20+ Daftar Referensi Situs Microstock Update Terbaru

Rahmancyber.NET - Microstock merupakan sebuah tempat untuk kita dapat menjual foto, video, vector, musik atau berbagai macam konten kreatif lainnya, di mana seperti halnya layaknya toko online yang dikelola oleh suatu platform dan dikumpulkan menjadi satu.
 
 
 
Sehingga ketika kalian memasuki Situs Microstock tersebut maka kalian akan dihadapkan dengan beberapa Content Creator lainnya, mungkin jika jangkauannya hanya di Indonesia maka kalian akan dipertemukan dengan beberapa konten kreator yang ada di Indonesia, sedangkan jika jangkauan microstock tersebut adalah seluruh dunia maka kalian akan dipertemukan dengan banyak konten kreator dari seluruh belahan dunia.
 



Menghasilkan uang lewat microstock
Hasilin duit dari Microstock




Catatan :  referensi ini sangat berguna untuk fotografer yang memiliki konten foto, desainer grafis yang memiliki konten vektor, videografer yang memiliki konten video, music Creator yang memiliki konten musik.


Sejarah MicroStock yang Saya Pernah Baca


Dari literatur yang saya baca, Pelopor fotografi microstock adalah Bruce Livingstone , ia menciptakan iStockphoto , awalnya situs foto stok bebas yang dengan cepat menjadi fenomena industri. Livingstone menjual iStockphoto ke Getty Images pada Februari 2006 seharga US $ 50 juta. Banyak situs lain bermunculan di tahun-tahun setelah permulaan iStockphoto. Beberapa yang lebih besar adalah Alamy , Bigstock , Fotolia , Depositphotos , 123rf , fitur , Pond5 , Foto Can Stock , Dreamstime dan Shutterstock .



Fenomena Merger dan Akuisisi di dunia MicroStock


 

Ya, di dunia bisnis, terutama StartUp di Bidang Teknologi, kita emang tak asing dengan istilah Merger dan Akuisisi. Begitupun di Dunia MicroStock, dalam perjalanan sejarahnya, seperti yang saya baca di suatu literature,



Setelah beberapa tahun pertumbuhan awal, industri microstock memulai periode merger dan akuisisi. Akuisisi iStockphoto oleh Getty Images pada tahun 2006 diikuti oleh akuisisi StockXpert oleh Jupiterimages selama tahun 2006.  Akibatnya, Jupiterimages, anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh Jupitermedia , dibeli oleh Getty Images pada tahun 2009 dengan uang tunai $ 96 juta  dan mengakibatkan penutupan StockXpert pada 2010 karena dianggap non-strategis untuk Getty dibandingkan dengan iStockphoto. Setelah penjualan, Jupitermedia mengubah namanya menjadi WebMediaBrands . BigStockPhoto dibeli oleh Shutterstock pada tahun 2009.



Mulai dari lisensi RF terbatas, semua agen menambahkan berbagai Lisensi yang Diperpanjang; situs berdasarkan prinsip "bayar per unduhan" memperkenalkan langganan dan sebaliknya. Shutterstock, yang merupakan satu-satunya agen microstock berbasis langganan 100%, memperkenalkan skema bayar per-download dan kemudian mengakuisisi BigStockPhoto untuk memperluas kehadiran mereka di ceruk bayar per-download. Pendatang baru Cutcaster.com memperluas model penetapan harga dengan memperkenalkan model di mana kontributor dapat menetapkan harga awal mereka atau dapat memilih untuk menggunakan algoritma penetapan harga dan mereka mengizinkan pembeli untuk membayar harga yang ditampilkan atau menawar konten dan memberi nama harganya. Harga microstock disesuaikan secara signifikan beberapa kali oleh lembaga terkait dalam tiga tahun terakhir di beberapa lokasi. Banyak agensi microstock mulai menjual video selain gambar statis, dan beberapa mulai menjual klip suara. 



Tanda Fotografer MicroStock menjadi Bidang Professional


 

2011 tanda-tanda pertama fotografer microstock menjadi bidang profesional pun muncul. Fotografer dengan portofolio besar, relevan dengan pasar, atau berkualitas tinggi sekarang sering berkolaborasi satu sama lain dan bernegosiasi dengan agensi yang kurang mapan untuk komisi atau posisi pencarian yang lebih baik, dan meningkatnya popularitas di antara fotografer dari solusi manajemen portofolio fotografi untuk meningkat throughput mereka dan meningkatkan kualitas metadata untuk menyelaraskan dengan prinsip-prinsip SEO dalam algoritma pencarian gambar.



Pada 2012, Shutterstock menjadi agen microstock pertama yang menyelesaikan penawaran umum perdana. Agensi sekarang berdagang di Bursa Efek New York di bawah ticker SSTK dan Pada Desember 2014 Adobe mengakuisisi Fotolia dengan uang tunai US $ 800 juta.



Sumber :
- Stephen Shankland, " With site revamp, Fotolia adds vector art , ZDNet News , June 1, 2007
- "Jupiterimages acquires Stockxpert.com and Stock.xchng Archived January 17, 2010, at the Wayback Machine
- "Jupitermedia Announces Completion Of Sale Of Jupiterimages To Getty Images and Change Of Jupitermedia Name to WebMediaBrands" (Press release). Getty Images. 2009-02-23. Archived from the original on 2009-02-28 . Retrieved 2009-08-13 .
- "Shutterstock Announces Closing of Initial Public Offering and Exercise of Underwriters' Option to Purchase Additional Shares" . Shutterstock. 2012-10-16 . Retrieved 2013-01-18 .
- https://venturebeat.com/2014/12/11/adobe-is-buying-stock-photo-giant-fotolia/
- Eric A. Taub, "When Are Photos Like Penny Stocks? When They Sell" , The New York Times , June 5, 2007
- Steve Heap, "trying again with my own stock agency" , July 27, 2015
- "Symzio, a contributor controlled agency"




Ragam Produk MicroStock


 

Menilik dari itu, ternyata awal mula MicroStock itu tidak lepas dari dunia FOTOGRAFI, yup.. dan sekarang kita tau sendiri juga, selain menjual photo, beberapa MicroStock lainnya juga menjual Video, Vector, Opener, dan Beragam Template Kreatif yang menunjang kebutuhan Fotografi dan Videografi atau produksi Video, Termasuk Audio berupa Sound Effect, Loop, maupun Backsound Instrument.




Daftar Situs Microstock Terbaik yang Saya Tau



Nah berikut ini saya rangkumkan beberapa daftar situs microstock yang bisa dijadikan referensi buat kalian sebagai konten kreator yang ingin menjual karya kalian, di tahun 2020 ini




PNGTREE

Pngtree ini merupakan microstock yang cukup banyak digemari desainer.. karena disana kita memang bisa fokus di desain, kita bisa upload vektor untuk menghasilkan uang, entah itu vektor dengan ukuran kotak maupun ukuran persgi panjang. Ketika kalian mendaftar dan diterima menjadi contributor eklusive di PNGTREE, biasanya akan dapet reward 5 dollar untuk first upload.

 

daftar jadi contributor pngtree
pngtree

 


disini kalian perlu memasukkan ID dan Potret Wajah untuk menjadi kontributor.

 

Jika kalian suka buat gambar latar belakang atau background, wah.. ini merupakan arena yang tepat untuk kalian bro..

Lumayan deres juga earningnya.. ^_^ saya udah buktikan sendiri ya..





Vecteezy

 

daftar jadi contributor di vecteezy
vecteezy website 08/06/2022

 

Vecteezy ini merupakan situs Microstock seperti PNG TREE, cuman di Vecteezy ini tidak hanya Vector atau Graphic aja, melainkan ada Photodan Video Footage, cuman disini saya pengalaman hanya di Vector ya gan.. :) 

Lumayan juga untuk penghasilan yang didapat, mirip mirip PNG TREE.. 

Vecteezy ini masih cukup mudah untuk Approvalnya gan.. manfaatkan segera untuk daftar sebelum ntar sulit.

Mendaftar jadi Contributor di Vecteezy juga cukup mudah, tetapi kalian perlu untuk upload dokumen identitas, seperti KTP dan verifikasi wajah kalian.. sama halnya dengan PNG TREE.

Kenapa bolak balik saya sebut PNG TREE? karena memang untuk sistemnya lebih mirip PNG TREE ketimbang beberapa Microstock lain...


Untuk yang pengen daftar Bisa Klik Link Daftar Jadi Contributor Vecteezy




ShutterStock


Shutterstock - Situs Microstock  yang bermarkas di New York City, New York
, U.S. lumayan dalam hal pendapatan dengan jalan panjang bagi sebagian besar kontributor. Kunjungi ShutterStock

Shutterstock adalah penyedia global stok fotografi, rekaman stok, musik stok, dan alat pengeditan; berkantor pusat di New York. Didirikan pada tahun 2003 oleh programmer dan fotografer Jon Oringer. Terhitung sudah 18 Tahun yang lalu semenjak artikel ini di update 25/7/2021.

Shutterstock mengelola perpustakaan dengan lebih dari 350 juta stok foto bebas royalti, grafik vektor, dan ilustrasi, dengan lebih dari 21 juta klip video dan trek musik tersedia untuk lisensi.



Bagaimana cara mendaftar Shutterstock sebagai Kontributor terbaru 2021


Produk saat ini :

Shutterstock Images, Shutterstock Video, Shutterstock Music, Shutterstock Editorial, Shutterstock Studios


Traffic dari Shutterstock ini cukup tinggi, menempati posisi #141 di alexa, dari sumber yang saya dapatkan, Shutterstock memiliki kunjungan yang sangat tinggi 74.80M/6bulan untuk perkiraannya. -Similarweb

Kunjunganya pun cukup merata...


shutterstock traffic
Data diambil tgl 25/7/2021


Dengan traffic yang sangat tinggi seperti itu, pantas saja banyak sekali desainer yang berniat untuk menjadi kontributor di Shutterstock, terlebih untuk saat ini proses pendaftarannya cukup mudah.


Cara mendaftar Menjadi Kontributor di Shutterstock


Tetapi, dari Pengalaman saya, untuk Stok Foto dan Video, kesempatan Approvenya cukup sulit, jadi memang harus benar benar stok yang berkualitas dari segi pengambilan angle gambar, komposisi ( tidak ada watermark / nama identitas yang masuk, kalo ada.. harus di edit dulu biar tidak di reject ), selain itu kualitas gambar dan videonya pecah, blur atau artefact juga jadi perhitungan untuk me reject.


Hehe, saya pernah upload 50 an foto, yang keterima cuman 15, lainnya di reject. Ini pengalaman saya di reject


Tetapi walau demikian, ada nih ruang stock yang mudah di approve, yaitu vektor dan illustrasi vektor.. :) Saya udah coba..



Freepik

 

 

cara daftar freepik microstock
freepik

 

 

Freepik ini merupakan perusahaan yang didirikan di malaga spanyol 2010. Yang merupakan salah satu microstock besar dan cukup diminati desainer. Di Indonesia pun juga banyak yang berkecimpung disana sebagai desainer stock.

Bagi beberapa orang, terutama yang bergerak di percetakan kebanyakan mereka mencari berbagai macam source file dari sini... Freepik ini merupakan tempat berbagai macam gambar dari desainer desainer di seluruh penjuru dunia yang menawarkan lebih dari 10 juta sumber grafis. Di antara konten visual yang diproduksi dan didistribusikan oleh platform online, kita dapat menemukan foto, PSD, ilustrasi, dan vektor.

Bagi desainer, disini merupakan salah satu tempat microstock yang cocok buat PSD dan AI EPS, walaupun juga ada foto.

Jika sobat memiliki talenta atau kemampuan dibidang desain, sobat bisa manfaatkan ini untuk mengisi waktu luang sobat.


Jika kalian minat, silahkan Daftar Menjadi Kontributor Freepik disini




Dreamstime


Dreamstime - Agen microstock mapan yang memberikan penghargaan gambar populer dengan komisi yang lebih tinggi. Kunjungi Website Dreamstime

Dreamstime ini lumayan mudah di approve. Jika foto anda kesulitan approve di microstock seperti shutterstock, getty image / istock photo, maka Dreamstime ini dapat menjadi alternatif untuk menampung foto / video anda.



Getty Images

 

 

gettyimages

 


 

Getty Images juga merupakan Microstock yang sudah saya coba, disini anda perlu menentukan fokus anda mau kemana, misal fokus ke penyedia video footage, atau ke photo, atau ke editorial image, atau ke music? karena ada semacam penyaringan untuk kontributor baru gitu deh, anda perlu mempersiapkan source terbaik anda, jika anda mau fokus ke foto / image fotografi, anda harus menyiapkan foto terbaik anda, supaya dapat dengan mudah diterima menjadi kontributor, karena dari pengalaman saya mendaftar dulu, waktu peninjauan cukup lama yaitu seminggu. Jadi agar anda tidak buang- buang waktu, anda siapkanlah foto terbaik yang anda miliki.


Untuk masalah approval, menurut saya Getty Image lebih mudah ke timbang shutterstock, tetapi untuk masalah trademark jika anda menjadi penyedia foto.. dan anda tidak sengaja objek yang anda foto ada logo atau trademark lain, walaupun kecil bgt, tetap di reject disuruh untuk memperbaiki.

 

 

iStock

 

 

istock by getty image

 



iStock - Sekarang platform ini menjadi Part / bagian Getty Image - Referensi https://www.istockphoto.com/about-us, jadi jika anda mendaftar jadi kontributor di iStock, maka akan dialihkan ke Getty Image ya. Enak, sekali daftar dapet 2, tetapi saya kurang tau juga apakah di Posting di kedua situs itu, ( Situs Getty Image dan iStock ) yang jelas, setiap kali image saya di approve, nampilnya di iStock ( Saya memilih fokus ke Fotografi ), saya coba cari gambar saya di GettyImage tidak ketemu.. hehe



DepositPhotos


Depositphotos - Penjualan foto & vektor secara teratur, meskipun sebagian besar berbasis berlangganan


Pond5


Pond5 - Sangat sukses dengan klip video rekaman & audio, sekarang foto & vektor penjualan juga


Adobe Stock


Adobe Stock - Membeli Fotolia dan meningkatkan segalanya tentang hal itu, potensi besar dengan integrasi Adobe Creative Cloud, untuk Microstock ini merupakan microstock dengan earning yang lumayan tinggi.. apalagi di pembelian pertama.





Envato Market


Envato Market - Terkenal karena penjualan tema WordPress dan plugin kode, juga menjual banyak video & audio


Envato Elements


Envato Elements - Situs berbasis langganan yang lebih baru oleh Envato Market yang ditujukan untuk desainer volume besar. Untuk mendaftar jadi contributor di Envato Element tidaklah mudah gan... hehe, pastikan dulu portofolio kalian layak...


Canva

 

canva contributor

 


Canva - Bagi desainer, disini juga bisa dimanfaatkan untuk jual karya desain sebagai template yang dapat digunakan oleh orang - orang yang berlangganan canva.

 

Buat sobat yang ingin menjadi kontributor..

Silahkan Kunjungi https://www.canva.com/contributors/





Sign Element


Sign Element - Bagian dari Grup Ingram, dengan pendekatan unik yang ditujukan untuk penulis tanda


EyeEm


EyeEm - komunitas besar fotografer dengan penjualan langsung serta portal ke Getty Images

StockFresh


Stockfresh - uga dapat nih dimanfaatkan untuk jualan stock sobat...


BigStock


BigStock - Dimiliki oleh Shutterstock tetapi tampaknya menarik basis pembeli yang sama sekali berbeda.


123RF

 

 

123RF

 

 

123RF yang sudah didirikan sejak 3 April 2005  adalah agen stok foto yang didirikan pada tahun 2005 yang menjual gambar dan fotografi stok bebas royalti. 

Dalam beberapa tahun terakhir, 123RF memperluas portofolio untuk melayani pasar yang berkembang dari industri konten berbasis web. 

123rf didirikan oleh Andy Sitt, Stephanie Sitt


123RF - Agensi yang bisa anda coba nih, siapa tau peruntungan kalian disini...

 

Berniat jadi Kontributor? https://www.123rf.com/contributors/



CanStockPhoto


CanStockPhoto - Komunitas hebat merasakannya tetapi penjualan terbukti semakin konsisten


PicFair


PicFair - Agensi yang bertujuan bersikap adil terhadap fotografer, dengan strategi penetapan harga yang sedikit berbeda

Zoonar

 

 

zoonar

 

 


Zoonar - Bakat Eropa dengan 3 tingkatan harga berbeda untuk dipilih dan royalti besar

 

Langsung aja kunjungi https://www.zoonar.com/



FeaturePics


FeaturePics - Extrepics adalah agensi konten digital fotografi microstock bebas royalti yang telah aktif bekerja di pasar fotografi stok sejak 2007 yang berbasis di Fremont, California, Sudah ada cukup lama, tingkat penerimaan yang baik. 

Tetapi, kabar buruknya adalah.. sekarang FeaturePics is closing permanently


Yay Images

 

yay image

 


YAY Images - Sebelumnya YayMicro, menawarkan paket streaming web... menarik juga.. disini anda bisa mengambil peruntungan lain, jika memang kesulitan di beberapa website diatas.. siapa tau khan...

Silahkan anda langsung meluncur https://www.yayimages.com/contributors



Cutcaster


Cutcaster - Situs web yang bagus dan bersih, beberapa pilihan harga. 



MostPhotos


Mostphotos - Starter lambat, tetapi mendapatkan daya tarik akhir-akhir ini di pasar Eropa


Nah itulah beberapa microstock yang bisa anda jadikan referensi jika ingin menjual produk kreatif karya anda sendiri di internet, silakan kalian jadikan beberapa paparan di atas sebagai dimuat dalam mencari situsnya.

Kira kira, kalian udah nimbrung atau fokus di Microstock mana nih? Sharing disini dong pengalamannya.. ^_^








F.N.A Red

Posting Komentar

Untuk posting kode, bisa di parse dulu gan, pake tool parse yang udah disediakan di website ini https://www.rahmancyber.net/p/parse-code.html

agar kodenya tidak hilang... ^_^

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال