Cerita Pengalaman Upload Photo di Microstock ShutterStock

RahmanCyber.NET | MicroStock - Pada postingan kali ini, saya akan membagikan hasil koreksian dari beberapa photo saya yang di reject ketika di upload ke shutterstock.


{getToc} $title={Table of Contents}


ShutterStock merupakan situs penjualan Photo yang Legit pake Banget, karena disitu lumayan sih bayarannya, tapi sekarang proses reviewnya lebih ketat aku rasa, karena banyak banget photo yang di reject ketika di upload dengan berbagai hasil review..

 

Shutterstock new look

 


Eitss.. eh, itu yang review sistem atau real human ya? ehehe


Ok langsung aja simak teroooss...

 

 

 

Kupu-Kupu dan Bunga - Nature Photography ( Approve )


shutter stock reject

Itu adalah Gambar ketika Foto kita di Approve, ya.. centang hijau.. rasanya seperti lolos ujian.., tetapi lihatlah prosesnya... saya ceritakan..

ada dibawah...

 

( BTW mungkin ini efek pendaftaran shutterstock yang sekarang menjadi lebih mudah, bahkan melalui handphone, ponsel kalian langsung ) Jadi sulitnya sekarang dibagian Approvalnya.. 

 

saya rasa ini Penyeleksiannya otomatis melalui mesin.. eh program ding, dimana ada parameter tertentu yang menjadi patokan.. sehingga jika tidak lolos parameter tersebut.. maka foto di reject dengan beberapa hasil koreksi. - Tetapi ini merupakan asumsi pribadi saya, 

 

sehingga disini belum bisa dijadikan acuan, karena memang tidak mendapatkan informasi tentang hal itu.

 

Karena bisa saja skenario yang kedua adalah benar benar Real Human dengan beberapa Option template yang sudah disediakan, sehingga mempermudah penyeleksian.



Bunga Matahari Warna Pink ( Nature Photography )


shutter stock reject


Itu merupakan foto yang diambil di kebun... dari koreksi kita bisa terjemahkan kalo itu fokusnya yang bermasalah, kemungkinan karena goyangan kamera.. blur karena gerakan, ata terlalu banyak menggunakan noise reduction ( secara gitu kalo kalian pake noise reduction, )

 

kalo pake photoshop itu ya di blur sebenarnya.. hehe jadi kayak manipulasi mata ) bahkan ngilangi kerutan aja juga konsepnya sama.. jadi keliatannya halus.. padahal di blur.. jadi kecil kecilnya gak keliatan.. ( bluirnya dalam jumlah kecil dengan bidang yang sama loh ya ) 


Atau alasan lainnya karena alat yang digunakan ( kurang GGWP kali ya ) jadi hasilnya jelek.. hehe.



Jalan Tol Bawen Kabupaten Semarang ( Street Photography )


shutter stock reject


Koreksian yang ini juga sama aja.. Sama Dengan Atasnya.. hehe ( kayak template ya.. :D ) itu gambar yang diambil ketika Tol Bawen Kab. Semarang barusan Jadi di tahun 2016 an kalo gak salah. Diambil dari jembatan.



Sawah di Ambarawa dekat Gunung ( Scenery Photography )


shutter stock reject

 

Eng ing eng.. sama koreksiannya.. itu adalah gambar Sawah yang berada di Ambarawa Kab. Semarang, bagus ya pemandangannya... tanpa edit edit, itu murni dari kamera. 


Sawah di Ambarawa dekat Gunung lagi... ( Scenery Photography )


shutter stock reject


Masih ditempat yang sama, di Ambarawa Kab.Semarang,  dengan koreksian yang sama cuman ada tambahan.. haha, ternyata grammar yang kita tulis dideskripsi juga ikutan dikoreksi loh.. liat sendiri koreksi pada bagian title.. jadi perlu hati hati nih kedepannya...



Foto Bunga Matahari Warna Pink lagi... ( Nature Photography )


shutter stock reject


Nah ini sama yang atas sendiri, foto bunga warna pink.. bunga matahari.. padahal biasanya kuning.. entahlah.. Tapi untuk koreksiannya sama.. masih berkisar tentang Blurr.. Jadi sepertinya kita perlu berhati hati dengan blur dan focus.



Foto Kupu kupu dari kejauhan ( Nature Photography )


shutter stock reject


Ini adalah foto favorit saya, tentang kupu kupu.. entah kenapa kupu kupu begitu menarik buat saya, walau konotasinya kalo untuk mahasiswa itu Kuliah Pulang Kuliah Pulang.. disingkat Kupu Kupu, tapi Apa Salah Kupu Kupu coba...


Ini juga diambil sepaket dengan foto bunga bunga, untuk koreksiannya masih sama, seputar fokus. Kenapa sih fokus lagi fokus lagi.,. hehe


( kadang saya pikir, mending nih foto dijual independen aja kali yak..hahaha ) , tapi gak apa lah, buat portofolio juga kan, tapi malah saya menjadi tertantang, ini seperti halnya melalui UJIAN... saya sangat suka... menantang!



Foto kupu-kupu dari Samping ( Nature Photograpgy )


shutter stock reject

 

Yak.. Kupu Kupu lagi, emang kalo udah favorit mau gimana lagi... Untuk koreksiannya bertambah.. kombo kombo.. hehe, ada bagian title, noise, dan fokus... hehe, bagaimana menurut kalian?



Foto Burung saling Berduaan ( Animal Photography )


shutter stock reject

Untuk foto yang ini udah berganti ya, ini adalah foto Burung ( itu love bird bukan sih? ) tapi suka aja saya, karena burungnya lagi berduaan... jangan salah, walaupun melulu didepan komputer, kita juga enggak bisa mengabaikan bahwa kita juga mencintai keindahan.. dan burung adalah salah satu keindahan yang diciptakan sang Pencipta Alam Semesta. 


Tapi emang saya enggak maniak banget demennya.. untuk koreksiannya sama dengan atas ya, ada 3 sub bab... hehe



Foto Bunga Mawar ( Flower Photography )


shutter stock reject

 

Nah untuk foto ini merupakan foto bunga lagi, bunga mawar yang biasa buat ngelamar.. bener gak sih?

Ini coba untuk close up tapi karena kamera Canon D1000 nya masih pake lensa bawaan ( belum di modif lensa macro.. ) :p , jadi agak susah biar gak ngeblur.. dapetnya segitu... dan lumayan berkurang koreksiannya walau masih sama aja seputar FOKUS!



Foto Bunga Mawar ( Flower Photography )

 

shutter stock reject

Ini sama dengan atas ya.. foto mawar, tapi coba untuk lebih closeup! dan hasilnya.. bisa dilihat hasil koreksian ShutterStock.. ^_^ masih sama... BTW ini panjang banget sharing pengalamannya..


Harusnya dibuat beberapa halaman biar dapet banyak adsensenya.. ehehe,  tapi enggalah, entar malah mengurangi fokus... 



Foto Piano Favorit Saya ( Object Photography ) 


shutter stock reject

 

Nah kalo foto yang ini adalah foro piano kesayangan saya, jadi biasanya kalo sedang puyeng editan, coding, bikin konten dll, hiburannya ya seperti ini main piano.. haha , dan piano inilah yang menemani bakat bermusik saya yang SOLO, haha

Entahlah kalo main musik bareng bareng tuh biasanya mengacaukan tempo, haha.. kecuali kalo saya yang LEAD, wkwkwk


Oh iya untuk koreksiannya.. agak berkurang nih, jadi lebih ke FOKUS! susah kali saya fokus ya.. wkwkw



Photo After Rain ( Street Photography )


shutter stock reject


 

Kalo foto yang ini sempat saya jadikan wallpaper PC beberapa tahun yang lalu... foto yang diambil setelah turun hujan..dan angin.. yang menyeramkan.. hehe

terlihat dedaunan yang berserakan.. tapi hal ini emang cocok menggambarkan suasana hati yang sedang kacau dan murung..

 

Untuk koreksiannya masih sama, tentang FOKUSSSSS!!!! dan ditambah disinggung tentang peralatan mungkin yang jadi penyebab..



Foto Saya lagi Ngetik ( Activity Photography )


shutter stock reject


Ini adalah foto ketika saya berpura pura ngetik... kenapa? lah tangan yang satunya megang kamera..haha mana bisa fokus.. :D , maklum single fighter.. kayak ginilah.. :D


Dan koreksiannyapun bertambah, ada Noise / Film Grain, selain FOKUSSSS....



Foto Makanan Saya Khas Indonesia ( FOOD Photography )


shutter stock reject

 

Ini pas saya makan didepan komputer.. kebetulan menunya enak.. SAYUR KESUKAAN SAYA DAN ITU tAHU gORENGANNYA.. jadi saya abadikan, ya semacam food photography gitu lah.. hehe, dan ketika saya upload di ShutterStock, apa yang terjadi?

Reject... hehe

Ada 2 Hasil koreksi, pertama POKUSS... kedua Noise.. T_T



Foto After Work ( Street / Scenery Photography )


shutter stock reject


Kalo ini adalah foto yang diambil ketika saya pas pulang kerja tiba tiba menemukan angle yang Joss.. bagus banget buat Scenery eh pemandangan jalan...Street Scenery Photography kali ya..  itu di sekitaran Dr. Cipto Semarang.

 

Jadi waktu itu saya clingak clinguk dulu.. agak sepi, saya pun menepi.. tapi masih pakai helm biar gak ketahuan muka saya dan sedang ngapain.. wkwkwk

 

Ketika di Upload di ShutterStock???

Kombo Wombo...

Ada Visible Trademark, iya sih bener itu keliatan, ternyata kita perlu berhati hati dengan pemilik properti... solusi ya tentu harus di crop lah..

 

Masih juga seputar fokus dan grain.. gak usah saya jelasin lagi ya...


Tambahannya ada koreksi Exposure.. jadi terlalu over ata berlebihan katanya.. atau gak konsisten... solusinya mungin di turunin atau...


Dikasi Filter Instagram kali ya.. :D



Foto di Jalan Ambarawa after Rain ( Street Photography )


shutter stock reject

Nah yang paling bawah ini malah komplit... hehe, ini adalah foto ketika saya pulang dari rumah sakit ambarawa, pas itu hujan.. sayapun menepi dan mendapati view yang bisa dijadikan foto.. ckrek gitu deh..


Dan ketika di Upload di Shutterstock..?

 

Ada Fokus, Visible Trademark ( Kemungkinan itu banner toko di gambar ) , Missing Model Release.. nah ini yang baru.. kemungkinan besar sih Angkutan Umumnya... jadi butuh model release ternyata, semacam dokumen perijinan gitulah.. ribet pokoknya sekarang, apalagi kalo udah berurusan dengan properti.. ( Jadi pemilik properti adalah RAJA ) apakah hal ini udah mereka prediksi? sehingga orang orang pada inves properti.. dan anak anaknya diajari bisnis properti? entahlah... tapi ada benernya juga sih.. kenapa?

 

karena emang rawan juga, apalagi jika properti itu adalah rahasia.. Ini hampir ada kaitannya dengan Intellectual Property, mungkin ini adalah MMT kali ya.. ahaha






Seperti itulah gan..


Jadi ya gitu deh.. apakah ada cara untuk memperbaiki gambar / photo yang ditolak?

Ya.. kalo enggak parah sih kemungkinan bisa..  di noice reduction dan main Sharpen yang ada di Photoshop.



Bagaimana Pengalamanmu?





Posting Komentar

Untuk posting kode, bisa di parse dulu gan, pake tool parse yang udah disediakan di website ini https://www.rahmancyber.net/p/parse-code.html

agar kodenya tidak hilang... ^_^

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال