sebenarnya hal ini berkaitan erat dengan READ dan Write data ya teman teman, tidak bisa disalahkan juga ya, karena memang kita menggunakannya, maka dari itulah kita perlu nih mempertimbangkan yang namanya waktu kestabilan perangkat, jadi jika sudah mencapai batas tertentu, kita harus sudah siap siap dana buat menggantinya. Semakin harddisk digunakan untuk READ dan Write data, maka semakin cepat pula menuju ke masa kerusakan, logikanya seperti itu. Banyak hal loh, bukan hanya copy data saja, "Ketika kamu sudah melakukan booting komputer, maka secara otomatis itu udah melakukan fungsi READ HARDDISK, dan ketika kalian mengoperasikannya, maka itu udah benar benar menjalankan fungsi READ. Jika kalian bermain game misalnya, itu sudah ada 2 aktivitas loh, yaitu READ dan WRITE data. Jadi intinya ketika Komputer sudah masuk sistem / pengoperasian komputer dimulai, maka HARDDISK sudah menjalankan fungsi READ bahkan Write.



4. Kamu beli Harddisk REKONDISI!


Berhati hatilah gan dalam membeli Harddisk, jangan sampai tertipu barang harddisk rekondisi! dengan harga baru. Ya mungkin jika kalian sadar beli rekondisi sih, buat sementara aja, tidak apa apa ya, artinya harga yang dibayarkan itu sama dengan kualitas barang yang diterima, tetapi jika Harganya ngaku baru, eh ternyata rekondisi, Kawan kawanku semua bakalan syok, karena planningnya meleset. Misalnya sih kalian beli harddisk buat 5 tahun lah baru ganti... eh ternyata baru aja 1 tahun udah rusak dan data penting tersimpan semua disana, gak bisa balik alias corrupt. Kan berabe tuh ya, makannya teman teman visitor semua perlu deh berhati hati dalam membeli harddisk, pastikan kalian cek Harddisknya.



5. Sering Memformat Harddisk!


Oke, ini yang saya maksud adalah, kalian sering tuh instal ulang OS atau Sistem Operasi Komputer ( Windows, Linux, Mac ), bukannya tidak boleh ya, tapi jangan sering sering, karena logikanya, ketika kita melakukan instalasi OS biasanya akan memformat Harddisk, pertama delet partisi jadi RAW, lalu format jadi DRIVE LOGICAL NTFS. 

Tidak hanya instal OS saja loh ya, intinya disini jangan keseringan format harddisk, karena itu bakal memunculkan kerusakan yang namanya BAD SECTOR.

Sewajarnya saja lah ya pokoknya, kalau enggak terlalu fatal ya.. jangan lah.. mending kalian DEFRAG saja secara rutin sebulan sekali...



6. Usia HARDDISK


Yup, saya pernah membahas sebelumnya yang lebih detail ya, Perihal Berapa UMUR atau USIA HARDDISK. Ketahuilah bahwa harddisk itu ada masa kestabilannya, walaupun tu juga terkait faktor jam terbang penggunaan dan jenis harddisk ( Harddisk PC, CCTV, NAS, SERVER ) semuanya ada ketahanannya masing masing, biasanya kita bisa melihatnya dari HARGA harddisk tersebut.




7. Komputer Sering SHUTDOWN Mendadak


Banyak faktor yang mempengaruhi komputer tiba tiba saja mati, bisa saja karena Kelistrikan yang tidak stabil, atau kapasitas listrik yang tidak cukup atau bahkan karena KIPAS PROCESSOR MATI! ya, saya pernah mengalami, kenapa komputer mati mati terus, ternyata penyebabnya karena kipas processor mati, secara otomatis akan bereaksi ketika PANAS atau mulai OVER HEAT.



8. Pasokan Listrik Tidak Stabil


Pasokan listrik yang tak Stabil  tentu mempengaruhi kemampuan putaran hard disk drive, karena cakram hard disk drive berputar dengan kecepatan yang tak stabil, pada beberapa kasus, bad sector dapat disebabkan karena tak stabilnya pasokan listrik. Makannya, kita butuh yang namanya STABILIZER minimal lah, kalo belum ada dana buat beli Uninteruptible Power Supply atau UPS

Karena Fungsi Stabilizer adalah menstabilkan aliran listrik misal di daerah perumahan, perkampungan, perdesaan.. yang naik turun, sehingga kalo di logika itu "Converting" dari yang bergelombang jadi Lurus.

Sedangkan UPS selain menstabilkan tegangan, dia juga bisa backup listri, jadi jika tiba tiba mati lampu.. eh mati listrik, maka kalian ada waktu untuk melakukan shutdown komputer secara normal, sehingga hal itu mencegah kerusakan perangkat.




Kesimpulan


Oke, beberapa hal diatas adalah hasil analisa yang biasanya menjadi penyebab terjadinya kersusakan pada harddisk. Mungkin sebenarnya masih ada banyak lagi hal yang menjadi penyebab terjadinya kerusakan harddisk, bisa saja karena Harddisk kerendem air, Harddisk di Kencingin Tikus, de el el...

Yang jelas kita perlu deh untuk berhati hati dan mengantisipasi agar beberapa hal itu diminimalisir untuk terjadi atau lebih baik kan mencegah ketimbang mengobati!

Oh iya.. buat kalian yang buka usaha di bidang kreatif komputer, hal ini bisa menjadi landasan buat kalian menentukan harga... Jadi jangan sampai kalian membanting harga seakan akan profesi kalian itu redjeh,,, semua ada investasinya.. ORANG YANG GAK PAHAM AKAN HAL INI, berarti kemungkinan semua perangkat yang dia miliki udah ada yang ngebeliin.. jadi dia tidak memperhitungkan JIKA PERANGKAT RUSAK GIMANA.. karena DIA mungkin bakalan di beliin yang BAROE.. haha...

Ok kawan, ada saran yang bagus yang pernah saya terima  

"Terimalah jika sesuai, Jangan terima jika tidak... karena itu bakalan memberatkanmu, Layanilah orang yang menghargaimu, menghargai usahamu... tidak membanding bandingkan dirimu dengan pihak lain, Peganglah kepercayaannya, karena ia bakalan menjadi pelanggan yang LOYAL dan kalian akan menjadi SIMBIOSIS MUTUALISME yang SEHAT!" - Quote by RAHMANCYBER.NET



Terima Kasih Udah Membaca... ^_^










Advertisement
Sobat, ditempat ini kita belajar bareng ya, saling berbagi ilmu di http://rahmancyber.net Apabila ada yang perlu di tambahkan atau ada kesalahan mohon di koreksi
Bagi yang menginginkan konten berupa video, bisa langsung kunjungi link Channel Youtube RahmanCyber NET
Matur Nuwun...

Sponsor Rahmancyber Network



Baca Juga

Posting Komentar

Harap Jangan Nyepam ya... ^_^

Rahmancyber Network

...
Berikut ini merupakan Bagian dari Rahmancyber Network

Whatsapp Button works on Mobile Device only