Wow! Inkscape versi 1.2 sudah Muncul dengan beragam fitur Baru! Ada Batch Export!

RahmanCyber Design - Hai bro... jadi disini dulu kita pernah bahas Inkscape versi 1.1 yang cukup membuat saya kagum dengan berbagai perkembangan yang begitu cepat.

Bagi yang belum tau apa itu Inkscape, anda bisa kunjungi pembahasan saya sebelumnya, tepatnya di Inkscape versi 1.1 disini.


{getToc} $title={Table of Contents}


Sekarang kita bahas Inkscape versi terbaru di tahun 2022! yaitu Inkscape versi 1.2


Kalian bisa lihat cuplikan demo officialnya disini nih..




Sekarang disini ada beberapa Fitur baru yang saya soroti, terutama adalah yang paling saya butuhkan..


Fitur Fitur Baru yang telah ditambahkan di Inkscape versi 1.2!


Menarik! banyak sekali Improvisasi yang Muncul untuk memudahkan kita dalam berkreasi di dunia desain!


1. Adanya fitur baru "Batch Export!"

Yap! ini sangat berguna buat yang main di Website Stok... ketika kita mau eksport objek desain, misal dalam satu canvas atau kertas ada 9 objek, maka kita bisa mengeksport semuanya sekaligus menjadi 9 objek terpisah... :)

Menarik banget! dan Hemat waktu!

 

Selain itu kita juga bisa Ekspor sederhana seperti biasa, yang filenya dapat berbentuk format apa pun yang dapat Anda simpan – mulai dari Inkscape SVG, SVG, dan PNG yang Dioptimalkan hingga JPG, TIFF, dan PDF, dan banyak lagi! 

Pengeksporan batch membawa hal-hal ke tingkat yang sama sekali baru. Pembuat ikon, pilih objek yang ingin Anda ekspor, pada resolusi apa, beri nama, dan format untuk setiap pilihan, lalu klik ekspor.


anda sebenarnya bisa langsung lihat video official inkscape diatas... jangan lupa juga subscribe channelnya untuk mendapat info terbaru seputar inkscape, langsung dari official!


Jujur aja, saya sangat kagum akan hal ini... 

Inkscape saya rasa akan berkembang pesat dan dapat bersaing dengan software premium lain... bahkan banyak menjadi pilihan production house maupun startup yang memang sedang merintis dari awal..


Buat sobat yang baru belajar atau ada di dunia desain, sudah gak di ribetkan masalah lisensi, karena Inkscape ini dikembangkan komunitas dan di distribusikan secara Full Gratis!.. sama halnya dengan Blender 3D yang saat ini sudah diatas angin!


2. Multi Page atau kita bisa Buat Halaman lebih dari satu dalam Area kerja yang Sama!

Tentu ini sangat memudahkan kita membuat template yang memiliki style sama, kita tau kan di dunia desain, misal kita buat buku... jadi untuk satu tema harus konsisten untuk mendapat desain yang menarik dan professional..


3. Perubahan Besar di Color Palette & Swatches

Jika menyesuaikan palet warna adalah bagian dari alur kerja Anda, Anda akan menghargai keserbagunaan dan kesederhanaan – belum lagi elemen desain jazzy – yang merupakan bagian dari Inkscape 1.2. Ubah ukuran, konfigurasi ulang warna, dan telusuri apa yang tersedia. Alat ini akan membuat Anda ingin memperhatikan warna sekarang.


4. Perubahan di Layers and Object Dialog

Pengembang Inkscape telah bekerja untuk merancang dialog Layers and Object yang digabungkan di 1.2, yang akan memungkinkan alur kerja yang lebih mudah saat menyiapkan dokumen Anda dan untuk mengatur dan dengan cepat menemukan objek mana yang berada di lapisan mana. Ikon khusus membantu mengidentifikasi jenis objek dan Anda bahkan dapat menyesuaikan lapisan dan warna objek untuk lingkungan kerja visual yang sempurna.


5. Ada yang Baru di  ‘Tiling’ Live Path Effect

Live Path Effect (LPE) baru ini menawarkan berjam-jam, bahkan mungkin berhari-hari, eksplorasi jika Anda ingin menguji semua opsi, mulai dari mengubah jarak horizontal dan vertikal, interpolasi penskalaan dan rotasi, dan banyak lagi. Atau ini adalah jalan pintas untuk menyalin objek dalam jumlah besar dengan cepat dan membuat kisi, pola, dan variasi yang menarik.


6. Ada yang baru di bagian Align and Distribute

Dalam upaya untuk menyatukan alat untuk menyediakan alur kerja yang lebih efisien, kami telah membawa 'Atur' ke dalam Dialog 'Sejajarkan dan Distribusikan', yang memiliki tiga tab dengan nama yang mudah digunakan dan ikon yang lebih kecil.


7. Fitur baru Snapping untuk Meratakan atau Menyejajarkan Objek (Alignment and Distribution snapping)

sekarang memiliki dua mode baru snapping di kanvas, yang membuat penyejajaran objek seperti yang Anda inginkan jauh lebih mudah dicapai! Untuk membuka semua kemungkinan, buka preferensi dan aktifkan opsi pelabelan.


8. Perubahan Baru di Gradient Editing

Setelah Anda memilih warna-warna itu, saatnya untuk menyambut kembali editor gradien yang baru dan lebih baik, dengan rumahnya di Kotak Dialog 'Isi dan Gores', toko serba ada yang baru. Buat gradien khusus Anda, beri nama dan lihat daftar gradien di dalam dokumen.


9. Markers Bisa di Edit!

Ini adalah salah satu fitur yang Anda tidak tahu Anda butuhkan – untuk dapat mengedit penanda di akhir baris. Sekarang Anda mengubah jarak dan orientasi penanda, selain ukuran dan sudut, dan bersenang-senang dengan penanda baru yang sekarang tersedia.




Download Inkscape Versi 1.2 Terbaru


Langsung aja download Inkscape terbaru versi 1.2 entah itu versi Linux yang bisa dijalankan juga di Chromebook, versi Windows, versi Mac disini


Artikel ini, acuannya adalah beberapa informasi tentang update yang ada di Inkscape versi 1.2

Untuk tambahan lainnya, kita coba eksplor lebih dalam..

dan di Update di halaman ini..




Lalu bagaimana Cara Install Inkscape di Chromebook?

 

Caranya gampang... disini saya udah buat pembahasannya


Saya juga udah banyak ngebahas di Channel RahmanCyber ya.. kunjungi aja.





Posting Komentar

Untuk posting kode, bisa di parse dulu gan, pake tool parse yang udah disediakan di website ini https://www.rahmancyber.net/p/parse-code.html

agar kodenya tidak hilang... ^_^

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال