12/02/2011

Bikin film itu mudah!

Bab Pertama
Mindmap Pembelajaran



1.1 Prinsip Penggunaan Bahasa Film
Pada prinsipnya komunikasi yang tercipta dalam seni film menunjuk pada satu arah yakni kepada penonton,jadi keberhasilan sebuah film saat para penonton dapat menerima dengan baik informasi yang ada pada film dan membuatnya tertarik. Teknik penyampaian informasi tersebut yang biasa disebut bahasa film.
Ada 3 faktor yang menjadi pokok atau prinsip penting dalam bahasa film. Yakni: gambar,suara dan keterbatasan waktu.
1.1.1 Gambar/Visual
Pada bagian ini merupakan faktor pembeda sebuah film dengan drama radio. Mengapa? Karna faktor ini merupakan titik interest atau faktor yang membuat penonton tertarik untuk melihat suatu film. Maka ketika film ada cacat atau set yang jelek terkadang penonton langsung beranggapan film itu jelek dan tak layak tonton,begitupun sebaliknya. Nah maka tak jarang pemain/pemeran sangat menentukan keberhasilan sebuah film disamping, set properti,set lighting,camera. Dan dalam post produksi, tim editinglah yang menjadi peran utama dalam membuat rangkaian take sesuai skenario ke bentuk jadi. Maka untuk editing ini tidak sembarangan edit bila ingin hasil baik.
1.1.2 Suara/Audio
disamping video/gambar tadi,faktor terpenting kedua yaitu suara/audio sangat berperan juga. Ketika suara/audio rusak maka akan merusak keseluruhan image film dimata penonton. Kalau sedikit aja ga masalah masih dapat ditutupi oleh video.
1.1.3 Keterbatasan Waktu/ Limited time
1.2    Seni Memahami Karakter Penonton
1.2.1 Kemampuan Menduga
1.2.2 Penurut
1.2.3 Indentifikasi
1.2.4 Kemampuan Memperhitungkan/kalkulasi
1.2.5 Kemampuan Mata dan Telinga
1.3    Mekanisme Produksi
1.3.1 Mengolah Ide Cerita
1.3.2 Skenario Draft Awal
1.3.3 Menyusun Kru Produksi
1.3.4 Melengkapi Formulir Produksi
1.3.5 Casting Pemeran
1.3.6 Reading dan Rehearsal Talent
1.3.7 Menentukan Lokasi
1.3.8 Penyiapan Perangkat Produksi
1.3.9 Briefing Produksi
1.3.10 Shooting
1.3.11 Evaluasi Kerja Produksi
1.3.12 Editing
1.3.13 Penayangan Film Perdana

nah beberapa materi yang bisa kalian jadikan sebagai keyword dalam mencari informasi di google.




RahmanCyber Tutorial
Redaksi yang menulis berbagai Tutorial Berguna
http://www.rahmancyber.net
Facebook : /rahmancyber | Twitter : @RahmancyberNet


Advertisement
RahmanCyber Network merupakan sumber beragam informasi seputar Tips dan Trik, Hal yang Kamu Perlu Tau, Belajar Agama Islam, berbagai Info, dan Pengetahuan lainnya | Selamat datang di http://rahmancyber.net | Semoga yang kita sajikan pada situs ini bisa bermanfaat bagi para pembaca... Disini kita juga menyediakan Video dibeberapa Tips, Tutorial dan Artikel Lainnya untuk memperjelas penyampaian. ini channel youtube kita https://www.youtube.com/channel/UCR-cTDMxvNGfojd-1J3Rz2A? Jangan lupa... like and subscribenya ya.. hehe

Sponsor Rahmancyber Network



Post a Comment

Berilah Komentar di sini, Harap Jangan Nyepam ya...


RahmanCyber merupakan media referensi yang membahas berbagai topik seperti Info, Tutorial, Tips, Trik, Belajar Bersama... mengapa tidak satu Niche saja yang dibahas di RahmanCyber?

karena disini kita mengutamakan artikel yang kaya dalam satu tempat, sehingga pengetahuan yang di share ke pengguna dapat bervariasi, dan pengguna hanya perlu menuju kategori yang dia senangi atau butuhkan sahaja.

artikel di Rahman Cyber dibuat secara manual dengan bahasa yang ringan agar mudah dipahami pembaca. RahmanCyber juga memiliki Sub Bagian yang membahas khusus Niche tertentu, Antara Lain : InteenBisnis ( Membahas Khusus tentang Bisnis ), R4CProject ( Galeri Video dan Desain Kreatif di RahmanCyber Network ), BagiDoang ( Merupakan Tempat berbagi Resource dan Unduhan RahmanCyber Network ), AkiraSasori ( Membahas tentang Lirik Lagu Populer dengan Terjemahan Bahasa Indonesia )


Saat ini RahmanCyber.NET juga dapat dinikmati melalui aplikasi android yang tersedia di Google Play Store, untuk mempermudah pembaca mendapatkan konten berkualitas.. insyaAllah.











Salam Founder
RahmanCyber Network






Rahmancyber Network

...
Berikut ini merupakan Bagian dari Rahmancyber Network

Whatsapp Button works on Mobile Device only