5/22/2020

Tutorial InShot Editor Video di Smartphone Android

DKM | RahmanCyber.NET - Saat ini mengedit video tidak lagi merupakan suatu hal yang sulit artinya harus memakai komputer sedangkan kalau komputer itu kebanyakan membutuhkan daya listrik, ya mungkin ada laptop sih tetapi kebanyakan laptop untuk kelas menengah itu untuk menjalankan software editing video itu masih tergolong berat...beneran sehingga harga untuk menjalankan program editing video kalau misalnya menggunakan laptop kita harus memiliki laptop dengan spesifikasi yang lumayan, ya mungkin Kisaran 3 setengah jutaan keatas lah ya, dan kalau misalnya pengen lancar itu minimal Intel i3, di mana ketika kita mau lihat berbagai macam spesifikasi laptop yang dijual di pasaran itu harganya besaran 4 jutaan keatas sehingga hal itu akan menyulitkan kita untuk melakukan editing video dimanapun dan kapanpun.



Emang Tidak ada Software Editing Video yang Ringan di Windows


Ya mungkin kita mengetahui ada aplikasi software yang ada di Windows, yang memiliki spesifikasi ringan di kelas editing video dan yang saya tahu adalah wondershare filmora rumah ya itu bisa berjalan di spek komputer yang minimal.. dengan fasilitas yang sudah mumpuni di kelas editing non linier, untuk mengetahui lebih lanjut kalian bisa melakukan Browsing di internet maupun di YouTube atau di websitenya langsung namanya wondershare filmora, tetapi juga ada software lainnya Dan mungkin itu bawaan dari Windows sendiri yaitu Windows Movie Maker, itu juga tergolong ringan. tetapi fitur-fiturnya terbatas. 

Kendala Pakai Laptop


Oh iya kalau laptop juga ada terkendala yang masalah baterai, biasanya laptop-laptop yang mungkin masih baru itu dia kuat 8 jam kalian yang baru tetapi ketika sudah digunakan cukup lama maka biasanya baterai dari laptop itu akan menurun jadi jangka waktu yang tadinya 8 jam menjadi hanya 6 jam terus menurun lagi seperti itu, sehingga kalian perlu membawa charger di mana-mana dan ketika kehabisan daya tahan tubuh yang harus dilakukan adalah mengisinya titik sehingga kalian memerlukan sumber listrik untuk itu.

Lalu gimana dong solusinya, 


tenang karena di zaman yang serba modern saat ini sekarang software editing video yang ada di handphone Android sudah bisa kita andalkan untuk mengedit video, sehingga kita bisa mengedit video kapanpun bahkan ketika kita sehabis mengambil gambar atau video langsung kita edit di tempat rumah karena memang untuk daya baterai dari smartphone bisa dibilang lebih hemat ketimbang daya baterai yang ada di laptop. Dan kamu juga tidak perlu berat-berat menjinjing laptop kemana-mana Karena kamu hanya membutuhkan smartphone yang kecil yang minimal biar bisa enak ngeditnya 5 inchi lah.

Aplikasi Apa yang di Gunakan untuk Edit Video di Android


Sebenarnya ada banyak aplikasi yang bisa kita gunakan untuk mengedit video di Android yang sudah tersedia di Play Store, tetapi di sini yang saya pakai adalah inshot.

Apa Kelebihan InShot


Yang pertama yang saya rasakan sendiri adalah pengertian Insert ada di fleksibilitas pengguna dalam mendapatkan hasil dari softwarenya, karena Insert ini sebenarnya bisa digunakan secara gratis, tetapi dengan catatan kita menonton iklan, misalnya mau menghapus Watermark itu bisa sa, ada tapi dengan menonton iklan sebelumnya sedangkan Jika kalian ingin menghapus iklan, maka dari Insert sendiri pun juga menawarkan opsi untuk menghapus iklan seharga sekitar rp41.000. Dan setelah itu kalian tidak dipusingkan lagi masalah iklan.

Apakah Fitur di Batasi


Ya memang dari segi fitur dibatasi tetapi itu bukan fitur-fitur yang utama, jadi ada perbedaan antara yang versi free dan versi berbayar atau Pro jadi untuk yang menghilangkan iklan tadi masih terhitung semi berbayar ya, dan Jika kalian ingin mendapatkan semua fiturnya dalam satu kali bayar, Inshot juga menawarkan opsi tersebut selain opsi lainnya yang berlangganan. Banyaknya pilihan opsi pembelian aplikasi ini membuat Insert sendiri memiliki kelebihan dibanding aplikasi lainnya.

Apa ada kekurangan InShot


Tak ada sesuatu yang sempurna mungkin seperti itu yang bisa dikirim katakan untuk menjawab hal itu di mana kelebihan disitu ada kekurangan, ada beberapa kekurangan dari insap dibanding beberapa software yang sudah lama bertengger di posisi atas dan diminati banyak orang, antara lain adalah tidak adanya fasilitas overlay video, manual motion,  terus efek audio mic,  fasilitas membaur, Chroma Key..

Ketika artikel ini di update 22 Mei 2020.


Tutorial InShot Mungkin Komplit


Di sini saya buatkan tutorial tentang software editing ini, yang saya posting di YouTube, Kalian bisa menyimaknya secara gratis pembelajaran ini, sehingga harga saya mohon maaf jika ada beberapa hal yang mungkin kurang berkenan.


Ini adalah Demo atau Pertunjukan ketika saya Buat Video Tutorial di Smartphone Menggunakan Aplikasi Editing Video InShot. Kenapa panjang? karena ini dari awal buat project sampai pada render hasil video.
Jadi saya harap dapat maklum...
Bagi yang gak mau kehilangan kuota buat nonton video kita, ini saya siapkan Daftar Materi di dalamnya dalam bentuk TimeCode... Silahkan kalo mau pilih yang dibutuhkan saja. Pake Desktop atau aplikasi mobile youtube ya, jangan tampilan youtube mobile, karena biasanya timecodenya gak work...

1. Opening "Salam"  00:01
2. Mulai Learning Editing Video di Smartphone Android dengan InShot 01:01
3. Buka dan Buat Project Baru di Aplikasi Editor Video InShot 01:06
4. Import Video yang mau di Edit di InShot 01:12
5. Cara Pilih Canvas untuk Project Video di InShot 01:20
6. Pilih Rasio dan Posisi Project Video InShot 01:23
7. Pilih Latar Belakang untuk Video di InShot 01:31
8. Cara Buat Teks di Editor Video InShot 01:41
9. Cara Mememotong atau Trimming di InShot 02:38
10. Teknik Cropping untuk Zoom Detail di InShot 03:24
11. Cara Delete Scene yang tidak Perlu di InShot 08:07
12. Cara Memberi Transisi di Editor Video InShot 08:18
13. Cara Memberi Stiker di Video 09:48
14. Cara Memberi Motion Pada Teks di InShot 11:03
15. Cara Membuat Teks Bergetar pada InShot 11:15
16. Cara Ngatur Kecepatan Motion dan Jeda Motion pada InShot 12:08
17. Cara Memberi Bayangan Pada Teks 12:25
18. Cara Memasukkan Musik Background di Editor Video InShot 12:50
19. Cara Menyelipkan Video Tambahan di Editor Video InShot 13:29
20. Cara Menggeser Video Selipan di Editor Video InShot 13:42
21. Cara Memotong Musik Background di InShot 14:52
22. Cara Memberi Fade in dan Out pada Musik di InShot 14:55
23. Cara Memberi Motion pada Stiker di InShot 17:28
24. Cara Merender Video Project yang sudah Jadi di InShot 18:02
25. Hasil Editan InShot Video Puter Dikit 18:53
26. Outro 19:22
27. Salam 19:41


Oke, udah ya.. ngetik timecodenya...

Oh iya TADI ADA KESALAHAN PENGUCAPAN, terlanjur render.. lama soalnya... jadi InShot pas aku buat tutorial ini, dia mendukung Overlay Gambar dan Stiker ya... karena di video aku ada yang bilang cuman dukung Stiker Aja.. jadi itu pembenarannya.
Yang belum di Dukung InShot Video Editor ini adalah Overlay Video, Chroma Key...
dan Kelebihannya inshot itu udah bisa Rekam Audio dari Microphone ya... Alias Dubbing... letaknya ada di sebelah kita masukin musik tadi... cuman untuk editing suaranya Belom sih, kayak ngasih Trible, Gema, Voice Changer, dll.. maSIH Pure Dubbing suara aja....














RahmanCyber Social Media :
☑Facebook = http://facebook.com/rahmancyber
☑Twitter = http://twitter.com/rahmancybernet
Tutorial dalam Bentuk Tulisan bisa diakses di Website Resmi RahmanCyber di https://rahmancyber.net
👉 Punya pertanyaan atau ingin share sesuatu ? Gabung di komunitas (fans page) rahmancyber :
https://facebook.com/rahmancyber
follow instagram kami :
@rahmancyber

🖥 Lihat playlist series ini :
Tutorial, Tips dan Trik Tentang Teknologi
📫 kontak kami:
rahmancyber@gmail.com

👊 Suka dengan kontennya ? like, Kalau Gak Suka ? Dislike.. Semudah itu.
✉ Untuk Pertanyaan atau Punya Masukan? bisa langsung disematkan di Komentar, Kritik dan Saran juga silahkan,
Untuk Email Bisnis kalian bisa masukan di Email.




Advertisement
Sobat, ditempat ini kita belajar bareng ya, saling berbagi ilmu di http://rahmancyber.net Apabila ada yang perlu di tambahkan atau ada kesalahan mohon di koreksi
Bagi yang menginginkan konten berupa video, bisa langsung kunjungi link Channel Youtube RahmanCyber NET
Matur Nuwun...

Sponsor Rahmancyber Network



Baca Juga

Posting Komentar

Harap Jangan Nyepam ya... ^_^

Rahmancyber Network

...
Berikut ini merupakan Bagian dari Rahmancyber Network

Whatsapp Button works on Mobile Device only