7++ Perubahan dan Perkembangan Youtube di Tahun 2022 yang Cukup Mengejutkan

RahmanCyber Youtube / InteenBisnis - Sob, kali ini kita ngebahas tentang beberapa perkembangan fitur maupun perubahan yang ada di youtube, dan ini coba saya rangkum di tahun 2022.


Youtube tidak bisa menyembunyikan jumlah subscriber

 

1. Kedepan, Channel Youtube tidak bisa Menyembunyikan Jumlah Subscriber! 


Ini merupakan kabar mengejoedkan yang saya temukan pagi ini! tiba tiba ketika cek n ricek channel, ada nnotice bahwa mulai 29 Juli 2022 semua channel tidak  dapat lagi menyembunyikan jumlah subscribernya! entah itu walau subscriber masih 0 sekalipun.



2. Semua Channel bisa Saling Menyebut dengan simbol "@"

 

Sekarang Semua Channel bisa menggunakan simbol “@” untuk menyebut channel lain maupun juga disebut oleh channel lain, berapa pun jumlah subscribernya! wow menarik! karena dulu hanya channel dengan subscriber tertentu aja yang bisa.. sekarang bisa semua gan!



3. Laporan Jangkauan dan Interaksi Video lebih rinci alias tidak Global!

 

Perkembangan ini muncul di Tab Konten baru YouTube Analytics, dimana Kini kita dapat melihat perincian laporan jangkauan dan interaksi di Video, Shorts, Live, dan Postingan dengan tab Konten baru di YouTube Analytics. Tab ini dapat membantu kita lebih dalam memahami kontribusi seluruh konten terhadap performa channel tercinta kita. Mantap Djiwa!!!!



4. Adanya Fitur Riset yang Sangat Memudahkan Kreator

 

Bulan April 2022 Fitur Riset ini muncul di Analytic,  Kini kita dapat mempelajari apa yang dicari penonton kita dan penonton lainnya di YouTube dengan tab Riset yang merupakan fitur baru di YouTube Analytics. Tab ini dapat membantu kita mendapatkan ide konten baru untuk menjaga interaksi dengan penonton. 



5. Moderasi Komentar Lebih Ketat!

 

Fitur moderasi komentar dengan setelan lebih ketat yang berpotensi tidak pantas diluncurkan youtube sebagai setelan opsional baru di YouTube Studio yang memberi kreator kontrol lebih besar atas komentar yang berpotensi tidak pantas di channel miliknya. 

Setelan “Tingkatkan keketatan” menahan lebih banyak komentar untuk ditinjau saat komentar yang berpotensi tidak pantas terdeteksi. Kreator dapat memilah komentar semacam ini sehingga tidak dipublikasikan di channel miliknya. 

Tentu hal ini akan sangat membantu kesehatan channel, bayangkan jika sobat sudah membuat video, dari proses konsep sampai tahap selesai editing, dan itu tentu memakan waktu sobat, tetapi tiba tiba ada yang memaki maki sobat dengan sumpah serapah, atau bahkan hujatan yang tidak manusiawi.. sedangkan sobat membuat konten original... dan konten sobat juga konten yang sehat dan tidak ada ujaran kebencian disitu...

Apakah layak jika konten original walau dengan kualitas yang pas pasan, mendapat hujatan yang maha dahsyat.

Tentu hal ini berbeda ya dengan kritik, kalau kritik itu disampaikan dengan cara baik baik dan tujuannya adalah membangun, tetapi ketika udah masuk ke tahap bully ataupun ngatain perkataan yang tak manusiawi.. itu bisa dipastikan dari tulisan akan mencerminkan watak seseorang.. dan kebanyakan yang seperti itu adalah akun akun bodong...

Beneran deh, alias bukan akun asli..

Lalu bagaimana mengatasinya? Ya disembunyikan dan jangan pernah masukkan ke hati :) udahlah bro, kita fokus ke diri kita sendiri.. siapa tau dengan menyembunyikan itu dapat menyelamatkannya dari rasa malu kelak...

Semoga juga agar dia bisa berubah menjadi pribadi yang penyayang dan baik kepada semua orang.



6. Video Short langsung dari Galeri Smartphone

 

Membuat klip video menjadi lebih mudah hanya berbekal Smartphone dan bisa langsung mengimpornya dari Galeri, jadi tidak hanya dari kamera langsung, melainkan kita bisa ngambil dari galeri kita, misalnya kita habis ngedit video dari software editing video di android, lalu langsung bisa di upload jadi video Short dengan durasi 15 detik ataupun 60 detik menggunakan Youtube di Android, serta kita bisa memotong klip secara vertikal dan memangkas durasi video menjadi 60 detik ataupun kurang.

 

Jadi lebih mudah membuat video Short.


7. Fitur Cut Segmen untuk Video yang pernah di Upload

 

Keren banget! kita bisa memperbaiki video yang sudah kita upload dengan memangkas bagian yang tak perlu yang dulu kelewat ketika proses edit dan terlanjur upload!

Yup! ini fitur pemotongan video yang keren!

Cuman walau demikian, hal ini dapat menjadi bahaya, jika..

"Ada orang yang memanfaatkan fitur ini untuk Kehancuran!" artinya dia pakai EMOSI orang untuk dapat view, habis itu ketika udah banyak, di cut untuk menghilangkan bukti..

Ini akan menghasilkan video yang provokatif dan berbahaya bagi generasi generasi berkembang yang mungkin memiliki filter yang tipis tentang informasi.




Selain itu,


Mei 2022 juga youtube menerbitkan Fitur Hadiah Langganan Channel versi Beta, yaitu cara bagi pelanggan channel untuk membeli hadiah langganan selama 1 bulan untuk orang lain. Di channel yang berpartisipasi, pelanggan dapat membeli hadiah langganan selama live stream dan Premiere, yang akan didistribusikan kepada penonton channel. Setelah ditukarkan, penonton dapat menggunakan hadiah langganan tersebut untuk mengakses keuntungan langganan channel hingga 1 bulan.




Itu beberapa perubahan yang cukup signifikan di Youtube, terutama untuk meningkatkan pengalaman kreator yang lebih sportif.







1 Komentar

Untuk posting kode, bisa di parse dulu gan, pake tool parse yang udah disediakan di website ini https://www.rahmancyber.net/p/parse-code.html

agar kodenya tidak hilang... ^_^

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال