23 Tutorial Cara Personalisasi Samsung Chromebook 4 (Berlaku juga untuk Chromebook Merek Lainnya)

 


 

 

Video ini berisi 13 lebih cara "Personalisasi Chromebook" dari A-Z, saya rangkum jadi satu, teruntuk buat kawan - kawan pengguna Chromebook :) ..



Ini saya udah pakai Chromebook versi terbaru ya.. ChromeOS versi 101 !

{getToc} $title={Table of Contents}



Wah! gak nyangka, sekarang ChromeOS udah sampai di versi 101 bro! dan banyak sekali perkembangan yang dilakukan untuk mempermudah usernya..



Timestamp Video 13 lebih! Cara Personalisasi Chromebook
(in progress)

1. Cara Ubah Launcher Chromebook ke tampilan Start Menu

Disini dijelaskan langkah demi langkah, bagaimana mengubah launcher atau tampilan icon aplikasi di chromebook menjadi tampilan yang mirip start menu.

Caranya :

  • Pergi ke Chrome Browser
  • Ketikkan, chrome://flags
  • Ketikkan pada kotak pencarian "Lacros" tanpa tanda petik
  • Aktifkan Lacros dengan Mengubah settingan "Default" ke "Enable"
  • Klik Tombol "Restart"
  • Lacrospun telah aktif



2. Cara Ubah Wallpaper sendiri (Buat Pakai Inkscape)

Dijelaskan dengan pelan pelan agar mudah dimengerti, cara mengubah wallpaper dengan desain wallpaper sendiri yang dibuat menggunakan Inkscape sebagai software desain vektor yang bisa dijalankan di chromebook


Kalau sudah, cara mengubah Wallpaper Chromebook dengan Wallppaper desain sendiri adalah sebagai berikut :

  • Klik kanan pada Gambar yang ingin dijadikan Wallpaper Chromebook
  • Silahkan Pilih "Set Wallpaper"
  • Maka setelah itu, wallpaper Chromebook telah berganti dengan wallpaper yang telah kalian desain sendiri

Mudah bukan? :)


3. Cara Ubah Posisi Shelf di Samping Kanan, Kiri, Bawah

Shelf disini jika kalian biasa memakai windows, maka ini seperti halnya taskbar bro, dan pada sesi ini kita ngebahas bagaimana mengubah posisi shelf di chromebook.

4. Cara Autohide dan Always show shelf Chromebook

Sesi ini kita membahas bagaimana caranya membuat shelf agar tetap ditampilkan atau kita bisa juga membuatnya menjadi tersembunyi ketika sedang fokus ke window

5. Cara Dark/Light UI mode transparant

Pembahasan sesi ini, kita memberitahu kalian bagaimana caranya mengaktifkan Dark/Light UI dari Flag.
*Update - Untuk Chromebook versi 105, fitur ini sudah stabil dan secara default diaktifkan

6. Cara Ubah ukuran tampilan layar

Pada sesi pembahasan ini, kita membahas bagaimana cara mengubah ukuran tampilan layar, sehingga ini akan dapat menyesuaikan bagi kalian yang kurang nyaman dengan pengaturan default untuk ukuran display. Intinya ini kalian akan bisa mengatur besar kecilnya tampilan UI chromebook kalian menyesuaikan kenyamanan mata kalian.

7. Cara Ubah tampilan layar high contrast

Pembahasan ini kita membahas bagaimana mengubah tampilan layar chromebook menjadi high contrast

8. Cara Ubah besar kecilnya font di browser

Disini kita membahas bagaimana mengubah ukuran font di browser chrome

9. Cara Pin Aplikasi ke Shelf

Jika kalian punya aplikasi favorit, kalian bisa melakukan pin ke shelf dengan mudah, sehingga kalian akan dapat lebih cepat menemui aplikasi favorit kalian.

10. Cara ubah Night Mode

Pada pembahasan ini, disini kita beri tahu cara mengubah tampilan chromebook ke mode malam, sehingga menjadi lebih bersahabat ketika kalian gunakan untuk membaca buku digital.

11. Cara Aktifkan Recycle Bin / Trash

Ternyata di chromebook juga mendukung trash atau recycle bin loh! sehingga ketika kalian tak sengaja menghapus file, maka file kalian masih bisa di selamatkan / dikembalikan.

Nah! pada pembahasan ini saya beri tahukan kepada kalian cara mengaktifkan fitur tempat sampah ini.

12. Cara Install File Manager Linux

Sebenarnya ini ada kaitannya dengan pembelajaran Linux di Chromebook, pastikan kalian sudah menonton video tentang dasar linux environment di chromebook yang sudah kita upload di channel youtube kita ya sob.

Sehingga disini pada pembahasan ini saya anggap kalian sudah mengaktifkan lingkungan linux di chromebook kalian. 

Selanjutnya di pembahasan ini kita membahas tentang bagaimana cara install file manager untuk lingkungan linux kalian di chromebook.

13. Cara Show Hidden Folder

Terkadang memang ada folder yang tersembunyi, terlebih jika memang dari aplikasinya menyembunyikan folder tersebut, contoh saja adalah folder android yang berisi beragam aplikasi android yang sudah kalian install di chromebook. Jika folder yang tersembunyi tidak kalian tampilkan, maka kalian tidak akan bisa menjumpai folder tersembunyi tersebut.

Pada pembahasan ini kita memberikan panduan bagaimana caranya menampilkan folder yang tersembunyi di file manager chromebook.

14. Cara menampilkan Icon Dictation

Dictation ini tak bisa dipungkiri lagi, merupakan salah satu fitur unggulan chromebook, terutama bagi saya di Indonesia. Kenapa? karena sangat jarang bisa voice to text tetapi bahasa indonesia, kalo untuk bahasa inggris sih banyak ya.. tapi kalau untuk bahasa indonesia sendiri, ini juaranya! jadi bagi saya ini fitur memudahkan untuk kegiatan blogging / menulis artikel, sehingga tangan gak pegel ngetik tulisan.

Nah! pada sesi ini kita ngebahas bagaimana cara menampilkan icon dictation, agar kita lebih gampang dalam melakukan dikte atau penulisan dengan suara sendiri.

15. Cara menampilkan icon Virtual Keyboard

Yup! Chromebook ini memiliki virtual keyboard juga loh, on screen gitu deh.. disini kita bahas bagaimana menampilkan icon virtual keyboard, sehingga jika kalian membutuhkan virtual keyboard, akan lebih cepat untuk menampilkannya.

16. Cara Mengubah Cursor jadi besar

Jika kalian bosan dengan Cursor dengan ukuran default, maka kalian bisa mengubahnya menjadi lebih besar, sehingga cursor menjadi lebih bisa kalian lihat.

Pada sesi ini kita ngebahas caranya.

17. Cara menampilkan highlight mouse cursor ketika bergerak

Kita juga bisa menampilkan highlight mouse ketika digerakkan loh di chromebook! disini pada sesi ini kita membahasnya!

18. Cara Mengganti warna mouse

Jika kalian bosan dengan warna cursor chromebook bawan, maka di sesi ini saya beritahukan cara mengubah warna kursor chromebook menjadi warna lainnya.

19. Cara mengubah background tema browser chrome

Pada sesi ini kita ngebahas personalisasi tema browser chrome gan, kita bisa ganti tampilannya ke banyak pilihan yang tersedia di browser chrome.

20. Cara mengubah background tema browser lacros

Jika kalian sudah mengaktifkan browser Lacros di chromebook, kalian juga bisa mengubah tampilan tema browser lacrosnya loh! ada banyak sekali pilihan desain, bahkan kalian bisa menambahkan video juga untuk dijadikan tampilan home di browser lacros! dan pada sesi ini kita beritahukan pada kalian cara mengubahnya.

21. Cara agar dapat login dengan pin tanpa mengetikkan password

Males juga ya rasanya jika tiap kali login kita memasukkan password email kita, kalo passwordnya pendek dan mudah diingat sih gak masalah, tapi jika passwordnya rumit? aduh, ini akan sangat menyusahkan, karena password email jika terlalu mudah akan berbahaya juga! nah ternyata di chromebook ada fitur untuk login dengan pin loh! sehingga kalian tidak perlu mengetikkan password email kalian! cukup masuk memakai pin dengan 6 digit sesuai yang kalian atur sebelumnya.

dan pada pembahasan ini, kita beritahukan pada kalian cara membuat pin untuk login chromebook, sehingga kalian ketiuka login ke chromebook kesayangan kalian, maka tidak perlu mengetikkan password email.

22. Cara menghidupkan Suara Pembuka ketika Logo ChromeOS muncul sampai Login.

Mungkin ini agak tidak terlihat, cuman di chromebook ternyata ada juga loh untuk sound ketika kalian hidupkan chromebook saat muncul logo chromeos. Pada sesi ini kita membahas cara mengaktifkannya.

23. Cara mengganti icon gambar akun chromebook primer

Pada sesi ini kita beritahukan kepada kalian cara mengubah ikon pada akun utama chromebook





#chromebook #personalization #new



Moga bermanfaat bro ^_^




Video yang relevan untu pembahasan ini
- Cara buat Wallpaper sendiri di Chromebook menggunakan Inkscape https://www.youtube.com/watch?v=dGGUc...
- File Manager Linux https://www.youtube.com/watch?v=e7m-N...
- 13 Hal Teknis Chromebook https://www.youtube.com/watch?v=pxdxb...
- Cara Mengaktifkan Linux di Chromebook https://www.youtube.com/watch?v=uyYp-...


 

Posting Komentar

Untuk posting kode, bisa di parse dulu gan, pake tool parse yang udah disediakan di website ini https://www.rahmancyber.net/p/parse-code.html

agar kodenya tidak hilang... ^_^

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال