10/21/2020

Peralatan Apa aja yang dibutuhkan untuk Presentasi

RahmanCyber.NET | Tekno - Hai Visitor Sobat Racy yang Baik Hatinya, Siapa sih yang enggak familiar dengan presentasi? hampir kebanyakan mahasiswa merasakan yang namanya presentasi, atau bahkan jika kalian masih sekolah SD / SMP / SMA sekalipun mungkin bakalan berjumpa yang namanya presentasi.

 

Jaman dahulu kala, presentasi masih menggunakan hafalan dan berbicara di depan kelas, sembari bawa kapur nulis di papan tulis, karena memang Komputer, PC atau Laptop belum menjadi kebutuhan yang Primer, kalo dibilang masih merupakan barang yang mewah.

 

 

PRESENTASI

 

 

Tetapi sekarang jaman sudah berubah, kita tau era ini adalah era millenial menjadi orang tua.. ya.. dimana cenderung penggunaan komputer menjadi hal yang lumrah atau biasa.

 

 

Millenial merupakan generasi yang sempat merasakan belum mapannya teknologi dan sudah lumayan mapannya teknologi, jadi generasi ini paham masa lalu dan masa sekarang. Ada Era dimana semua masih serba tradisional dan era dimasa serba modern sekarang ini.

 

 

Sedangkan generasi selanjutnya, merupakan generasi yang benar benar hidup di era teknologi yang sudah mapan. Ya, salah satunya adalah ketika PC, Laptop, Komputer sudah menjadi kebutuhan Primer... Tak bisa dipungkiri lagi..

 

 

Apalagi di Era pandemi sekarang ini, seakan memaksa manusia untuk Modern! bisa dilihat kok, banyak hal beralih dari yang manual, tatap muka langsung menjadi serba virtual.

 

 

Cashless pun muncul sebagai solusi pembayaran transaksi jual beli, sehingga meminimalisir adanya sentuhan antar manusia. Sebenarnya agak mengerikan juga ya, tetapi.. entahlah, kita tak ada yang bisa memprediksi kenapa di Tahun 2020 ini muncul wabah semacam itu yang seakan mengisyaratkan "Untuk JAGA JARAK, ataukah karena sebelumnya terlalu bebas berdekatan? Entahlah"

Ya, ok langsung aja ya :D

 

 

 

 

Apa sih itu Presentasi?

 

Presentasi merupakan Proses bertukar Ide, Gagasan, Informasi  maupun Ilmu kepada orang lain, bisa sendiri maupun kelompok dengan peserta tunggal maupun majemuk.

 

 

Siapa itu Presenter?

 

Presenter merupakan orang yang melakukan Presentasi.

 

Nah kalo untu acara tv atau acara formal, "Siapa sih Presenternya" presenter disini adalah yang membawakan acara, makannya Presenter, dia itu mempersembahkan ke penonton, membawakan alur acara sampai tuntas presentasinya ke penonton. 



Alat Apa sajakah yang dibutuhkan dalam Presentasi?

 

 

 

Ada beberapa alat yang harusnya presenter kuasai sebelum melakukan presentasi dihadapan publik atau audien, antara lain :

 

 

1. Laptop / PC / Komputer ( Perangkat Keras )

 

Perangkat ini jelas mempunyai peran utama, karena di sinilah kita menyimpan file presentasi kita, dan disini pulalah kita menjalankan file presentasi kita. Jika presentasi kita lakukan secara     LIVE daring, misal menggunakan zoom, maka Laptop/PC ini menjadi perangkat yang sudah wajib ada.

 

laptop untuk presentasi


 

 

 

2. Software Presentasi ( Perangkat Lunak )

 

 

Ada banyak sekali software atau perangkat lunak yang bisa digunakan untuk membuat dan menjalankan sebuah presentasi, yang biasanya familiar digunakan banyak orang adalah Microsoft Office Power Point

 

Karena software diatas berbayar, tak jarang pula beberapa orang mencari alternatif lainnya yang gratis, semisal Open Office, Libre Office , Free Office... kalo kita lihat memang fungsinya sama dan hanya berbeda fitu.

 

Tetapi keduanya sama sama bisa ditujukan untuk keperluan presentasi.

 

 

3. Pointer, Remote Presenter, atau Laser Pointer

 

 

Bagi beberapa presenter, dengan menggunakan Laser Pointer ini, mereka jadi lebih precaya diri, fleksibilitasnya juga lebih tinggi karena mereka tidak harus duduk atau berdiri di depan laptop saja, melainkan mereka bisa sambil berjalan jalan, bahkan mendakati audien, sehingga menjadi lebih interaktif.

pointer

 

 

Dengan menggunakan laser pointer kalian akan memiliki kontrol penuh atas perpindahan slide presentasi dan tentunya penampilan kalian nih para visitor yang mau presentasi, mejadi lebih profesional dan meyakinkan.

 

 



4. Proyektor

 

Walaupun hal seperle, kalian harus paham ya, setidaknya minimal paham mengkoneksikan dari Laptop ke Proyektor. Walaupun terkadang ada teknisi ata orang yang mengurusi bagian teknis, kalian bisa saja minta bantuan mereka, tetapi jika tidak ada bagaimana? 

 

kalian akan kebingungan sendiri dan tentunya akan mengganggu konsentrasi kalian dalam membawakan presentasi.

 

 

proyektor untuk presentasi

 

 

Tetapi nih visitor, 

 

Misalnya terjadi sesuatu yang tidak diinginkan seperti gambar memudar, warna berubah, atau tampilan membesar atau beberapa permasalahan lainnya, jika kita sudah mempelajari sebelumnya , maka fine fine aja.. bahkan ketika orang liat kita bisa menyelesaikan masalah secara mandiri, akan ada nilai plus sendiri atau kepercayaan audien terhadap kita sebagai presenter.

 

 

Karena memang LCD Proyektor menjadi komponen yang mutlak harus ada ketika presentasi ke publik langsung. Mungkin ketika kita virtual, pakai zoom atau streaming, kita tidak membutuhkan proyektor, karena semua sudah pakai preangkatnya masing masing, bisa laptop maupun smartphone.

 

 

Intinya proyektor berfungsi untuk menampilkan slide layar laptop, ke layar yang lebih besar agar bisa dilihat audien.





5. Microphone

 

 

Sebenarnya jika kita hanya presentasi dilingkup yang kecil, kita tidak membutuhkan microphone, nah tetapi lain halnya ketika kita presentasi secara daring, entah itu zoom meeting, google meeting maupun virtual lainnya, misalnya streaming youtube, facebook.

 

Kita perlu yang namanya Microphone. Karena dengan itulah suara kita bisa didengar. Begitupun juga ketika kita presentasi secara langsung dengan lingkup peserta lebih luas, maka tetap kita membutuhkan microphone  dan soundsystem seperti speaker sebagai pengeras suara.




6. Koneksi Internet ( Misal Modem, Mifi, atau internet kabel )

 

 

Hal ini menjadi mutlak ketika kita mau presentasi secara daring, menggunakan zoom meeting maupun google meet atau Webex dan banyak lagi lainnya yang membutuhkan kemampuan streaming. Karena kalau tidak ada koneksi internetnya, bagaimana kita bisa saling terhubung? kan tidak bisa.

 

Kalau presentasi kalian secara langsung, maka tidak terlalu butuh koneksi internetnya, kecuali ketika memang yang kalian presentasikan itu ada kebutuhan terkait koneksi internet, misalnya demo website secara realtime.

 

Untuk keperluan Presentasi secara virtual, dibutuhkan koneksi internet yang stabil, karena kalau putus nyambung, hal ini akan berpengaruh pada kuallitas penyampaian presentasi kita ke audien.





Kesimpulan


 

Demikian Pembahasan Peralatan Apa aja yang dibutuhkan untuk Presentasi . Dengan mempelajari beberapa hal kecil diatas, diharapkan kalian menjadi lebih percaya diri sebagai presenter dan tentunya akan bisa menambah value kita sendiri sebagai pemateri atau presenter. 

 

Disamping itu kalian perlu belajar Bagaimana membuat Slide Presentasi, yang menarik.. sehingga audien menjadi bersemangat memperhatikan presentasi kalian.

 

Agar menambah ilmu, kamu bisa belajar bagaimana menggunakan Media Video Conference Daring seperti Aplikasi Zoom







Moga pembahasan kali ini bermanfaat.. dan yuk melek teknologi.. ^_^






Advertisement
Sobat, ditempat ini kita belajar bareng ya, saling berbagi ilmu di https://www.rahmancyber.net Apabila ada yang perlu di tambahkan atau ada kesalahan mohon di koreksi
Bagi yang menginginkan konten berupa video, bisa langsung kunjungi link https://www.youtube.com/rahmancyber
Matur Nuwun...

Sponsor Rahmancyber Network



Baca Juga

Posting Komentar

Follow by Email



Semenjak saya F.N.A-RED mendirikan RahmanCyber ini tahun 2008, saya mendedikasikan situs ini untuk memberikan edukasi dan artikel pengetahuan secara GRATIS, sobat tidak dibebankan Biaya langganan maupun Pembelian Hak Akses untuk dapat menikmati Artikel yang kami sediakan di RahmanCyber. Saya juga tidak berniat menjadikan RahmanCyber untuk model langganan dengan membayar Hak Akses. Semua Pemasukan untuk Mendukung Pemeliharaan Situs dari Iklan dan link affiliasi yang kami tanam di beberapa artikel ( Kami tidak menutupi hal ini, agar semua jelas tidak ada yang disembunyikan dan tidak manipulatif )
Ya, kita punya channel Youtube, tetapi fungsinya memang untuk mendukung penyampaian materi di Blog, sehingga memang untuk kontennya Campuran dan tidak berdasarkan Nice. Tekan aja gambar dibawah ini untuk melakukan subscribe ke channel kita
Image
Jika kalian tertarik untuk bergabung dalam jurnal perjalanan kita, silahkan...
Ada 2 tipe website yang ber ekstensi RahmanCyber.NET,

1. Website Bagian yang merupakan layanan kita untuk fokus materi tertentu maupun berupa produk terpisah yang berbeda untuk konsep dari Website Induk RahmanCyber.NET, tetapi selama ber ekstensi .rahmancyber.net, itu adalah Website Resmi dari kita. Informasi ini juga tercantum dalam Fanpage RAHMANCYBER di Facebook yang linknya tertaut di website utama ini, sehingga hal ini untuk meminimalisir adanya penipuan dari pihak yang tidak bertanggung jawab
2. Website Rekanan yang dikelola oleh Kontributor, sehingga kadang memiliki nama personal, yang bertujuan untuk menampilkan Iklan di web, sehingga dengan menggunakan ekstensi .rahmancyber.net, bisa ikut menampilkan iklan sebagai monetisasi untuk websitenya ( Bagaimana cara bergabung agar website saya bisa menampilkan iklan dan mendapat penghasilan? maaf, ini terbatas dan saya tidak membukanya untuk umum )

Disini kita berusaha untuk memberikan konten yang kredibel dan tidak semata mata untuk mengejar traffic dan penghasilan, ( RahmanCyber lebih condong ke "Pengetahuan" )

Whatsapp Button works on Mobile Device only