5/03/2020

Pertanyaan dan Jawaban seputar Aplikasi WhatsApp Messenger

Tutorial Internet RahmanCyber NET - Pada postingan ini saya merangkum beberapa pertanyaan yang sering sekali ditanyakan seputar WhatsApp secara Rapi dan Terstruktur, sehingga bisa memudahkan temen temen mencari solusinya dalam satu halaman saja 😊 , temen bisa memilih pertanyaan apa yang sedang temen cari di Tab daftar isi yang ada di sebelah samping Sidebar atau di atas Postingan.




Pertanyaan Dasar tentang Whatsapp Messenger


Sebelumnya kita perlu tau dulu nih, apa itu Aplikasi Pesan WhatsApp atau lebih dikenal sebagai WhatsApp Messenger.

Apa itu Whatsapp Messenger


WhatsApp Messenger merupakan aplikasi pesan untuk ponsel cerdas (smartphone), aplikasi pesan lintas platform yang memungkinkan kita bertukar pesan tanpa biaya SMS, karena WhatsApp Messenger menggunakan paket data internet yang sama untuk email, browsing web, dan lain-lain.


Menggunakan Koneksi Data Apa Saja Whatsapp Messenger ini


Koneksi internet untuk komunikasi data yang digunakan Aplikasi WhatsApp Messenger yaitu 3G, 4G atau WiFi.

Apa yang bisa dilakukan dengan Whatsapp Messenger


Dengan menggunakan WhatsApp, kita dapat melakukan obrolan online, berbagi file, bertukar foto, berbagi video dan lain sebagainya.

Bahasa Pemprograman Apa yang digunakan untuk Membuat Whatsapp


Bahasa Pemprograman yang digunakan dalam pembuatan Aplikasi Pesan Whatsaap sendiri menggunakan Erlang. Cukup asing juga sih, dan saya belum menemukan informasi lengkap tentang Bahasa Pemprograman Tersebut.


Platform Apa saja yang di Dukung Whatsapp Messenger


WhatsApp dibuat untuk pengguna iPhone pada Awalnya, kemudian seiring dengan perkembangannya, aplikasi WhatsApp tersedia juga untuk versi BlackBerry, Android, Windows Phone, dan Symbian.

Sampai pada November 2010, WhatsApp menduduki posisi peringkat ke 3, aplikasi paling laris yang diunduh melalui nokia Ovi Store, setelah Swype dan NHL game center premium.

Apa Saja yang bisa dikirim Melalui Whatsapp Messenger


Menggunakan WhatsApp Messenger, kita dapat mengirim file-file seperti:
  •     Foto (langsung dari kamera, pengelola berkas (''file manager''), dan galeri).
  •     Video (langsung dari video kamera, pengelola berkas, dan galeri).
  •     Audio (langsung merekam suara, pengelola berkas, audio).
  •     Lokasi (Anda dapat mengirim lokasi Anda dengan mengambil posisi Anda dari Google Maps).
  •     Kontak (mengirim detail kontak dari kontak telepon).

Apa yang menandakan pesan kita sukses terkirim, sudah diterima, dan sudah dibaca


Di Aplikasi WhatsApp Messenger sendiri, Akang RahmanCyber mendapati kenyataan bahwa sebenarnya kita bisa melihat status pesan kita, apakah sukses terkirim, sudah diterima, dan sudah dibaca. WhatsApp Messenger untuk menandai status menggunakan tanda centang. Artinya Satu tanda centang (berwarna abu-abu) berarti pesan berhasil dikirim, dua tanda centang (berwarna abu-abu) berarti pesan telah diterima tetapi belum dibaca, dan dua tanda centang berwarna biru berarti pesan telah di baca.

Jika tidak ada koneksi internet, akan muncul tanda jam yang mengartikan pengiriman pesan tertunda.
Tetapi kalian juga bisa mematikan fitur tersebut, dengan catatan.. kalian juga tidak bisa mengakses status sukses terkirim, sudah diterima, dan sudah dibaca orang lain yang chat ke kamu.




Pertanyaan Teknis Seputar WhatsApp


Berikut ini pertanyaan teknis yang saya rangkumkan menjadi satu, silahkan dipilih untuk solusi teknis yang dibutuhkan seputar aplikasi pesan WhatsApp

Bagaimana Cara Mengirim Pesan Video Whatsapp dengan Durasi Panjang lebih dari 4 Menit

Kita tahu bahwa aplikasi whatsapp di ponsel android memiliki ketentuan untuk upload video dengan durasi tidak lebih dari 2,5 menit, selebihnya, kalian harus split. Batas Maksimum File Sizenya pun juga dibatasi hanya 17 Mb, sedikit memang ya.. Lalu apakah ada sih cara mengirim File Video WhatsApp lebih dari itu.. Ada beberapa cara yang bisa diterapkan untuk mengireim file Video WhatsApp.

1. Split Video

Ya jelas cara ini cara yang paling umum banyak orang tau, tetapi hal ini cukup mengganggu juga ya.. ngeliat video yang dipotong potong.. jadi beberapa part.. hal ini berlaku juga untuk Status WA yang juga videonya dibatasin cuma 30 detik saja.. selebihnya kalian perlu split.. Kayak video yang pernah kita buat ini nih..



Tetapi cara ini memanglah cara yang paling mudah dan simple.. tetapi apakah cuman ini? tidak dong ya.. lanzut Cara Kirim Video Durasi Panjan di WA yang ke 2.

2. Melalui Google Drive

Jika kalian menggunakan cara ini, kalian memerlukan akun Google, karena google drive merupakan layanan dari Google, tetapi memang nanti video tidak langsung bisa diputar diaplikasi Whatsapp, karena ini nanti outputnya berupa link, jadi si penerima membuka videonya di halaman google drive atau aplikasi google drive. Oh iya... untuk sharing juga butuh perijinan atau hak akses dari si pengirim. Kurang Praktis? Lanzut cara ketiga...


3. Melalui Dropbox

Dropbox merupakan layanan unggah unduh sebenarnya, tetapi ini juga bisa kita manfaatkan untuk erkirim video di whatsapp, walau outputnya sama ya, yaitu link! dan sipenerima perlu membuka di aplikasi dropbox diponsel atau web melalui browser.

4. Melalui WeTransfer

Biasanya WeTransfer digunakan para pebisnis dibidang video untuk mengunggah video untuk diberikan ke klien, yup, ini juga bisa loh buat ngirim video di Whatsapp! tetapi outputnya sama ya... Link! tetapi ini nanti bakalan download untuk si penerima, file video yang diungah bisa sampai maksimal 2GB lho! tetapi videonya cuman bertahan beberapa hari saja kalo gak salah cuma 2 hari.. habis itu dihapus..

5. Melalui Whatsapp WEB!

Nah ini adalah cara terbaru dan cukup simple gan... kalian tidak membutuhkan layanan web pihak ketiga, artinya kalian hanya berurusan dengan Whatsapp doang! caranya mudah.. kalian hanya perlu login saja di Web Whatsapp! web.whatsapp.com/ melalui browser kalian, entah pakai Firefox, Google Chrome, Edge, Safari, Opera, Dolphin.

Setelah itu kalian hanya perlu scan code QR yang muncul dengan Whatsapp yang ada di Ponsel Android Kalian.

  1. Buka WhatsApp pada telepon Anda. Jika Anda memiliki:
    • Android: Ketuk tab CHAT > Opsi lainnya ⋮ > WhatsApp Web.
    • iPhone: Ketuk Pengaturan > WhatsApp Web/Desktop.
  2. Gunakan telepon Anda untuk memindai kode QR pada komputer atau Portal. Jika Anda telah masuk ke WhatsApp pada perangkat lain saat mencoba memindai kode QR, Anda harus mengetuk:
    • Android: Pindai kode QR +
    • iPhone: Pindai kode QR
  3. Jika diminta, ketuk atau pilih Selesai.
Catatan: Kalian hanya dapat masuk ke salah sesi di satu waktu di antara WhatsApp Web, WhatsApp Desktop, dan Portal.


Nah setelah sobat RahmanCyber berhasil login, maka kalian akan mendapati semua pesan sesuai atau sama dengan yang ada di ponsel kalian.. enak khan.. nah disini kalian bisa berkirim pesan seperti ketika kalian menggunakan aplikasi whatsapp di Smrtphone android kalian, cara upload videonya pun sama.. tetapi di whatsapp web ini ada kelonggaran berdasarkan size.. artinya.. kalian bisa upload video durasi berapapun... asalkan tidak lebih dari 64MB!


Kenapa Video Saya Format MP4 dan size dibawah 64 MB tetapi tetap tidak bisa Upload

Ada suatu permasalahan dimana file not supported, padahal sama sama menggunakan format mp4 yang harusnya bisa...

Untuk mengatasi permasalahan itu, jika kamu memiliki Adobe Premiere untuk editing video, kamu hanya perlu melakukan setting ini ketika render

1. Kamu perlu pilih preset adaptive di bagian render H264 atau MP4, pilih yang Match Source - Adaptive Low Bitrate, seperti ini nih..


2. Pada settingan dibawah.. kalian bisa atur pilih VBR artinya Variable Bit Rate, itu bitratenya tidak konstan alias tidak tetap.., lalu ganti nilai atau valuenya yang 4.8 itu menjadi lebih kecil, misal 2.. Jangan lupa Max nya diatur juga misal 3.. (Sorry yang dibawah kepotong.. karena resolusi monitor saya hanya 1366 x 726 px )



Nah Render deh... usahakan size yang ada dibawah pada adobe premiere, kurang dari 64 MB, kalo masih lebih, kurangi lagi bitrate target dan max nya...

Kalo udah, tinggal render dan Bim Sala Beam... Bisa deh di Upload di Web Whatsapp!

Jika kalean Sobhat RahmanCyber tidak punya adobe premiere, bisa kalian gunakan software konverter seperti FORMAT FACTORY VIDEO CONVERTER!  bisa di unduh di Internet.. cari aja di google dengan keyword itu... lalu setelah kau unduh dan instal sekaligus kau buka FORMAT FACTORYnya cari settingan yang LOW,

Kalian bisa pilih MP4, 3GGP, MOV (Quick Time untuk MAC APPLE) karena ketiga format itulah format video whatsapp yang di dukungzzzz..

Ya, MP4 dan 3GGP kita kenaal identik pada OS Windows ya, sedangkan MOV untuk OS dari vendor APPLE.

Kalian bisa kok pakai software Converter lain... asal kalian atur BITRATE nya VBR... ingat VBR ( Variable Bitrate ... )


Bagaimana cara keluar dari Whatsapp Web

Nah di Pertanyaan Video, saya sudah sebutkan cara login melalui browser ya.. maka ini adalah cara teknis untuk keluar dari whatsapp web, fungsinya adalah untuk mengamankan akun kamu agar tidak diotak atik orang, terlebih jika kamu masuknya di tempat umum (komputer yang dipake bebarengan) haha,

Anda dapat keluar dari WhatsApp di WhatsApp Web atau Desktop.
  1. Buka WhatsApp Web atau WhatsApp Desktop.
  2. Klik Menu ⋮ atau⋁di atas daftar chat > Keluar.

Mudah khan???? kalo bahasa inggrisnya keluar = Logout


Alternatif lainnya, Anda dapat keluar dari WhatsApp Web, WhatsApp Desktop, atau perangkat Portal dari telepon Android.
  1. Buka WhatsApp.
  2. Ketuk tab CHAT > Opsi lainnya ⋮ > WhatsApp Web.
  3. Ketuk komputer atau Portal yang tercantum > KELUAR.


Untuk keluar dari WhatsApp di semua perangkat sekaligus, termasuk WhatsApp Web, WhatsApp Desktop, atau Portal, Anda dapat menggunakan telepon.
  • Android: Buka WhatsApp, lalu ketuk tab CHAT > Opsi lainnya ⋮
    > WhatsApp Web > Keluar dari semua perangkat > KELUAR.
  • iPhone: Buka WhatsApp, lalu ketuk Pengaturan > WhatsApp Web/Desktop > Keluar dari semua perangkat > Keluar.







Kumpulan Pertanyaan dan Jawaban seputar Aplikasi WhatsApp Messenger | Update 14:12 7-5-2020
TIM RED RAHMANCYBER TEKNO - FA_AZ






Advertisement
Sobat, ditempat ini kita belajar bareng ya, saling berbagi ilmu di http://rahmancyber.net Apabila ada yang perlu di tambahkan atau ada kesalahan mohon di koreksi
Bagi yang menginginkan konten berupa video, bisa langsung kunjungi link Channel Youtube RahmanCyber NET
Matur Nuwun...

Sponsor Rahmancyber Network



Baca Juga

Posting Komentar

Harap Jangan Nyepam ya... ^_^

Rahmancyber Network

...
Berikut ini merupakan Bagian dari Rahmancyber Network

Whatsapp Button works on Mobile Device only